11 Cara Buka YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain di Android

admin

0 Comment

Link

Hai para penggemar YouTube! Siapa yang tidak suka menonton video di YouTube? Namun, terkadang kita ingin melakukan hal lain di smartphone Android kita saat menonton video YouTube. Namun, masalahnya adalah YouTube biasanya berhenti memutar ketika kita beralih ke aplikasi lain di smartphone kita.

YouTube adalah platform streaming video terbesar di dunia dengan jutaan video yang tersedia untuk ditonton. Namun, seringkali kita ingin tetap bisa menggunakan aplikasi lain di perangkat Android kita sambil menonton video di YouTube. Dari pengaturan default di aplikasi YouTube hingga aplikasi pihak ketiga, berikut adalah beberapa metode yang bisa Anda coba untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna Anda.

Tapi, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk tetap bisa membuka YouTube sambil membuka aplikasi lain di Android Anda. Dalam artikel ini, kita akan membahas 11 cara unik yang dapat Anda gunakan untuk tetap menonton video YouTube favorit Anda sambil menggunakan aplikasi lain di smartphone Android Anda.

Sebelum kita mulai, pastikan Anda telah menginstal aplikasi YouTube terbaru di perangkat Android Anda. Selain itu, perhatikan bahwa beberapa metode mungkin memerlukan izin root pada perangkat Anda. Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah 11 cara unik untuk membuka YouTube sambil membuka aplikasi lain di Android.

 Cara Buka YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain di Android

1. Gunakan Fitur Picture-in-Picture (PiP) Bawaan

Salah satu cara paling sederhana dan efektif untuk tetap menonton YouTube sambil membuka aplikasi lain di Android adalah dengan menggunakan fitur Picture-in-Picture (PiP) bawaan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memperkecil video YouTube menjadi jendela kecil yang mengambang di atas aplikasi lain yang sedang Anda gunakan.

Cara mengaktifkan fitur PiP ini cukup mudah. Pertama, buka aplikasi YouTube dan pilih video yang ingin Anda tonton. Setelah video dimulai, ketuk tombol Home pada perangkat Anda. Video YouTube akan secara otomatis menjadi jendela kecil yang mengambang di atas layar utama Anda.

Anda dapat menggeser atau menyesuaikan ukuran jendela PiP sesuai keinginan Anda. Anda juga dapat memindahkan jendela PiP ke bagian mana pun di layar yang Anda inginkan. Dengan cara ini, Anda dapat tetap menonton video YouTube favorit Anda sambil menggunakan aplikasi lain di perangkat Android Anda.

2. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika perangkat Android Anda tidak memiliki fitur PiP bawaan atau Anda ingin lebih banyak pilihan dalam mengatur tampilan PiP, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi seperti “Floating Tube” atau “YouTube Vanced” menawarkan fitur PiP yang lebih canggih dan fleksibel.

Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi pihak ketiga ini melalui toko aplikasi atau situs web yang terpercaya. Setelah menginstal aplikasi, Anda dapat menggunakannya untuk membuka YouTube sambil membuka aplikasi lain di Android Anda. Biasanya, cara penggunaan aplikasi pihak ketiga ini cukup mudah dan intuitif, dengan banyak opsi untuk mengatur ukuran, posisi, dan tampilan jendela PiP sesuai preferensi Anda. Dengan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat menikmati pengalaman menonton YouTube sambil menggunakan aplikasi lain dengan lebih leluasa.

3. Gunakan Mode Split Screen

Fitur split screen atau layar terbagi adalah fitur bawaan pada beberapa perangkat Android yang memungkinkan Anda untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam mode layar terbagi. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk membuka YouTube sambil membuka aplikasi lain di Android Anda.

🔴 BACA JUGA:  9 Cara Memperbarui Versi Android dengan Mudah dan Cepat

Caranya cukup mudah. Pertama, buka aplikasi YouTube dan pilih video yang ingin Anda tonton. Selanjutnya, tekan tombol Overview atau Square (tergantung pada model perangkat Anda) untuk masuk ke mode tampilan daftar aplikasi terbaru. Di sana, Anda akan melihat opsi untuk memilih aplikasi yang ingin Anda buka secara bersamaan dengan YouTube.

Pilih aplikasi lain yang ingin Anda buka, dan perangkat Anda akan secara otomatis membagi layar menjadi dua bagian, dengan YouTube tetap berjalan di salah satu bagian layar. Anda dapat menyesuaikan ukuran bagian layar yang ingin Anda gunakan untuk YouTube dan aplikasi lain sesuai keinginan Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menonton video YouTube sambil menggunakan aplikasi lain di perangkat Android Anda.

