15 Cara Download MP3 dari YouTube di Android Tanpa Menggunakan Aplikasi

admin

0 Comment

Link

YouTube merupakan platform video terbesar dan paling populer di dunia saat ini. Berbagai jenis video dapat ditemukan di sana, termasuk musik dan lagu-lagu yang bisa didownload dalam format MP3. Namun, tidak semua video di YouTube menyediakan fitur unduh, dan beberapa dari mereka meminta biaya untuk mendapatkan lagu yang diinginkan.

Untuk itu, banyak pengguna Android mencari cara untuk mengunduh MP3 dari YouTube tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, dari metode manual hingga menggunakan situs web yang memungkinkan Anda mengunduh video YouTube dengan mudah.

Dalam artikel ini, akan dibahas 15 cara download MP3 dari YouTube di Android tanpa menggunakan aplikasi. Dari cara yang paling sederhana hingga yang lebih teknis, semuanya akan dijelaskan dengan lengkap dan mudah dipahami. Dengan memanfaatkan cara-cara ini, Anda dapat memiliki koleksi musik favorit di perangkat Android Anda dengan mudah dan tanpa biaya.

Beberapa Cara Download MP3 dari YouTube di Android Tanpa Aplikasi

1. Menggunakan Website Converter Online

Salah satu cara download MP3 dari YouTube tanpa aplikasi adalah dengan menggunakan website converter online. Caranya sangat mudah, cukup salin tautan video YouTube yang ingin Anda unduh, kunjungi website converter online seperti SaveFrom.net atau Y2Mate.com, lalu tempelkan tautan tersebut pada kolom unduhan. Kemudian, pilih format audio MP3 dan klik tombol unduh. Tunggu proses konversi selesai, dan file MP3 akan tersedia untuk diunduh.

Selain mudah, cara ini juga sangat aman karena Anda tidak perlu mengunduh atau menginstal aplikasi apapun di perangkat Android Anda. Namun, pastikan untuk memilih website converter online yang terpercaya dan aman, karena beberapa website tidak aman dan dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat Anda.

Kelebihan menggunakan website converter online adalah mudah digunakan dan tidak memerlukan instalasi aplikasi di perangkat Anda. Namun, kekurangannya adalah memerlukan koneksi internet yang stabil dan kadang-kadang dapat menghasilkan kualitas audio yang buruk.

2. Melalui Situs SaveFrom.net

Salah satu situs terbaik untuk mengunduh file MP3 dari YouTube di Android adalah SaveFrom.net. Anda dapat mengunduh video dan audio dari banyak situs web dan dapat memilih format file yang ingin Anda unduh.

Untuk menggunakan situs ini, cukup salin tautan video YouTube yang ingin Anda unduh dan kunjungi SaveFrom.net. Setelah itu, pastikan bahwa tautan yang Anda salin terlihat di kotak yang tepat, pilih format audio MP3, dan klik tombol unduh. Tunggu sampai proses unduh selesai dan file MP3 siap untuk digunakan.

Kelebihan menggunakan situs ini adalah mudah digunakan dan sangat efektif dalam mengunduh file MP3 dari YouTube. Namun, kekurangannya adalah situs ini dapat memuat iklan yang mengganggu.

3. Melalui Situs Y2Mate.com

Y2Mate.com adalah salah satu situs unduhan MP3 terbaik yang dapat digunakan untuk mengunduh video dan audio dari YouTube. Untuk menggunakan situs ini, cukup salin tautan video YouTube yang ingin Anda unduh dan kunjungi Y2Mate.com. Setelah itu, pastikan bahwa tautan yang Anda salin terlihat di kotak yang tepat, pilih format audio MP3, dan klik tombol unduh. Tunggu sampai proses unduh selesai dan file MP3 siap untuk digunakan.

