10 Cara Membuat Simbol di Keyboard Android

admin

0 Comment

Link

Apakah Anda sering menggunakan keyboard di perangkat Android Anda? Jika ya, mungkin Anda pernah mengalami kebingungan saat ingin menambahkan simbol khusus seperti hati, bintang, atau tanda seru. Tidak perlu khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan 10 cara untuk membuat simbol di keyboard Android secara mudah dan praktis. Mari kita lihat lebih detail cara-cara tersebut!

Cara Membuat Simbol di Keyboard Android

Cara 1: Menggunakan Kode Unicode

Salah satu cara termudah untuk membuat simbol di keyboard Android adalah dengan menggunakan kode Unicode. Unicode adalah standar yang digunakan untuk menggambarkan karakter dan simbol dalam berbagai bahasa dan sistem tulisan. Anda dapat menggunakan kode Unicode untuk menambahkan simbol-simbol khusus di dalam teks Anda. Misalnya, untuk membuat simbol hati, Anda dapat menggunakan kode Unicode ❤. Anda cukup mengetikkan kode tersebut di dalam aplikasi atau pesan teks, dan simbol hati akan muncul.

Anda dapat menemukan daftar lengkap kode Unicode untuk berbagai simbol di situs web seperti unicode-table.com. Cari kode Unicode untuk simbol yang ingin Anda tambahkan, dan ketikkan kode tersebut di dalam teks Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk menambahkan berbagai macam simbol di keyboard Android Anda.

Sebagai contoh, berikut adalah beberapa kode Unicode untuk beberapa simbol umum:

  • ★ – Bintang
  • ♥ – Hati
  • ✋ – Tanda Jempol

Cara 2: Menggunakan Aplikasi Keyboard Khusus

Jika Anda ingin lebih mudah mengakses simbol-simbol khusus, Anda dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi keyboard khusus di perangkat Android Anda. Ada banyak aplikasi keyboard yang menawarkan fitur-fitur tambahan seperti simbol-simbol khusus, tema kustom, dan emotikon lucu.

Anda dapat mencari aplikasi keyboard di Google Play Store dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi keyboard, Anda dapat mengaktifkannya di pengaturan perangkat Anda. Setelah itu, Anda akan memiliki akses ke berbagai simbol khusus dengan mudah melalui keyboard Android Anda.

Beberapa aplikasi keyboard populer yang menawarkan simbol-simbol khusus adalah SwiftKey, Gboard, dan FancyKey. Anda dapat mencoba beberapa aplikasi tersebut dan melihat mana yang paling Anda sukai.

Cara 3: Menggunakan Kombinasi Tombol

Keyboard Android juga menyediakan beberapa kombinasi tombol yang dapat digunakan untuk membuat simbol-simbol khusus. Misalnya, untuk membuat simbol tanda seru, Anda dapat menekan dan menahan tombol titik (.) pada keyboard, dan pilihlah simbol tanda seru dari opsi yang tersedia. Berikut adalah beberapa kombinasi tombol yang umum digunakan untuk membuat simbol-simbol khusus di keyboard Android:

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuat Banner YouTube di Android

Untuk membuat simbol tanda seru (!): Tekan dan tahan tombol titik (.) pada keyboard, lalu pilih simbol tanda seru (!) dari opsi yang muncul.
Untuk membuat simbol bintang (): Tekan dan tahan tombol asterisk () pada keyboard, lalu pilih simbol bintang (*) dari opsi yang muncul.
Untuk membuat simbol hati (❤): Tekan dan tahan tombol kurung buka ([) pada keyboard, lalu pilih simbol hati (❤) dari opsi yang muncul.
Untuk membuat simbol panah (→): Tekan dan tahan tombol hyphen (-) pada keyboard, lalu pilih simbol panah (→) dari opsi yang muncul.
Anda dapat mencoba kombinasi tombol ini dan menemukan simbol-simbol khusus lainnya yang tersedia di keyboard Android Anda. Jika tidak yakin dengan kombinasi tombol yang tepat, Anda juga dapat mencari panduan keyboard khusus untuk perangkat Android Anda.

