10 Cara Menghapus Riwayat Penelusuran YouTube di HP Android

admin

0 Comment

Link

YouTube adalah platform video yang sangat populer di seluruh dunia. Setiap kali Anda melakukan penelusuran di aplikasi YouTube di ponsel Android, riwayat penelusuran tersebut akan disimpan. Bagi beberapa orang, privasi adalah hal yang penting, dan mereka mungkin ingin menghapus riwayat penelusuran mereka agar tidak ada yang dapat melihat apa yang mereka cari di YouTube. Jika Anda ingin menghapus riwayat penelusuran YouTube di HP Android Anda, berikut ini adalah 10 cara yang dapat Anda lakukan.

Cara Menghapus Riwayat Penelusuran YouTube di HP Android

1. Menghapus Riwayat Penelusuran Secara Individual

Langkah pertama adalah dengan menghapus riwayat penelusuran secara individual. Caranya cukup mudah. Buka aplikasi YouTube di ponsel Anda dan ketuk ikon “Lainnya” di bagian bawah kanan layar. Pilih opsi “Riwayat Penelusuran” dari menu yang muncul. Anda akan melihat daftar semua penelusuran yang pernah Anda lakukan. Untuk menghapus satu penelusuran, cukup ketuk ikon “X” di sebelah kanan penelusuran yang ingin Anda hapus. Ulangi langkah ini untuk setiap penelusuran yang ingin Anda hapus.

Selain itu, Anda juga dapat menghapus seluruh riwayat penelusuran dengan mengetuk opsi “Hapus Riwayat Penelusuran” di bagian atas daftar penelusuran. Namun, pastikan Anda benar-benar ingin menghapus semua riwayat penelusuran, karena tindakan ini tidak dapat dibatalkan.

Selain menghapus secara individual, Anda juga dapat menggunakan fitur pengaturan untuk mengatur agar YouTube tidak menyimpan riwayat penelusuran Anda di masa mendatang. Caranya adalah dengan membuka pengaturan akun YouTube Anda dan masuk ke opsi “Privasi”. Di sana, Anda akan menemukan opsi “Simpan Riwayat Penelusuran”. Nonaktifkan opsi ini untuk mencegah YouTube menyimpan riwayat penelusuran Anda.

2. Menggunakan Mode Penelusuran Anonim

YouTube juga menyediakan mode penelusuran anonim yang dapat membantu Anda menjaga privasi saat menggunakan aplikasi. Mode ini disebut “Penelusuran dan Tontonan Anonim”. Untuk mengaktifkannya, buka aplikasi YouTube di ponsel Anda, ketuk ikon “Lainnya” di bagian bawah kanan layar, lalu pilih “Pengaturan”. Di sana, Anda akan menemukan opsi “Penelusuran dan Tontonan Anonim”. Aktifkan opsi ini untuk mengaktifkan mode penelusuran anonim.

Ketika mode ini aktif, YouTube tidak akan menyimpan riwayat penelusuran atau tontonan Anda. Namun, perlu diingat bahwa jika Anda menyukai video atau melakukan tindakan lain di luar penelusuran,

3. Menggunakan Fitur Penghapusan Otomatis

YouTube juga menawarkan fitur penghapusan otomatis yang dapat Anda atur untuk menghapus riwayat penelusuran secara teratur. Dengan fitur ini, Anda dapat mengatur YouTube agar secara otomatis menghapus riwayat penelusuran setelah periode waktu tertentu. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi YouTube di ponsel Anda dan ketuk ikon “Lainnya” di bagian bawah kanan layar.

2. Pilih opsi “Pengaturan” dan masuk ke opsi “Privasi”.

3. Gulir ke bawah dan Anda akan menemukan opsi “Penghapusan Otomatis”. Ketuk opsi ini.

4. Di sana, Anda dapat memilih periode waktu untuk menghapus riwayat penelusuran, seperti 3 bulan, 18 bulan, atau selamanya. Pilih periode waktu yang sesuai dengan preferensi Anda.