Kelebihan menggunakan Y2Mate.com adalah mudah digunakan dan sangat efektif dalam mengunduh file MP3 dari YouTube. Namun, kekurangannya adalah situs ini juga dapat memuat iklan yang mengganggu.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  7 Cara Download Fortnite Mobile di Android

Selain itu, Y2Mate.com juga menawarkan pilihan kualitas audio yang berbeda, sehingga Anda dapat memilih kualitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, pastikan untuk memilih kualitas audio yang cukup baik agar kualitas file MP3 yang diunduh juga memuaskan.

4. Menggunakan Add-On di Browser

Jika Anda sering menggunakan browser di perangkat Android, maka Anda dapat menggunakan add-on atau ekstensi untuk mengunduh file MP3 dari YouTube. Beberapa browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox menyediakan add-on untuk mengunduh file multimedia dari internet, termasuk file MP3 dari YouTube.

Cara menggunakan add-on ini cukup mudah. Setelah menginstal add-on yang sesuai dengan browser yang digunakan, Anda dapat langsung mengunjungi situs YouTube dan memutar video yang ingin Anda unduh. Kemudian, klik ikon add-on di browser dan pilih opsi unduh file MP3. Tunggu sampai proses unduh selesai, dan file MP3 akan tersedia di perangkat Anda.

Kelebihan menggunakan add-on ini adalah mudah digunakan dan memerlukan sedikit waktu untuk menginstalnya. Namun, kekurangannya adalah beberapa add-on mungkin tidak kompatibel dengan browser yang digunakan, dan kualitas audio yang dihasilkan juga tidak selalu memuaskan.

5. Menggunakan Shortcuts di Chrome

Salah satu fitur tersembunyi di Google Chrome yang bisa digunakan untuk mengunduh file MP3 dari YouTube adalah menggunakan shortcuts. Shortcuts merupakan cara cepat untuk mengakses fitur-fitur tertentu di browser Chrome, termasuk mengunduh file multimedia dari internet.

Cara menggunakan shortcuts ini cukup mudah. Setelah memutar video di YouTube, klik tombol “Share” di bawah video dan pilih opsi “Copy link”. Kemudian, buka tab baru di browser Chrome dan ketik “ss” diikuti dengan tautan video YouTube yang ingin Anda unduh. Setelah itu, pilih format audio MP3 dan klik tombol unduh. Tunggu sampai proses unduh selesai dan file MP3 akan tersedia di perangkat Anda.

Kelebihan menggunakan shortcuts ini adalah sangat mudah digunakan dan tidak memerlukan instalasi aplikasi atau add-on di perangkat Anda. Namun, kekurangannya adalah shortcuts ini hanya berfungsi di browser Chrome, sehingga tidak bisa digunakan di browser lain.

6. Menggunakan Clip Converter

Clip Converter adalah website converter online lain yang dapat digunakan untuk mengunduh file MP3 dari YouTube. Untuk menggunakan Clip Converter, cukup salin tautan video YouTube yang ingin Anda unduh dan kunjungi ClipConverter.cc. Setelah itu, pastikan bahwa tautan yang Anda salin terlihat di kotak yang tepat, pilih format audio MP3, dan klik tombol unduh. Tunggu sampai proses unduh selesai dan file MP3 akan tersedia di perangkat Anda.

Kelebihan menggunakan Clip Converter adalah mudah digunakan dan dapat menghasilkan kualitas audio yang baik. Namun, kekurangannya adalah website ini juga dapat memuat iklan yang mengganggu, dan beberapa pengguna melaporkan bahwa website ini sering mengalami masalah teknis.

7. Menggunakan Convert2mp3

Convert2mp3 adalah website converter online lain yang dapat digunakan untuk mengunduh file MP3 dari YouTube. Caranya cukup mudah, cukup kunjungi Convert2mp3.net, salin tautan video YouTube yang ingin Anda unduh, pilih format audio MP3, dan klik tombol unduh. Tunggu sampai proses unduh selesai dan file MP3 akan tersedia di perangkat Anda.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  11 Cara Download Video YouTube di Android

Kelebihan menggunakan Convert2mp3 adalah mudah digunakan dan dapat menghasilkan kualitas audio yang baik. Namun, kekurangannya adalah website ini sering mengalami masalah teknis dan juga dapat memuat iklan yang mengganggu.

