15 Cara Mengetahui Baterai AirPods di Android

admin

0 Comment

Link

Apakah kamu pengguna AirPods yang setia? Jika iya, pasti kamu ingin selalu tahu berapa persen baterai yang tersisa pada AirPods milikmu. Sayangnya, untuk pengguna Android, mengetahui persentase baterai AirPods bisa menjadi tantangan. Tapi jangan khawatir! Pada artikel ini, kami akan memberikan 15 cara mudah untuk mengetahui tingkat baterai AirPods di perangkat Androidmu. Jadi, simak terus artikel ini untuk menemukan solusinya.

Cara Mengetahui Baterai AirPods di Android

1. Menggunakan Aplikasi AirBattery

AirBattery adalah salah satu aplikasi yang populer digunakan oleh pengguna Android untuk mengetahui baterai AirPods. Aplikasi ini memungkinkanmu melihat tingkat baterai AirPods secara langsung melalui ponsel Android. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi AirBattery, kamu hanya perlu menghubungkan AirPods ke perangkat Android dan membuka aplikasi tersebut.

Setelah terbuka, aplikasi ini akan menampilkan persentase baterai AirPods secara real-time beserta informasi lainnya seperti status pengisian dan sisa waktu pemakaian. AirBattery juga memiliki fitur notifikasi yang akan memberitahumu saat baterai AirPods mencapai batas tertentu yang telah ditentukan sebelumnya.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung banyak model perangkat AirPods, sehingga tidak masalah jika kamu menggunakan AirPods generasi pertama, kedua, atau Pro. AirBattery juga memiliki tampilan yang intuitif dan mudah digunakan, sehingga cocok untuk pengguna Android pemula sekalipun.

2. Melalui Widget Battery AirPods

Salah satu cara lain untuk mengetahui baterai AirPods di perangkat Android adalah dengan menggunakan widget Battery AirPods. Widget ini dapat ditambahkan ke layar utama atau layar pemberitahuan Androidmu, sehingga kamu dapat melihat persentase baterai AirPods secara cepat dan praktis.

Untuk menggunakan widget Battery AirPods, kamu perlu mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu melalui Play Store. Setelah diinstal, kamu dapat menambahkan widget ini dengan cara menekan dan menahan area kosong di layar Androidmu, lalu pilih “Widget” dan cari “Battery AirPods”.

Setelah menambahkan widget tersebut, kamu dapat melihat persentase baterai AirPods langsung di layar utama atau layar pemberitahuan. Beberapa widget Battery AirPods juga menampilkan informasi tambahan seperti status pengisian dan estimasi waktu pemakaian yang tersisa.

3. Menggunakan Siri Shortcuts

Jika kamu menggunakan perangkat Android dengan fitur Siri Shortcuts, kamu dapat memanfaatkannya untuk mengetahui baterai AirPods dengan mudah. Siri Shortcuts adalah fitur yang memungkinkanmu membuat tindakan kustom yang dapat dilakukan dengan mengaktifkan perintah suara.

Untuk menggunakan Siri Shortcuts untuk mengetahui baterai AirPods, kamu perlu mengunduh aplikasi Shortcuts melalui Play Store. Setelah mengunduh, buka aplikasi tersebut dan buat shortcut baru dengan menekan tombol “+”.

Dalam shortcut baru, pilih “Scripting” dan cari aksi “Battery Level”. Setelah itu, atur aksi tersebut untuk menampilkan status baterai AirPods. Kamu juga dapat menambahkan langkah-langkah lainnya seperti memunculkan notifikasi atau memberikan peringatan saat baterai mencapai batas tertentu.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  9 Cara Mengatasi Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau di Chrome Android

4. Menggunakan Aplikasi Wearable

Jika kamu menggunakan smartwatch atau perangkat wearable lainnya yang terhubung dengan perangkat Androidmu, biasanya ada aplikasi pendukung yang dapat membantu mengetahui baterai AirPods. Aplikasi tersebut umumnya terintegrasi dengan fitur notifikasi di smartwatchmu, sehingga kamu dapat melihat tingkat baterai langsung melalui perangkat wearable.

Untuk menggunakan fitur ini, pastikan perangkat wearablemu terhubung dengan perangkat Android dan aplikasi pendukungnya sudah terinstal dengan baik. Setelah itu, aplikasi tersebut akan secara otomatis memperlihatkan tingkat baterai AirPods di layar smartwatchmu atau melalui notifikasi yang muncul.

Penting untuk memastikan bahwa aplikasi wearable yang kamu gunakan kompatibel dengan AirPods dan perangkat Androidmu. Beberapa aplikasi populer untuk smartwatch seperti Samsung Galaxy Watch, Huawei Watch, atau Fitbit memiliki dukungan untuk mengetahui baterai AirPods.