5. Setelah Anda memilih periode waktu, ketuk “Berikutnya” dan ikuti instruksi untuk mengonfirmasi pengaturan penghapusan otomatis.

Dengan menggunakan fitur penghapusan otomatis ini, Anda tidak perlu khawatir tentang menghapus riwayat penelusuran secara manual, karena YouTube akan melakukannya secara otomatis sesuai dengan pengaturan yang Anda tentukan.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  7 Cara Melihat Password Facebook yang Tersimpan di Android

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain opsi yang disediakan langsung oleh YouTube, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus riwayat penelusuran YouTube di HP Android Anda. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang populer adalah “History Eraser” dan “CCleaner”. Untuk menggunakan aplikasi ini, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Unduh dan instal salah satu aplikasi pihak ketiga yang telah disebutkan di atas dari Google Play Store.

2. Buka aplikasi dan pilih opsi “YouTube” dari daftar aplikasi yang didukung.

3. Pilih opsi “Hapus Riwayat” atau “Bersihkan Data” untuk menghapus riwayat penelusuran YouTube di ponsel Anda.

4. Tunggu sampai proses selesai dan pastikan untuk mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi.

Pastikan Anda hanya mengunduh dan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang terpercaya dan diunduh dari sumber yang tepercaya. Selalu periksa ulasan pengguna dan peringkat aplikasi sebelum menginstalnya.

5. Menghapus Riwayat Penelusuran di Perangkat Android secara Umum

Jika Anda ingin menghapus riwayat penelusuran di perangkat Android secara umum, termasuk tidak hanya riwayat penelusuran YouTube tetapi juga riwayat penelusuran di aplikasi lain, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka pengaturan di perangkat Android Anda.

2. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Privasi” atau “Privasi & Keamanan”. Ketuk opsi tersebut.

3. Di dalam opsi privasi, Anda akan menemukan opsi “Hapus Riwayat” atau “Hapus Riwayat Pencarian”. Ketuk opsi tersebut.

4. Perangkat Anda akan menampilkan daftar aplikasi yang memiliki riwayat penelusuran yang dapat dihapus. Cari dan pilih YouTube dari daftar tersebut.

5. Setelah Anda memilih YouTube, pilih opsi “Hapus” atau “Hapus Data” untuk menghapus riwayat penelusuran YouTube di perangkat Android Anda.

6. Konfirmasikan tindakan Anda dan tunggu hingga proses penghapusan selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat menghapus riwayat penelusuran di perangkat Android secara umum, termasuk riwayat penelusuran di aplikasi YouTube.

6. Menggunakan Mode “Tamu” di Ponsel Android

Jika Anda ingin menjaga privasi penelusuran YouTube tanpa harus menghapus riwayat penelusuran secara permanen, Anda dapat menggunakan fitur “Tamu” di ponsel Android Anda. Mode “Tamu” memungkinkan Anda untuk menggunakan perangkat dengan pengaturan awal yang bersih, tanpa data atau riwayat pengguna sebelumnya.

Untuk menggunakan mode “Tamu” di ponsel Android, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka pengaturan di perangkat Android Anda.

2. Cari opsi “Pengguna” atau “Pengaturan Pengguna”. Ketuk opsi tersebut.

3. Di dalam pengaturan pengguna, Anda akan menemukan opsi “Tambah Pengguna” atau “Tambah Pengguna Tamu”. Ketuk opsi tersebut.

4. Pilih opsi “Tambah Pengguna Tamu” untuk membuat sesi tamu yang bersih dan terpisah dari pengguna utama.

5. Setelah mode “Tamu” aktif, Anda dapat membuka aplikasi YouTube dan melakukan penelusuran atau menonton video tanpa riwayat penelusuran terkait dengan akun pengguna utama.

6. Setelah selesai menggunakan mode “Tamu”, Anda dapat keluar dari sesi tamu dan semua data dan riwayat pengguna tamu akan dihapus secara otomatis.

