10 Cara Membuat Subtitle Video di Android

admin

0 Comment

Link

Membuat subtitle video adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan pengalaman menonton dan memperluas jangkauan audiens Anda. Dengan adanya subtitle, orang yang memiliki masalah pendengaran dapat mengikuti cerita dengan baik, sedangkan bagi mereka yang tidak menguasai bahasa yang digunakan dalam video, subtitle akan membantu mereka memahami konten secara lebih baik. Jika Anda sering menggunakan perangkat Android untuk merekam dan mengedit video, Anda akan senang mengetahui bahwa ada banyak cara untuk membuat subtitle di perangkat Android Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan 10 cara praktis untuk membuat subtitle video di Android.

Cara Membuat Subtitle Video di Android

Cara 1: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda instal melalui Play Store untuk membuat subtitle video di Android. Salah satu aplikasi yang sangat populer adalah “Subtitle Edit.” Setelah menginstal aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah menambahkan teks ke video Anda, menyesuaikan tata letak, memilih gaya font, dan mengatur waktu munculnya subtitle.

Selain “Subtitle Edit,” ada juga aplikasi lain seperti “Kinemaster” dan “InShot” yang memiliki fitur pengeditan video lengkap termasuk pembuatan subtitle. Anda dapat mengunduh dan mencoba beberapa aplikasi ini untuk menentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jadi, langkah pertama untuk membuat subtitle video di Android adalah dengan mengunduh dan menginstal salah satu aplikasi subtitle dari Play Store. Setelah Anda memilih aplikasi yang tepat, ikuti instruksi di aplikasi tersebut untuk membuat subtitle di video Anda.

Cara 2: Menggunakan Aplikasi Bawaan Ponsel

Sebagian besar ponsel Android saat ini dilengkapi dengan aplikasi bawaan untuk pengeditan video. Beberapa aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk membuat subtitle video. Misalnya, aplikasi “Google Foto” dapat digunakan untuk menambahkan teks ke video Anda. Caranya adalah dengan membuka aplikasi Google Foto, pilih video yang ingin Anda subtitle, lalu ketuk ikon Edit (pena) di bagian bawah layar. Pilih opsi “Tambahkan teks” dan ketik teks subtitle yang diinginkan. Anda dapat menyesuaikan ukuran, posisi, dan durasi tampilan teks subtitle tersebut sesuai kebutuhan Anda.

Beberapa aplikasi pengedit video ponsel Android lainnya yang mungkin memiliki fitur serupa adalah “Samsung Gallery” untuk ponsel Samsung, “Photos” untuk ponsel Pixel Google, atau “Gallery” untuk ponsel OPPO. Cek aplikasi bawaan ponsel Android Anda untuk melihat apakah ada opsi untuk membuat subtitle di dalamnya.

Dalam langkah ini, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan karena aplikasi bawaan ponsel Android sudah menyediakan fitur untuk membuat subtitle video.

Cara 3: Menggunakan Aplikasi Online

Jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan di ponsel Anda, Anda juga dapat menggunakan aplikasi subtitle online. Ada beberapa situs web yang memungkinkan Anda membuat subtitle di browser ponsel Anda tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Salah satu contohnya adalah “Kapwing.”

Untuk menggunakan Kapwing, buka situs web mereka di browser ponsel Anda. Pilih opsi “Buat” dan pilih “Subtitle” dari daftar opsi yang tersedia. Unggah video yang ingin Anda subtitle, lalu tambahkan teks subtitle dengan mengetikkannya langsung di editor. Anda juga dapat mengatur format, tata letak, dan waktu tampilan subtitle.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  9 Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP Android

Selain Kapwing, ada juga situs web lain seperti “SubtitleBee” dan “Amara” yang menyediakan layanan serupa. Cari situs web yang sesuai dengan preferensi Anda dan gunakan editor subtitle online untuk membuat subtitle video di ponsel Android Anda.

Cara 4: Menggunakan Google Docs

Selain menggunakan aplikasi khusus atau situs web subtitle, Anda juga dapat menggunakan Google Docs untuk membuat subtitle video di Android. Google Docs adalah aplikasi pengolah kata online yang dapat diakses melalui browser ponsel Anda.

Pertama, buka Google Docs di browser ponsel Anda dan buat dokumen baru. Setelah itu, buka video yang ingin Anda subtitle dan putar video tersebut di layar ponsel Anda. Saat video berjalan, ketik teks subtitle yang sesuai di dokumen Google Docs. Anda dapat menyesuaikan format dan tata letak teks subtitle tersebut menggunakan alat pengolah kata Google Docs.

