4 Cara Melihat Password WiFi di Android Tanpa Aplikasi

admin

0 Comment

Link

WiFi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan WiFi, kita dapat terhubung ke internet secara nirkabel di rumah, di tempat kerja, atau di tempat umum lainnya. Namun, seringkali kita lupa password WiFi yang telah terhubung di perangkat Android kita, dan tidak dapat menghubungkan perangkat lain ke jaringan WiFi yang sama.

Namun, tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk melihat password WiFi di Android tanpa aplikasi. Dalam artikel ini, kami akan mengulas 4 cara yang berbeda untuk membantu kamu melihat password WiFi di perangkat Androidmu, tanpa harus menginstal aplikasi tambahan. Metode-metode ini akan membantu kamu mengakses password WiFi yang telah terhubung di perangkatmu dan memudahkanmu untuk menghubungkan perangkat lain ke jaringan yang sama. Mari kita simak bersama!

Cara Melihat Password WiFi di Android Tanpa Aplikasi

1. Menggunakan Pengaturan WiFi

Salah satu cara yang bisa kamu coba untuk melihat password WiFi di Android tanpa menggunakan aplikasi adalah dengan menggunakan pengaturan WiFi di perangkatmu. Caranya cukup sederhana, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan di perangkat Android kamu.
  2. Pilih opsi “Jaringan & internet” atau “WiFi & internet” (nama opsi bisa berbeda-beda tergantung pada versi Android yang kamu gunakan).
  3. Pilih opsi “WiFi”.
  4. Temukan nama jaringan WiFi yang ingin kamu lihat password-nya.
  5. Tekan dan tahan nama jaringan WiFi tersebut selama beberapa detik hingga muncul menu konteks.
  6. Pilih opsi “Ubah jaringan” atau “Forget network” (nama opsi bisa berbeda-beda tergantung pada versi Android yang kamu gunakan).
  7. Setelah itu, centang opsi “Tampilkan sandi” atau “Show password” (nama opsi bisa berbeda-beda tergantung pada versi Android yang kamu gunakan).
  8. Voila! Password WiFi akan muncul di layar perangkatmu.
๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Menghilangkan Suara Noise pada Video di Android

Dengan cara ini, kamu bisa dengan mudah melihat password WiFi di Android tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan.

2. Menggunakan Fitur Pengelolaan Jaringan WiFi

Fitur pengelolaan jaringan WiFi adalah salah satu fitur yang ada di beberapa perangkat Android yang dapat membantu kamu melihat password WiFi yang sudah pernah terhubung sebelumnya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan di perangkat Android kamu.
  2. Pilih opsi “Jaringan & internet” atau “WiFi & internet” (nama opsi bisa berbeda-beda tergantung pada versi Android yang kamu gunakan).
  3. Pilih opsi “WiFi”.
  4. Cari dan pilih opsi “Pengelolaan jaringan” atau “Network management” (nama opsi bisa berbeda-beda tergantung pada versi Android yang kamu gunakan).
  5. Di sini, kamu akan melihat daftar jaringan WiFi yang pernah terhubung sebelumnya.
  6. Pilih jaringan WiFi yang ingin kamu lihat password-nya.
  7. Voila! Password WiFi akan ditampilkan di layar perangkatmu.

Fitur pengelolaan jaringan WiFi sangat berguna jika kamu ingin melihat password WiFi yang pernah terhubung di perangkat Androidmu tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

