10 Cara Menghilangkan Suara Musik pada Lagu di Android

admin

0 Comment

Link

Saat mendengarkan lagu favorit di ponsel Android, terkadang kita ingin menghilangkan suara musik pada lagu tersebut. Mungkin kita ingin fokus pada lirik, membuat remix, atau hanya ingin menghapus instrumen musik yang mengganggu. Dalam artikel ini, kami akan membagikan 10 cara praktis untuk menghilangkan suara musik pada lagu di perangkat Android Anda.

Cara Menghilangkan Suara Musik pada Lagu di Android

1. Menggunakan Aplikasi Edit Audio

Anda dapat menggunakan aplikasi edit audio yang tersedia di Play Store untuk menghilangkan suara musik pada lagu di Android. Aplikasi seperti Audacity, WavePad, atau FL Studio Mobile dapat membantu Anda dalam proses ini.

Anda dapat memuat lagu ke dalam aplikasi, memilih trek audio yang ingin dihilangkan, dan menggunakan fitur-fitur pengeditan yang disediakan untuk menghapus suara musik tersebut.

2. Menggunakan Aplikasi Karaoke

Aplikasi karaoke populer seperti Smule atau Sing! Karaoke dapat digunakan untuk menghilangkan suara musik pada lagu. Anda dapat memilih lagu yang ingin Anda nyanyikan, dan aplikasi ini secara otomatis akan menghilangkan suara musik asli, sehingga Anda dapat bernyanyi bersama lagu tanpa gangguan.

Beberapa aplikasi karaoke juga menyediakan fitur untuk merekam performa Anda, sehingga Anda dapat menyimpannya dan membagikannya dengan teman-teman.

3. Mencari Versi Akapela

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan suara musik pada lagu di Android adalah dengan mencari versi akapela lagu tersebut. Versi akapela hanya berisi vokal tanpa instrumen musik. Anda dapat mencarinya di platform streaming musik seperti Spotify, YouTube Music, atau SoundCloud.

Cukup ketikkan nama lagu di aplikasi tersebut, dan tambahkan kata “akapela” di belakangnya. Kemudian pilih versi akapela yang Anda sukai dan dengarkan tanpa suara musik.

4. Menggunakan Aplikasi Equalizer

Aplikasi equalizer dapat membantu Anda mengatur frekuensi audio pada perangkat Android. Dengan mengurangi frekuensi suara musik pada lagu, Anda dapat meminimalkan keberadaan suara musik tersebut.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  7 Cara Memindahkan Data dari Android ke iPhone

Anda dapat mengunduh aplikasi equalizer seperti Equalizer FX, Poweramp, atau Viper4Android dari Play Store. Atur pengaturan equalizer sesuai preferensi Anda, dan dengarkan lagu dengan suara musik yang lebih rendah.

Beberapa aplikasi equalizer bahkan memiliki preset khusus untuk menghilangkan suara musik pada lagu tertentu, sehingga Anda dapat dengan mudah mengoptimalkan pengaturan untuk menghilangkan suara musik yang tidak diinginkan.

5. Menggunakan Aplikasi Edit Video

Meskipun namanya adalah aplikasi edit video, beberapa aplikasi juga dapat mengedit audio pada file video. Jika Anda memiliki video musik dengan lirik, Anda dapat menggunakan aplikasi edit video seperti Adobe Premiere Rush, Kinemaster, atau FilmoraGo untuk menghilangkan suara musik pada bagian yang berisi lirik.

Anda dapat memotong bagian video yang mengandung lirik, dan kemudian menghapus audio dari bagian tersebut. Dengan demikian, Anda akan memiliki versi video musik tanpa suara musik yang mengganggu.

Jika Anda hanya ingin mendapatkan file audio, Anda dapat mengekspor proyek video menjadi file audio saja setelah menghapus suara musik pada bagian yang diinginkan.

6. Menggunakan Aplikasi Perekam Suara

Anda juga dapat menggunakan aplikasi perekam suara yang ada di ponsel Android untuk menghilangkan suara musik pada lagu. Caranya adalah dengan memainkan lagu di perangkat lain, seperti speaker atau headphone, dan merekam suara yang keluar menggunakan aplikasi perekam suara di ponsel Android.