Setelah Anda selesai menulis semua teks subtitle, Anda dapat menyalin teks tersebut dan menambahkannya ke video menggunakan aplikasi pengedit video di ponsel Anda. Pastikan Anda menyesuaikan waktu tampilan teks subtitle agar sesuai dengan video.

Cara 5: Menggunakan Aplikasi Voice-to-Text

Jika Anda ingin membuat subtitle video dengan cepat dan tidak ingin mengetik teks secara manual, Anda dapat menggunakan aplikasi Voice-to-Text. Aplikasi ini akan secara otomatis mengubah ucapan Anda menjadi teks subtitle.

Salah satu aplikasi Voice-to-Text yang populer adalah “Google Keyboard” atau “Gboard”. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi tersebut di ponsel Android Anda. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat subtitle video dengan menggunakan aplikasi Voice-to-Text:

1. Buka aplikasi pengedit video di ponsel Anda dan impor video yang ingin Anda subtitle.

2. Setelah itu, buka aplikasi Google Keyboard atau Gboard dan buka pengaturan aplikasi tersebut.

3. Cari opsi “Voice Typing” atau “Voice-to-Text” dan aktifkan fitur tersebut.

4. Kembali ke aplikasi pengedit video dan putar video tersebut.

5. Ketuk ikon microphone di keyboard untuk memulai fungsi Voice-to-Text.

6. Mulai berbicara dan aplikasi akan secara otomatis mengubah ucapan Anda menjadi teks subtitle.

7. Periksa dan edit teks subtitle sesuai kebutuhan Anda.

8. Setelah selesai, Anda dapat menyalin teks subtitle yang telah dibuat dan menambahkannya ke video menggunakan fitur subtitle di aplikasi pengedit video.

Cara 6: Menggunakan Aplikasi Perekam Layar

Jika Anda tidak memiliki akses ke aplikasi pengedit video atau aplikasi subtitle di ponsel Android Anda, Anda masih dapat membuat subtitle dengan menggunakan aplikasi perekam layar. Dalam metode ini, Anda akan merekam video dengan subtitle yang ditambahkan langsung di layar ponsel Anda.

Ada beberapa aplikasi perekam layar yang dapat Anda unduh melalui Play Store, seperti “AZ Screen Recorder” atau “Mobizen Screen Recorder”. Setelah menginstal aplikasi perekam layar, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat subtitle video di Android:

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Membuat CV PDF di Android

1. Buka aplikasi perekam layar dan atur pengaturan yang sesuai, seperti resolusi dan kualitas rekaman.

2. Buka video yang ingin Anda subtitle dan putar video tersebut di layar ponsel Anda.

3. Aktifkan perekam layar dan mulai merekam video bersamaan dengan menambahkan teks subtitle secara manual menggunakan keyboard ponsel Anda.

4. Pastikan teks subtitle terlihat jelas di layar saat merekam.

5. Setelah selesai merekam, Anda akan memiliki video dengan subtitle yang ditambahkan langsung di layar ponsel Anda.

6. Anda dapat menyimpan video tersebut atau mengunggahnya ke platform berbagi video seperti YouTube atau Instagram.

Cara 7: Menggunakan Aplikasi OCR

Jika Anda memiliki video yang sudah memiliki teks tertulis, tetapi tidak ada subtitle, Anda dapat menggunakan aplikasi OCR (Optical Character Recognition) untuk mengubah teks menjadi subtitle. Aplikasi OCR akan membaca teks yang ada di video dan mengubahnya menjadi teks subtitle yang dapat Anda tambahkan ke video.

Ada beberapa aplikasi OCR yang dapat Anda unduh melalui Play Store, seperti “Google Translate” atau “Text Scanner”. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan aplikasi OCR:

1. Buka aplikasi OCR yang telah Anda instal di ponsel Android Anda.

2. Pilih opsi “Scan” atau “Camera” dalam aplikasi untuk mulai memindai teks pada video.

3. Arahkan kamera ponsel Anda ke teks pada video dan biarkan aplikasi mengenali dan membaca teks tersebut.

4. Setelah aplikasi berhasil membaca teks, Anda dapat melihat teks yang terdeteksi di layar.

5. Pastikan teks yang terdeteksi sesuai dengan teks pada video.

6. Jika perlu, Anda dapat melakukan pengeditan atau penyesuaian pada teks yang terdeteksi.

7. Setelah selesai, Anda dapat menyalin teks subtitle yang telah dibuat dan menambahkannya ke video menggunakan fitur subtitle di aplikasi pengedit video.

