10 Cara Mengatur Ukuran Kertas di WPS Office Android

admin

0 Comment

Link

Apakah Anda sering menggunakan aplikasi WPS Office di perangkat Android Anda? Jika iya, Anda mungkin pernah menghadapi situasi di mana Anda perlu mengatur ukuran kertas dalam dokumen Anda. Ukuran kertas yang tepat adalah hal yang penting untuk memastikan tampilan dan format dokumen yang diinginkan.

Artikel ini akan memberikan Anda 10 cara yang mudah untuk mengatur ukuran kertas di WPS Office Android. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat dengan cepat dan efisien mengatur ukuran kertas sesuai kebutuhan Anda. Mari kita mulai!

Disclaimer: Seiring dengan perkembangan aplikasi, antarmuka pengguna dan fitur-fitur dapat mengalami perubahan. Panduan ini berdasarkan versi WPS Office Android yang paling terbaru saat artikel ini ditulis.

Cara Mengatur Ukuran Kertas di WPS Office Android

1. Membuka Dokumen di WPS Office Android

Langkah pertama adalah membuka dokumen yang ingin Anda edit di WPS Office Android. Anda dapat melakukannya dengan membuka aplikasi WPS Office dan memilih dokumen yang diinginkan dari daftar dokumen yang tersedia.

Jika Anda belum memiliki dokumen yang ingin diedit, Anda dapat membuat dokumen baru dengan memilih opsi “Buat Dokumen Baru” dalam menu aplikasi WPS Office Android.

Selanjutnya, ketuk ikon dokumen yang Anda pilih untuk membukanya.

2. Mengakses Opsi Pengaturan Kertas

Setelah Anda membuka dokumen di WPS Office Android, langkah selanjutnya adalah mengakses opsi pengaturan kertas. Untuk melakukannya, ketuk ikon menu di pojok kanan atas layar.

Di dalam menu ini, Anda akan melihat berbagai opsi dan fitur yang tersedia. Pilih opsi “Setelan” untuk melanjutkan.

Anda akan dibawa ke layar pengaturan WPS Office Android, di mana Anda dapat mengatur berbagai preferensi dan opsi, termasuk ukuran kertas.

3. Memilih Ukuran Kertas yang Diinginkan

Pada layar pengaturan WPS Office Android, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Ukuran Kertas”. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Di sini, Anda akan melihat daftar ukuran kertas yang tersedia. Pilih ukuran kertas yang diinginkan dengan mengetuknya.

WPS Office Android menyediakan berbagai ukuran kertas standar, seperti A4, Letter, Legal, dan sebagainya. Pilih ukuran yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Menghubungkan Smartwatch ke Android

4. Menyesuaikan Ukuran Kertas secara Manual

Jika Anda tidak menemukan ukuran kertas yang diinginkan dalam daftar opsi yang tersedia, Anda masih dapat menyesuaikan ukuran kertas secara manual. Untuk melakukannya, ketuk opsi “Ukuran Kertas Kustom” atau “Custom Paper Size” (tergantung pada bahasa yang Anda gunakan dalam aplikasi).

Pada layar berikutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan dimensi kertas yang diinginkan. Anda dapat mengatur lebar dan tinggi kertas dengan menggunakan unit pengukuran yang diinginkan, seperti inci atau milimeter.

Saat memasukkan dimensi kertas, pastikan untuk memperhatikan perbandingan aspek. Misalnya, jika Anda ingin mengatur kertas dengan perbandingan aspek 4:3, pastikan memasukkan nilai yang sesuai.

5. Mengatur Orientasi Kertas

Selain mengatur ukuran kertas, Anda juga dapat mengatur orientasinya. WPS Office Android menyediakan dua opsi orientasi kertas: potret (vertikal) dan lanskap (horizontal).

Untuk mengatur orientasi kertas, kembali ke layar pengaturan ukuran kertas dan cari opsi “Orientasi”. Ketuk opsi ini dan pilih orientasi yang diinginkan.

Perhatikan bahwa orientasi kertas akan mempengaruhi tampilan dokumen secara keseluruhan. Jadi, pastikan untuk memilih orientasi yang sesuai dengan konten dan kebutuhan Anda.

6. Mengubah Ukuran Kertas di Tengah Dokumen

Terkadang, Anda mungkin perlu mengubah ukuran kertas di tengah dokumen yang sedang Anda edit. WPS Office Android memungkinkan Anda untuk melakukannya dengan mudah.

Untuk mengubah ukuran kertas di tengah dokumen, ketuk ikon menu di pojok kanan atas layar dan pilih opsi “Ubah Ukuran Kertas”.

Anda akan diberikan opsi untuk memilih ukuran kertas yang berbeda. Pilih ukuran yang diinginkan, dan WPS Office Android akan secara otomatis mengubah ukuran kertas dokumen Anda sesuai dengan pilihan Anda.

7. Mengatur Margin Kertas

Selain mengatur ukuran kertas, penting juga untuk memperhatikan margin kertas. Margin adalah area kosong di sekitar tepi dokumen yang membantu dalam tata letak dan tampilan yang baik.

