10 Cara Melihat History YouTube yang Sudah Dihapus di Android

admin

0 Comment

Link

YouTube adalah platform berbagi video terbesar di dunia, dan banyak dari kita menghabiskan waktu yang lama menonton video favorit. Namun, terkadang kita mungkin ingin melihat kembali video yang telah kita tonton namun sudah dihapus dari riwayat penontonan. Sayangnya, YouTube tidak menyediakan fitur resmi untuk melihat riwayat yang sudah dihapus tersebut. Namun, dalam artikel ini, kami akan membagikan 10 cara yang dapat Anda coba untuk melihat history YouTube yang sudah dihapus di perangkat Android Anda.

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu cara untuk melihat history YouTube yang sudah dihapus di Android adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda mengakses riwayat penontonan yang telah dihapus. Anda dapat mencarinya di Google Play Store dan menginstal aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah menginstal aplikasi tersebut, ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengakses riwayat yang sudah dihapus.

Berikut beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda coba:

  • YouTube Vanced
  • NewPipe
  • YMusic

2. Menggunakan Riwayat Browser

Jika Anda menggunakan browser untuk mengakses YouTube di perangkat Android Anda, ada kemungkinan riwayat penontonan yang sudah dihapus masih tersimpan di riwayat browser. Buka browser yang Anda gunakan untuk mengakses YouTube dan buka menu riwayat penelusuran. Kemudian, cari tautan video yang ingin Anda lihat kembali. Meskipun ini bukan cara yang 100% berhasil, tetapi masih layak untuk dicoba.

Beberapa browser yang umum digunakan di perangkat Android adalah:

  • Google Chrome
  • Mozilla Firefox
  • Microsoft Edge

3. Menggunakan Cache Perangkat Android

Selain browser, cache perangkat Android Anda juga bisa menjadi tempat tersimpannya data penontonan yang sudah dihapus. Cache adalah tempat penyimpanan sementara yang digunakan oleh aplikasi untuk mempercepat akses ke data. Anda dapat mencoba mencari file cache yang terkait dengan aplikasi YouTube di perangkat Anda. Namun, perlu diingat bahwa mencari dan mengakses file cache mungkin memerlukan pengetahuan teknis yang lebih dalam dan dapat berisiko jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Merekam Layar Android dengan Suara Internal tanpa Root

Untuk mengakses file cache di perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi file manager atau menghubungkan perangkat Anda ke komputer dan mengaksesnya melalui sambungan USB.

4. Menggunakan History Google

Google menyediakan fitur History yang mencatat semua aktivitas yang Anda lakukan saat menggunakan layanan mereka, termasuk penelusuran YouTube. Anda dapat mengakses History Google di perangkat Android Anda dan mencari tautan video yang ingin Anda lihat kembali. Meskipun ini bukan cara khusus untuk melihat riwayat YouTube yang sudah dihapus, namun kadang-kadang video yang telah dihapus masih dapat ditemukan di sini.

Untuk mengakses History Google di perangkat Android Anda, ikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi “Google” di perangkat Anda.
  2. Tap ikon “Menu” (biasanya tiga garis horizontal) di bagian atas kiri layar.
  3. Pilih “Pengaturan” dari menu yang muncul.
  4. Pilih “Akun Google Anda” di bagian atas.
  5. Pilih “Pribadi” dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan “Riwayat” di bawah bagian “Akun Google Anda”.
  6. Tap “Riwayat penelusuran” dan cari tautan video yang ingin Anda lihat kembali.

5. Menggunakan Bookmark

Jika Anda pernah mem-bookmark video YouTube yang ingin Anda lihat kembali, Anda dapat mengakses bookmark tersebut untuk membuka video yang telah dihapus. Biasanya, bookmark disimpan di aplikasi browser atau aplikasi manajemen bookmark terpisah. Buka aplikasi bookmark di perangkat Android Anda dan cari bookmark yang sesuai dengan video yang ingin Anda lihat.