Cara 4: Menggunakan Aplikasi Simbol

Selain menggunakan keyboard, Anda juga dapat mengunduh aplikasi simbol khusus yang menyediakan berbagai macam simbol dan emotikon. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyalin dan menempel simbol-simbol tersebut ke dalam teks Anda.

Anda dapat mencari aplikasi simbol di Google Play Store dan memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, Anda dapat membukanya dan menelusuri berbagai simbol yang tersedia. Ketika Anda menemukan simbol yang ingin digunakan, Anda cukup menyalinnya dan menempelkannya ke dalam aplikasi atau pesan teks yang sedang Anda gunakan.

Beberapa aplikasi simbol populer adalah Symbolab, Symbols & Emoticons, dan TextArt. Anda dapat mencoba beberapa aplikasi tersebut dan menemukan yang paling Anda sukai.

Cara 5: Menggunakan Mode T9

Mode T9 adalah fitur pada keyboard Android yang memungkinkan Anda untuk mengetik dengan cepat menggunakan angka pada keyboard. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa mode T9 juga dapat digunakan untuk membuat simbol-simbol khusus.

Untuk menggunakan mode T9, Anda cukup menekan angka yang sesuai dengan simbol yang ingin Anda tambahkan. Misalnya, jika Anda ingin menambahkan simbol dolar ($), cukup tekan angka 4 pada keyboard. Jika Anda ingin menambahkan simbol tanda persen (%), tekan angka 5. Dengan cara ini, Anda dapat dengan cepat menambahkan simbol-simbol khusus tanpa harus mencari kode Unicode atau kombinasi tombol yang rumit.

Mode T9 dapat diaktifkan dan disesuaikan di pengaturan keyboard Android Anda. Periksa pengaturan keyboard Anda untuk melihat apakah fitur ini tersedia dan aktifkan sesuai kebutuhan Anda.

🔴 BACA JUGA:  7 Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone

Cara 6: Menggunakan Aplikasi Pengedit Teks

Selain menggunakan keyboard bawaan di perangkat Android, Anda juga dapat mengunduh aplikasi pengedit teks yang menyediakan fitur-fitur khusus untuk menambahkan simbol-simbol di teks Anda. Aplikasi semacam ini memberikan lebih banyak pilihan dan fleksibilitas dalam membuat simbol-simbol yang unik.

Anda dapat mencari aplikasi pengedit teks di Google Play Store dan memilih yang sesuai dengan preferensi Anda. Beberapa aplikasi populer adalah Fancy Text Generator, Symbolizer Fonts Keyboard, dan Cool Fancy Text Generator. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, Anda dapat membuka aplikasi tersebut dan mulai menambahkan simbol-simbol di teks Anda.

Aplikasi pengedit teks biasanya menyediakan berbagai pilihan simbol-simbol, gaya huruf, dan efek-efek teks lainnya. Anda dapat menyesuaikan teks Anda sesuai dengan selera Anda dan menambahkan sentuhan kreatif pada pesan atau postingan Anda.

Cara 7: Menggunakan Papan Ketik Eksternal

Jika Anda sering menggunakan perangkat Android dengan tampilan layar yang lebih besar, seperti tablet, Anda juga dapat menggunakan papan ketik eksternal untuk menambahkan simbol-simbol khusus dengan mudah.

Anda dapat menghubungkan papan ketik eksternal ke perangkat Android Anda melalui koneksi Bluetooth atau kabel USB. Papan ketik eksternal sering kali memiliki tombol-tombol tambahan yang didedikasikan untuk simbol-simbol khusus. Anda dapat dengan mudah menekan tombol-tombol tersebut untuk menambahkan simbol-simbol di teks Anda.

Papan ketik eksternal juga dapat memberikan pengalaman mengetik yang lebih nyaman dan efisien, terutama jika Anda sering menulis teks panjang atau bekerja dengan aplikasi produktivitas. Ini adalah pilihan yang baik jika Anda ingin memiliki akses mudah ke simbol-simbol khusus tanpa harus mencari kombinasi tombol atau aplikasi tambahan.

