10 Cara Mengatasi “System Telah Berhenti” di Android

admin

0 Comment

Link

Android adalah sistem operasi yang populer digunakan di berbagai perangkat mobile, mulai dari smartphone hingga tablet. Namun, tidak jarang pengguna Android mengalami masalah seperti pesan error yang muncul dengan tulisan “System Telah Berhenti”. Masalah ini dapat sangat mengganggu, namun Anda tidak perlu khawatir karena artikel ini akan memberikan 10 cara mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengatasi “System Telah Berhenti” di Android

1. Restart Perangkat Anda

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan me-restart perangkat Android Anda. Kadang-kadang, masalah sederhana seperti ini dapat diselesaikan dengan melakukan restart. Caranya adalah dengan menekan tombol power perangkat Anda dan pilih opsi “Restart” atau “Matikan” kemudian nyalakan kembali setelah beberapa detik.

Jika restart biasa tidak berhasil, Anda juga dapat mencoba melakukan “soft reset” dengan menekan dan menahan tombol power bersamaan dengan tombol volume down hingga perangkat Anda mati. Setelah itu, hidupkan kembali perangkat Anda dan lihat apakah masalah telah teratasi.

Jika masalah masih berlanjut setelah melakukan restart, jangan khawatir, masih ada beberapa langkah lain yang bisa Anda coba.

2. Bersihkan Cache Aplikasi

Salah satu penyebab umum pesan error “System Telah Berhenti” adalah cache aplikasi yang korup. Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat kinerja. Namun, terkadang cache dapat menjadi korup dan menyebabkan masalah.

Anda dapat membersihkan cache aplikasi dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka “Pengaturan” di perangkat Android Anda.
  2. Pilih “Aplikasi” atau “Manajer Aplikasi”, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.
  3. Pilih aplikasi yang sering menampilkan pesan error “System Telah Berhenti”.
  4. Pilih opsi “Hapus Cache” atau “Bersihkan Cache”.
  5. Ulangi langkah 3 dan 4 untuk semua aplikasi yang terkena masalah.

Setelah membersihkan cache aplikasi, coba jalankan aplikasi tersebut kembali dan periksa apakah masalah telah teratasi.

3. Perbarui Aplikasi Anda

Selalu penting untuk menjaga aplikasi Anda tetap diperbarui ke versi terbaru. Pengembang aplikasi secara teratur merilis pembaruan yang mengatasi masalah bug dan memperbaiki kerentanan keamanan. Jika Anda mengalami masalah “System Telah Berhenti”, coba perbarui aplikasi yang terkait dengan pesan error tersebut.

🔴 BACA JUGA:  7 Cara Menghapus Email di Android

Anda dapat memperbarui aplikasi dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.
  2. Tap ikon menu (tiga garis horizontal) di bagian atas kiri layar.
  3. Pilih opsi “My apps & games” atau “Aplikasi & game saya”.
  4. Akan muncul daftar aplikasi yang membutuhkan pembaruan. Cari aplikasi yang sering menampilkan pesan error “System Telah Berhenti”.
  5. Tap tombol “Update” atau “Perbarui” di sebelah aplikasi tersebut.

Setelah melakukan pembaruan, coba jalankan aplikasi tersebut kembali dan periksa apakah pesan error “System Telah Berhenti” telah hilang.

4. Hapus Data Aplikasi

Jika membersihkan cache tidak memperbaiki masalah, Anda dapat mencoba menghapus data aplikasi yang terkait dengan pesan error “System Telah Berhenti”. Namun, perlu diingat bahwa tindakan ini akan menghapus semua pengaturan dan data yang terkait dengan aplikasi tersebut, termasuk akun yang telah Anda login di dalamnya.
Anda dapat menghapus data aplikasi dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka “Pengaturan” di perangkat Android Anda.
  2. Pilih “Aplikasi” atau “Manajer Aplikasi”.
  3. Pilih aplikasi yang sering menampilkan pesan error “System Telah Berhenti”.
  4. Pilih opsi “Hapus Data” atau “Bersihkan Data”.
  5. Konfirmasikan tindakan tersebut.

Setelah menghapus data aplikasi, Anda perlu mengatur ulang pengaturan dan login ke akun Anda di dalam aplikasi tersebut. Cobalah jalankan aplikasi kembali dan periksa apakah pesan error masih muncul.

5. Nonaktifkan Aplikasi Terbaru

Jika Anda mengalami masalah “System Telah Berhenti” setelah menginstal aplikasi baru, kemungkinan besar masalahnya terletak pada aplikasi tersebut. Coba nonaktifkan aplikasi baru yang Anda pasang dan periksa apakah pesan error hilang.
Anda dapat menonaktifkan aplikasi terbaru dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka “Pengaturan” di perangkat Android Anda.
  2. Pilih “Aplikasi” atau “Manajer Aplikasi”.
  3. Pilih aplikasi terbaru yang Anda pasang sebelum pesan error “System Telah Berhenti” muncul.
  4. Pilih opsi “Nonaktifkan” atau “Matikan”.