Dengan menggunakan mode “Tamu”, Anda dapat menjaga privasi penelusuran YouTube tanpa harus menghapus riwayat penelusuran di akun pengguna utama Anda.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  5 Cara Download Aplikasi Android di Laptop

7. Menggunakan Aplikasi YouTube Modifikasi

Ada juga aplikasi YouTube modifikasi yang dapat membantu Anda menghapus riwayat penelusuran YouTube di HP Android. Aplikasi ini umumnya merupakan versi modifikasi dari aplikasi YouTube resmi yang memiliki fitur tambahan, termasuk kemampuan untuk menghapus riwayat penelusuran dengan mudah.

Untuk menggunakan aplikasi YouTube modifikasi, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Unduh dan instal aplikasi YouTube modifikasi dari sumber yang tepercaya. Pastikan Anda mendapatkan aplikasi modifikasi dari sumber yang terpercaya dan dapat dipercaya.

2. Setelah Anda menginstal aplikasi YouTube modifikasi, buka aplikasi tersebut di ponsel Android Anda.

3. Cari pengaturan atau opsi yang terkait dengan riwayat penelusuran. Biasanya, pengaturan ini dapat ditemukan di bagian “Privasi” atau “Pengaturan Akun”.

4. Di dalam pengaturan tersebut, Anda akan menemukan opsi untuk menghapus riwayat penelusuran. Pilih opsi ini dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk menghapus riwayat penelusuran YouTube di HP Android Anda.

5. Pastikan untuk mengonfirmasi tindakan Anda dan tunggu sampai proses penghapusan selesai.

Selain menghapus riwayat penelusuran, beberapa aplikasi YouTube modifikasi juga dapat menawarkan fitur tambahan, seperti pengunduhan video, pemutaran latar belakang, atau penghapusan iklan. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi modifikasi dapat melanggar kebijakan penggunaan YouTube, dan ada risiko keamanan yang terkait dengan mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak resmi.

8. Membersihkan Cache dan Data Aplikasi YouTube

Jika Anda tidak ingin menghapus riwayat penelusuran YouTube sepenuhnya tetapi hanya ingin membersihkan data dan cache aplikasi, Anda dapat menggunakan opsi ini untuk mengurangi jejak penelusuran Anda di perangkat Android.

Untuk membersihkan cache dan data aplikasi YouTube di HP Android, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka pengaturan di perangkat Android Anda.

2. Cari opsi “Aplikasi” atau “Kelola Aplikasi”. Ketuk opsi tersebut.

3. Temukan dan pilih aplikasi YouTube dari daftar aplikasi yang terinstal di perangkat Anda.

4. Di dalam pengaturan aplikasi YouTube, Anda akan menemukan opsi “Hapus Cache” dan “Hapus Data”.

5. Pilih opsi “Hapus Cache” untuk membersihkan cache aplikasi YouTube. Ini akan menghapus data sementara yang disimpan oleh aplikasi.

6. Jika Anda ingin membersihkan data aplikasi YouTube, pilih opsi “Hapus Data”. Namun, perlu diingat bahwa ini akan menghapus semua pengaturan dan preferensi Anda di aplikasi, termasuk akun yang sudah login dan riwayat penelusuran.

7. Konfirmasikan tindakan Anda dan tunggu hingga proses membersihkan cache atau data selesai.

Dengan membersihkan cache dan data aplikasi YouTube, Anda dapat mengurangi jejak penelusuran Anda di perangkat Android tanpa harus menghapus riwayat penelusuran secara permanen.

9. Menggunakan Mode “Incognito” di Browser

Jika Anda lebih suka menggunakan browser di ponsel Android Anda untuk mengakses YouTube, Anda dapat menggunakan mode “Incognito” atau “Private” di browser untuk menjaga privasi penelusuran Anda. Mode ini memungkinkan Anda untuk menjelajahi internet tanpa menyimpan riwayat penelusuran, cookie, atau data pengguna lainnya. Untuk menggunakan mode “Incognito” di browser, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka browser di ponsel Android Anda, seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

2. Cari ikon menu atau ikon titik tiga di pojok kanan atas layar. Ketuk ikon tersebut.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  7 Jenis Teknologi yang Dapat Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

3. Dalam menu yang muncul, cari opsi “New Incognito Tab” atau “Private Tab”. Ketuk opsi tersebut.

4. Setelah mode “Incognito” aktif, Anda akan melihat tanda pengenal khusus, seperti topi detective atau ikon lainnya, untuk menandakan bahwa Anda sedang berada dalam mode penjelajahan pribadi.