4. Gunakan Fitur Multitasking Floating Window

Selain fitur PiP dan layar terbagi, beberapa perangkat Android juga dilengkapi dengan fitur multitasking floating window. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa aplikasi dalam bentuk jendela mengambang yang dapat Anda atur dan geser di atas aplikasi lain yang sedang Anda gunakan.

Untuk menggunakan fitur multitasking floating window, pertama, buka aplikasi YouTube dan pilih video yang ingin Anda tonton. Selanjutnya, tekan tombol Overview atau Square untuk masuk ke mode tampilan daftar aplikasi terbaru. Di sana, pilih aplikasi YouTube dan tahan tombolnya, lalu seret aplikasi tersebut ke bagian atas layar untuk mengaktifkan fitur multitasking floating window.

Anda akan melihat YouTube menjadi jendela mengambang yang dapat Anda geser dan atur ukurannya sesuai keinginan Anda. Anda juga dapat membuka aplikasi lain dan menggunakannya bersamaan dengan YouTube dalam bentuk jendela mengambang. Dengan cara ini, Anda dapat membuka YouTube sambil membuka aplikasi lain di Android Anda dengan lebih fleksibel.

5. Gunakan Fitur Autoplay pada YouTube

Fitur Autoplay pada YouTube memungkinkan Anda untuk memutar video secara otomatis tanpa harus mengklik video berikutnya. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk terus memutar video YouTube sambil membuka aplikasi lain di Android Anda.

Caranya cukup mudah. Buka aplikasi YouTube dan pilih video yang ingin Anda tonton. Setelah video dimulai, ketuk ikon Autoplay yang ada di bagian bawah video. Video berikutnya akan diputar secara otomatis setelah video yang sedang Anda tonton selesai. Anda dapat meminimalkan aplikasi YouTube dan membuka aplikasi lain di Android Anda sambil video-video YouTube terus diputar secara otomatis.

Dengan menggunakan fitur Autoplay pada YouTube, Anda dapat tetap menikmati konten YouTube favorit Anda sambil membuka aplikasi lain di perangkat Android Anda. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin memutar video-video YouTube dalam latar belakang saat Anda menggunakan aplikasi lain.

6. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Menonton YouTube

Selain fitur bawaan pada perangkat Android, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dikhususkan untuk menonton YouTube sambil membuka aplikasi lain di Android Anda. Beberapa aplikasi seperti FlyTube, Awesome Pop-up Video, dan Overlay: Floating YouTube Popup, menyediakan fitur tampilan jendela mengambang atau layar terbagi yang memungkinkan Anda untuk menonton YouTube sambil menggunakan aplikasi lain.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Agar Tampilan WhatsApp Android Seperti iPhone

Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi ini melalui Google Play Store. Setelah diinstal, Anda dapat membuka aplikasi YouTube melalui aplikasi pihak ketiga ini dan menonton video-video YouTube dalam tampilan jendela mengambang atau layar terbagi. Dengan cara ini, Anda dapat membuka YouTube sambil membuka aplikasi lain di Android Anda tanpa harus keluar dari aplikasi YouTube.

7. Menggunakan Mode Desktop pada Browser

Salah satu cara lain untuk membuka YouTube sambil membuka aplikasi lain di Android adalah dengan menggunakan mode desktop pada browser. Anda dapat membuka situs YouTube melalui browser di perangkat Android Anda dan mengakses situs YouTube dalam tampilan desktop.

Caranya cukup mudah. Buka browser di perangkat Android Anda dan kunjungi situs YouTube. Setelah situs YouTube terbuka, cari opsi untuk mengubah tampilan ke mode desktop. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di menu atau pengaturan browser Anda.

Setelah Anda mengubah tampilan ke mode desktop, Anda dapat membuka video-video YouTube dalam tampilan desktop yang lebih besar dan terpisah dari aplikasi lain yang sedang Anda gunakan. Anda dapat menjalankan video YouTube dalam mode desktop dan membuka aplikasi lain di Android Anda secara bersamaan.

8. Gunakan Fitur Picture-in-Picture pada Browser

Beberapa browser di perangkat Android juga dilengkapi dengan fitur Picture-in-Picture (PiP) yang memungkinkan Anda untuk menonton video dalam jendela kecil yang mengambang di atas aplikasi lain. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk membuka YouTube sambil membuka aplikasi lain di Android Anda.

Caranya cukup mudah. Buka browser di perangkat Android Anda dan kunjungi situs YouTube. Pilih video yang ingin Anda tonton, dan ketuk opsi untuk memulai video. Setelah video dimulai, keluar dari aplikasi browser dan pergi ke beranda atau menu utama perangkat Android Anda.