8. Menggunakan 4K Video Downloader

4K Video Downloader adalah aplikasi desktop yang dapat digunakan untuk mengunduh file MP3 dari YouTube. Aplikasi ini tersedia untuk Windows, Mac, dan Linux, dan dapat digunakan secara gratis atau dengan versi premium yang lebih lengkap.

Cara menggunakan 4K Video Downloader cukup mudah. Setelah menginstal aplikasi ini, salin tautan video YouTube yang ingin Anda unduh, dan paste di dalam aplikasi. Pilih format audio MP3 dan klik tombol unduh. Tunggu sampai proses unduh selesai dan file MP3 akan tersedia di perangkat Anda.

Kelebihan menggunakan 4K Video Downloader adalah dapat menghasilkan kualitas audio yang baik, dan juga menyediakan berbagai pilihan format audio dan video. Namun, kekurangannya adalah aplikasi ini hanya tersedia untuk desktop, sehingga tidak bisa digunakan di perangkat Android.

9. Menggunakan Y2mate

Y2mate adalah website converter online lain yang dapat digunakan untuk mengunduh file MP3 dari YouTube. Caranya cukup mudah, cukup salin tautan video YouTube yang ingin Anda unduh, kunjungi Y2mate.com, pilih format audio MP3, dan klik tombol unduh. Tunggu sampai proses unduh selesai dan file MP3 akan tersedia di perangkat Anda.

Kelebihan menggunakan Y2mate adalah mudah digunakan dan dapat menghasilkan kualitas audio yang baik. Namun, kekurangannya adalah website ini juga dapat memuat iklan yang mengganggu, dan beberapa pengguna melaporkan bahwa website ini sering mengalami masalah teknis.

10. Menggunakan Video DownloadHelper

Video DownloadHelper adalah add-on untuk browser Mozilla Firefox yang dapat digunakan untuk mengunduh file multimedia dari internet, termasuk file MP3 dari YouTube. Setelah menginstal add-on ini, Anda dapat langsung mengunjungi situs YouTube dan memutar video yang ingin Anda unduh. Kemudian, klik ikon Video DownloadHelper di browser dan pilih opsi unduh file MP3. Tunggu sampai proses unduh selesai, dan file MP3 akan tersedia di perangkat Anda.

Kelebihan menggunakan Video DownloadHelper adalah mudah digunakan dan memerlukan sedikit waktu untuk menginstalnya. Namun, kekurangannya adalah add-on ini hanya berfungsi di browser Mozilla Firefox, sehingga tidak bisa digunakan di browser lain.

11. Menggunakan SaveFrom.net

SaveFrom.net adalah website converter online lain yang dapat digunakan untuk mengunduh file MP3 dari YouTube. Caranya cukup mudah, cukup salin tautan video YouTube yang ingin Anda unduh, kunjungi SaveFrom.net, pilih format audio MP3, dan klik tombol unduh. Tunggu sampai proses unduh selesai dan file MP3 akan tersedia di perangkat Anda.

Kelebihan menggunakan SaveFrom.net adalah mudah digunakan dan tidak memerlukan instalasi aplikasi atau add-on browser. Namun, kekurangannya adalah website ini sering mengalami masalah teknis, dan juga dapat memuat iklan yang mengganggu.

