10 Cara Membuka File PDF di Android Tanpa Aplikasi

admin

0 Comment

Link

Anda seringkali mendapatkan file PDF yang perlu Anda akses di perangkat Android Anda, namun tidak ingin menginstal aplikasi tambahan? Tenang, ada beberapa cara mudah untuk membuka file PDF di Android tanpa aplikasi. Dalam artikel ini, kami akan memberikan 10 cara yang bisa Anda gunakan tanpa harus mengunduh aplikasi khusus. Mari kita lihat cara-cara tersebut:

Cara Membuka File PDF di Android Tanpa Aplikasi

1. Menggunakan Browser di Android

Salah satu cara termudah untuk membuka file PDF di Android adalah dengan menggunakan browser bawaan pada perangkat Anda. Browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Opera Mini dapat membuka file PDF secara langsung. Anda hanya perlu mengetikkan alamat file PDF di bilah pencarian browser, dan file tersebut akan terbuka.

Jika file PDF tidak terbuka secara otomatis, Anda dapat menggunakan fitur “Open With” pada browser untuk memilih aplikasi bawaan lainnya yang mendukung pembukaan file PDF.

Perlu diingat, beberapa fitur khusus pada aplikasi pembaca PDF mungkin tidak tersedia saat membuka file melalui browser.

2. Menggunakan Google Drive

Jika Anda memiliki akun Google, Anda dapat menggunakan Google Drive untuk membuka file PDF di Android. Unggah file PDF ke Google Drive, lalu buka aplikasi Google Drive di perangkat Android Anda. Cari file PDF yang diunggah dan ketuk untuk membukanya.

Google Drive memiliki fitur pembaca PDF bawaan yang dapat membuka dan menampilkan isi file PDF dengan baik. Anda bahkan dapat melakukan beberapa tindakan seperti pencarian teks, penyorotan, atau menambahkan catatan pada file PDF.

Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin melihat file PDF dengan cepat tanpa harus mengunduh aplikasi khusus.

3. Menggunakan Fitur Pembaca PDF di Aplikasi Office

Jika Anda telah menginstal aplikasi Office seperti Microsoft Word, Excel, atau PowerPoint di perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan fitur pembaca PDF yang disediakan oleh aplikasi tersebut. Buka aplikasi Office yang sesuai, pilih “Buka File” atau “Open File”, lalu cari dan pilih file PDF yang ingin Anda buka.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  5 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa PC

Aplikasi Office akan membuka file PDF dan menampilkan isinya dengan baik. Anda dapat melakukan zoom in/out, mencari teks, atau melakukan beberapa tindakan lainnya tergantung pada fitur yang tersedia di aplikasi Office yang Anda gunakan.

Ini merupakan alternatif yang bagus jika Anda sudah memiliki aplikasi Office di perangkat Android Anda.

4. Menggunakan Layanan Pembaca PDF Online

Jika Anda memiliki koneksi internet yang stabil, Anda dapat menggunakan layanan pembaca PDF online seperti SmallPDF atau Adobe Document Cloud untuk membuka file PDF di Android. Cukup unggah file PDF ke layanan tersebut, lalu buka file PDF yang diunggah melalui browser di perangkat Android Anda.

Layanan pembaca PDF online umumnya menyediakan fitur-fitur dasar seperti zoom, navigasi halaman, dan pencarian teks. Meskipun tidak sekomprehensif aplikasi pembaca PDF khusus, ini merupakan solusi yang praktis jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan.

Beberapa layanan pembaca PDF online juga menyediakan opsi untuk mengonversi file PDF ke format lain seperti Word atau Excel, yang bisa berguna jika Anda perlu mengedit atau mengubah format file PDF tersebut.

5. Menggunakan Aplikasi Pengolah Kata

Banyak aplikasi pengolah kata populer seperti Microsoft Word, Google Docs, atau WPS Office juga memiliki kemampuan untuk membuka file PDF di Android. Anda dapat mengunduh dan menginstal salah satu aplikasi tersebut, lalu buka file PDF melalui aplikasi pengolah kata tersebut.

Aplikasi pengolah kata umumnya menyediakan fitur-fitur pembaca PDF dasar seperti zoom, navigasi halaman, dan pencarian teks. Anda juga dapat menyalin teks dari file PDF dan melakukan beberapa tindakan lainnya tergantung pada fitur yang disediakan oleh aplikasi pengolah kata yang Anda gunakan.

Jadi, jika Anda membutuhkan aplikasi pengolah kata di perangkat Android Anda, Anda dapat memanfaatkannya juga untuk membuka file PDF tanpa perlu aplikasi tambahan.

