10 Cara Split Screen Android Lollipop: Mengoptimalkan Penggunaan Layar Smartphone Anda

admin

0 Comment

Link

Smartphone telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita, dan semakin banyak orang yang menggunakan perangkat ini untuk berbagai aktivitas, baik itu browsing web, menonton video, bermain game, atau bekerja. Namun, pada beberapa kesempatan, mungkin Anda perlu melakukan beberapa tugas sekaligus di layar yang terbatas. Inilah saatnya fitur split screen di Android Lollipop menjadi sangat berguna.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas 10 cara yang dapat Anda gunakan untuk memanfaatkan fitur split screen pada perangkat Android dengan sistem operasi Lollipop. Dengan memahami cara-cara ini, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan layar smartphone Anda dan melakukan beberapa tugas secara bersamaan. Mari kita mulai!

Cara Split Screen Android Lollipop

1. Mengaktifkan Fitur Split Screen

Pertama-tama, Anda perlu memastikan bahwa fitur split screen diaktifkan di perangkat Android Lollipop Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

a. Buka menu Pengaturan (Settings) pada perangkat Anda.

b. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Multi-window” atau “Split Screen”.

c. Aktifkan fitur tersebut dengan menggeser tombol ke posisi “On”.

Dengan mengaktifkan fitur split screen ini, Anda akan dapat memanfaatkannya untuk melakukan beberapa tugas secara bersamaan pada perangkat Android Lollipop Anda.

2. Menggunakan Split Screen dengan Aplikasi yang Mendukung

Setelah fitur split screen diaktifkan, Anda dapat memanfaatkannya dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang mendukung fitur ini. Beberapa aplikasi yang umumnya mendukung fitur split screen termasuk browser, aplikasi email, aplikasi chatting, dan aplikasi produktivitas seperti Microsoft Office.

a. Untuk menggunakan split screen dengan aplikasi-aplikasi ini, buka aplikasi pertama yang ingin Anda gunakan.

b. Tekan tombol Overview (biasanya berupa ikon persegi atau tanda tiga garis yang berjajar) untuk melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan.

c. Seret aplikasi kedua yang ingin Anda gunakan ke salah satu bagian layar, dan secara otomatis aplikasi tersebut akan terbuka dalam mode split screen.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Membuat VPN di Android

Dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang mendukung fitur split screen, Anda dapat melakukan beberapa tugas secara bersamaan tanpa harus terus-menerus beralih antara aplikasi yang sedang Anda gunakan.

3. Menyesuaikan Ukuran Bagi Layar

Setelah Anda membuka fitur split screen dengan dua aplikasi yang berbeda, Anda dapat menyesuaikan ukuran bagi layar untuk masing-masing aplikasi. Anda dapat memilih ukuran yang lebih besar untuk satu aplikasi dan ukuran yang lebih kecil untuk aplikasi lainnya, tergantung pada preferensi Anda.

a. Untuk menyesuaikan ukuran bagi layar, Anda dapat menggunakan handle di antara kedua aplikasi untuk menggeser batas pembagian layar.

b. Jika Anda ingin memberikan lebih banyak ruang untuk salah satu aplikasi, cukup tarik handle ke arah yang sesuai.

c. Anda juga dapat mengubah ukuran bagi layar dengan menekan dan menahan handle, lalu menyeretnya ke arah yang diinginkan.

Dengan menyesuaikan ukuran bagi layar, Anda dapat mengoptimalkan tampilan aplikasi dan membagi ruang layar sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Menampilkan Aplikasi Lain dalam Split Screen

Selain aplikasi yang mendukung fitur split screen secara langsung, Anda juga dapat menampilkan aplikasi lain dalam mode split screen dengan bantuan tombol “App Pair” (pasangan aplikasi) yang ada pada beberapa perangkat Android Lollipop.

a. Untuk menggunakan fitur App Pair, buka aplikasi Overview dan cari ikon “App Pair” atau opsi yang mirip.

b. Ketuk ikon tersebut, dan Anda akan melihat daftar pasangan aplikasi yang telah ditentukan sebelumnya atau opsi untuk membuat pasangan baru.

c. Pilih pasangan aplikasi yang ingin Anda tampilkan dalam mode split screen, dan aplikasi-aplikasi tersebut akan terbuka secara bersamaan dalam mode split screen.

Dengan menggunakan fitur App Pair, Anda dapat dengan cepat mengakses pasangan aplikasi yang sering Anda gunakan dalam mode split screen, meningkatkan efisiensi dan kenyamanan penggunaan Anda.

