10 Cara Memutar YouTube di Latar Belakang Android: Nikmati Musik atau Video Favorit dengan Mudah!

admin

0 Comment

Link

Mendengarkan musik atau menonton video di YouTube adalah salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh pengguna Android. Namun, saat menjalankan aplikasi YouTube di perangkat Android, fitur pemutaran hanya tersedia saat aplikasi berada di latar depan. Artinya, ketika Anda ingin menjelajah atau menggunakan aplikasi lain, pemutaran akan berhenti. Namun, ada beberapa cara cerdas yang dapat Anda terapkan untuk tetap dapat memutar YouTube di latar belakang Android tanpa hambatan. Dalam artikel ini, kami akan membagikan 10 cara yang mudah dan efektif untuk melakukan itu. Jadi, jika Anda ingin menikmati musik atau video favorit Anda tanpa terganggu dengan aplikasi lain, simak artikel ini sampai selesai!

Cara Memutar YouTube di Latar Belakang Android

Cara 1: Menggunakan YouTube Premium

YouTube Premium adalah langganan berbayar yang ditawarkan oleh YouTube dengan berbagai keuntungan, termasuk kemampuan untuk memutar video di latar belakang. Dengan menjadi pelanggan YouTube Premium, Anda dapat menikmati YouTube tanpa iklan, mendownload video untuk ditonton secara offline, dan yang terpenting, memutar video di latar belakang. Langkah-langkahnya sangat sederhana. Anda hanya perlu:

  1. Buka aplikasi YouTube di perangkat Android Anda.
  2. Tap ikon akun di pojok kanan atas layar.
  3. Pilih opsi “Beli YouTube Premium” atau “Coba gratis” jika Anda belum mencobanya sebelumnya.
  4. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan proses pembayaran atau pendaftaran.

Dengan menjadi pelanggan YouTube Premium, Anda dapat menikmati pemutaran YouTube di latar belakang bahkan saat Anda menggunakan aplikasi lain di perangkat Android Anda.

Cara 2: Menggunakan Browser yang Mendukung Pemutaran Latar Belakang

Selain menggunakan aplikasi YouTube, Anda juga dapat memutar YouTube di latar belakang dengan menggunakan browser yang mendukung fitur tersebut. Beberapa browser populer yang memiliki fitur pemutaran latar belakang di Android adalah Google Chrome dan Mozilla Firefox. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka browser yang telah Anda instal di perangkat Android Anda.
  2. Kunjungi situs web YouTube.
  3. Temukan video yang ingin Anda putar di latar belakang dan mulai pemutaran.
  4. Tekan tombol beranda atau tombol navigasi lainnya untuk keluar dari aplikasi browser.
  5. Pemutaran video akan berlanjut di latar belakang.

Dengan menggunakan browser yang mendukung pemutaran latar belakang, Anda dapat menjelajah atau menggunakan aplikasi lain sambil tetap menikmati video YouTube.

Cara 3: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin memiliki lebih banyak pilihan dan kontrol saat memutar YouTube di latar belakang, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dikhususkan untuk itu. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Play Store yang memungkinkan Anda memutar YouTube di latar belakang dengan berbagai fitur tambahan. Berikut adalah beberapa aplikasi populer yang dapat Anda coba:

  1. YouTube Vanced: Aplikasi ini adalah versi modifikasi dari aplikasi YouTube resmi yang memungkinkan Anda memutar video di latar belakang, menghapus iklan, dan memiliki banyak fitur tambahan.
  2. NewPipe: NewPipe adalah aplikasi open-source yang memungkinkan Anda menonton video YouTube tanpa iklan, memutar video di latar belakang, dan bahkan mengunduh video.
  3. YMusic: YMusic adalah aplikasi yang memungkinkan Anda memutar musik dari YouTube di latar belakang, mendownload musik, dan mengunduh video.
๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Main Game PS4 di Android

Untuk menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, Anda perlu mengunduh dan menginstalnya dari sumber yang terpercaya, seperti situs resmi atau Play Store alternatif yang terpercaya. Setelah diinstal, Anda dapat membuka aplikasi tersebut, mencari video atau musik yang ingin Anda putar, dan menikmatinya di latar belakang sambil menggunakan perangkat Android Anda untuk aktivitas lain.

