10 Cara Mengembalikan Aplikasi WhatsApp yang Terhapus di Android

admin

0 Comment

Link

WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang sangat populer di seluruh dunia. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan kolega secara gratis. Namun, terkadang kita mungkin mengalami masalah saat aplikasi WhatsApp terhapus dari ponsel Android kita. Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan memberikan 10 cara untuk mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus di Android.

Jangan terburu-buru memformat atau mereset ponsel Anda jika aplikasi WhatsApp terhapus. Ada beberapa cara yang dapat Anda coba sebelum melakukan hal tersebut. Berikut ini adalah 10 cara yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus di Android.

Cara Mengembalikan Aplikasi WhatsApp yang Terhapus di Android

1. Cek Aplikasi Aplikasi Terinstal di Google Play Store

Langkah pertama yang dapat Anda coba adalah dengan memeriksa aplikasi WhatsApp di Google Play Store. Buka Google Play Store di ponsel Anda, kemudian cari “WhatsApp” di bar pencarian. Jika aplikasi WhatsApp masih terinstal di ponsel Anda, namun tidak ada di layar utama atau di laci aplikasi, cobalah untuk mencarinya di menu “Aplikasi Terinstal” di Google Play Store.

Jika aplikasi WhatsApp tidak muncul di daftar aplikasi terinstal di Google Play Store, maka kemungkinan besar aplikasi telah terhapus dari ponsel Anda. Namun, masih ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus.

2. Cek Apakah WhatsApp Masih Ada di Folder Aplikasi

Jika aplikasi WhatsApp masih terinstal di ponsel Anda, namun tidak ada di layar utama atau di laci aplikasi, maka mungkin aplikasi telah dipindahkan ke folder lain. Coba periksa semua folder aplikasi di ponsel Anda, termasuk folder yang dibuat oleh pengguna, dan lihat apakah Anda dapat menemukan aplikasi WhatsApp.

Jika Anda menemukan aplikasi WhatsApp di folder aplikasi yang berbeda, cukup klik aplikasi tersebut untuk membukanya. Jika aplikasi WhatsApp tidak berfungsi dengan baik setelah dipindahkan ke folder lain, cobalah untuk menghapus aplikasi dan menginstalnya kembali dari Google Play Store.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  Rekomendasi 9 Hp Samsung Lawas Tapi Masih Layak Dibeli Saat Ini, Ada Tahun 2016

3. Cek Aplikasi WhatsApp di Folder Sampah

Beberapa ponsel Android memiliki fitur “Sampah” yang menyimpan file dan aplikasi yang telah dihapus. Coba periksa folder Sampah di ponsel Anda untuk melihat apakah aplikasi WhatsApp masih tersimpan di sana.

Jika aplikasi WhatsApp masih ada di folder Sampah, pindahkan aplikasi ke folder aslinya dan coba untuk membukanya. Jika aplikasi WhatsApp tidak berfungsi dengan baik setelah dipindahkan dari folder Sampah, cobalah untuk menghapus aplikasi dan menginstalnya kembali dari Google Play Store.

4. Coba Gunakan Aplikasi File Manager

Jika aplikasi WhatsApp tidak dapat ditemukan di layar utama, dilaci aplikasi, atau di folder aplikasi lainnya, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi file manager untuk mencari aplikasi WhatsApp yang terhapus. Aplikasi file manager adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola file dan folder di ponsel Android. Beberapa aplikasi file manager yang dapat Anda gunakan antara lain ES File Explorer dan File Manager.

Jika Anda sudah memiliki aplikasi file manager di ponsel Anda, buka aplikasi tersebut dan cari folder “Aplikasi” atau “Aplikasi Terinstal”. Cari folder WhatsApp di dalam folder tersebut dan pastikan bahwa aplikasi WhatsApp tidak terhapus dari ponsel Anda.

Jika aplikasi WhatsApp tidak ada di dalam folder “Aplikasi” atau “Aplikasi Terinstal”, maka kemungkinan besar aplikasi telah terhapus dari ponsel Anda. Namun, masih ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus.

5. Gunakan Aplikasi Pemulihan

Jika semua upaya di atas gagal mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan. Aplikasi pemulihan adalah aplikasi yang dapat memulihkan file yang telah terhapus dari ponsel Android.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Membuat Instagram Dark Mode di Android

Beberapa aplikasi pemulihan yang dapat Anda gunakan antara lain DiskDigger, EaseUS MobiSaver, dan Recuva. Unduh salah satu aplikasi ini dari Google Play Store, instal di ponsel Anda, dan ikuti panduan penggunaan aplikasi tersebut untuk memulihkan aplikasi WhatsApp yang terhapus.

