10 Cara Menghilangkan Virus Iklan di Android

admin

0 Comment

Link

Android adalah sistem operasi yang digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Meskipun Android cukup aman, namun terkadang virus dan malware dapat masuk dan menginfeksi perangkat Anda. Salah satu jenis virus yang sering menginfeksi Android adalah virus iklan. Virus ini biasanya muncul dalam bentuk iklan yang tidak diinginkan dan bisa membuat pengguna kesal. Untuk membantu Anda menghilangkan virus iklan di Android, berikut adalah 10 cara yang dapat Anda coba.

Cara Menghilangkan Virus Iklan di Android

1. Hapus Aplikasi yang Mencurigakan

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan virus iklan di Android adalah dengan menghapus aplikasi yang mencurigakan. Aplikasi yang diunduh dari sumber yang tidak terpercaya atau aplikasi yang tidak dikenal cenderung mengandung virus iklan. Untuk menghapus aplikasi, buka menu “Pengaturan” pada perangkat Android Anda dan pilih “Aplikasi”. Kemudian, cari aplikasi yang mencurigakan dan hapus dari perangkat Anda.

Selain itu, pastikan untuk selalu mengunduh aplikasi dari Google Play Store atau sumber yang terpercaya. Jangan mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak dikenal atau yang mencurigakan karena ini bisa membahayakan perangkat Anda.

Jika Anda menemukan aplikasi yang sulit untuk dihapus atau masih ada iklan yang muncul setelah menghapus aplikasi, maka Anda bisa mencoba cara lain yang akan dijelaskan berikutnya.

2. Gunakan Antivirus

Penggunaan antivirus adalah cara yang cukup efektif untuk menghilangkan virus iklan di Android. Ada banyak aplikasi antivirus yang tersedia di Google Play Store yang dapat Anda gunakan. Aplikasi antivirus ini akan memindai perangkat Anda dan menghapus virus dan malware yang ditemukan.

Beberapa aplikasi antivirus yang dapat Anda gunakan adalah Avast Mobile Security, AVG AntiVirus Free, dan Kaspersky Mobile Antivirus. Pastikan untuk mengunduh aplikasi antivirus yang terpercaya dan diuji coba sebelum menginstalnya.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan antivirus tidak menjamin bahwa perangkat Anda akan sepenuhnya aman dari virus iklan. Anda juga harus tetap berhati-hati dan menghindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  11 Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Google HP Android

3. Matikan Notifikasi Browser

Notifikasi browser adalah salah satu fitur yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pemberitahuan tentang situs web yang mereka kunjungi. Namun, notifikasi browser juga bisa digunakan oleh virus iklan untuk memunculkan iklan yang tidak diinginkan.

Untuk menghilangkan virus iklan yang memanfaatkan notifikasi browser, Anda bisa mematikan notifikasi browser di perangkat Anda. Untuk melakukan hal ini, buka menu “Pengaturan” pada perangkat Android Anda dan pilih “Notifikasi”. Kemudian, cari browser yang Anda gunakan dan matikan notifikasi browser. Dengan cara ini, virus iklan tidak akan bisa memanfaatkan notifikasi browser untuk memunculkan iklan yang tidak diinginkan.

4. Bersihkan Cache dan Data Aplikasi

Cache dan data aplikasi yang tersimpan di perangkat Android Anda juga bisa menjadi tempat bagi virus iklan untuk berkembang biak. Oleh karena itu, cara lain yang dapat Anda coba untuk menghilangkan virus iklan di Android adalah dengan membersihkan cache dan data aplikasi.

Untuk membersihkan cache dan data aplikasi, buka menu “Pengaturan” pada perangkat Android Anda dan pilih “Aplikasi”. Kemudian, cari aplikasi yang ingin Anda bersihkan cache dan data-nya dan pilih “Hapus cache” atau “Hapus data”.

Namun, perlu diingat bahwa dengan membersihkan cache dan data aplikasi, Anda juga akan kehilangan data atau pengaturan yang disimpan pada aplikasi tersebut. Pastikan untuk membuat cadangan data penting sebelum membersihkan cache dan data aplikasi.

5. Gunakan Mode Aman

Mode aman adalah fitur pada perangkat Android yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan perangkat tanpa aplikasi pihak ketiga. Mode aman juga bisa membantu Anda mengidentifikasi dan menghapus aplikasi yang menyebabkan virus iklan.

Untuk menggunakan mode aman, tahan tombol daya pada perangkat Android Anda hingga muncul opsi “Matikan”. Kemudian, tahan opsi “Matikan” hingga muncul opsi “Masuk ke mode aman”. Setelah itu, pilih opsi “Ya” untuk masuk ke mode aman.

