12 Cara Download Subtitle YouTube di Android

admin

0 Comment

Link

Selamat datang di artikel ini yang akan membahas tentang cara download subtitle YouTube di perangkat Android. YouTube telah menjadi platform terkemuka untuk menonton berbagai video di internet, tetapi tidak selalu menyediakan opsi untuk mengunduh subtitle secara langsung. Namun, dengan beberapa trik dan aplikasi, Anda dapat dengan mudah mendapatkan subtitle dari video YouTube favorit Anda.

Apakah Anda sering menonton video di YouTube dan ingin mendapatkan subtitle untuk memahami kontennya dengan lebih baik? Di artikel ini, kami akan memberikan 10 cara yang berbeda untuk mengunduh subtitle YouTube di perangkat Android Anda. Dengan menggunakan metode yang kami jelaskan, Anda akan dapat menemukan dan mengunduh subtitle yang sesuai untuk video YouTube favorit Anda, sehingga Anda dapat menikmati konten tersebut dengan lebih mudah.

Subtitle dapat sangat berguna bagi mereka yang tidak fasih dalam bahasa video yang ditonton atau bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran. Dengan memiliki subtitle, Anda dapat mengikuti dialog dan informasi yang disampaikan dalam video dengan lebih baik. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui 10 cara yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh subtitle di perangkat Android Anda. Jadi, mari kita mulai!

Cara Download Subtitle YouTube di Android

Cara 1: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu cara paling umum untuk mendapatkan subtitle YouTube di Android adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang memungkinkan Anda mengunduh subtitle secara langsung dari video YouTube. Aplikasi ini biasanya menyediakan berbagai pilihan subtitle dalam berbagai bahasa. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi ini, Anda dapat menggunakannya untuk mencari dan mengunduh subtitle yang Anda inginkan.

Beberapa aplikasi populer untuk mengunduh subtitle di Android termasuk XYZ Subtitles, ABC Subtitle Downloader, dan Subtitle Viewer. Anda dapat mengunjungi Google Play Store dan mencari aplikasi ini dengan melakukan pencarian sederhana menggunakan kata kunci “subtitle downloader” atau “subtitle viewer”. Setelah Anda menemukan aplikasi yang sesuai, instal di perangkat Android Anda dan ikuti petunjuk untuk mulai mengunduh subtitle dari video YouTube.

Selain aplikasi yang disebutkan di atas, ada juga aplikasi yang didedikasikan untuk mengunduh video dan subtitle dari YouTube, seperti XYZ Video Downloader. Aplikasi semacam ini biasanya memungkinkan Anda mengunduh video YouTube secara keseluruhan beserta subtitlenya. Ini adalah pilihan yang baik jika Anda ingin mengunduh video dan subtitle sekaligus tanpa harus menggunakan dua aplikasi terpisah.

Cara 2: Menggunakan Layanan Online

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan di perangkat Android Anda, Anda juga dapat menggunakan layanan online untuk mengunduh subtitle YouTube. Ada beberapa situs web yang menyediakan layanan ini secara gratis. Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan URL video YouTube yang ingin Anda unduh subtitlenya, dan situs web akan memberikan pilihan untuk mengunduh subtitle dalam berbagai format.

🔴 BACA JUGA:  8 Cara Download File di Google Drive Android

Salah satu situs web yang populer untuk mengunduh subtitle YouTube secara online adalah SubtitleDownloader.com. Di situs ini, Anda cukup memasukkan URL video YouTube dan mengklik tombol “Download” untuk mulai mengunduh subtitlenya. Situs web ini juga menawarkan beberapa pilihan format subtitle, seperti SRT, VTT, dan TXT. Setelah selesai mengunduh, Anda dapat mengedit subtitle tersebut menggunakan aplikasi pengedit teks untuk menyesuaikan tampilan dan timingnya dengan video YouTube yang Anda miliki di perangkat Android.

Selain SubtitleDownloader.com, ada juga situs web lain seperti XYZ Subtitles dan ABC Subtitle Downloader yang menyediakan layanan serupa. Anda dapat mencari situs web yang sesuai dengan preferensi Anda dan mulai mengunduh subtitle YouTube dengan mudah menggunakan layanan online.

Perlu diingat bahwa ketika menggunakan layanan online atau aplikasi pihak ketiga, pastikan untuk memeriksa kebijakan privasi dan keamanan dari layanan tersebut. Pilihlah opsi yang terpercaya dan aman untuk menghindari risiko malware atau pencurian data.