3. Menggunakan Perintah ADB (Android Debug Bridge)

Untuk pengguna yang lebih teknis, kamu juga bisa menggunakan perintah ADB (Android Debug Bridge) untuk melihat password WiFi di Android tanpa aplikasi. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan ADB memerlukan pengetahuan teknis yang lebih mendalam dan risiko yang lebih tinggi jika tidak digunakan dengan hati-hati. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan kamu sudah menginstall ADB di komputer kamu. Jika belum, kamu bisa mengunduhnya dari situs resmi Android Developer (https://developer.android.com/studio/releases/platform-tools).
  2. Nyalakan USB Debugging di perangkat Android kamu. Caranya, masuk ke Pengaturan > Tentang ponsel > Ketuk nomor build beberapa kali hingga muncul pesan “Anda sekarang sebagai pengembang” > Kembali ke Pengaturan > Opsi pengembang > Aktifkan USB Debugging.
  3. Sambungkan perangkat Android kamu ke komputer menggunakan kabel USB.
  4. Buka command prompt atau terminal di komputer kamu dan ketikkan perintah “adb devices” untuk memastikan perangkat Android kamu terhubung ke komputer.
  5. Selanjutnya, ketikkan perintah “adb shell” untuk masuk ke shell perangkat Android kamu.
  6. Ketikkan perintah “su” untuk mendapatkan akses root (superuser) di perangkat Android kamu. Jika perintah ini tidak berhasil, berarti perangkat Android kamu tidak memiliki akses root dan kamu tidak bisa melanjutkan metode ini.
  7. Ketikkan perintah “cat /data/misc/wifi/wpa_supplicant.conf” untuk melihat konfigurasi jaringan WiFi yang tersimpan di perangkat Android kamu.
  8. Di sini, kamu akan melihat daftar jaringan WiFi beserta password-nya dalam format teks.
๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Buka File EXE di Android

Perlu diingat bahwa penggunaan ADB memerlukan pengetahuan teknis yang cukup mendalam dan bisa berpotensi merusak perangkat Android kamu jika tidak digunakan dengan benar. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan bertanggung jawab saat menggunakan perintah ADB.

4. Menggunakan Aplikasi Manajemen WiFi

Ada beberapa aplikasi manajemen WiFi yang dapat membantu kamu melihat password WiFi di Android tanpa harus menggunakan perintah ADB atau akses root. Salah satu aplikasi yang populer adalah WiFi Key Recovery, yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Berikut langkah-langkah penggunaannya:

  1. Unduh dan instal aplikasi WiFi Key Recovery dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi tersebut di perangkat Android kamu.
  3. Izinkan akses root jika diminta oleh aplikasi.
  4. Di halaman utama aplikasi, kamu akan melihat daftar jaringan WiFi yang pernah terhubung di perangkat Androidmu beserta password-nya.
  5. Pilih jaringan WiFi yang ingin kamu lihat password-nya.
  6. Voila! Password WiFi akan ditampilkan di layar aplikasi tersebut.

Selain WiFi Key Recovery, ada juga beberapa aplikasi lain seperti WiFi Password Show, WiFi Password Viewer, atau WiFi Password Recovery yang dapat kamu gunakan untuk melihat password WiFi di Android tanpa aplikasi. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi manajemen WiFi memerlukan akses root pada perangkat Android kamu. Oleh karena itu, pastikan kamu memahami risiko yang terkait dengan akses root dan melakukan dengan hati-hati.

Kesimpulan

Melihat password WiFi di Android tanpa aplikasi bisa menjadi sangat berguna ketika kamu ingin terhubung ke jaringan WiFi yang sebelumnya telah terhubung di perangkatmu, namun kamu lupa password-nya. Dalam artikel ini, kami telah mengulas 4 cara yang berbeda untuk melihat password WiFi di Android tanpa aplikasi, mulai dari mengakses pengaturan WiFi di perangkat, menggunakan pengaturan jaringan, menggunakan perintah ADB, hingga menggunakan aplikasi manajemen WiFi.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Pindah Kontak Android ke iPhone

Perlu diingat bahwa beberapa metode, seperti menggunakan perintah ADB atau akses root, memerlukan pengetahuan teknis yang lebih mendalam dan berpotensi merusak perangkat Android kamu jika tidak digunakan dengan benar. Oleh karena itu, pastikan kamu mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan bertanggung jawab saat menggunakan metode-metode tersebut. Selain itu, pastikan juga kamu memiliki izin yang sah untuk mengakses password WiFi yang ingin kamu lihat, dan menghormati privasi dan kebijakan penggunaan WiFi yang berlaku.

Dengan demikian, kamu bisa memilih metode yang paling sesuai dengan pengetahuan teknis dan preferensimu untuk melihat password WiFi di Android tanpa aplikasi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari cara untuk melihat password WiFi di perangkat Androidmu. Selamat mencoba!

 

 

 

 

Share:

Related Post