Saat berada dalam mode aman, coba untuk mengidentifikasi aplikasi yang mencurigakan dan hapus dari perangkat Anda. Jika virus iklan tidak muncul saat berada dalam mode aman, maka kemungkinan besar virus iklan disebabkan oleh salah satu aplikasi pihak ketiga yang Anda instal pada perangkat Anda.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  13 Cara Menghilangkan Iklan di HP Android yang Tiba-tiba Muncul

6. Aktifkan Pop-Up Blocker

Pop-up blocker adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk memblokir iklan pop-up pada perangkat Android. Iklan pop-up adalah salah satu jenis iklan yang sering dimanfaatkan oleh virus iklan.

Untuk mengaktifkan pop-up blocker, buka menu “Pengaturan” pada perangkat Android Anda dan pilih “Situs web”. Kemudian, pilih “Pop-up” dan aktifkan opsi “Blokir pop-up”.

Namun, perlu diingat bahwa pengaktifan pop-up blocker tidak menjamin bahwa perangkat Anda akan sepenuhnya aman dari virus iklan.

7. Batasi Izin Aplikasi

Izin aplikasi adalah izin yang diberikan oleh pengguna saat menginstal aplikasi pada perangkat Android. Izin aplikasi yang tidak terlalu penting seperti akses ke kontak atau lokasi dapat dimanfaatkan oleh virus iklan untuk menampilkan iklan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, cara lain untuk menghilangkan virus iklan di Android adalah dengan membatasi izin aplikasi.

Untuk membatasi izin aplikasi, buka menu “Pengaturan” pada perangkat Android Anda dan pilih “Aplikasi”. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin Anda batasi izin-nya dan pilih opsi “Izin”. Setelah itu, nonaktifkan izin yang tidak diperlukan oleh aplikasi tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa membatasi izin aplikasi juga bisa mempengaruhi fungsionalitas aplikasi tersebut. Pastikan untuk memahami risiko dan manfaat dari membatasi izin aplikasi sebelum melakukan tindakan tersebut.

8. Gunakan Antivirus

Penggunaan antivirus pada perangkat Android juga bisa membantu Anda menghilangkan virus iklan. Antivirus akan membantu Anda mendeteksi dan menghapus aplikasi atau file yang terinfeksi virus iklan.

Beberapa antivirus yang direkomendasikan untuk perangkat Android antara lain Avast Mobile Security, McAfee Mobile Security, dan Kaspersky Mobile Antivirus. Pastikan untuk menginstal antivirus dari sumber yang terpercaya dan selalu melakukan pembaruan secara berkala untuk memastikan keamanan perangkat Anda.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Menghubungkan Smartwatch ke Android

9. Batasi Penggunaan Wi-Fi Publik

Wi-Fi publik adalah jaringan Wi-Fi yang dapat diakses oleh siapa saja, seperti di tempat umum atau di tempat usaha. Wi-Fi publik bisa menjadi sumber penyebaran virus iklan pada perangkat Android Anda.

Oleh karena itu, cara lain yang dapat Anda coba untuk menghilangkan virus iklan di Android adalah dengan membatasi penggunaan Wi-Fi publik. Gunakan jaringan Wi-Fi yang aman dan terpercaya, atau lebih baik lagi, gunakan jaringan seluler pada perangkat Android Anda.

10. Hindari Menginstal Aplikasi dari Sumber yang Tidak Terpercaya

Terakhir, hindari menginstal aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya. Aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya dapat mengandung virus iklan atau malware lainnya yang dapat merusak perangkat Android Anda.

Pastikan untuk menginstal aplikasi hanya dari sumber yang terpercaya, seperti Google Play Store atau situs web resmi dari pengembang aplikasi. Jangan menginstal aplikasi dari sumber yang tidak jelas atau mencurigakan.

Kesimpulan

Virus iklan dapat merusak pengalaman pengguna pada perangkat Android. Namun, dengan mengikuti 10 cara menghilangkan virus iklan di Android yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat membantu mengamankan perangkat Android Anda dari serangan virus iklan. Pastikan untuk selalu memperbarui perangkat Android Anda dan menginstal aplikasi dari sumber yang terpercaya untuk memastikan keamanan perangkat Anda. Selain itu, hindari mengklik tautan atau iklan yang mencurigakan dan membatasi izin aplikasi yang tidak diperlukan juga bisa membantu menghindari serangan virus iklan pada perangkat Android Anda.

Meskipun ada banyak cara untuk menghilangkan virus iklan di Android, pencegahan tetap menjadi cara terbaik untuk menghindari serangan virus iklan. Pastikan untuk selalu berhati-hati dan waspada saat menggunakan perangkat Android Anda dan jangan lupa untuk selalu memperbarui perangkat dan aplikasi Anda secara berkala.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membantu menjaga perangkat Android Anda dari virus iklan dan memastikan pengalaman pengguna yang lebih aman dan nyaman.

 

Share:

Related Post