Cara 4: Menggunakan Mode Picture-in-Picture (PiP)

Perangkat Android modern juga mendukung fitur Picture-in-Picture (PiP) yang memungkinkan Anda memutar video di latar belakang menggunakan mode jendela terapung. Fitur ini memungkinkan Anda mengecilkan pemutaran video ke jendela kecil yang dapat Anda geser dan letakkan di bagian layar yang nyaman untuk Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan mode Picture-in-Picture:

  1. Buka aplikasi YouTube di perangkat Android Anda dan temukan video yang ingin Anda putar.
  2. Mulai pemutaran video.
  3. Tekan tombol Beranda atau navigasi lainnya untuk keluar dari aplikasi YouTube.
  4. Pemutaran video akan beralih ke mode Picture-in-Picture, dan jendela kecil dengan video akan muncul di bagian atas layar Anda.
  5. Anda dapat menggeser jendela tersebut ke posisi yang nyaman untuk Anda dan melanjutkan aktivitas lain di perangkat Android Anda.

Fitur Picture-in-Picture memungkinkan Anda untuk memutar video YouTube di latar belakang dengan mudah dan tetap menjelajahi atau menggunakan aplikasi lain di perangkat Android Anda.

Cara 5: Menggunakan Ekstensi Browser di Desktop Mode

Jika Anda menggunakan perangkat Android dengan browser yang mendukung mode desktop, Anda dapat mengakses situs web YouTube melalui mode desktop dan menggunakan ekstensi browser yang memungkinkan pemutaran video di latar belakang. Beberapa ekstensi populer yang dapat digunakan adalah “Enhancer for YouTube” atau “Magic Actions for YouTube”. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka browser yang mendukung mode desktop di perangkat Android Anda, seperti Google Chrome.
  2. Aktifkan mode desktop pada browser tersebut. Biasanya, Anda dapat menemukan opsi ini di menu pengaturan atau menu konteks saat Anda menekan dan tahan tombol refresh.
  3. Kunjungi situs web YouTube dalam mode desktop.
  4. Instal ekstensi browser “Enhancer for YouTube” atau “Magic Actions for YouTube” dari toko ekstensi browser yang sesuai.
  5. Setelah ekstensi terinstal, Anda akan melihat berbagai opsi dan fitur tambahan yang dapat Anda gunakan di situs web YouTube.
  6. Cari video yang ingin Anda putar di latar belakang dan mulai pemutaran.
  7. Tekan tombol beranda atau navigasi lainnya untuk keluar dari browser.
  8. Pemutaran video akan berlanjut di latar belakang.

Dengan menggunakan ekstensi browser dalam mode desktop, Anda dapat memutar YouTube di latar belakang dengan mudah dan memiliki lebih banyak kontrol atas pengalaman pemutaran Anda.

Cara 6: Menggunakan Aplikasi Musik Streaming yang Mendukung YouTube

Jika Anda lebih suka menggunakan aplikasi musik streaming untuk mendengarkan musik, ada beberapa aplikasi yang mendukung pemutaran video dari YouTube di latar belakang. Aplikasi ini biasanya menawarkan berbagai fitur tambahan seperti pencarian, playlist, dan rekomendasi. Beberapa aplikasi populer yang dapat Anda coba adalah:

  1. Spotify: Aplikasi streaming musik terkenal ini juga memungkinkan Anda untuk memutar video musik dari YouTube di latar belakang. Anda dapat mencari video musik di Spotify dan menikmatinya sambil melakukan aktivitas lain.
  2. YMusic: Selain sebagai aplikasi pihak ketiga yang disebutkan sebelumnya, YMusic juga dapat berfungsi sebagai aplikasi musik streaming yang memungkinkan Anda menikmati musik dari YouTube di latar belakang.
  3. Deezer: Deezer adalah aplikasi streaming musik yang juga mendukung pemutaran video dari YouTube. Anda dapat menemukan berbagai lagu dan video musik di aplikasi ini.
๐Ÿ”ด BACA JUGA:  7 Cara Pasang Mod GTA SA Android

Unduh aplikasi musik streaming pilihan Anda dari Play Store, daftar atau masuk dengan akun Anda, dan cari video musik dari YouTube yang ingin Anda putar di latar belakang. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menikmati musik atau video favorit Anda tanpa harus terbatas oleh aplikasi YouTube resmi.

Cara 7: Menggunakan YouTube Music

YouTube Music adalah aplikasi resmi dari YouTube yang dikhususkan untuk streaming musik. Salah satu keuntungan menggunakan YouTube Music adalah kemampuannya untuk memutar musik di latar belakang tanpa perlu berlangganan YouTube Premium. Berikut adalah langkah-langkah untuk memutar YouTube di latar belakang menggunakan YouTube Music:

  1. Unduh dan instal aplikasi YouTube Music dari Play Store.
  2. Buka aplikasi YouTube Music dan masuk dengan akun Google Anda.
  3. Cari lagu atau video musik yang ingin Anda dengarkan.
  4. Mulai pemutaran lagu atau video musik tersebut.
  5. Tekan tombol Beranda atau navigasi lainnya untuk keluar dari aplikasi YouTube Music.
  6. Pemutaran musik akan berlanjut di latar belakang.

