10 Cara Merekam Video Call WhatsApp di Android

admin

0 Comment

Link

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Selain mengirim pesan teks dan foto, WhatsApp juga memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan suara dan video. Namun, sayangnya, WhatsApp tidak menyediakan fitur bawaan untuk merekam video call. Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan membahas 10 cara unik untuk merekam video call WhatsApp di Android. Mari kita lihat lebih lanjut.

Cara Merekam Video Call WhatsApp di Android

1. Menggunakan Aplikasi Perekam Layar

Salah satu cara termudah untuk merekam video call WhatsApp di Android adalah dengan menggunakan aplikasi perekam layar pihak ketiga. Ada banyak aplikasi perekam layar yang tersedia di Play Store, seperti AZ Screen Recorder, DU Recorder, dan Mobizen. Anda dapat mengunduh salah satu aplikasi ini, menginstalnya di perangkat Android Anda, dan mulai merekam video call WhatsApp dengan mudah.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi perekam layar, buka aplikasi tersebut dan atur preferensi sesuai kebutuhan Anda. Pastikan Anda mengaktifkan opsi untuk merekam audio internal sehingga suara di video call WhatsApp juga direkam. Setelah itu, buka WhatsApp, mulai video call, dan ketika Anda ingin merekam, buka aplikasi perekam layar dan tekan tombol perekam. Aplikasi tersebut akan mulai merekam layar perangkat Anda, termasuk video call WhatsApp.

Setelah selesai merekam, Anda dapat menghentikan perekaman dan melihat hasilnya di galeri ponsel Anda. Dengan menggunakan aplikasi perekam layar, Anda dapat merekam video call WhatsApp dengan mudah dan nyaman.

2. Menggunakan Fitur Perekam Layar Bawaan

Jika perangkat Android Anda memiliki fitur perekam layar bawaan, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga. Beberapa perangkat Android terbaru telah dilengkapi dengan fitur perekam layar bawaan, yang memungkinkan Anda merekam layar perangkat tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan.

Untuk menggunakan fitur perekam layar bawaan, buka Pengaturan di perangkat Android Anda dan cari opsi “Perekam Layar” atau “Rekaman Layar”. Setelah Anda menemukannya, aktifkan opsi tersebut. Selanjutnya, buka WhatsApp, mulai video call, dan ketika Anda ingin merekam, buka panel notifikasi dan cari ikon perekam layar. Ketuk ikon tersebut untuk memulai perekaman layar.

Fitur perekam layar bawaan akan mulai merekam layar perangkat Anda, termasuk video call WhatsApp. Anda dapat menghentikan perekaman dengan mengetuk ikon perekam layar di panel notifikasi atau dengan menggeser panel notifikasi dan mengetuk tombol berhenti pada panel perekaman layar.

Setelah selesai merekam, Anda dapat melihat hasil rekaman di galeri ponsel Anda. Fitur perekam layar bawaan adalah opsi yang mudah dan efisien untuk merekam video call WhatsApp di perangkat Android Anda.

3. Menggunakan Aplikasi Perekam Panggilan

Selain menggunakan aplikasi perekam layar, Anda juga dapat menggunakan aplikasi perekam panggilan untuk merekam video call WhatsApp di Android. Beberapa aplikasi perekam panggilan populer adalah Call Recorder – Cube ACR, Automatic Call Recorder, dan Call Recorder by Recorder & Smart Apps.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Merekam Suara dengan Headset di Android

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi perekam panggilan, buka aplikasi tersebut dan atur preferensi sesuai kebutuhan Anda. Pastikan Anda mengaktifkan opsi untuk merekam panggilan video. Setelah itu, buka WhatsApp, mulai video call, dan ketika Anda ingin merekam, buka aplikasi perekam panggilan dan mulai merekam.

Anda dapat menghentikan perekaman panggilan setelah selesai dan melihat hasilnya di dalam aplikasi perekam panggilan tersebut. Aplikasi perekam panggilan adalah solusi yang baik jika Anda ingin fokus pada merekam panggilan dan tidak membutuhkan rekaman layar penuh.

4. Menggunakan Fitur Bawaan pada Smartphone

Beberapa smartphone Android terbaru memiliki fitur bawaan yang memungkinkan merekam layar langsung. Fitur ini sering disebut sebagai “Screen Recorder” atau “Screen Capture”. Jika perangkat Android Anda memiliki fitur ini, Anda dapat menggunakan fitur bawaan tersebut untuk merekam video call WhatsApp dengan mudah.