12. Menggunakan YouTube Music

YouTube Music adalah aplikasi streaming musik resmi dari YouTube, yang dapat digunakan untuk mendengarkan lagu secara online dan juga mengunduhnya untuk didengarkan secara offline. Untuk menggunakan fitur unduhan di YouTube Music, Anda perlu berlangganan ke versi premium dengan membayar biaya langganan bulanan.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  8 Cara Mengganti Background Foto di Android

Cara menggunakan fitur unduhan di YouTube Music cukup mudah. Setelah berlangganan ke versi premium, buka aplikasi YouTube Music di perangkat Android Anda, temukan lagu atau playlist yang ingin Anda unduh, dan klik tombol unduh. Tunggu sampai proses unduh selesai, dan file MP3 akan tersedia di aplikasi YouTube Music dan juga di perangkat Anda.

Kelebihan menggunakan YouTube Music adalah mudah digunakan dan legal, serta dapat menghasilkan kualitas audio yang baik. Namun, kekurangannya adalah Anda perlu membayar biaya langganan untuk menggunakan fitur unduhan, dan juga tidak semua lagu tersedia untuk diunduh di YouTube Music.

13. Menggunakan TubeMate

TubeMate adalah aplikasi Android yang dapat digunakan untuk mengunduh file MP3 dari YouTube. Aplikasi ini tidak tersedia di Google Play Store, sehingga Anda perlu mengunduh dan menginstalnya secara manual melalui website resminya.

Cara menggunakan TubeMate cukup mudah. Setelah menginstal aplikasi ini, buka YouTube di aplikasi TubeMate, temukan video yang ingin Anda unduh, dan pilih format audio MP3. Tunggu sampai proses unduh selesai, dan file MP3 akan tersedia di perangkat Anda.

Kelebihan menggunakan TubeMate adalah mudah digunakan dan dapat menghasilkan kualitas audio yang baik. Namun, kekurangannya adalah aplikasi ini tidak tersedia di Google Play Store dan dapat membahayakan perangkat Anda jika diunduh dari sumber yang tidak terpercaya.

14. Menggunakan VidMate

VidMate adalah aplikasi Android lain yang dapat digunakan untuk mengunduh file MP3 dari YouTube. Aplikasi ini tidak tersedia di Google Play Store, sehingga Anda perlu mengunduh dan menginstalnya secara manual melalui website resminya.

Cara menggunakan VidMate cukup mudah. Setelah menginstal aplikasi ini, buka YouTube di aplikasi VidMate, temukan video yang ingin Anda unduh, dan pilih format audio MP3. Tunggu sampai proses unduh selesai, dan file MP3 akan tersedia di perangkat Anda.

Kelebihan menggunakan VidMate adalah mudah digunakan dan dapat menghasilkan kualitas audio yang baik. Namun, kekurangannya adalah aplikasi ini tidak tersedia di Google Play Store dan juga dapat memuat iklan yang mengganggu.

15. Menggunakan 4K Video Downloader

4K Video Downloader adalah aplikasi desktop yang dapat digunakan untuk mengunduh file MP3 dari YouTube. Aplikasi ini tersedia untuk Windows, macOS, dan Linux.

Cara menggunakan 4K Video Downloader cukup mudah. Setelah menginstal aplikasi ini, salin tautan video YouTube yang ingin Anda unduh, dan pastekan di aplikasi 4K Video Downloader. Pilih format audio MP3, dan klik tombol unduh. Tunggu sampai proses unduh selesai, dan file MP3 akan tersedia di perangkat Anda.

Kelebihan menggunakan 4K Video Downloader adalah dapat menghasilkan kualitas audio yang sangat baik, serta dapat mengunduh video YouTube dengan resolusi hingga 4K. Namun, kekurangannya adalah aplikasi ini hanya tersedia untuk desktop dan tidak dapat digunakan di perangkat Android.

Kesimpulan

Itulah 15 cara download MP3 dari YouTube di Android tanpa menggunakan aplikasi. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga Anda dapat memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan hak cipta dari lagu atau video yang Anda unduh, serta menggunakan cara unduh yang legal dan tidak melanggar aturan. Selamat mencoba!

Share:

Related Post