Dengan menggunakan YouTube Music, Anda dapat menikmati pemutaran musik di latar belakang tanpa hambatan. Aplikasi ini juga menyediakan fitur-fitur lain, seperti rekomendasi musik berdasarkan preferensi Anda dan kemampuan untuk membuat playlist pribadi.

Cara 8: Menggunakan Mode Desktop pada Chrome

Jika Anda menggunakan perangkat Android dengan browser Google Chrome, Anda dapat memanfaatkan fitur mode desktop pada browser tersebut untuk memutar YouTube di latar belakang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda.
  2. Di bilah alamat, ketik “www.youtube.com” untuk mengakses situs web YouTube.
  3. Tekan ikon titik tiga di pojok kanan atas layar Chrome untuk membuka menu.
  4. Pilih opsi “Desktop site” untuk mengaktifkan mode desktop pada Chrome.
  5. Cari video yang ingin Anda putar di latar belakang dan mulai pemutaran.
  6. Tekan tombol Beranda atau navigasi lainnya untuk keluar dari aplikasi Chrome.
  7. Pemutaran video akan berlanjut di latar belakang.

Dengan menggunakan mode desktop pada Chrome, Anda dapat memutar YouTube di latar belakang dengan mudah dan tetap menjelajahi atau menggunakan aplikasi lain di perangkat Android Anda.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Menghapus Teman FB yang Tidak Aktif di Android

Cara 9: Menggunakan Aplikasi Background Player

Terdapat beberapa aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk memutar YouTube di latar belakang pada perangkat Android. Aplikasi-aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menjalankan YouTube sebagai layanan latar belakang yang terpisah dari aplikasi resmi. Beberapa aplikasi background player populer yang dapat Anda coba adalah:

  1. Awesome Pop-up Video: Aplikasi ini memungkinkan Anda memutar video dari YouTube di jendela pop-up terapung yang dapat ditempatkan di atas aplikasi lain.
  2. Float Tube – Floating Player: Float Tube adalah aplikasi yang memungkinkan Anda menonton video YouTube di jendela pop-up terapung dan memutar video di latar belakang.
  3. Stream: Stream adalah aplikasi yang memungkinkan Anda memutar video dari YouTube di latar belakang dengan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi background player pilihan Anda, ikuti langkah-langkah berikut untuk memutar YouTube di latar belakang:

  1. Buka aplikasi background player yang telah diinstal.
  2. Pilih opsi “Sign In” atau “Masuk” untuk masuk ke akun YouTube Anda.
  3. Cari video yang ingin Anda putar di latar belakang.
  4. Tekan tombol pemutaran atau ikon yang sesuai untuk memulai pemutaran video.
  5. Tekan tombol Beranda atau navigasi lainnya untuk keluar dari aplikasi background player.
  6. Pemutaran video akan berlanjut di latar belakang.

Dengan menggunakan aplikasi background player, Anda dapat menikmati pemutaran video dari YouTube di latar belakang dengan nyaman dan tanpa batasan. Pastikan untuk mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya dan mematuhi ketentuan penggunaan yang berlaku.

Cara 10: Menggunakan Aplikasi YouTube Premium

Salah satu cara resmi untuk memutar YouTube di latar belakang adalah dengan berlangganan YouTube Premium. Dengan berlangganan YouTube Premium, Anda akan dapat menikmati berbagai fitur tambahan, termasuk pemutaran di latar belakang di perangkat Android. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan YouTube Premium:

  1. Unduh dan instal aplikasi YouTube dari Play Store.
  2. Buka aplikasi YouTube dan masuk dengan akun Google Anda.
  3. Pilih opsi “Beli YouTube Premium” atau “Langganan” di menu atau pengaturan aplikasi.
  4. Ikuti langkah-langkah untuk menyelesaikan proses pembelian dan aktivasi langganan YouTube Premium.
  5. Setelah langganan diaktifkan, Anda akan dapat memutar YouTube di latar belakang tanpa batasan.

Dengan berlangganan YouTube Premium, Anda juga akan mendapatkan akses ke konten eksklusif, mengunduh video untuk ditonton secara offline, dan menghilangkan iklan di YouTube.

Penutup

Memutar YouTube di latar belakang di perangkat Android dapat meningkatkan fleksibilitas dan kenyamanan Anda dalam menikmati konten video atau musik. Dalam artikel ini, kami telah membahas 10 cara berbeda untuk mencapai tujuan tersebut, mulai dari menggunakan aplikasi pihak ketiga hingga memanfaatkan fitur bawaan pada perangkat atau aplikasi resmi YouTube. Pilihlah metode yang sesuai dengan preferensi Anda dan nikmati pengalaman menonton atau mendengarkan yang tak terbatas di latar belakang. Selamat mencoba!

Share:

Related Post