Untuk menggunakan fitur bawaan pada smartphone, buka aplikasi WhatsApp dan mulai video call. Selanjutnya, buka panel notifikasi dengan menggeser jari Anda dari bagian atas layar ke bawah, dan cari ikon “Screen Recorder” atau “Screen Capture”. Ketuk ikon tersebut untuk memulai perekaman layar.

Fitur bawaan akan merekam layar perangkat Anda, termasuk video call WhatsApp. Anda dapat menghentikan perekaman dengan mengetuk ikon perekam layar pada panel notifikasi atau dengan menggeser panel notifikasi dan mengetuk tombol berhenti pada panel perekaman layar.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga yang Mengkhususkan Diri dalam Perekaman Video Call WhatsApp

Selain aplikasi perekam layar umum, ada juga aplikasi pihak ketiga yang mengkhususkan diri dalam merekam video call WhatsApp. Salah satu contohnya adalah aplikasi “Whatsapp Call Recorder”. Aplikasi ini dirancang khusus untuk merekam video call WhatsApp dan menyediakan fitur-fitur tambahan yang dapat meningkatkan pengalaman merekam Anda.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi ini, buka aplikasi dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengaktifkannya. Biasanya, Anda perlu memberikan izin akses ke aplikasi ke WhatsApp Anda. Setelah Anda mengatur aplikasi, Anda dapat memulai merekam video call WhatsApp dengan mudah.

Aplikasi ini juga menyediakan opsi untuk mengatur kualitas rekaman, mengedit rekaman, dan berbagi rekaman dengan mudah. Ini adalah opsi yang baik jika Anda membutuhkan fitur-fitur tambahan dan pengaturan yang lebih terperinci saat merekam video call WhatsApp di Android.

6. Menggunakan Perangkat Eksternal

Jika Anda ingin kualitas rekaman yang lebih baik dan lebih profesional, Anda dapat mempertimbangkan menggunakan perangkat eksternal seperti kamera video atau perekam video. Anda dapat menghubungkan perangkat eksternal ini ke perangkat Android Anda melalui koneksi USB atau nirkabel, tergantung pada jenis perangkat yang Anda gunakan.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Merekam Chat WhatsApp di Android

Dalam hal ini, Anda dapat memulai video call WhatsApp di perangkat Android Anda dan menggunakan perangkat eksternal untuk merekam video call tersebut. Pastikan Anda mengatur perangkat eksternal dengan benar dan menguji kualitas rekaman sebelum memulai video call yang sebenarnya.

Dengan menggunakan perangkat eksternal, Anda dapat merekam video call WhatsApp dengan kualitas tinggi dan kontrol yang lebih baik atas hasil rekaman.

7. Menggunakan Aplikasi Perekam Layar Berbayar

Di samping aplikasi perekam layar gratis, ada juga aplikasi perekam layar berbayar yang menyediakan fitur-fitur tambahan dan pengaturan yang lebih canggih. Beberapa aplikasi ini mungkin menawarkan opsi merekam video call WhatsApp secara spesifik dan memberikan hasil rekaman yang lebih baik.

Untuk menggunakan aplikasi perekam layar berbayar, Anda perlu mengunduh dan membeli aplikasi tersebut dari Play Store atau situs web resmi pengembang. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengatur aplikasi sesuai kebutuhan Anda dan mulai merekam video call WhatsApp dengan fitur-fitur tambahan yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

Perlu diingat bahwa aplikasi perekam layar berbayar biasanya menawarkan uji coba gratis atau garansi pengembalian dana, jadi pastikan Anda membaca ulasan dan informasi sebelum membeli aplikasi untuk memastikan kualitas dan kecocokan dengan kebutuhan Anda.

8. Menggunakan Metode Perekam Layar Alternatif

Selain aplikasi perekam layar, ada beberapa metode alternatif yang bisa Anda coba untuk merekam video call WhatsApp di Android. Salah satunya adalah menggunakan fitur “Cast Screen” atau “Screen Mirroring” yang ada di perangkat Android Anda.

Untuk menggunakan metode ini, Anda perlu memiliki perangkat lain seperti Smart TV, Chromecast, atau perangkat penerima lainnya yang mendukung fitur “Cast Screen” atau “Screen Mirroring”. Pastikan perangkat Android Anda dan perangkat penerima terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama.