Untuk mengatur margin kertas di WPS Office Android, kembali ke layar pengaturan ukuran kertas dan cari opsi “Margin”. Ketuk opsi ini dan Anda akan diberikan opsi untuk mengatur margin atas, bawah, kiri, dan kanan.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  12 Cara Keluar Akun Google di Android

Anda dapat memasukkan nilai margin yang diinginkan atau menggunakan opsi default yang disediakan oleh aplikasi. Pastikan untuk mengatur margin sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

8. Menggabungkan Dokumen dengan Ukuran Kertas yang Berbeda

Terkadang, Anda mungkin perlu menggabungkan beberapa dokumen dengan ukuran kertas yang berbeda menjadi satu dokumen tunggal. WPS Office Android memungkinkan Anda untuk melakukannya tanpa masalah dan dengan mudah.

Untuk menggabungkan dokumen dengan ukuran kertas yang berbeda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka dokumen pertama yang ingin Anda gabungkan di WPS Office Android.
  2. Ketuk ikon menu di pojok kanan atas layar dan pilih opsi “Tambahkan Dokumen”.
  3. Pilih dokumen kedua yang ingin Anda gabungkan. Dokumen ini dapat memiliki ukuran kertas yang berbeda dengan dokumen pertama.
  4. Setelah Anda memilih dokumen kedua, WPS Office Android akan secara otomatis menggabungkan kedua dokumen tersebut menjadi satu.
  5. Pastikan untuk memeriksa tampilan dan format dokumen yang dihasilkan setelah penggabungan. Jika perlu, Anda dapat mengatur ulang ukuran kertas dan margin secara manual untuk memastikan kesesuaian yang diinginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menggabungkan dokumen dengan ukuran kertas yang berbeda dan menjaga tampilan yang konsisten dalam satu dokumen tunggal.

9. Menyimpan Dokumen dengan Ukuran Kertas yang Telah Diatur

Setelah Anda mengatur ukuran kertas dokumen sesuai kebutuhan, penting untuk menyimpan dokumen dengan pengaturan tersebut. Hal ini akan memastikan bahwa dokumen akan tetap memiliki ukuran kertas yang diinginkan saat Anda membukanya kembali di WPS Office Android atau perangkat lain.

Untuk menyimpan dokumen dengan ukuran kertas yang telah diatur, ketuk ikon menu di pojok kanan atas layar dan pilih opsi “Simpan” atau “Save”.

Pilih lokasi penyimpanan yang diinginkan dan berikan nama file yang sesuai. Setelah itu, dokumen akan disimpan dengan ukuran kertas yang telah Anda atur.

10. Menggunakan Fitur Pengaturan Kertas Lanjutan

WPS Office Android juga menyediakan beberapa fitur pengaturan kertas lanjutan yang dapat membantu Anda dalam mengelola dan mengatur ukuran kertas dengan lebih spesifik.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Daftar Internet Banking Mandiri lewat HP Android

Anda dapat mengakses fitur ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka dokumen yang ingin Anda edit di WPS Office Android.
  2. Ketuk ikon menu di pojok kanan atas layar dan pilih opsi “Setelan”.
  3. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Pengaturan Lanjutan”. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.
  4. Di layar pengaturan lanjutan, Anda akan menemukan berbagai opsi yang berkaitan dengan pengaturan kertas, seperti ukuran kertas khusus, tata letak, pengaturan tampilan, dan lain sebagainya.
  5. Eksplorasi fitur-fitur ini sesuai kebutuhan Anda dan gunakan untuk mengatur ukuran kertas secara lebih rinci dan sesuai dengan preferensi Anda.

Dengan menggali lebih dalam ke dalam fitur pengaturan kertas lanjutan, Anda dapat mengoptimalkan tampilan dokumen dan mengatur ukuran kertas dengan lebih spesifik sesuai kebutuhan Anda.

Selain itu, ada beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda dalam mengatur ukuran kertas di WPS Office Android:

Gunakan ukuran kertas yang umum digunakan: Jika Anda tidak memiliki kebutuhan khusus, menggunakan ukuran kertas standar seperti A4 atau Letter dapat memudahkan dalam berbagi dokumen dengan orang lain dan menjaga keseragaman tampilan.

Perhatikan tata letak dan konten dokumen: Selain ukuran kertas, pastikan tata letak dan konten dokumen Anda sesuai dengan ukuran yang telah diatur. Periksa apakah gambar, tabel, dan teks telah terposisi dengan baik dan terlihat proporsional.

Cek kembali sebelum mencetak: Jika Anda berniat mencetak dokumen yang telah Anda atur ukuran kertasnya, pastikan untuk memeriksa kembali tampilan dokumen dalam mode cetak sebelum melakukan pencetakan. Hal ini akan membantu Anda memastikan bahwa dokumen akan dicetak dengan ukuran kertas yang diinginkan.

Gunakan fitur pemandu dan bantuan: WPS Office Android menyediakan fitur pemandu dan bantuan yang berguna dalam mengatur ukuran kertas. Jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menggunakan fitur tersebut atau mencari panduan resmi yang disediakan oleh pengembang aplikasi.

Dengan mengikuti tips dan panduan ini, Anda akan dapat dengan mudah mengatur ukuran kertas di WPS Office Android sesuai kebutuhan Anda. Selamat mengedit dokumen dan semoga sukses dalam penggunaan aplikasi ini!

Share:

Related Post