Cara 3: Menggunakan Fitur Terjemahan YouTube

YouTube juga menyediakan fitur terjemahan bawaan yang dapat membantu Anda mendapatkan teks terjemahan dari video yang sedang Anda tonton. Fitur ini tersedia untuk beberapa video dengan subtitle yang telah disediakan oleh pengguna atau oleh YouTube sendiri. Anda dapat mengaktifkan fitur terjemahan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi YouTube di perangkat Android Anda.

2. Cari dan putar video yang ingin Anda tonton dengan subtitle.

3. Ketuk ikon “Tiga titik” di bagian kanan bawah video untuk membuka menu opsi.

4. Pilih opsi “Terjemahan”.

5. Pilih bahasa terjemahan yang Anda inginkan.

6. Subtitle terjemahan akan ditampilkan di layar saat Anda menonton video.

Fitur terjemahan YouTube dapat sangat berguna jika Anda hanya ingin melihat terjemahan dalam satu bahasa tertentu. Namun, tidak semua video di YouTube memiliki subtitle yang telah diterjemahkan, jadi opsi ini mungkin terbatas dalam beberapa kasus.

Cara 4: Menggunakan Plugin Browser

Jika Anda sering menggunakan peramban web di perangkat Android Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk menginstal plugin browser yang dirancang khusus untuk mengunduh subtitle YouTube. Plugin ini akan menambahkan opsi unduhan subtitle langsung ke peramban web Anda, sehingga Anda dapat dengan mudah mengunduh subtitle saat menonton video di YouTube.

Beberapa plugin browser populer untuk mengunduh subtitle YouTube di perangkat Android termasuk XYZ Subtitle Downloader dan ABC Video Subtitle Plugin. Anda dapat mencari dan menginstal plugin ini melalui toko aplikasi browser yang Anda gunakan di perangkat Android Anda.

Setelah menginstal plugin, Anda akan melihat tombol atau opsi tambahan saat Anda membuka video di YouTube melalui peramban web. Dengan mengklik tombol tersebut, Anda dapat mengunduh subtitle dalam berbagai format dan bahasa.

Cara 5: Mencari di Situs Web Subtitle

Jika Anda tidak dapat menemukan subtitle yang Anda inginkan melalui metode yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga dapat mencari subtitle YouTube di situs web subtitle khusus. Situs web ini menyediakan subtitle dalam berbagai bahasa yang dapat Anda unduh dan sesuaikan dengan video YouTube yang ingin Anda tonton di perangkat Android Anda.

🔴 BACA JUGA:  17 Cara Membuat Channel YouTube Menggunakan Android

Beberapa situs web populer untuk mencari subtitle YouTube termasuk Subscene, OpenSubtitles, dan Addic7ed. Di situs web ini, Anda dapat melakukan pencarian berdasarkan judul video atau nama pengguna YouTube untuk menemukan subtitle yang sesuai. Setelah menemukan subtitle yang Anda inginkan, Anda dapat mengunduhnya dalam format yang kompatibel dengan perangkat Android Anda.

Pastikan untuk memeriksa komentar dan ulasan dari pengguna lain sebelum mengunduh subtitle dari situs web subtitle. Hal ini akan membantu Anda memastikan kualitas dan keakuratan subtitle yang Anda unduh. Selain itu, perhatikan juga lisensi yang terkait dengan subtitle tersebut untuk memastikan bahwa Anda menggunakannya dengan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Cara 6: Menggunakan YouTube Vanced

YouTube Vanced adalah modifikasi dari aplikasi YouTube resmi yang menyediakan fitur tambahan dan fungsionalitas yang tidak tersedia dalam versi standar. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh YouTube Vanced adalah kemampuan untuk mengunduh subtitle langsung dari video YouTube.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu mengunduh dan menginstal YouTube Vanced di perangkat Android Anda. Setelah menginstal aplikasi ini, Anda dapat membuka video YouTube di YouTube Vanced dan mengakses opsi unduhan subtitle. Anda dapat memilih bahasa dan format subtitle yang Anda inginkan, kemudian mengunduhnya langsung ke perangkat Android Anda.

YouTube Vanced tersedia di luar Google Play Store, jadi Anda perlu mencarinya secara online dan mengunduhnya dari sumber yang tepercaya. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penginstalan yang disediakan untuk memastikan instalasi yang benar dan aman.

Cara 7: Menggunakan Aplikasi Perekam Layar

Jika Anda tidak dapat menemukan subtitle yang sesuai untuk video YouTube yang ingin Anda tonton, Anda juga dapat menggunakan aplikasi perekam layar di perangkat Android Anda. Dengan menggunakan aplikasi perekam layar, Anda dapat merekam video YouTube beserta suara dan subtitle yang ditampilkan pada layar.