Berikut beberapa aplikasi bookmark populer:

  • Google Chrome
  • Mozilla Firefox
  • Microsoft Edge

6. Menggunakan Cache DNS

Cache DNS adalah bagian dari sistem yang digunakan untuk menyimpan informasi tentang situs web yang telah Anda kunjungi. Cache DNS di perangkat Android Anda mungkin juga menyimpan informasi tentang video YouTube yang telah dihapus dari riwayat penontonan. Namun, mengakses cache DNS dan mencari informasi yang Anda inginkan mungkin memerlukan pengetahuan teknis yang lebih dalam.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Ganti Profil YouTube Lewat Android: Panduan Lengkap

Untuk mengakses cache DNS di perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk tujuan ini.

7. Menggunakan Riwayat Aplikasi YouTube

YouTube sendiri menyimpan riwayat penontonan di dalam aplikasi. Meskipun riwayat ini mungkin sudah dihapus dari server YouTube, namun beberapa data masih bisa ditemukan di riwayat aplikasi. Buka aplikasi YouTube di perangkat Android Anda dan buka menu riwayat penontonan. Cari tautan video yang ingin Anda lihat kembali dan ketuk untuk membukanya.

8. Menggunakan Fitur “Tonton Nanti”

Jika Anda pernah menggunakan fitur “Tonton Nanti” di YouTube untuk menyimpan video yang ingin Anda tonton di lain waktu, video yang telah dihapus dari riwayat penontonan mungkin masih dapat ditemukan di daftar “Tonton Nanti”. Buka aplikasi YouTube di perangkat Android Anda dan buka tab “Tonton Nanti”. Cari video yang ingin Anda lihat kembali dan tap untuk memutarnya. Meskipun video tersebut telah dihapus dari riwayat penontonan, Anda masih dapat mengaksesnya melalui fitur “Tonton Nanti”.

9. Menggunakan Fitur “Offline”

Jika Anda pernah mengunduh video YouTube untuk ditonton secara offline, video yang telah dihapus dari riwayat penontonan mungkin masih tersimpan di perangkat Android Anda. Buka aplikasi YouTube di perangkat Anda dan buka tab “Unduhan” atau “Offline”. Cari video yang ingin Anda lihat kembali dan tap untuk memutarnya. Meskipun video tersebut telah dihapus dari riwayat penontonan, Anda masih dapat melihatnya melalui fitur “Offline”.

10. Menghubungi Dukungan YouTube

Jika Anda benar-benar ingin melihat video yang telah dihapus dari riwayat penontonan Anda, Anda dapat menghubungi dukungan YouTube untuk meminta bantuan. Kunjungi situs web resmi YouTube dan cari halaman dukungan atau pusat bantuan. Kemudian, cari opsi untuk menghubungi tim dukungan. Jelaskan situasi Anda secara jelas dan sertakan informasi yang relevan seperti tanggal, judul video, dan alasan mengapa Anda ingin melihat video tersebut. Meskipun tidak ada jaminan bahwa tim dukungan akan dapat membantu, tidak ada salahnya mencoba.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Mengupgrade Android

Sekian 10 cara melihat history YouTube yang sudah dihapus di Android. Ingatlah bahwa beberapa metode mungkin lebih berhasil daripada yang lain, tergantung pada kondisi perangkat Anda dan kebijakan YouTube. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Penutup

Melihat history YouTube yang sudah dihapus di perangkat Android memang bisa menjadi tantangan, karena YouTube sendiri tidak menyediakan fitur resmi untuk itu. Namun, dengan menggunakan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas, Anda memiliki peluang untuk mengakses kembali video yang telah dihapus dari riwayat penontonan. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan ingat bahwa hasilnya mungkin bervariasi tergantung pada situasi dan perangkat Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam melihat kembali video YouTube yang sudah dihapus di Android. Selamat mencoba!

 

Share:

Related Post