12 Cara Menggunakan InShot di Android untuk Menghasilkan Video yang Menarik

admin

0 Comment

Link

Apakah Anda seorang pengguna Android yang ingin mengedit video dengan mudah dan menghasilkan konten yang menarik? InShot adalah solusi yang tepat untuk Anda. InShot adalah aplikasi pengeditan video yang kuat dan user-friendly yang dapat membantu Anda menghasilkan video berkualitas tinggi langsung dari perangkat Android Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membahas 12 cara menggunakan InShot di Android untuk menghasilkan video yang menarik dan berkualitas. Dari memotong dan memotong video, menambahkan efek dan filter, mengatur kecepatan, menambahkan musik latar, teks, stiker, hingga mengatur transisi dan volume audio, InShot menyediakan fitur-fitur yang diperlukan untuk menghasilkan video yang kreatif dan profesional.

Jadi, jika Anda siap untuk mempelajari cara menggunakan InShot dengan maksimal, ikuti panduan ini dan temukan potensi kreatif Anda dalam mengedit video di perangkat Android Anda. Mari kita mulai dengan cara pertama, yaitu memotong dan memotong video.

Cara Menggunakan InShot di Android

1. Mengunduh dan Menginstal InShot

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi InShot dari Google Play Store. Cari aplikasi InShot di Play Store, lalu ketuk tombol “Install” untuk mengunduhnya ke perangkat Anda. Setelah selesai, buka aplikasi InShot dari menu aplikasi Anda. Anda siap untuk memulai pengeditan video dengan InShot.

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi InShot, Anda perlu mempelajari antarmuka aplikasi dan fitur-fitur yang disediakan. Berikut ini adalah beberapa fitur utama InShot yang perlu Anda ketahui:

a. Trim dan Cut: Fitur ini memungkinkan Anda memotong dan memperpendek video Anda dengan mudah. Anda dapat memilih bagian tertentu dari video yang ingin Anda gunakan dan membuang bagian yang tidak diperlukan.

b. Menambahkan Musik: Anda dapat menambahkan musik latar ke video Anda menggunakan fitur ini. InShot menyediakan berbagai macam musik yang dapat Anda pilih, atau Anda juga dapat menggunakan musik dari perpustakaan musik pribadi Anda.

c. Menambahkan Efek dan Filter: Anda dapat meningkatkan tampilan video Anda dengan menambahkan efek dan filter keren. InShot menyediakan banyak pilihan efek dan filter yang dapat Anda gunakan untuk memberikan sentuhan kreatif pada video Anda.

2. Memotong dan Memperpendek Video

Salah satu fitur utama InShot adalah kemampuannya untuk memotong dan memperpendek video. Jika Anda memiliki video yang terlalu panjang, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk membuang bagian yang tidak diperlukan atau memotongnya menjadi potongan-potongan yang lebih pendek. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

a. Buka aplikasi InShot dan pilih opsi “Video” dari layar beranda.

b. Pilih video yang ingin Anda potong atau perpendek dari galeri perangkat Anda.

c. Di layar editor, Anda akan melihat bar pemotongan di bagian bawah. Geser pegangan kiri dan kanan di bar ini untuk memilih bagian video yang ingin Anda potong. Anda juga dapat menyesuaikan durasi dengan mengubah angka di sebelah kiri dan kanan pegangan.

d. Setelah memilih bagian yang ingin dipotong, ketuk tombol centang di kanan atas layar untuk menerapkan perubahan. Video Anda sekarang akan dipotong sesuai dengan pilihan Anda.

e. Jika Anda ingin memperpendek video, ikuti langkah yang sama dan pilih bagian yang ingin dipertahankan. Kemudian, tekan tombol centang untuk menerapkan perubahan.

Menggunakan fitur memotong dan memperpendek ini akan membantu Anda membuat video yang lebih ringkas dan menarik tanpa membuang waktu penonton dengan konten yang tidak relevan.