5. Menggunakan Aplikasi Bluetooth Scanner

Salah satu cara lain yang dapat kamu coba adalah menggunakan aplikasi Bluetooth scanner. Aplikasi ini dapat membantu melacak dan menampilkan perangkat Bluetooth yang terhubung dengan perangkat Androidmu, termasuk AirPods.

Dengan menggunakan aplikasi Bluetooth scanner, kamu dapat melihat daftar perangkat Bluetooth yang terhubung dan menemukan AirPods di dalamnya. Beberapa aplikasi Bluetooth scanner juga menampilkan informasi tambahan seperti tingkat baterai perangkat Bluetooth yang terhubung.

Untuk menggunakan aplikasi Bluetooth scanner, cukup unduh dan instal dari Play Store. Buka aplikasi tersebut, dan setelah pemindaian selesai, cari AirPods dalam daftar perangkat yang terdeteksi. Kemudian, kamu dapat melihat tingkat baterai yang ditampilkan di sebelah nama AirPods pada aplikasi tersebut.

6. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain aplikasi yang disebutkan sebelumnya, ada juga berbagai aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengetahui baterai AirPods di perangkat Android. Beberapa aplikasi ini dapat memberikan informasi yang lebih detail, seperti sisa waktu pemakaian, notifikasi pengisian, dan pengaturan kustom lainnya.

Contoh aplikasi pihak ketiga yang populer adalah AirBattery, Assistant Trigger, BatON, dan MaterialPods. Kamu dapat mencari dan mengunduh aplikasi ini melalui Play Store dan mengikuti instruksi yang diberikan oleh masing-masing aplikasi untuk menghubungkan AirPods dengan perangkat Androidmu.

Pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan memeriksa rating aplikasi sebelum mengunduhnya. Pilih aplikasi yang terpercaya dan memiliki reputasi baik untuk memastikan keakuratan dan keandalan informasi yang ditampilkan.

7. Menggunakan Fitur Sistem Android

Beberapa perangkat Android memiliki fitur sistem bawaan yang memungkinkan pengguna untuk melihat tingkat baterai perangkat Bluetooth yang terhubung. Fitur ini dapat ditemukan di bagian Pengaturan atau Notifikasi di perangkat Androidmu.

Untuk menggunakan fitur ini, buka Pengaturan atau Notifikasi pada perangkat Androidmu. Cari opsi terkait Bluetooth atau perangkat terhubung, dan cari nama AirPods dalam daftar perangkat yang terdeteksi.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  Cara Merakit Komputer dengan Mudah: Panduan Lengkap

Pada informasi AirPods, kamu akan melihat tingkat baterai yang ditampilkan dengan persentase. Beberapa perangkat Android juga menampilkan informasi tambahan seperti status pengisian dan sisa waktu pemakaian yang tersisa.

8. Menggunakan Perangkat Pendukung lainnya

Selain menggunakan aplikasi atau fitur di perangkat Androidmu, kamu juga dapat memanfaatkan perangkat pendukung lainnya untuk mengetahui tingkat baterai AirPods. Misalnya, jika kamu memiliki smart speaker atau smart display yang terhubung dengan perangkat Android, biasanya kamu dapat memeriksa tingkat baterai AirPods melalui perangkat tersebut.

Perangkat seperti Google Nest Hub, Amazon Echo, atau perangkat lain yang kompatibel dengan AirPods dapat menampilkan tingkat baterai saat kamu terhubung melalui Bluetooth. Cukup sampaikan perintah suara kepada perangkat tersebut untuk memeriksa tingkat baterai AirPods.

9. Memperhatikan Lampu Indikator di AirPods

Jika semua cara di atas tidak tersedia atau tidak dapat diakses, kamu masih dapat mengandalkan lampu indikator di AirPods untuk mengetahui tingkat baterainya. Ketika kamu membuka kotak pengisian AirPods, lampu indikator akan menyala dengan warna tertentu yang menunjukkan tingkat baterai.

Warna hijau menandakan baterai masih cukup tinggi, sedangkan warna kuning atau merah menunjukkan baterai yang lebih rendah. Namun, perlu diingat bahwa metode ini hanya memberikan petunjuk umum tentang tingkat baterai dan tidak memberikan persentase yang akurat.

10. Menggunakan Aplikasi Airpods Battery Level

Airpods Battery Level adalah aplikasi yang dapat membantu kamu mengetahui tingkat baterai AirPods di perangkat Androidmu. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan.