Anda perlu memastikan bahwa volume suara musik di perangkat yang memainkan lagu tidak terlalu keras, sehingga suara rekaman yang dihasilkan lebih dominan daripada suara musik.

Setelah merekam suara, Anda dapat memutar rekaman tersebut menggunakan pemutar musik di ponsel Anda tanpa suara musik yang terdengar.

7. Menggunakan Aplikasi Streaming Musik

Ada beberapa aplikasi streaming musik yang memungkinkan Anda mengatur pengaturan audio secara individual untuk setiap lagu. Salah satu contohnya adalah aplikasi Spotify. Anda dapat mengakses pengaturan audio dengan masuk ke pengaturan lagu dan menurunkan volume suara musik.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Menambahkan Preset Lightroom Android: Ubah Foto Anda Menjadi Lebih Menarik

Dengan menurunkan volume suara musik, Anda dapat mengurangi keberadaannya dalam lagu dan lebih fokus pada vokal atau elemen audio lainnya.

Beberapa aplikasi streaming musik juga memiliki fitur seperti “karaoke mode” atau “vocal isolation” yang memungkinkan Anda menghilangkan sebagian suara musik pada lagu.

8. Menggunakan Aplikasi Efek Suara

Terdapat aplikasi efek suara di Play Store yang memungkinkan Anda untuk mengatur dan menghilangkan suara musik pada lagu di Android. Aplikasi seperti Voloco, Smule, atau StarMaker menyediakan efek suara seperti echo, reverb, atau pitch correction yang dapat membantu menghilangkan suara musik yang tidak diinginkan.

Dengan mengatur efek suara yang tepat, Anda dapat meminimalkan suara musik pada lagu dan membuatnya terdengar lebih natural atau mengikuti preferensi Anda.

Eksplorasilah berbagai aplikasi efek suara yang tersedia di Play Store, dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

9. Menggunakan Aplikasi Editor Musik

Jika Anda memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam editing musik, Anda dapat menggunakan aplikasi editor musik seperti GarageBand (untuk pengguna iOS) atau FL Studio Mobile (untuk pengguna Android) untuk menghilangkan suara musik pada lagu.

Dalam aplikasi ini, Anda dapat mengakses trek audio dan menggunakan berbagai alat dan efek untuk menghapus atau mengurangi suara musik. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan aplikasi editor musik memerlukan pemahaman yang lebih mendalam tentang teknik editing dan membutuhkan waktu dan kesabaran.

Jika Anda ingin belajar tentang editing musik, ada banyak tutorial dan sumber daya online yang dapat membantu Anda memulai.

10. Menggunakan Aplikasi Audio Splitter

Aplikasi audio splitter memungkinkan Anda memisahkan trek audio menjadi bagian-bagian terpisah. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat memisahkan trek vokal dan trek musik pada lagu.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  7 Cara Bermain Harvest Moon Back to Nature di Android

Setelah memisahkan trek audio, Anda dapat memutar hanya trek vokal atau mengatur volume trek musik menjadi sangat rendah, sehingga suara musik hampir tidak terdengar.

Aplikasi seperti Timbre, MP3 Cutter & Merger, atau AudioDroid dapat membantu Anda dalam proses pemisahan trek audio.

Penutup

Itulah 10 cara menghilangkan suara musik pada lagu di Android. Anda dapat menggunakan salah satu atau beberapa cara yang telah disebutkan di atas sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan tingkat keahlian dan ketersediaan perangkat yang Anda miliki.

Dalam menghilangkan suara musik pada lagu di Android, penting untuk diingat bahwa kualitas audio mungkin akan berpengaruh. Beberapa metode mungkin mengurangi kualitas audio secara keseluruhan atau menghasilkan efek suara yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan uji coba dan mengevaluasi hasilnya sebelum Anda benar-benar menggunakan lagu yang sudah diolah.

Terakhir, pastikan untuk selalu mematuhi hak cipta dan menggunakan lagu hanya untuk penggunaan pribadi atau dengan izin yang diperlukan. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang penggunaan atau pengolahan lagu secara legal, sebaiknya Anda mencari informasi yang relevan dan mengikuti pedoman yang berlaku.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam menghilangkan suara musik pada lagu di perangkat Android Anda. Selamat mencoba dan selamat menikmati musik tanpa gangguan!

 

Share:

Related Post