Setelah menonaktifkan aplikasi terbaru, coba jalankan perangkat Anda dan periksa apakah pesan error masih muncul. Jika tidak, kemungkinan besar aplikasi yang Anda nonaktifkan adalah penyebab masalah. Anda dapat menghapus aplikasi tersebut secara permanen atau mencari pembaruan yang dapat memperbaiki bug yang menyebabkan pesan error.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuka File docx di Android Tanpa Aplikasi

6. Periksa Ruang Penyimpanan Tersedia

Ketersediaan ruang penyimpanan yang terbatas dapat menyebabkan beberapa masalah di perangkat Android, termasuk pesan error “System Telah Berhenti”. Pastikan Anda memiliki cukup ruang penyimpanan yang tersedia di perangkat Anda.
Anda dapat memeriksa ruang penyimpanan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka “Pengaturan” di perangkat Android Anda.
  2. Pilih “Penyimpanan” atau “Ruang Penyimpanan”.
  3. Pada tampilan ini, Anda akan melihat berapa banyak ruang yang telah terpakai dan berapa banyak ruang yang tersisa.

Jika ruang penyimpanan Anda hampir penuh, pertimbangkan untuk menghapus file yang tidak diperlukan, menghapus aplikasi yang jarang digunakan, atau memindahkan file ke penyimpanan eksternal seperti kartu SD. Setelah membersihkan ruang penyimpanan, coba jalankan perangkat Anda dan periksa apakah pesan error masih muncul.

7. Perbarui Sistem Operasi Android

Pembaruan sistem operasi Android sering kali memperbaiki bug dan masalah yang ada. Jika Anda masih mengalami pesan error “System Telah Berhenti”, pastikan perangkat Anda menggunakan versi sistem operasi Android terbaru.
Anda dapat memeriksa pembaruan sistem operasi dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka “Pengaturan” di perangkat Android Anda.
  2. Pilih “Tentang Ponsel” atau “Tentang Perangkat”.
  3. Pilih opsi “Pembaruan Perangkat Lunak” atau “Update Software”.
  4. Jika pembaruan tersedia, ikuti petunjuk untuk mengunduh dan memasang pembaruan.

Pastikan perangkat Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang stabil dan memiliki daya baterai yang cukup untuk menyelesaikan pembaruan. Setelah menginstal pembaruan, coba jalankan perangkat Anda dan periksa apakah pesan error masih muncul.

8. Mode Aman (Safe Mode)

Mode Aman adalah mode di mana perangkat Android hanya menjalankan aplikasi bawaan, sementara aplikasi pihak ketiga yang Anda pasang akan dinonaktifkan. Jika pesan error “System Telah Berhenti” tidak muncul saat perangkat Anda berada di Mode Aman, kemungkinan besar ada aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan masalah.
Anda dapat masuk ke Mode Aman dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol power di perangkat Anda.</li
  2. Pada menu yang muncul, tekan dan tahan opsi “Matikan” atau “Power Off”.
  3. Akan muncul opsi “Restart in Safe Mode” atau “Restart di Mode Aman”. Tap opsi tersebut.
  4. Perangkat Anda akan restart dan masuk ke Mode Aman.
🔴 BACA JUGA:  11 Cara Instagram Dark Mode pada Perangkat Android

Ketika berada di Mode Aman, coba periksa apakah pesan error “System Telah Berhenti” masih muncul. Jika tidak, kemungkinan besar masalahnya terletak pada salah satu aplikasi pihak ketiga yang Anda instal. Anda dapat menghapus aplikasi-aplikasi tersebut satu per satu untuk menemukan aplikasi yang menyebabkan masalah.

9. Setel Ulang Pengaturan Pabrik

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba mengembalikan perangkat Anda ke pengaturan pabrik. Ini akan menghapus semua data dan pengaturan pribadi Anda, jadi pastikan Anda melakukan cadangan terlebih dahulu.
Anda dapat mengatur ulang pengaturan pabrik dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka “Pengaturan” di perangkat Android Anda.
  2. Pilih opsi “Cadangan & Setel Ulang” atau “Backup & Reset”.
  3. Pilih opsi “Setel Ulang Data Pabrik” atau “Factory Data Reset”.
  4. Konfirmasikan tindakan tersebut dan tunggu perangkat Anda mengatur ulang.

Setelah pengaturan pabrik selesai, Anda perlu mengatur ulang perangkat Anda dan memulihkan data dari cadangan yang telah Anda buat sebelumnya. Coba jalankan perangkat Anda dan periksa apakah pesan error masih muncul. Jika masih ada, mungkin ada masalah perangkat keras yang perlu diperiksa oleh teknisi.

10. Dapatkan Bantuan dari Teknisi

Jika semua langkah di atas tidak berhasil memperbaiki pesan error “System Telah Berhenti” di perangkat Android Anda, disarankan untuk mendapatkan bantuan dari teknisi atau pusat servis resmi. Mereka dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap perangkat Anda dan memberikan solusi yang sesuai.
Penutup:
Dalam artikel ini, kami telah membahas 10 cara mengatasi pesan error “System Telah Berhenti” di perangkat Android. Anda dapat mencoba langkah-langkah seperti me-restart perangkat, membersihkan cache aplikasi, memperbarui aplikasi, menghapus data aplikasi, menonaktifkan aplikasi terbaru, memeriksa ruang penyimpanan, memperbarui sistem operasi, masuk ke Mode Aman, mengatur ulang pengaturan pabrik, atau mendapatkan bantuan dari teknisi.

Selalu ingat untuk membuat cadangan data penting sebelum melakukan langkah-langkah yang melibatkan penghapusan data. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah “System Telah Berhenti” di perangkat Android Anda.

Share:

Related Post