5. Mengganti Posisi Aplikasi pada Layar Split Screen

Saat Anda menggunakan fitur split screen, Anda juga dapat mengganti posisi aplikasi yang ditampilkan pada layar. Misalnya, jika aplikasi A berada di bagian atas dan aplikasi B berada di bagian bawah, Anda dapat menukar posisinya sehingga aplikasi B berada di bagian atas dan aplikasi A berada di bagian bawah.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  5 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android Tanpa PC

a. Untuk mengganti posisi aplikasi, cukup seret aplikasi yang ingin Anda pindahkan dari bagian atas ke bagian bawah, atau sebaliknya.

b. Setelah Anda melepaskan aplikasi, posisinya akan berubah sesuai dengan pergeseran yang Anda lakukan.

Dengan kemampuan untuk mengganti posisi aplikasi, Anda dapat menyesuaikan tata letak split screen sesuai dengan preferensi visual Anda.

6. Menutup Aplikasi dalam Split Screen

Jika Anda ingin menutup salah satu aplikasi yang sedang berjalan dalam mode split screen, Anda dapat melakukannya dengan mudah.

a. Tekan dan tahan tombol Overview atau ikon “X” yang muncul di salah satu aplikasi yang ingin Anda tutup.

b. Setelah muncul opsi, pilih “Tutup” atau “Close” untuk menutup aplikasi tersebut.

Dengan menutup aplikasi yang tidak lagi Anda butuhkan, Anda dapat membebaskan ruang layar untuk aplikasi lainnya dalam mode split screen.

7. Menyesuaikan Rasio Layar Split Screen

Android Lollipop juga memberikan opsi untuk menyesuaikan rasio layar dalam mode split screen. Ini berguna jika Anda ingin memberikan lebih banyak ruang layar untuk salah satu aplikasi yang Anda gunakan.

a. Ketika Anda berada dalam mode split screen, perhatikan garis vertikal yang membagi layar menjadi dua bagian.

b. Seret garis tersebut ke kiri atau kanan untuk mengatur rasio layar sesuai dengan preferensi Anda.

Dengan menyesuaikan rasio layar, Anda dapat memberikan lebih banyak ruang tampilan bagi aplikasi yang lebih penting atau membutuhkan perhatian lebih.

8. Mengganti Aplikasi dalam Mode Split Screen

Jika Anda ingin mengganti salah satu aplikasi yang sedang berjalan dalam mode split screen dengan aplikasi lainnya, Anda dapat melakukannya dengan cepat dan mudah.

a. Tekan tombol Overview untuk melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Melihat Log Aktivitas HP Android

b. Cari aplikasi yang ingin Anda gantikan dengan aplikasi baru.

c. Seret aplikasi baru tersebut ke bagian layar yang sebelumnya diisi oleh aplikasi yang ingin Anda gantikan.

Dengan kemampuan untuk mengganti aplikasi dalam mode split screen, Anda dapat dengan fleksibel memilih aplikasi yang ingin ditampilkan dan meningkatkan produktivitas Anda.

9. Menggunakan Shortcut Split Screen

Android Lollipop juga menyediakan shortcut split screen yang memudahkan Anda untuk mengaktifkan mode ini tanpa harus melalui langkah-langkah yang panjang.

a. Tekan tombol Overview untuk melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan.

b. Pada aplikasi yang ingin Anda buka dalam mode split screen, tekan dan tahan ikon aplikasi tersebut.

c. Ketika muncul opsi, pilih “Buka dalam mode split screen” atau opsi serupa.

Dengan menggunakan shortcut split screen, Anda dapat langsung membuka aplikasi dalam mode split screen tanpa harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

10. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Split Screen

Jika fitur split screen bawaan pada Android Lollipop tidak memenuhi kebutuhan Anda, Anda juga dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk membagi layar.

a. Buka Google Play Store dan cari aplikasi split screen.

b. Pilih aplikasi yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

c. Unduh dan instal aplikasi tersebut, lalu ikuti petunjuk yang diberikan untuk menggunakannya.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat memiliki lebih banyak opsi dan kemampuan dalam memanfaatkan fitur split screen di Android Lollipop.

Penutup

Fitur split screen pada Android Lollipop adalah alat yang sangat berguna untuk mengoptimalkan penggunaan layar smartphone Anda. Dengan memahami dan menggunakan sepuluh cara ini, Anda dapat melakukan beberapa tugas secara bersamaan dan meningkatkan produktivitas Anda.

Share:

Related Post