Cara 8: Menggunakan Autotext

Autotext adalah fitur yang tersedia di beberapa aplikasi keyboard Android yang memungkinkan Anda membuat pintasan kata atau frasa tertentu dan menggantikannya dengan simbol-simbol khusus atau teks yang telah ditentukan sebelumnya.

Anda dapat mengaktifkan fitur Autotext di pengaturan keyboard Anda dan menambahkan pintasan-pintasan yang Anda inginkan. Misalnya, Anda dapat menetapkan pintasan “smiley” untuk menggantikannya dengan simbol emotikon senyum. Setiap kali Anda mengetikkan pintasan tersebut, aplikasi keyboard akan secara otomatis menggantikannya dengan simbol atau teks yang telah ditentukan.

Fitur Autotext sangat berguna jika Anda sering menggunakan simbol-simbol khusus tertentu dan ingin menghemat waktu dalam mengetikkannya. Anda dapat membuat pintasan-pintasan yang mudah diingat untuk berbagai simbol yang sering Anda gunakan.</

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Setting Google Chrome di Android

Cara 9: Menggunakan Aplikasi Karakter Khusus

Jika Anda ingin menambahkan simbol-simbol khusus yang lebih kompleks dan beragam, Anda dapat menggunakan aplikasi khusus yang menyediakan koleksi karakter khusus. Aplikasi semacam ini memungkinkan Anda untuk menyalin dan menempel karakter khusus yang unik dan tidak biasa ke dalam teks Anda.

Anda dapat mencari aplikasi karakter khusus di Google Play Store dan memilih yang sesuai dengan preferensi Anda. Beberapa aplikasi populer adalah Special Characters, Cool Symbols, dan Textizer. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, Anda dapat membuka aplikasi tersebut dan menelusuri berbagai karakter khusus yang tersedia.

Aplikasi ini biasanya menyediakan berbagai kategori karakter seperti simbol, emotikon, gambar, dan lainnya. Anda dapat menyalin karakter khusus yang Anda suka dan menempelkannya ke dalam teks Anda di aplikasi atau pesan teks yang sedang Anda gunakan.

Cara 10: Menggunakan Google Search

Terakhir, jika Anda ingin menemukan simbol-simbol khusus yang spesifik, Anda dapat menggunakan mesin pencari Google. Google dapat membantu Anda menemukan kode Unicode atau karakter khusus yang Anda butuhkan.

Anda cukup membuka mesin pencari Google di perangkat Android Anda, lalu ketikkan kata kunci simbol khusus yang Anda cari. Misalnya, jika Anda ingin mencari simbol mata uang yen (¥), cukup ketikkan “simbol yen” di kotak pencarian. Google akan menampilkan hasil yang relevan dengan simbol-simbol yang Anda cari.

Pada hasil pencarian, Anda mungkin akan menemukan artikel, forum, atau situs web yang menjelaskan cara membuat simbol tersebut di keyboard Android. Anda dapat mengikuti petunjuk yang diberikan untuk menambahkan simbol-simbol khusus yang Anda inginkan.

Itulah 10 cara untuk membuat simbol di keyboard Android. Anda dapat memilih cara yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Cobalah eksplorasi dan kreativitas dengan menambahkan simbol-simbol khusus ini untuk memberikan sentuhan personal pada pesan, postingan, atau dokumen Anda!

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan 10 cara untuk membuat simbol di keyboard Android secara mudah dan praktis. Anda dapat menggunakan kode Unicode, aplikasi keyboard khusus, kombinasi tombol, aplikasi simbol, mode T9, aplikasi pengedit teks, papan ketik eksternal, fitur Autotext, aplikasi karakter khusus, dan mesin pencari Google untuk menambahkan simbol-simbol khusus di teks Anda.

Dengan menggunakan salah satu atau beberapa metode ini, Anda dapat membuat pesan, postingan, atau dokumen yang lebih menarik dan kreatif. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

 

Share:

Related Post