Setelah itu, buka aplikasi WhatsApp, mulai video call, dan buka pengaturan layar di perangkat Android Anda. Cari opsi “Cast Screen” atau “Screen Mirroring” dan aktifkan. Pilih perangkat penerima yang ingin Anda gunakan, dan layar perangkat Android Anda akan ditampilkan di perangkat penerima.

Pada perangkat penerima, Anda dapat menggunakan perekam video atau ponsel lain untuk merekam video call WhatsApp yang sedang diputar di layar. Metode ini memungkinkan Anda merekam video call dengan kualitas tinggi dan tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.

9. Menggunakan Aplikasi Perekam Audio

Jika Anda hanya tertarik merekam suara dari video call WhatsApp tanpa merekam layar, Anda dapat menggunakan aplikasi perekam audio. Aplikasi perekam audio seperti Voice Recorder atau Easy Voice Recorder dapat digunakan untuk merekam suara selama video call WhatsApp.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi perekam audio, buka aplikasi tersebut dan atur preferensi sesuai kebutuhan Anda. Pastikan Anda mengaktifkan opsi untuk merekam audio internal atau audio sistem sehingga suara dari video call WhatsApp direkam.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Mengirim File dari Android ke iPhone Melalui Bluetooth

Selanjutnya, buka WhatsApp dan mulai video call. Ketika Anda ingin merekam suara, buka aplikasi perekam audio dan mulai merekam. Aplikasi akan merekam suara yang diputar melalui speaker perangkat Android Anda, termasuk suara dalam video call WhatsApp.

Setelah selesai merekam, Anda dapat menghentikan perekaman dan mendengarkan hasil rekaman di dalam aplikasi perekam audio tersebut.

10. Menggunakan Fitur Perekam Layar Aplikasi WhatsApp

Terakhir, ada pilihan yang sedikit berbeda yaitu menggunakan fitur perekam layar yang ada di dalam aplikasi WhatsApp sendiri. Saat ini, WhatsApp telah menghadirkan fitur perekam layar yang memungkinkan pengguna merekam video call langsung dari dalam aplikasi.

Untuk menggunakan fitur ini, buka aplikasi WhatsApp dan mulai video call. Selama panggilan berlangsung, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar dan pilih opsi “Rekam”.

WhatsApp akan mulai merekam layar perangkat Anda, termasuk video call yang sedang berlangsung Anda dapat menghentikan perekaman dengan mengetuk ikon berhenti pada panel perekaman yang muncul di layar. Setelah itu, WhatsApp akan menyimpan rekaman video call tersebut di galeri ponsel Anda.

Penutup

Merekam video call WhatsApp di Android bisa menjadi berguna dalam berbagai situasi. Dari aplikasi pihak ketiga hingga fitur bawaan, ada banyak cara yang dapat Anda pilih untuk merekam video call WhatsApp. Penting untuk diingat bahwa penggunaan fitur ini harus selalu memperhatikan privasi dan kebijakan penggunaan WhatsApp. Pastikan Anda memiliki izin dari semua pihak yang terlibat dalam video call sebelum merekamnya. Dengan memilih metode yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda dapat merekam dan menyimpan momen penting dari video call WhatsApp di perangkat Android Anda.

Semoga artikel ini memberikan panduan yang berguna bagi Anda yang ingin merekam video call WhatsApp di perangkat Android. Selamat mencoba metode yang disarankan dan temukan yang paling cocok untuk Anda. Selamat merekam video call WhatsApp dengan mudah dan nyaman!

Semoga informasi yang kami berikan dalam artikel ini membantu Anda dalam merekam video call WhatsApp di perangkat Android Anda. Ingatlah untuk menggunakan metode yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Selain itu, penting untuk selalu memperhatikan privasi dan kebijakan penggunaan WhatsApp serta mendapatkan izin dari semua pihak yang terlibat sebelum merekam video call.

Jika Anda mengikuti panduan yang telah kami berikan, Anda akan dapat merekam video call WhatsApp dengan lancar dan menyimpan momen berharga yang ingin Anda abadikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan memberikan solusi yang Anda cari.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan selamat mencoba merekam video call WhatsApp di perangkat Android Anda!

 

Share:

Related Post