10 Cara Nembak WiFi Jarak Jauh dengan Android

admin

0 Comment

Link

Saat ini, internet menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Namun, terkadang sinyal WiFi yang tersedia di sekitar kita tidak mencukupi, terutama jika berada di tempat yang jauh dari akses poin. Jika Anda menggunakan perangkat Android, ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk meningkatkan jangkauan WiFi Anda. Dalam artikel ini, kami akan membagikan 10 cara yang dapat membantu Anda nembak WiFi jarak jauh dengan menggunakan perangkat Android. Yuk, simak pembahasan di bawah ini!

Cara Nembak WiFi Jarak Jauh dengan Android

1. Gunakan Aplikasi WiFi Analyzer

Salah satu cara terbaik untuk memperluas jangkauan WiFi Anda adalah dengan menggunakan aplikasi WiFi Analyzer. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melihat jaringan WiFi di sekitar Anda dan menentukan saluran yang paling sedikit terganggu. Dengan menemukan saluran yang lebih bersih, Anda dapat meningkatkan kualitas sinyal WiFi Anda.

Setelah Anda menginstal aplikasi WiFi Analyzer, buka aplikasi tersebut dan perbarui daftar jaringan WiFi yang ada di sekitar Anda. Anda akan melihat daftar saluran yang digunakan oleh jaringan WiFi. Cari saluran yang paling tidak terganggu dan ubah pengaturan WiFi Anda untuk menggunakan saluran tersebut.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu Anda melihat kekuatan sinyal WiFi dari router yang berbeda. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar rumah atau kantor Anda sambil melihat perubahan kekuatan sinyal WiFi. Dengan begitu, Anda dapat menemukan posisi yang paling baik untuk mendapatkan sinyal yang kuat.

2. Perbarui Firmware Router

Perangkat router Anda memiliki firmware yang menjalankan semua fungsinya. Terkadang, perusahaan pengembang merilis pembaruan firmware yang memperbaiki bug dan meningkatkan kinerja router. Jika router Anda belum diperbarui, ada kemungkinan bahwa ada versi firmware terbaru yang dapat meningkatkan kualitas sinyal WiFi Anda.

Untuk memperbarui firmware router, Anda perlu mengakses antarmuka pengaturan router melalui browser web. Biasanya, Anda dapat mengaksesnya dengan mengetikkan alamat IP router di bilah alamat browser Anda. Setelah masuk, cari opsi pembaruan firmware atau perangkat lunak. Jika ada pembaruan yang tersedia, ikuti petunjuk yang diberikan oleh produsen untuk memperbarui firmware Anda.

Setelah pembaruan selesai, router Anda akan reboot dan menggunakan versi firmware terbaru. Ini dapat membantu meningkatkan performa WiFi dan memperluas jangkauan sinyal.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  13 Cara Mudah Log Out Akun Google Menggunakan Android

3. Gunakan Repeater WiFi

Repeater WiFi adalah perangkat yang dapat memperluas jangkauan WiFi Anda. Repeater akan menerima sinyal WiFi dari router dan memperkuatnya sehingga sinyal bisa mencapai tempat yang sebelumnya tidak terjangkau. Anda dapat membeli repeater WiFi di toko elektronik atau toko online.

Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama, pasang repeater WiFi di tempat yang dapat menerima sinyal yang kuat dari router. Kemudian, sambungkan perangkat Anda ke repeater WiFi. Setelah itu, Anda akan memiliki jangkauan WiFi yang lebih luas dan sinyal yang lebih kuat.

Pastikan Anda memilih repeater WiFi dengan jangkauan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa repeater memiliki jangkauan yang sangat luas, sedangkan yang lain hanya cocok untuk ruangan kecil.

4. Gunakan Aplikasi WiFi Extender

Jika Anda tidak ingin membeli repeater WiFi, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi WiFi Extender. Aplikasi ini dapat memperpanjang jangkauan WiFi Anda dengan memperkuat sinyal WiFi Anda.

Salah satu aplikasi WiFi Extender yang populer adalah NetSpot. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android dan dapat membantu Anda memperpanjang jangkauan WiFi Anda dengan mudah. Setelah Anda menginstal aplikasi ini, buka dan ikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi. Aplikasi ini akan menunjukkan titik-titik yang dapat dijadikan tempat pemasangan repeater atau router baru.

Selain itu, NetSpot juga dapat membantu Anda memperkirakan kecepatan WiFi Anda, memberikan informasi tentang jaringan WiFi di sekitar Anda, dan bahkan membantu Anda menemukan titik-titik lemah dalam jaringan WiFi Anda.

5. Gunakan WiFi Tethering

Fitur WiFi Tethering pada perangkat Android memungkinkan Anda untuk menggunakan ponsel sebagai hotspot WiFi. Dengan begitu, Anda dapat berbagi koneksi internet dengan perangkat lain yang terhubung ke hotspot WiFi tersebut.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu mengaktifkan WiFi Tethering pada perangkat Android Anda. Biasanya, Anda dapat menemukan opsi ini di pengaturan jaringan. Setelah mengaktifkan fitur ini, perangkat lain dapat terhubung ke hotspot WiFi yang dibuat oleh perangkat Android Anda.

Hal ini dapat sangat berguna jika Anda berada di tempat yang jauh dari akses poin WiFi atau di tempat yang sulit untuk menemukan sinyal WiFi yang kuat.

