10 Cara Membuka Blokir WiFi di Android

admin

0 Comment

Link

Selamat datang di artikel ini yang akan membahas tentang cara membuka blokir WiFi di Android. Jika Anda sering menghadapi masalah ketika ingin terhubung ke jaringan WiFi tertentu atau menemukan sinyal WiFi yang terblokir, artikel ini akan memberikan Anda beberapa solusi yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Dalam artikel ini, kami akan memberikan 10 cara yang dapat Anda coba untuk membuka blokir WiFi di perangkat Android Anda. Mari kita mulai!

Cara Membuka Blokir WiFi di Android

1. Menggunakan VPN

Salah satu cara terbaik untuk membuka blokir WiFi di Android adalah dengan menggunakan VPN (Virtual Private Network). VPN dapat mengenkripsi lalu lintas internet Anda dan mengubah alamat IP Anda, sehingga Anda dapat mengakses konten yang dibatasi di jaringan WiFi yang terblokir. Ada banyak aplikasi VPN gratis dan berbayar yang tersedia di Play Store yang dapat Anda instal dan gunakan.

Setelah menginstal aplikasi VPN, buka aplikasi tersebut dan pilih server dari lokasi yang ingin Anda akses. Tekan tombol “Connect” atau “Start” untuk memulai koneksi VPN. Setelah terhubung, Anda dapat mencoba terhubung ke jaringan WiFi yang sebelumnya terblokir dan melihat apakah Anda dapat mengaksesnya.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan VPN tidak selalu legal di beberapa negara atau jaringan. Pastikan untuk memahami dan mengikuti peraturan setempat sebelum menggunakan VPN.

2. Menggunakan Proxy

Selain menggunakan VPN, Anda juga dapat mencoba menggunakan proxy untuk membuka blokir WiFi di Android. Proxy adalah server yang bertindak sebagai perantara antara perangkat Anda dan situs web yang ingin Anda kunjungi. Dengan mengatur proxy di pengaturan jaringan WiFi di perangkat Android Anda, Anda dapat mengarahkan lalu lintas internet melalui server proxy tersebut dan mengakses konten yang dibatasi.

Untuk mengatur proxy di perangkat Android Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka “Pengaturan” pada perangkat Android Anda.
2. Pilih “Wi-Fi” atau “Jaringan & Internet” (tergantung pada versi Android Anda).
3. Tekan dan tahan jaringan WiFi yang ingin Anda ubah pengaturannya.
4. Pilih “Ubah jaringan” atau “Modifikasi jaringan”.
5. Geser ke bawah dan cari opsi “Tunjukkan opsi lanjutan” atau “Geser ke bawah untuk lebih banyak opsi”.
6. Pilih “Proxy” dan atur pengaturan proxy sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh penyedia proxy.
7. Tekan “Simpan” atau “Selesai” untuk menerapkan pengaturan.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Mematikan Adblock di Browser Android

Setelah mengatur proxy, Anda dapat mencoba terhubung ke jaringan WiFi yang sebelumnya terblokir dan melihat apakah Anda dapat mengaksesnya.

3. Menggunakan DNS Publik

Selain menggunakan VPN dan proxy, Anda juga dapat mencoba menggunakan DNS publik untuk membuka blokir WiFi di Android. DNS publik adalah server DNS alternatif yang dapat mengarahkan permintaan DNS Anda ke situs web yang diinginkan, sehingga membantu Anda mengakses konten yang dibatasi.

Untuk mengubah DNS di perangkat Android Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka “Pengaturan” pada perangkat Android Anda.
2. Pilih “Wi-Fi” atau “Jaringan & Internet”.
3. Tekan dan tahan jaringan WiFi yang ingin Anda ubah pengaturannya.
4. Pilih “Ubah jaringan” atau “Modifikasi jaringan”.
5. Geser ke bawah dan cari opsi “Tunjukkan opsi lanjutan” atau “Geser ke bawah untuk lebih banyak opsi”.
6. Pilih “IP Settings” atau “Pengaturan IP”.
7. Ubah opsi “DHCP” menjadi “Statis” atau “Manual”.
8. Pada kolom DNS 1 dan DNS 2, masukkan alamat DNS publik yang ingin Anda gunakan. Beberapa DNS publik populer adalah Google DNS (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) dan Cloudflare DNS (1.1.1.1 dan 1.0.0.1).
9. Tekan “Simpan” atau “Selesai” untuk menerapkan pengaturan.

