10 Cara Membuat Layar Android Full Screen

admin

0 Comment

Link

Selamat datang di artikel ini yang akan membahas tentang 10 cara membuat layar Android full screen. Jika Anda sering menggunakan perangkat Android, Anda mungkin pernah mengalami situasi di mana aplikasi atau permainan tidak menampilkan kontennya secara penuh di layar, mengurangi pengalaman pengguna. Namun, jangan khawatir! Kami telah menyusun 10 cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat layar Android Anda menjadi full screen.

Sebelum kita mulai, penting untuk diketahui bahwa beberapa metode yang akan dijelaskan mungkin memerlukan akses root pada perangkat Android Anda. Selain itu, langkah-langkah yang diuraikan dapat bervariasi tergantung pada versi Android yang Anda gunakan. Dengan demikian, pastikan untuk memperhatikan perbedaan tersebut saat mengikuti panduan ini. Tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai dengan cara pertama!

Cara Membuat Layar Android Full Screen

1. Gunakan Mode Layar Penuh Bawaan

Sebagian besar perangkat Android modern memiliki opsi Mode Layar Penuh bawaan. Opsi ini memungkinkan Anda menampilkan aplikasi atau permainan dalam tampilan layar penuh tanpa batasan. Untuk mengaktifkan Mode Layar Penuh, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda.

Langkah 2: Gulir ke bawah dan temukan opsi “Tampilan” atau “Tampilan Layar” dan ketuk untuk membukanya.

Langkah 3: Di sini, Anda akan melihat opsi “Mode Layar Penuh” atau “Tampilkan Aplikasi di Layar Penuh”. Ketuk opsi ini.

2. Gunakan Aplikasi Layar Penuh dari Play Store

Jika perangkat Android Anda tidak memiliki opsi Mode Layar Penuh bawaan atau jika Anda ingin memiliki lebih banyak kontrol atas tampilan layar penuh, Anda dapat mencari dan menginstal aplikasi layar penuh dari Google Play Store. Ada beberapa aplikasi yang tersedia dengan berbagai fitur dan fungsionalitas. Berikut adalah beberapa aplikasi yang populer:

a. Full Screen – Layar Penuh

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp Android

b. All in One Gestures

c. Immersive Mode Manager

3. Menggunakan Developer Options

Pengaturan Developer Options pada Android memberikan akses ke berbagai fitur dan opsi eksperimental yang tidak tersedia secara default. Untuk mengaktifkan Developer Options dan mengubah pengaturan layar, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda.

Langkah 2: Gulir ke bawah dan temukan opsi “Tentang Ponsel” atau “Tentang Perangkat”. Ketuk opsi ini.

Langkah 3: Di dalam menu “Tentang Ponsel” atau “Tentang Perangkat”, cari opsi “Nomor Build” atau “Versi Perangkat Lunak” dan ketuk secara berulang hingga muncul pesan “Anda sekarang menjadi pengembang!”

Langkah 4: Kembali ke menu Pengaturan dan gulir ke bawah, sekarang Anda akan melihat opsi baru yang disebut “Opsi Pengembang” atau “Developer Options”. Ketuk opsi ini.

Langkah 5: Di dalam menu “Opsi Pengembang”, cari opsi yang berkaitan dengan tampilan layar, seperti “Menggambar” atau “Simulasi Layar Sekunder”. Anda dapat mengaktifkan opsi ini untuk mengubah pengaturan tampilan layar.

4. Menggunakan Aplikasi Modifikasi Sistem

Jika Anda memiliki akses root pada perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi modifikasi sistem seperti Xposed Framework atau Magisk untuk mengubah pengaturan tampilan layar secara mendalam. Dengan menggunakan modul yang sesuai, Anda dapat mengatur aplikasi atau permainan tertentu untuk berjalan dalam mode layar penuh secara otomatis.

Pastikan untuk melakukan penelitian yang cukup sebelum menggunakan aplikasi modifikasi sistem, karena langkah-langkahnya bisa rumit dan jika tidak dilakukan dengan hati-hati, dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat Anda.