6. Gunakan Google Drive

Salah satu cara untuk menghindari kehilangan data pada aplikasi WhatsApp adalah dengan melakukan backup data pada Google Drive. Jika Anda sudah melakukan backup data pada Google Drive, Anda dapat mengembalikan aplikasi WhatsApp beserta seluruh chat dan file lainnya dengan mudah.

Untuk mengembalikan aplikasi WhatsApp dengan menggunakan backup di Google Drive, cukup uninstall aplikasi WhatsApp dan instal ulang aplikasi WhatsApp dari Google Play Store. Setelah aplikasi WhatsApp terinstal, login ke akun WhatsApp Anda dan ikuti panduan untuk mengembalikan data dari Google Drive.

7. Gunakan Fitur “Pulihkan Chat”

WhatsApp memiliki fitur “Pulihkan Chat” yang memungkinkan pengguna untuk memulihkan chat yang telah dihapus dalam waktu 7 hari terakhir. Fitur ini dapat digunakan untuk mengembalikan chat pada aplikasi WhatsApp yang telah terhapus.

Untuk menggunakan fitur “Pulihkan Chat” pada aplikasi WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke menu “Pengaturan”. Pilih opsi “Chat” dan pilih “Pulihkan Chat”. Pilih chat yang ingin Anda pulihkan, kemudian tekan tombol “Pulihkan”.

8. Gunakan Aplikasi Recovery Android

Anda juga dapat menggunakan aplikasi recovery Android untuk mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus. Aplikasi recovery Android adalah aplikasi yang dapat memulihkan data yang terhapus dari ponsel Android.

Beberapa aplikasi recovery Android yang dapat Anda gunakan antara lain Dr.Fone, PhoneRescue, dan EaseUS MobiSaver. Unduh salah satu aplikasi ini dari Google Play Store, instal di ponsel Anda, dan ikuti panduan penggunaan aplikasi tersebut untuk memulihkan aplikasi WhatsApp yang terhapus.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  11 Cara Kompres Video di Android Tanpa Aplikasi

9. Gunakan Aplikasi Pemulihan Data Android

Selain aplikasi pemulihan dan recovery Android, ada juga aplikasi pemulihan data Android yang dapat digunakan untuk mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus. Aplikasi pemulihan data Android dapat memulihkan data yang terhapus dari ponsel Android, termasuk aplikasi WhatsApp.

Beberapa aplikasi pemulihan data Android yang dapat Anda gunakan antara lain DiskDigger, MiniTool Mobile Recovery, dan EaseUS MobiSaver. Unduh salah satu aplikasi ini dari Google Play Store, instal di ponsel Anda, dan ikuti panduan penggunaan aplikasi tersebut untuk memulihkan aplikasi WhatsApp yang terhapus.

10. Hubungi Dukungan WhatsApp

Jika semua upaya di atas tidak berhasil mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus, Anda dapat menghubungi dukungan WhatsApp untuk meminta bantuan. Dukungan WhatsApp dapat membantu Anda untuk memulihkan akun WhatsApp Anda beserta seluruh chat dan file lainnya.

Untuk menghubungi dukungan WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke menu “Pengaturan”. Pilih opsi “Bantuan” dan pilih opsi “Hubungi Kami”. Ikuti panduan untuk menghubungi dukungan WhatsApp dan sampaikan masalah yang Anda alami. Dukungan WhatsApp akan memberikan solusi yang dapat membantu Anda mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus.

Penutup

Itulah 10 cara yang dapat Anda coba untuk mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus di ponsel Android. Namun, sebaiknya Anda melakukan backup data secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang tidak terduga. Selain itu, pastikan ponsel Anda tidak terinfeksi virus atau malware yang dapat merusak aplikasi dan data di dalamnya.

Terakhir, sebaiknya Anda memilih cara yang paling sesuai dengan kondisi ponsel Anda dan data yang ingin dikembalikan. Jika cara di atas tidak berhasil mengembalikan aplikasi WhatsApp yang terhapus, Anda dapat mencari solusi lain atau menghubungi dukungan teknis untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Share:

Related Post