Cara 8: Menggunakan Aplikasi Terjemahan

Jika video yang ingin Anda subtitle menggunakan bahasa yang tidak Anda kuasai, Anda dapat menggunakan aplikasi terjemahan untuk membantu Anda dalam membuat subtitle. Aplikasi terjemahan akan menerjemahkan teks dari bahasa asli video ke bahasa yang Anda pilih, sehingga Anda dapat membuat subtitle yang akurat.

Ada banyak aplikasi terjemahan yang tersedia di Play Store, seperti “Google Translate”, “Microsoft Translator”, atau “iTranslate”. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan aplikasi terjemahan:

1. Buka aplikasi terjemahan yang telah Anda instal di ponsel Android Anda.

2. Pilih bahasa sumber atau bahasa yang digunakan dalam video.

3. Pilih bahasa tujuan atau bahasa yang Anda ingin terjemahkan.

4. Masukkan teks dari video ke dalam aplikasi terjemahan.

5. Aplikasi akan menerjemahkan teks tersebut ke bahasa yang Anda pilih.

6. Pastikan terjemahan yang diberikan sesuai dengan konten video.

7. Salin teks terjemahan dan tambahkan sebagai subtitle di aplikasi pengedit video.

Cara 9: Menggunakan Aplikasi Captioning

Aplikasi captioning adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk membuat subtitle video dengan cepat dan mudah. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur seperti pengenalan suara, pengenalan teks otomatis, dan pengaturan waktu subtitle.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  Cara Mudah Create Email di HP/Smartphone dan PC /Laptop

Beberapa aplikasi captioning yang populer adalah “Clideo,” “Subtly,” atau “Kapwing.” Ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan aplikasi captioning:

1. Unduh dan instal aplikasi captioning yang sesuai dengan preferensi Anda.

2. Buka aplikasi dan impor video yang ingin Anda subtitle.

3. Pilih metode yang Anda inginkan untuk menambahkan teks subtitle, seperti pengenalan suara atau pengetikan manual.

4. Jika menggunakan pengenalan suara, bicaralah secara jelas dan aplikasi akan mengenali ucapan Anda dan mengubahnya menjadi teks subtitle.

5. Jika menggunakan pengetikan manual, ketiklah teks subtitle secara manual sesuai dengan konten video.

6. Setelah teks subtitle selesai ditambahkan, Anda dapat mengatur tata letak, gaya, dan waktu tampilan subtitle sesuai keinginan Anda.

7. Simpan atau unduh video dengan subtitle yang telah ditambahkan dari aplikasi captioning tersebut.

Cara 10: Menggunakan Aplikasi Edit Video dengan Fitur Subtitle

Terakhir, Anda dapat menggunakan aplikasi pengedit video yang menyediakan fitur subtitle langsung di dalamnya. Beberapa aplikasi seperti “Kinemaster,” “InShot,” atau “Adobe Premiere Rush” menyediakan fitur untuk menambahkan subtitle di dalam video dengan mudah.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan aplikasi pengedit video dengan fitur subtitle:

1. Unduh dan instal aplikasi pengedit video yang memiliki fitur subtitle yang Anda inginkan.

2. Buka aplikasi dan impor video yang ingin Anda subtitle.

3. Cari fitur subtitle di menu aplikasi dan aktifkan fitur tersebut.

4. Ketik atau tambahkan teks subtitle secara manual di tempat yang disediakan.

5. Sesuaikan tata letak, gaya, dan waktu tampilan subtitle sesuai keinginan Anda.

6. Simpan atau eksport video dengan subtitle yang telah ditambahkan dari aplikasi pengedit video tersebut.

Pada akhirnya, ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat subtitle video di perangkat Android Anda. Mulai dari aplikasi pihak ketiga, aplikasi bawaan ponsel, aplikasi online, hingga aplikasi OCR dan captioning, Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Dengan menambahkan subtitle pada video, Anda akan memberikan pengalaman menonton yang lebih baik bagi audiens Anda dan memperluas jangkauan konten Anda. Selamat mencoba!

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas 10 cara praktis untuk membuat subtitle video di Android. Mulai dari menggunakan aplikasi pihak ketiga, aplikasi bawaan ponsel, aplikasi online, hingga aplikasi OCR dan captioning, semua metode tersebut dapat membantu Anda membuat subtitle yang akurat dan menarik untuk video Anda. Dengan adanya subtitle, Anda dapat meningkatkan pengalaman menonton dan memperluas jangkauan audiens Anda. Pilihlah metode yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda, dan jangan ragu untuk mencoba beberapa aplikasi dan situs web yang disebutkan dalam artikel ini. Dengan sedikit latihan dan eksperimen, Anda akan menjadi ahli dalam membuat subtitle video di Android.

Share:

Related Post