5. Menggunakan Mode Layar Penuh pada Aplikasi

Beberapa aplikasi memiliki opsi Mode Layar Penuh sendiri yang dapat Anda aktifkan secara individu. Opsi ini biasanya terletak di pengaturan aplikasi. Jika ada aplikasi tertentu yang tidak menampilkan kontennya secara penuh di layar, periksa pengaturan aplikasi tersebut untuk mencari opsi Mode Layar Penuh. Aktifkan opsi ini untuk membuat aplikasi berjalan dalam mode layar penuh.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Melihat Log Aktivitas HP Android

Pastikan untuk memeriksa pengaturan aplikasi terkait untuk mengetahui apakah ada opsi Mode Layar Penuh yang tersedia.

6. Menggunakan Aplikasi Perpanjangan Layar

Jika Anda ingin menampilkan konten dari perangkat Android Anda ke layar yang lebih besar, seperti televisi atau monitor, Anda dapat menggunakan aplikasi perpanjangan layar seperti Chromecast atau Miracast. Dengan menggunakan perangkat tambahan, Anda dapat menampilkan layar Android Anda secara penuh pada perangkat eksternal tersebut.

Instal aplikasi yang sesuai dengan perangkat tambahan yang Anda miliki, ikuti petunjuk yang disediakan, dan sesuaikan pengaturan tampilan untuk mencapai layar penuh.

7. Gunakan Aplikasi Peluncur Alternatif

Aplikasi peluncur alternatif seperti Nova Launcher, Apex Launcher, atau Action Launcher dapat memberikan fleksibilitas dalam mengatur tampilan layar Android Anda. Beberapa peluncur alternatif memiliki opsi untuk mengubah tata letak, ukuran ikon, dan tampilan layar secara umum. Anda dapat mencoba menggunakan peluncur ini untuk membuat tampilan layar lebih maksimal dan penuh.

Instal aplikasi peluncur alternatif dari Google Play Store, lakukan pengaturan yang sesuai dengan preferensi Anda, dan lihat apakah peluncur tersebut memungkinkan Anda untuk membuat layar penuh.

8. Edit Aplikasi Menggunakan Aplikasi Editor APK

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis dan akses root pada perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi editor APK seperti APK Editor atau Lucky Patcher untuk mengedit aplikasi yang tidak menampilkan kontennya secara penuh di layar. Dengan mengedit aplikasi, Anda dapat menghapus batasan tampilan dan memaksa aplikasi berjalan dalam mode layar penuh.

Perlu diingat bahwa mengedit aplikasi menggunakan aplikasi editor APK bisa rumit dan memerlukan pemahaman yang baik tentang struktur aplikasi. Selain itu, melakukan modifikasi pada aplikasi bisa melanggar ketentuan penggunaan dan dapat menyebabkan masalah dengan pembaruan aplikasi di masa depan.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Download GTA 5 di Android

9. Gunakan Pilihan Pengaturan Layar pada Perangkat

Beberapa perangkat Android memiliki opsi pengaturan layar tambahan yang dapat Anda akses di menu Pengaturan. Opsi ini memungkinkan Anda untuk mengubah aspek rasio layar, resolusi, dan tampilan umum perangkat Anda. Cari opsi pengaturan ini dan sesuaikan pengaturan layar sesuai dengan preferensi Anda.

Perhatikan bahwa tidak semua perangkat Android memiliki opsi pengaturan layar tambahan ini, jadi Anda perlu memeriksa perangkat Anda sendiri untuk melihat apakah opsi ini tersedia.

10. Gunakan Aplikasi Kustomisasi Layar

Terakhir, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi kustomisasi layar seperti GravityBox atau Xposed Edge Pro. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengatur tampilan layar dengan lebih detail, termasuk mengaktifkan mode layar penuh untuk aplikasi tertentu, menyesuaikan tata letak navigasi, dan banyak lagi.

Pastikan untuk mengunduh dan menginstal modul yang sesuai dengan perangkat Anda melalui Xposed Framework atau Magisk, jika diperlukan. Selain itu, pastikan untuk memahami cara menggunakan aplikasi kustomisasi layar ini dengan baik untuk menghindari masalah atau kerusakan pada perangkat Anda.

Demikianlah 10 cara untuk membuat layar Android Anda menjadi full screen. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Dengan menggunakan salah satu atau beberapa metode ini, Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna Anda dengan perangkat Android Anda. Selamat mencoba!

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin mengetahui lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami. Kami siap membantu Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan semoga Anda berhasil membuat layar Android Anda menjadi full screen!

 

Share:

Related Post