Setelah mengubah DNS, Anda dapat mencoba terhubung ke jaringan WiFi yang sebelumnya terblokir dan melihat apakah Anda dapat mengaksesnya.

4. Menggunakan Aplikasi VPN dan Proxy Tersedia

Selain menggunakan pengaturan bawaan di perangkat Android, Anda juga dapat mencoba menggunakan aplikasi VPN dan proxy yang tersedia di Play Store. Ada banyak aplikasi yang didesain khusus untuk membuka blokir konten di jaringan WiFi. Cukup instal aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, buka aplikasi tersebut, dan ikuti petunjuk untuk mengaktifkan layanan VPN atau proxy.

Pastikan untuk memilih aplikasi yang tepercaya dan memiliki ulasan positif dari pengguna sebelum menginstalnya. Periksa juga apakah aplikasi tersebut memungkinkan penggunaan gratis atau memerlukan biaya berlangganan.

Dengan menggunakan aplikasi VPN dan proxy, Anda dapat dengan mudah membuka blokir WiFi di Android dan mengakses konten yang sebelumnya dibatasi.

5. Menggunakan Tor Browser

Tor Browser adalah browser yang dapat membantu Anda mengakses situs web secara anonim dan membuka blokir WiFi di Android. Tor menggunakan jaringan terdistribusi yang mengarahkan lalu lintas internet Anda melalui serangkaian node anonim, sehingga menyembunyikan identitas Anda dan memungkinkan Anda mengakses konten yang dibatasi.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Membatasi Pengguna WiFi di Android: Solusi untuk Mengelola Koneksi Internet dengan Lebih Baik

Untuk menggunakan Tor Browser di Android, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Play Store dan instal aplikasi Tor Browser.
2. Buka aplikasi Tor Browser setelah selesai diinstal.
3. Setelah membuka aplikasi, Anda akan melihat tampilan awal Tor Browser. Tekan tombol “Connect” untuk memulai koneksi ke jaringan Tor.

Tunggu beberapa saat hingga koneksi terhubung. Setelah terhubung, Anda akan melihat pesan “Connected to the Tor network”.
Sekarang Anda dapat menggunakan Tor Browser untuk menjelajahi internet secara anonim dan membuka blokir WiFi di Android.

6. Menggunakan Pembaruan Firmware

Jika perangkat Android Anda menggunakan firmware atau sistem operasi yang lama, Anda mungkin mengalami pembatasan akses pada jaringan WiFi. Pembaruan firmware atau sistem operasi dapat mengatasi masalah ini dengan memperbaiki bug atau celah keamanan yang ada.

Untuk memeriksa pembaruan firmware di perangkat Android Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka “Pengaturan” pada perangkat Android Anda.
2. Gulir ke bawah dan pilih “Tentang ponsel” atau “Tentang perangkat”.
3. Cari opsi “Pembaruan sistem” atau “Pembaruan perangkat lunak”.
4. Jika ada pembaruan yang tersedia, ikuti petunjuk untuk mengunduh dan menginstalnya.

Setelah memperbarui firmware perangkat Android Anda, coba terhubung kembali ke jaringan WiFi yang sebelumnya terblokir dan periksa apakah masalahnya teratasi.

7. Menghubungi Penyedia Jaringan WiFi

Jika Anda menghadapi masalah terus-menerus dalam membuka blokir WiFi di Android, langkah terbaik adalah menghubungi penyedia jaringan WiFi. Mereka mungkin memiliki batasan atau pembatasan khusus yang mempengaruhi akses WiFi Anda.