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi Airpods Battery Level, hubungkan AirPods ke perangkat Androidmu. Kemudian buka aplikasi tersebut dan secara otomatis akan menampilkan tingkat baterai AirPods secara real-time.

Airpods Battery Level juga menampilkan status pengisian, persentase baterai untuk masing-masing AirPod, serta estimasi waktu pemakaian yang tersisa. Aplikasi ini juga memiliki fitur notifikasi yang memberikan pemberitahuan saat baterai AirPods mencapai tingkat tertentu.

11. Menggunakan Fitur Voice Assistant di Perangkat Android

Jika perangkat Androidmu dilengkapi dengan fitur voice assistant seperti Google Assistant atau Bixby, kamu dapat memanfaatkannya untuk menanyakan tingkat baterai AirPods.

Aktifkan voice assistant dengan perintah suara atau melalui tombol yang ditentukan pada perangkatmu. Kemudian tanyakan kepada voice assistant dengan pertanyaan seperti “Hey Google, cek baterai AirPods saya” atau “Hi Bixby, berapa persentase baterai AirPods saya?”.

Voice assistant akan memberikan respons langsung dan menyebutkan persentase baterai yang tersisa pada AirPods yang terhubung dengan perangkatmu. Ini merupakan cara yang cepat dan mudah untuk mengetahui tingkat baterai AirPods di perangkat Android.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Ambil Video dari YouTube lewat HP Android

12. Menggunakan Aplikasi Bluetooth Info

Salah satu cara lain untuk mengetahui tingkat baterai AirPods di perangkat Android adalah menggunakan aplikasi Bluetooth Info. Aplikasi ini memungkinkanmu melihat informasi rinci tentang perangkat Bluetooth yang terhubung, termasuk AirPods.

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi Bluetooth Info, buka aplikasi tersebut dan pilih opsi “Connected Devices” atau “Device Info”. Pada daftar perangkat Bluetooth yang terhubung, cari AirPods dan ketuk untuk melihat informasi baterai yang terkait.

Bluetooth Info akan menampilkan persentase baterai yang tersisa pada AirPods, serta informasi tambahan seperti status pengisian dan estimasi waktu pemakaian. Aplikasi ini juga dapat memberikan notifikasi saat baterai mencapai tingkat tertentu yang telah ditentukan sebelumnya.

13. Menggunakan Aplikasi Find My Device

Jika kamu telah menghubungkan AirPods dengan perangkat Android melalui aplikasi Find My Device, kamu dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk mengetahui tingkat baterai AirPods.

Buka aplikasi Find My Device pada perangkat Androidmu, dan cari opsi “Connected Devices” atau “Device Info”. Di sini, kamu akan melihat daftar perangkat Bluetooth yang terhubung. Cari AirPods dalam daftar perangkat yang terdeteksi dan ketuk untuk melihat informasi terkait baterai.

Find My Device akan menampilkan persentase baterai yang tersisa pada AirPods, serta opsi untuk memeriksa lokasi AirPods jika perangkatmu sedang terhubung dengan jaringan internet. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan fitur untuk memainkan suara pada AirPods agar lebih mudah ditemukan jika tercecer atau hilang.

14. Menggunakan Aplikasi Battery Widget Reborn

Battery Widget Reborn adalah aplikasi yang berguna untuk melacak tingkat baterai berbagai perangkat, termasuk AirPods. Aplikasi ini menampilkan widget baterai yang dapat ditempatkan pada layar utama perangkat Androidmu.

Setelah mengunduh dan menginstal Battery Widget Reborn, tambahkan widget baterai pada layar utama perangkatmu. Kemudian, atur widget tersebut untuk menampilkan tingkat baterai AirPods.

Battery Widget Reborn menampilkan persentase baterai yang tersisa pada AirPods secara real-time. Kamu juga dapat menyesuaikan tampilan widget, termasuk warna, ukuran, dan gaya yang sesuai dengan preferensimu.

15. Menggunakan Aplikasi AirBattery

Terakhir, ada aplikasi bernama AirBattery yang dapat membantu kamu mengetahui tingkat baterai AirPods di perangkat Android. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang intuitif dan menampilkan informasi yang berguna tentang baterai.

Setelah mengunduh dan menginstal AirBattery, hubungkan AirPods ke perangkat Androidmu. Buka aplikasi tersebut, dan secara otomatis akan menampilkan tingkat baterai AirPods dengan persentase yang akurat.

AirBattery juga menyediakan notifikasi baterai yang dapat ditempatkan pada status bar perangkatmu, sehingga kamu dapat dengan mudah melihat tingkat baterai AirPods tanpa harus membuka aplikasi setiap saat.

Share:

Related Post