6. Menggunakan Fitur Pembaca Dokumen di Aplikasi File Manager

Beberapa aplikasi manajer file di Android dilengkapi dengan fitur pembaca dokumen yang dapat membuka file PDF. Misalnya, aplikasi seperti File Manager+, ES File Explorer, atau Solid Explorer menyediakan kemampuan untuk membuka dan menampilkan isi file PDF.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Membuat Intro 3D di Android

Anda hanya perlu menjelajahi folder di perangkat Anda, menemukan file PDF yang ingin Anda buka, dan ketuk untuk membukanya melalui fitur pembaca dokumen yang disediakan oleh aplikasi manajer file tersebut.

Fitur pembaca dokumen mungkin tidak sekomprehensif aplikasi pembaca PDF khusus, namun cukup memadai untuk melihat konten file PDF dengan baik.

7. Menggunakan Fitur Bagikan ke Gmail

Jika Anda memiliki aplikasi Gmail di perangkat Android Anda, Anda dapat memanfaatkan fitur “Bagikan” yang disediakan oleh Gmail untuk membuka file PDF. Cari file PDF yang ingin Anda buka melalui aplikasi File Manager atau aplikasi lainnya, lalu pilih opsi “Bagikan” dan pilih Gmail sebagai pilihan pembagian.

Pilih alamat email Anda sebagai penerima, lalu kirim email. Setelah itu, buka aplikasi Gmail di perangkat Android Anda, temukan email yang dikirim, dan buka file PDF yang terlampir di dalamnya.

Aplikasi Gmail memiliki pembaca PDF bawaan yang memungkinkan Anda membuka dan melihat file PDF dengan baik.

8. Menggunakan Aplikasi Pemutar Media

Meskipun aplikasi pemutar media pada umumnya digunakan untuk memutar video atau audio, beberapa aplikasi pemutar media juga mendukung pembukaan file PDF di Android. Contoh beberapa aplikasi pemutar media yang memiliki fitur ini adalah VLC Media Player, MX Player, atau Kodi.

Anda dapat mengunduh dan menginstal salah satu aplikasi pemutar media tersebut, lalu buka file PDF melalui aplikasi tersebut. Meskipun fitur pembaca PDF pada aplikasi pemutar media mungkin terbatas, Anda masih dapat melihat isi file PDF dengan cukup baik.

Ini bisa menjadi alternatif jika Anda sudah memiliki salah satu aplikasi pemutar media di perangkat Android Anda dan tidak ingin menginstal aplikasi tambahan.

9. Menggunakan Aplikasi Pembaca eBook

Aplikasi pembaca eBook seperti Adobe Digital Editions, Moon+ Reader, atau Google Play Buku juga dapat digunakan untuk membuka file PDF di Android. Meskipun aplikasi ini didesain untuk membaca buku elektronik, mereka juga mendukung pembacaan file PDF.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  7 Cara Bikin Logo di Android

Unduh dan instal salah satu aplikasi pembaca eBook tersebut, lalu impor file PDF yang ingin Anda buka. Anda dapat menikmati fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi pembaca eBook, seperti penyesuaian tampilan, penandaan halaman, atau pencarian teks.

Ini merupakan opsi yang bagus jika Anda sering membaca buku elektronik dan ingin menggabungkan fungsi membaca PDF di dalam satu aplikasi.

10. Menggunakan Fitur Pembaca Dokumen di Aplikasi Notepad

Beberapa aplikasi notepad atau editor teks di Android juga dilengkapi dengan fitur pembaca dokumen yang dapat membuka file PDF. Misalnya, aplikasi seperti QuickEdit, Jota+, atau Microsoft OneNote dapat membuka dan menampilkan isi file PDF.

Anda hanya perlu membuka aplikasi notepad atau editor teks, lalu cari dan pilih file PDF yang ingin Anda buka. Fitur pembaca dokumen pada aplikasi ini memungkinkan Anda melihat konten file PDF dengan baik.

Meskipun tidak sekomprehensif aplikasi pembaca PDF khusus, fitur pembaca dokumen pada aplikasi notepad dapat menjadi solusi praktis jika Anda ingin membuka file PDF tanpa menginstal aplikasi tambahan.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah memberikan 10 cara yang dapat Anda gunakan untuk membuka file PDF di Android tanpa aplikasi tambahan. Mulai dari menggunakan browser, Google Drive, aplikasi Office, layanan pembaca PDF online, hingga aplikasi pengolah kata, aplikasi file manager, atau aplikasi notepad.

Setiap cara memiliki kelebihan dan keterbatasan tersendiri. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Dengan menggunakan salah satu dari cara-cara tersebut, Anda dapat membuka dan melihat file PDF dengan mudah di perangkat Android Anda, tanpa harus menginstal aplikasi tambahan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam membuka file PDF di Android. Selamat mencoba!

 

Share:

Related Post