3. Menambahkan Musik Latar

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan pengalaman menonton video adalah dengan menambahkan musik latar yang sesuai. InShot menyediakan fitur yang memungkinkan Anda menambahkan musik ke video Anda. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

a. Buka aplikasi InShot dan pilih opsi “Video” dari layar beranda.

b. Pilih video yang ingin Anda edit dari galeri perangkat Anda.

c. Di layar editor, ketuk opsi “Music” di bagian bawah.

d. Anda akan melihat pilihan musik yang tersedia. Anda dapat memilih musik dari perpustakaan InShot atau mengimpor musik dari perpustakaan musik perangkat Anda.

e. Setelah memilih musik, putar musik tersebut untuk melihat apakah sesuai dengan video Anda. Anda juga dapat mengatur durasi musik dengan menggeser pegangan di bar waktu.

f. Jika Anda puas dengan musik yang dipilih, ketuk tombol centang untuk menerapkan perubahan.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Mengaktifkan Dark Mode di Instagram Android

Dengan menambahkan musik latar, video Anda akan lebih menarik dan menghidupkan suasana. Pastikan untuk memilih musik yang sesuai dengan isi dan nuansa video Anda.

4. Mengatur Efek dan Filter

Efek dan filter adalah cara yang bagus untuk memberikan tampilan yang unik pada video Anda. InShot menyediakan berbagai efek dan filter yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan tampilan visual video. Berikut ini adalah cara menggunakan fitur ini:

a. Buka aplikasi InShot dan pilih opsi “Video” dari layar beranda.

b. Pilih video yang ingin Anda edit dari galeri perangkat Anda.

c. Di layar editor, ketuk opsi “Efek” di bagian bawah.

d. Anda akan melihat berbagai efek dan filter yang tersedia. Gulir ke kanan atau kiri untuk melihat pilihan yang ada.

e. Ketuk efek atau filter yang ingin Anda gunakan. Anda dapat melihat pratinjau langsung di layar bagaimana efek tersebut akan mempengaruhi video Anda.

f. Setelah memilih efek atau filter, ketuk tombol centang untuk menerapkan perubahan.

g. Beberapa efek dan filter juga memiliki pengaturan tambahan yang dapat Anda sesuaikan. Misalnya, Anda dapat mengatur kecerahan, kontras, saturasi, atau kebisingan. Jelajahi opsi pengaturan yang tersedia dan sesuaikan sesuai keinginan Anda.

h. Setelah Anda puas dengan hasilnya, tekan tombol centang untuk menyimpan perubahan tersebut.

Menggunakan efek dan filter dapat memberikan nuansa yang berbeda pada video Anda, mulai dari tampilan vintage yang klasik hingga tampilan yang lebih cerah dan hidup. Eksplorasilah efek dan filter yang disediakan oleh InShot untuk menciptakan tampilan yang sesuai dengan preferensi dan gaya Anda.

5. Menggabungkan Video dan Foto

Selain mengedit video, InShot juga memungkinkan Anda menggabungkan video dan foto menjadi satu video yang lengkap. Fitur ini berguna jika Anda ingin membuat montase atau video kenangan dari gambar dan klip video yang Anda miliki. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

a. Buka aplikasi InShot dan pilih opsi “Video” dari layar beranda.

b. Pilih video yang ingin Anda edit dari galeri perangkat Anda.

c. Di layar editor, ketuk ikon “Tambah Foto” di bagian bawah.

d. Pilih foto yang ingin Anda tambahkan dari galeri perangkat Anda.

e. Anda dapat mengatur durasi tampilan foto dengan menggeser pegangan di bar waktu.

f. Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak foto atau video, ikuti langkah yang sama.

g. Untuk mengatur urutan foto dan video, tahan dan seret item tersebut ke posisi yang diinginkan.

h. Ketika Anda puas dengan urutan dan durasi tampilan, ketuk tombol centang untuk menerapkan perubahan.