6. Gunakan Antena Eksternal

Jika Anda ingin meningkatkan jangkauan WiFi Anda secara signifikan, Anda dapat menggunakan antena eksternal. Antena eksternal dapat memperkuat sinyal WiFi Anda dan memungkinkan Anda untuk menembak WiFi jarak jauh dengan lebih baik. Anda dapat membeli antena eksternal yang kompatibel dengan perangkat Android Anda dan menghubungkannya ke port antena pada perangkat tersebut.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Setting Lokasi di Android: Panduan Lengkap untuk Pengguna Android

Pastikan Anda memilih antena eksternal dengan kualitas yang baik dan memiliki gain yang cukup tinggi. Antena dengan gain yang tinggi akan membantu memperluas jangkauan WiFi Anda dan meningkatkan kualitas sinyal.

Setelah menghubungkan antena eksternal, Anda perlu mengarahkannya ke arah sumber sinyal WiFi. Anda dapat mencoba mengatur posisi dan sudut antena untuk mendapatkan hasil terbaik. Perlu diingat bahwa penempatan antena yang tepat dapat berdampak besar pada kualitas sinyal WiFi Anda.

7. Periksa Pengaturan Energi WiFi

Beberapa perangkat Android memiliki pengaturan energi yang dapat mempengaruhi kualitas sinyal WiFi. Jika pengaturan energi pada perangkat Anda disetel untuk menghemat daya, maka kekuatan sinyal WiFi Anda mungkin akan terbatas.

Untuk memeriksa pengaturan energi WiFi, buka Pengaturan Android dan cari opsi yang berkaitan dengan jaringan atau WiFi. Cari opsi pengaturan daya atau pengaturan energi yang berkaitan dengan WiFi. Pastikan pengaturan tersebut disetel ke mode normal atau maksimum agar perangkat Anda mengirimkan sinyal WiFi dengan kekuatan penuh.

Perlu diingat bahwa mengubah pengaturan energi WiFi dapat mengurangi masa pakai baterai perangkat Anda. Namun, jika meningkatkan kualitas sinyal WiFi lebih penting bagi Anda, Anda dapat mengorbankan sedikit masa pakai baterai untuk mendapatkan jangkauan WiFi yang lebih baik.

8. Atur Ulang Router

Jika Anda menghadapi masalah dengan jangkauan WiFi yang terbatas, mencoba mengatur ulang router Anda dapat membantu. Atur ulang router akan menghapus semua pengaturan yang ada dan mengembalikannya ke pengaturan default pabrik.

Untuk mengatur ulang router, cari tombol kecil di belakang atau di samping router yang bertuliskan “Reset” atau “WPS”. Gunakan benda tajam, seperti ujung peniti atau bulpoint, untuk menekan tombol reset selama beberapa detik hingga lampu indikator pada router berkedip.

Setelah router berhasil diatur ulang, Anda perlu mengkonfigurasi ulang pengaturan WiFi sesuai dengan preferensi Anda. Pastikan Anda mengatur ulang nama jaringan (SSID) dan kata sandi WiFi sesuai kebutuhan Anda. Ini dapat membantu memperbaiki masalah koneksi dan meningkatkan jangkauan WiFi Anda.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  17 Cara Membuat Channel YouTube Menggunakan Android

9. Periksa Posisi Router

Posisi router juga dapat mempengaruhi kualitas sinyal WiFi. Jika router Anda terletak di sudut ruangan atau tersembunyi di balik benda-benda, kemungkinan besar jangkauan WiFi akan terbatas. Oleh karena itu, penting untuk meletakkan router Anda dengan strategis agar sinyal WiFi dapat menyebar dengan lebih baik.

Cobalah meletakkan router Anda di tengah-tengah ruangan atau di lokasi yang terbuka. Hindari meletakkannya di dekat benda logam atau benda-benda besar yang dapat memblokir sinyal. Selain itu, pastikan router ditempatkan pada ketinggian yang optimal, seperti meletakkannya di atas meja atau di dinding dengan penyangga yang sesuai.

Anda juga dapat mencoba mengubah posisi dan orientasi antena pada router. Beberapa router memiliki antena yang dapat diatur dan diarahkan. Cobalah bereksperimen dengan mengubah posisi antena untuk mendapatkan hasil terbaik.

10. Gunakan Aplikasi Booster WiFi

Terdapat beberapa aplikasi booster WiFi yang dapat membantu Anda meningkatkan jangkauan WiFi dengan Android. Aplikasi ini bekerja dengan mengoptimalkan pengaturan WiFi pada perangkat Anda.

Salah satu aplikasi booster WiFi yang populer adalah WiFi Booster & Analyzer. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan sinyal WiFi dengan mengubah pengaturan jaringan dan menghilangkan gangguan yang mungkin ada. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan analisis jaringan WiFi di sekitar Anda.

Setelah menginstal aplikasi ini, ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengoptimalkan pengaturan WiFi pada perangkat Anda. Aplikasi ini dapat membantu meningkatkan jangkauan WiFi dan memperkuat sinyal Anda.

Penutup

Dengan menggunakan perangkat Android, Anda memiliki berbagai cara untuk meningkatkan jangkauan WiFi Anda. Dari menggunakan aplikasi WiFi Analyzer, memperbarui firmware router, hingga menggunakan repeater WiFi atau antena eksternal, ada banyak opsi yang dapat Anda coba. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitur seperti WiFi Tethering dan menggunakan aplikasi booster WiFi untuk meningkatkan kualitas sinyal Anda.

Ingatlah bahwa setiap lingkungan dan situasi mungkin memiliki tantangan yang berbeda, jadi cobalah beberapa cara ini dan lihat mana yang paling efektif untuk Anda. Dengan mengoptimalkan jangkauan WiFi Anda, Anda dapat menikmati koneksi internet yang lebih baik, bahkan dari jarak yang lebih jauh.

 

Share:

Related Post