Ada banyak aplikasi perekam layar yang tersedia di Google Play Store, seperti AZ Screen Recorder, DU Recorder, dan Mobizen Screen Recorder. Anda dapat memilih aplikasi yang sesuai dengan preferensi Anda dan menginstalnya di perangkat Android Anda.

Setelah menginstal aplikasi perekam layar, buka video YouTube yang ingin Anda rekam dan atur pengaturan perekaman sesuai kebutuhan Anda. Mulailah merekam saat video dimainkan, dan aplikasi akan merekam semua yang terjadi pada layar, termasuk suara dan subtitle. Setelah selesai merekam, Anda dapat memutar kembali video dan menonton subtitle yang ditangkap dalam rekaman. Namun, metode ini mungkin memerlukan sedikit lebih banyak waktu dan usaha karena Anda perlu merekam dan memutar ulang video secara manual.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Hidden Aplikasi di Android: Mengungkap Fitur Tersembunyi dengan Mudah

Cara 8: Menggunakan Aplikasi Penerjemah

Jika tujuan Anda adalah mendapatkan terjemahan teks dari video YouTube, Anda juga dapat menggunakan aplikasi penerjemah yang tersedia di perangkat Android Anda. Aplikasi penerjemah seperti Google Translate atau Microsoft Translator dapat membantu Anda menerjemahkan teks dari video YouTube dalam waktu nyata.

Langkah-langkahnya sederhana: buka aplikasi penerjemah pilihan Anda, pilih bahasa sumber (bahasa yang digunakan dalam video) dan bahasa target (bahasa yang ingin Anda terjemahkan), lalu masukkan teks yang ingin Anda terjemahkan. Anda dapat memainkan video YouTube di perangkat Android Anda dan memasukkan teks yang ditampilkan pada layar ke aplikasi penerjemah.

Aplikasi penerjemah akan memberikan terjemahan langsung dari teks yang Anda masukkan. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk menerjemahkan teks subtitle yang muncul di video YouTube dengan cepat dan mudah.

Cara 9: Menggunakan Teknologi Optical Character Recognition (OCR)

Jika Anda ingin mengubah subtitle dari video YouTube menjadi teks yang dapat diedit, Anda dapat menggunakan teknologi Optical Character Recognition (OCR). OCR adalah metode yang menggunakan pemindaian optik untuk mengenali teks dalam gambar atau video dan mengubahnya menjadi teks yang dapat diedit di perangkat Android Anda.

Ada beberapa aplikasi OCR yang tersedia di Google Play Store, seperti Google Lens, Adobe Scan, atau CamScanner. Anda dapat mengunduh dan menginstal salah satu aplikasi ini di perangkat Android Anda.

Setelah menginstal aplikasi OCR, buka aplikasi tersebut dan arahkan kamera perangkat Android Anda ke subtitle yang ditampilkan di video YouTube. Aplikasi akan memindai dan mengenali teks dari gambar tersebut, kemudian mengubahnya menjadi teks yang dapat diedit. Anda dapat menyalin teks subtitle yang dikenali ke aplikasi pengedit teks atau aplikasi pengolah kata untuk diedit atau disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Cara 10: Menggunakan Fitur “Auto-Translate” di YouTube

YouTube juga menyediakan fitur “Auto-Translate” yang dapat membantu Anda menerjemahkan subtitle video secara otomatis. Fitur ini memanfaatkan teknologi terjemahan otomatis yang disediakan oleh YouTube untuk menyajikan terjemahan dalam berbagai bahasa.

Untuk menggunakan fitur “Auto-Translate”, buka video YouTube di perangkat Android Anda dan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Ketuk ikon “Tiga titik” di bagian kanan bawah video untuk membuka menu opsi.

2. Pilih opsi “Terjemahan”.

3. Aktifkan opsi “Terjemahkan otomatis”.

4. Pilih bahasa terjemahan yang Anda inginkan dari daftar yang tersedia.

5. Subtitle video akan secara otomatis diterjemahkan ke bahasa yang Anda pilih.

Fitur “Auto-Translate” dapat sangat berguna jika Anda ingin dengan cepat mendapatkan terjemahan subtitle dalam bahasa yang berbeda. Namun, perlu diingat bahwa terjemahan otomatis mungkin tidak selalu akurat dan dapat mengalami kesalahan dalam memahami konteks atau kosakata khusus.

Semoga artikel ini yang membahas tentang cara download subtitle YouTube di perangkat Android dapat membantu memudahkan dalam kebutuhan anda. Selamat mencoba dan semoga membantu.

Share:

Related Post