Anda akan melihat jendela PiP dari video YouTube yang sedang diputar mengambang di atas aplikasi lain yang sedang Anda gunakan. Anda dapat memindahkan jendela PiP ke lokasi yang diinginkan di layar Anda, sehingga Anda dapat membuka aplikasi lain dan tetap menonton video YouTube dalam jendela kecil yang mengambang.

9. Gunakan Aplikasi Screen Split pada Android

Beberapa perangkat Android memiliki fitur bawaan yang disebut Screen Split yang memungkinkan Anda untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam tampilan terbagi di layar. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk membuka YouTube sambil membuka aplikasi lain di Android Anda.

Cara penggunaannya dapat bervariasi tergantung pada perangkat Android yang Anda gunakan. Namun, umumnya Anda dapat mengaktifkan fitur Screen Split melalui pengaturan atau menu pengelolaan tugas pada perangkat Anda. Setelah fitur Screen Split diaktifkan, Anda dapat memilih aplikasi YouTube dan aplikasi lain yang ingin Anda jalankan secara bersamaan.

Setelah aplikasi yang diinginkan terbuka dalam tampilan terbagi di layar, Anda dapat menjalankan video YouTube dalam salah satu bagian layar sambil menggunakan aplikasi lain di bagian layar yang lain. Cara ini memungkinkan Anda untuk membuka YouTube sambil membuka aplikasi lain di Android Anda tanpa harus keluar dari aplikasi YouTube.

🔴 BACA JUGA:  7 Cara Download YouTube di Android

10. Gunakan Fitur Multi-Window pada Android

Fitur Multi-Window adalah fitur bawaan pada beberapa perangkat Android yang memungkinkan Anda untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dalam mode jendela terpisah di layar. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk membuka YouTube sambil membuka aplikasi lain di Android Anda.

Caranya cukup mudah. Buka aplikasi YouTube dan pilih video yang ingin Anda tonton. Setelah video dimulai, keluar dari aplikasi YouTube dan kembali ke menu utama perangkat Android Anda. Kemudian, tahan tombol pengelolaan tugas atau tombol baru untuk aplikasi multi-jendela pada perangkat Anda, dan pilih aplikasi lain yang ingin Anda jalankan bersamaan dengan YouTube.

Aplikasi yang dipilih akan muncul dalam jendela terpisah di layar Anda, dan Anda dapat menjalankan video YouTube dalam satu jendela sambil menggunakan aplikasi lain di jendela yang lain. Anda dapat mengatur ukuran dan posisi jendela aplikasi sesuai keinginan Anda. Cara ini memungkinkan Anda untuk membuka YouTube sambil membuka aplikasi lain di Android Anda tanpa harus keluar dari aplikasi YouTube.

11. Menggunakan Aplikasi Musik Offline YouTube

Salah satu cara lain untuk membuka YouTube sambil membuka aplikasi lain di Android adalah dengan menggunakan aplikasi Musik Offline YouTube. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengunduh video dan audio YouTube ke perangkat Anda dan memutarnya secara offline tanpa perlu membuka aplikasi YouTube.

Anda dapat mengunduh aplikasi Musik Offline YouTube melalui Google Play Store dan menginstalnya di perangkat Android Anda. Setelah diinstal, Anda dapat mencari dan mengunduh video atau audio YouTube yang ingin Anda tonton atau dengarkan secara offline melalui aplikasi Musik Offline YouTube. Setelah diunduh, Anda dapat memutarnya dalam aplikasi ini tanpa harus membuka aplikasi YouTube.

Anda dapat menggunakan aplikasi Musik Offline YouTube bersamaan dengan aplikasi lain di Android Anda. Misalnya, Anda dapat membuka aplikasi Musik Offline YouTube sambil membuka aplikasi sosial media, chatting, atau browsing web lainnya. Anda dapat mengatur aplikasi Musik Offline YouTube untuk memutar video atau audio YouTube dalam mode latar belakang sehingga Anda dapat mendengarkannya atau menontonnya sambil menggunakan aplikasi lain di perangkat Android Anda.

Penutup

Buka YouTube sambil membuka aplikasi lain di Android dapat menjadi cara yang praktis dan efisien untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna Anda. Dengan menggunakan beberapa cara di atas, Anda dapat mengakses konten YouTube favorit Anda sambil tetap dapat menggunakan aplikasi lain di perangkat Android Anda tanpa harus keluar dari YouTube.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa metode di atas mungkin tidak tersedia di semua perangkat Android atau mungkin memerlukan pengaturan khusus. Pastikan untuk memeriksa panduan pengguna atau petunjuk perangkat Anda untuk memastikan cara yang sesuai untuk perangkat Android Anda.

Semoga artikel ini memberikan informasi yang berguna dan membantu Anda untuk membuka YouTube sambil membuka aplikasi lain di Android Anda. Selamat mencoba!

 

Share:

Related Post