Menggabungkan video dan foto dapat memberikan dimensi yang lebih kaya pada video Anda. Anda dapat berkreasi dengan menambahkan transisi yang halus antara foto dan video, atau menambahkan musik latar untuk mempertajam kesan visual yang disampaikan.

6. Menerapkan Transisi yang Mulus

Transisi yang mulus dapat memberikan sentuhan profesional pada video Anda dan menghubungkan adegan dengan lancar. InShot menyediakan berbagai pilihan transisi yang dapat Anda gunakan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menerapkan transisi:

a. Buka aplikasi InShot dan pilih opsi “Video” dari layar beranda.

b. Pilih video yang ingin Anda edit dari galeri perangkat Anda.

c. Di layar editor, ketuk ikon “Transisi” di bagian bawah.

d. Anda akan melihat berbagai pilihan transisi yang tersedia. Gulir ke kanan atau kiri untuk melihat pilihan yang ada.

e. Ketuk transisi yang ingin Anda gunakan pada adegan tertentu. Anda dapat melihat pratinjau langsung di layar bagaimana transisi tersebut akan terlihat.

f. Setelah memilih transisi, ketuk tombol centang untuk menerapkan perubahan.

g. Beberapa transisi juga memiliki pengaturan tambahan yang dapat Anda sesuaikan, seperti kecepatan transisi atau efek khusus. Jelajahi opsi pengaturan yang tersedia dan sesuaikan sesuai keinginan Anda.

h. Setelah Anda puas dengan hasilnya, tekan tombol centang untuk menyimpan perubahan tersebut.

Penerapan transisi yang mulus pada video Anda akan memberikan pengalaman menonton yang lebih nyaman dan profesional. Eksperimen dengan berbagai jenis transisi yang disediakan oleh InShot untuk menemukan yang paling sesuai dengan gaya dan isi video Anda.

7. Menambahkan Teks dan Stiker

InShot juga memungkinkan Anda untuk menambahkan teks dan stiker pada video Anda. Fitur ini berguna jika Anda ingin memberikan keterangan, judul, atau pesan khusus pada video Anda. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Memainkan Game Java di Android: Panduan Lengkap

a. Buka aplikasi InShot dan pilih opsi “Video” dari layar beranda.

b. Pilih video yang ingin Anda edit dari galeri perangkat Anda.

c. Di layar editor, ketuk ikon “Teks” di bagian bawah.

d. Anda akan melihat berbagai pilihan gaya teks yang tersedia. Pilih gaya yang Anda suka.

e. Ketuk teks yang telah dipilih untuk mengeditnya. Anda dapat mengubah teks, mengatur warna, ukuran, dan font teks.

f. Jika Anda ingin menambahkan stiker, ketuk ikon “Stiker” di bagian bawah. Pilih stiker yang ingin Anda tambahkan.

g. Untuk mengatur posisi dan durasi tampilan teks atau stiker, seret dan atur di bagian layar yang diinginkan.

h. Setelah Anda puas dengan penambahan teks dan stiker, tekan tombol centang untuk menerapkan perubahan tersebut.

Menambahkan teks dan stiker akan memberikan elemen visual yang menarik pada video Anda. Gunakanlah dengan bijak dan sesuaikan dengan tema dan gaya video Anda.

8. Menerapkan Efek Suara

Selain musik latar, InShot juga memungkinkan Anda untuk menerapkan efek suara khusus pada video Anda. Efek suara dapat memberikan nuansa yang lebih hidup dan menarik pada video Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menerapkan efek suara:

a. Buka aplikasi InShot dan pilih opsi “Video” dari layar beranda.

b. Pilih video yang ingin Anda edit dari galeri perangkat Anda.

c. Di layar editor, ketuk opsi “Suara” di bagian bawah.

d. Anda akan melihat berbagai efek suara yang tersedia. Pilih efek suara yang Anda inginkan.

e. Putar video untuk melihat bagaimana efek suara tersebut mempengaruhi video Anda.

f. Jika Anda ingin menyesuaikan volume efek suara, geser pegangan di sebelah kanan efek suara.

g. Jika Anda ingin menambahkan lebih dari satu efek suara, ikuti langkah yang sama.

h. Setelah Anda puas dengan pengaturan efek suara, tekan tombol centang untuk menerapkan perubahan tersebut.