Hubungi layanan pelanggan atau dukungan teknis penyedia jaringan WiFi Anda dan jelaskan masalah yang Anda hadapi. Mereka dapat memberikan solusi atau memberi tahu Anda apakah ada pengaturan khusus yang perlu Anda ubah di perangkat Anda untuk mengakses jaringan WiFi dengan sukses.

8. Mengevaluasi Kebijakan Jaringan WiFi

Dalam beberapa kasus, jaringan WiFi yang terblokir mungkin memiliki kebijakan yang ketat terkait akses internet. Misalnya, beberapa jaringan WiFi di sekolah atau kantor menerapkan pembatasan akses untuk alasan keamanan atau produktivitas.

Jika Anda berada di jaringan WiFi yang dikelola secara profesional, penting untuk mematuhi kebijakan yang ditetapkan oleh pihak pengelola jaringan tersebut. Melanggar kebijakan dapat berakibat pada tindakan disipliner atau pembatasan akses yang lebih lanjut.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Membuat Huruf Kecil Diatas di Android

Pastikan untuk membaca dan memahami kebijakan jaringan WiFi sebelum mencoba membuka blokir atau menghindari pembatasan yang telah ditetapkan.

9. Menggunakan Jaringan WiFi Alternatif

Jika Anda terus menghadapi masalah dalam membuka blokir WiFi di Android, pertimbangkan untuk menggunakan jaringan WiFi alternatif. Anda dapat mencoba terhubung ke hotspot WiFi publik, seperti di kafe, restoran, atau pusat perbelanjaan, yang mungkin tidak memiliki pembatasan akses yang sama seperti jaringan WiFi yang Anda alami masalah sebelumnya.

Namun, perlu diingat bahwa menggunakan jaringan WiFi publik juga memiliki risiko keamanan. Pastikan untuk mengambil langkah-langkah keamanan yang tepat, seperti menggunakan koneksi yang aman dan menghindari mengirimkan informasi pribadi yang sensitif saat terhubung ke jaringan WiFi publik.

10. Menggunakan Tethering melalui Ponsel

Jika semua upaya untuk membuka blokir WiFi di Android tidak berhasil, Anda masih memiliki opsi untuk menggunakan tethering melalui ponsel Anda. Dengan tethering, Anda dapat menggunakan koneksi data seluler ponsel Anda untuk menghubungkan perangkat Android lain ke internet.

Untuk menggunakan tethering di perangkat Android Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka “Pengaturan” pada ponsel Anda.
2. Pilih “Tethering & Hotspot seluler” atau opsi serupa.
3. Aktifkan opsi “Tethering USB” atau “Hotspot Wi-Fi” (sesuaikan dengan preferensi Anda).
4. Jika menggunakan tethering Wi-Fi, tentukan nama dan kata sandi hotspot.
5. Pada perangkat Android lain, aktifkan Wi-Fi dan cari jaringan hotspot yang dibuat oleh ponsel Anda. Terhubunglah ke hotspot tersebut.

Dengan tethering melalui ponsel, Anda dapat mengakses internet melalui koneksi seluler dan menghindari pembatasan akses pada jaringan WiFi yang terblokir.

Penutup

Demikianlah 10 cara membuka blokir WiFi di Android yang dapat Anda coba. Mulai dari menggunakan VPN, proxy, DNS publik, hingga menghubungi penyedia jaringan WiFi dan menggunakan jaringan WiFi alternatif, ada beberapa solusi yang dapat membantu Anda mengatasi masalah akses yang terblokir. Pastikan untuk memilih metode yang sesuai dengan kebutuhan dan memperhatikan kebijakan dan aturan yang berlaku.

Selalu ingat untuk menggunakan solusi dengan bijaksana dan mematuhi hukum dan peraturan setempat terkait penggunaan internet dan akses WiFi. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam membuka blokir WiFi di perangkat Android Anda. Selamat mencoba!

 

Share:

Related Post