5. Sekarang, buka tab baru di browser yang menggunakan mode “Incognito” dan ketikkan alamat YouTube di bilah pencarian. Dengan melakukan ini, penelusuran Anda di YouTube tidak akan disimpan dalam riwayat penelusuran atau cookie browser.

6. Setelah Anda selesai menggunakan mode “Incognito”, cukup tutup tab “Incognito” atau “Private” di browser. Semua data dan riwayat penelusuran akan dihapus secara otomatis.

Dengan menggunakan mode “Incognito” di browser, Anda dapat menjaga privasi penelusuran YouTube tanpa harus menghapus riwayat penelusuran secara permanen di perangkat Anda.

10. Mengelola Riwayat Penelusuran YouTube

Terakhir, YouTube juga menyediakan fitur pengelolaan riwayat penelusuran yang memungkinkan Anda mengontrol dan menghapus riwayat penelusuran secara selektif. Dengan fitur ini, Anda dapat menghapus entri penelusuran tertentu atau menghapus seluruh riwayat penelusuran. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengelola riwayat penelusuran di YouTube:

1. Buka aplikasi YouTube di ponsel Anda dan pastikan Anda sudah login ke akun YouTube Anda.

2. Ketuk ikon gambar profil Anda di bagian kanan atas layar untuk membuka menu pengaturan akun.

3. Di dalam menu tersebut, cari opsi “Riwayat” atau “History”. Ketuk opsi ini.

4. Anda akan dibawa ke halaman Riwayat Penelusuran di YouTube, di mana Anda dapat melihat semua riwayat penelusuran Anda.

5. Jika Anda ingin menghapus entri penelusuran tertentu, cukup cari entri tersebut dan ketuk ikon “X” atau opsi “Hapus” yang terkait dengannya.

6. Jika Anda ingin menghapus seluruh riwayat penelusuran, ketuk opsi “Hapus Riwayat Penelusuran” atau “Hapus Semua Riwayat”.

7. YouTube akan meminta konfirmasi Anda untuk menghapus riwayat penelusuran. Anda dapat menghapus riwayat penelusuran dengan mengkonfirmasi tindakan tersebut.

8. Setelah Anda menghapus riwayat penelusuran, Anda akan melihat konfirmasi bahwa riwayat penelusuran Anda telah berhasil dihapus.

Dengan mengelola riwayat penelusuran di YouTube, Anda dapat memilih untuk menghapus entri penelusuran tertentu atau menghapus seluruh riwayat penelusuran sesuai keinginan Anda.

Penutup

Riwayat penelusuran di YouTube dapat berisi informasi pribadi dan sensitif. Untuk menjaga privasi Anda dan mengontrol jejak penelusuran, Anda dapat mengikuti beberapa cara yang telah dijelaskan di artikel ini.

Anda dapat menghapus riwayat penelusuran YouTube di HP Android Anda dengan mengakses pengaturan privasi di aplikasi YouTube, menggunakan mode “Tamu” di ponsel Anda, atau menggunakan aplikasi YouTube modifikasi. Selain itu, Anda juga dapat membersihkan cache dan data aplikasi YouTube, menggunakan mode “Incognito” di browser, atau mengelola riwayat penelusuran di YouTube secara selektif.

Dengan mengambil langkah-langkah untuk menghapus atau mengontrol riwayat penelusuran YouTube, Anda dapat meningkatkan privasi dan keamanan penelusuran Anda di perangkat Android Anda. Pastikan untuk memilih metode yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Semoga informasi yang disajikan dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda. Nikmati pengalaman menonton video YouTube yang lebih pribadi dan aman!

 

Share:

Related Post