Menerapkan efek suara pada video Anda akan memberikan pengalaman audio yang lebih kaya dan menarik. Eksplorasilah berbagai efek suara yang disediakan oleh InShot untuk menciptakan suasana yang sesuai dengan isi dan nuansa video Anda.

9. Mengatur Rasio Aspek dan Memotong dengan Frame

InShot memungkinkan Anda mengatur rasio aspek video, sehingga Anda dapat mengoptimalkan tampilan video Anda sesuai dengan platform yang akan Anda bagikan. Misalnya, jika Anda ingin membagikan video di Instagram, Anda dapat mengatur rasio aspeknya menjadi 1:1. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

a. Di layar editor InShot, perhatikan ikon “Rasio” di bagian bawah layar.

b. Ketuk ikon tersebut untuk melihat berbagai pilihan rasio aspek yang tersedia, seperti 1:1 (persegi), 16:9 (layar lebar), 9:16 (layar tegak), dan lainnya.

c. Pilih rasio aspek yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

d. Setelah memilih rasio aspek, Anda dapat melihat bagaimana tampilan video akan berubah sesuai dengan rasio yang dipilih.

e. Jika Anda ingin memotong video dengan frame yang sesuai dengan rasio aspek yang telah Anda pilih, geser dan atur frame di sekitar video.

f. Anda juga dapat menggunakan gesture pinch-to-zoom untuk memperbesar atau memperkecil tampilan video di dalam frame.

g. Setelah selesai mengatur rasio aspek dan memotong dengan frame, tekan tombol centang untuk menerapkan perubahan pada video.

Dengan mengatur rasio aspek yang tepat, Anda dapat memastikan tampilan video Anda sesuai dengan platform yang akan Anda bagikan. Anda juga dapat memotong video dengan frame yang sesuai, sehingga memastikan fokus pada area yang penting dalam video Anda.

10. Mengatur Kecepatan Video

InShot memungkinkan Anda untuk mengatur kecepatan video, baik memperlambat maupun mempercepatnya. Fitur ini sangat berguna untuk menciptakan efek dramatis atau menyampaikan pesan dengan lebih cepat. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

a. Di layar editor InShot, perhatikan ikon “Kecepatan” di bagian bawah layar.

b. Ketuk ikon tersebut untuk melihat opsi kecepatan yang tersedia, seperti 0.25x (perlambatan), 0.5x (perlambatan), 1x (kecepatan normal), 2x (percepatan), dan lainnya.

c. Pilih kecepatan yang ingin Anda terapkan pada video dengan mengetuknya.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Menghapus Virus Malware di Android

d. Setelah memilih kecepatan, Anda dapat melihat pratinjau video dengan kecepatan yang diubah.

e. Jika Anda ingin menyesuaikan kecepatan secara spesifik, Anda dapat menggunakan bilah waktu di bagian bawah layar untuk memilih titik awal dan akhir kecepatan yang diubah.

f. Setelah selesai mengatur kecepatan video, tekan tombol centang untuk menerapkan perubahan pada video.

Dengan mengatur kecepatan video, Anda dapat menciptakan efek yang menarik dan kreatif dalam video Anda. Gunakanlah dengan bijak untuk meningkatkan daya tarik dan pesan yang ingin Anda sampaikan melalui video tersebut.

11. Mengatur Volume Audio

Selain menambahkan musik latar, InShot memungkinkan Anda untuk mengatur volume audio pada klip video. Dengan mengatur volume audio, Anda dapat menyeimbangkan suara latar belakang dengan suara asli video atau memfokuskan pada suara tertentu. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

a. Di layar editor InShot, perhatikan ikon “Volume” di bagian bawah layar.

b. Ketuk ikon tersebut untuk melihat pengaturan volume yang tersedia.

c. Anda dapat mengatur volume audio secara keseluruhan dengan menggunakan slider volume di sebelah ikon musik.

d. Jika Anda ingin mengatur volume audio pada klip video secara individual, ketuk ikon volume di sebelah ikon klip video.

e. Sesuaikan pengaturan volume untuk masing-masing klip video dengan menggeser slider volume.

f. Setelah selesai mengatur volume audio, tekan tombol centang untuk menerapkan perubahan pada video.

Dengan mengatur volume audio, Anda dapat memastikan bahwa suara pada video Anda jelas dan seimbang. Sesuaikan volume audio sesuai dengan kebutuhan video Anda untuk meningkatkan kualitas audio dan pengalaman menonton.

12. Menyimpan dan Membagikan Video

Setelah selesai mengedit video menggunakan InShot, Anda dapat menyimpannya ke perangkat Anda atau langsung membagikannya ke platform media sosial atau aplikasi berbagi video. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menyimpan dan membagikan video:

a. Setelah selesai mengedit video, perhatikan ikon disket di bagian kanan atas layar.

b. Ketuk ikon tersebut untuk menyimpan video ke galeri perangkat Anda.

c. Pilih kualitas video yang Anda inginkan, seperti resolusi dan format file.

d. Tunggu hingga proses penyimpanan selesai.

e. Setelah video disimpan, Anda dapat membagikannya ke platform media sosial atau aplikasi berbagi video langsung dari InShot.

f. Perhatikan ikon “Bagikan” di bagian kanan atas layar.

g. Ketuk ikon tersebut untuk melihat opsi berbagi yang tersedia, seperti Instagram, Facebook, YouTube, WhatsApp, dan lainnya.

h. Pilih platform atau aplikasi yang ingin Anda gunakan untuk berbagi video.

i. Mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh platform atau aplikasi yang dipilih untuk menyelesaikan proses berbagi video.

j. Setelah selesai, video Anda akan tersedia untuk dilihat oleh orang lain melalui platform atau aplikasi yang Anda pilih.

Dengan menyimpan dan membagikan video melalui InShot, Anda dapat menunjukkan hasil kreativitas Anda kepada orang lain dan memperluas jangkauan penonton. Pastikan Anda memilih platform yang sesuai dengan audiens target Anda untuk mencapai hasil yang optimal.

Penutup

InShot adalah aplikasi yang powerful dan user-friendly untuk mengedit video di perangkat Android. Dalam artikel ini, kami telah membahas 12 cara menggunakan InShot di Android untuk menghasilkan video yang menarik dan berkualitas. Dari memotong dan memotong video, menambahkan efek dan filter, mengatur kecepatan, menambahkan musik latar, teks, stiker, hingga mengatur transisi dan volume audio, InShot menyediakan fitur-fitur yang diperlukan untuk menghasilkan video yang kreatif dan profesional.

Dengan mengikuti panduan dan langkah-langkah di atas, Anda dapat mengoptimalkan penggunaan InShot untuk mengedit video sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Eksplorasilah fitur-fitur yang disediakan dan berkreasilah dalam menciptakan video yang menarik, informatif, dan menghibur.

Ingatlah untuk mengoptimalkan judul, deskripsi, dan tag video Anda untuk SEO agar video Anda lebih mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google. Selain itu, pastikan juga untuk membagikan video Anda melalui platform dan aplikasi yang relevan dengan audiens target Anda.

Dengan InShot, Anda memiliki alat yang kuat untuk mengedit video di ujung jari Anda. Manfaatkanlah kesempatan ini untuk menghasilkan video yang berkualitas dan memikat yang akan meningkatkan visibilitas dan dampak konten Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam perjalanan kreatif Anda dengan InShot!

Share:

Related Post