6 Cara Instal 2 Aplikasi Beda Versi di Android

admin

0 Comment

Link

Android sebagai salah satu sistem operasi paling populer untuk perangkat mobile memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk menginstal berbagai aplikasi. Namun, ada kalanya kita perlu menginstal dua versi aplikasi yang berbeda di perangkat Android yang sama. Dalam artikel ini, kami akan membahas  cara unik untuk menginstal dua aplikasi beda versi di Android. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menjalankan aplikasi dengan versi yang berbeda secara bersamaan dan memanfaatkan fitur-fitur yang mungkin tidak tersedia di versi yang sama. Mari kita mulai!

Cara Instal 2 Aplikasi Beda Versi di Android

Cara 1: Menggunakan Multi-User Mode

Salah satu cara termudah untuk menginstal dua aplikasi beda versi di Android adalah dengan menggunakan fitur multi-user mode. Dalam mode ini, Anda dapat membuat profil pengguna baru di perangkat Anda dan menginstal versi aplikasi yang berbeda pada setiap profil. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda.

2. Gulir ke bawah dan cari opsi “Pengguna” atau “Akun Pengguna”.

3. Pilih “Tambah Pengguna” atau “Tambahkan Akun Pengguna Baru”.

4. Ikuti petunjuk untuk membuat profil pengguna baru.

5. Setelah profil pengguna baru dibuat, pilih profil tersebut di layar penguncian atau di menu bawah.

6. Buka Google Play Store di profil pengguna baru dan instal versi aplikasi yang diinginkan.

7. Sekarang Anda memiliki dua versi aplikasi yang berbeda di perangkat Android yang sama.

Dengan menggunakan fitur multi-user mode, Anda dapat dengan mudah menginstal dan menjalankan dua versi aplikasi yang berbeda pada satu perangkat Android. Ini sangat berguna jika Anda ingin menggunakan versi aplikasi yang lebih lama untuk tetap kompatibel dengan fitur-fitur tertentu atau membandingkan perubahan di versi terbaru.

Cara 2: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak ingin mengganti pengaturan pengguna di perangkat Android Anda, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menginstal dua versi aplikasi yang berbeda. Ada beberapa aplikasi di Google Play Store yang dirancang khusus untuk tujuan ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.

2. Cari kata kunci “multiple accounts” atau “multiple versions” untuk menemukan aplikasi yang sesuai.

3. Pilih aplikasi yang Anda inginkan dan instal di perangkat Anda.

4. Buka aplikasi tersebut dan ikuti petunjuknya untuk menambahkan dan mengelola versi aplikasi yang berbeda.</p

5. Setelah aplikasi pihak ketiga terinstal, Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk menginstal dan menjalankan dua versi aplikasi yang berbeda secara bersamaan.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Kirim Foto dari iPhone ke Android

6. Buka aplikasi pihak ketiga dan pilih opsi “Tambahkan Aplikasi” atau “Instal Aplikasi Baru”.

7. Pilih aplikasi yang ingin Anda tambahkan dan ikuti petunjuk untuk menginstal versi aplikasi yang berbeda.

8. Sekarang Anda dapat menjalankan kedua versi aplikasi secara bersamaan melalui aplikasi pihak ketiga tersebut.

Menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah alternatif yang baik jika Anda tidak ingin merubah pengaturan pengguna atau jika perangkat Anda tidak mendukung fitur multi-user mode. Pastikan untuk memilih aplikasi yang terpercaya dan memiliki ulasan positif dari pengguna sebelum menginstalnya.

Cara 3: Menggunakan Aplikasi Cloning

Salah satu cara lain untuk menginstal dua aplikasi beda versi di Android adalah dengan menggunakan aplikasi cloning. Aplikasi cloning memungkinkan Anda membuat salinan dari aplikasi yang sudah terinstal di perangkat Anda. Dengan demikian, Anda dapat memiliki dua versi aplikasi yang berbeda di perangkat yang sama. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.

2. Cari kata kunci “app cloner” atau “clone app” untuk menemukan aplikasi cloning yang sesuai.

3. Pilih aplikasi cloning yang Anda inginkan dan instal di perangkat Anda.

4. Buka aplikasi cloning tersebut dan ikuti petunjuknya untuk membuat salinan dari aplikasi yang ingin Anda duplikasi.

5. Setelah salinan aplikasi berhasil dibuat, Anda dapat menginstal versi aplikasi yang berbeda di salinan tersebut.

6. Sekarang Anda memiliki dua versi aplikasi yang berbeda di perangkat Android Anda.

Aplikasi cloning sangat berguna jika Anda ingin menjalankan dua versi aplikasi yang berbeda secara bersamaan dan mengelolanya dengan mudah. Pastikan untuk memperhatikan panduan penggunaan aplikasi cloning yang Anda pilih untuk memastikan kompatibilitas dengan perangkat Anda dan menghindari masalah yang tidak diinginkan.

Cara 4: Menggunakan Profil Pengguna di Aplikasi Kloning

Jika aplikasi cloning yang Anda gunakan mendukung fitur profil pengguna, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menginstal dua versi aplikasi beda versi di Android. Fitur profil pengguna memungkinkan Anda membuat profil pengguna baru di dalam aplikasi cloning dan menginstal versi aplikasi yang berbeda pada setiap profil. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi cloning yang Anda gunakan di perangkat Android Anda.

2. Cari opsi “Profil Pengguna” atau “Tambahkan Profil Pengguna Baru”.

3. Pilih opsi tersebut dan ikuti petunjuk untuk membuat profil pengguna baru di dalam aplikasi cloning.

🔴 BACA JUGA:  Cara Melihat History yang Sudah Dihapus di Android

4. Setelah profil pengguna baru dibuat, pilih profil tersebut di dalam aplikasi cloning.

5. Buka fitur pengaturan profil pengguna dan pilih opsi “Instal Aplikasi Baru” atau “Tambahkan Aplikasi Baru”.

6. Pilih versi aplikasi yang ingin Anda instal di profil pengguna tersebut.

7. Setelah aplikasi terinstal, Anda dapat menjalankan kedua versi aplikasi secara bersamaan melalui profil pengguna yang berbeda di dalam aplikasi cloning.

8. Sekarang Anda memiliki dua versi aplikasi yang berbeda di perangkat Android Anda melalui fitur profil pengguna di aplikasi cloning.

Dengan menggunakan profil pengguna di aplikasi cloning, Anda dapat menginstal dan menjalankan dua versi aplikasi beda versi dengan mudah dan terorganisir. Fitur ini memungkinkan Anda memisahkan aplikasi-aplikasi yang berbeda dan mengelolanya secara terpisah, sehingga tidak ada konflik antara kedua versi aplikasi tersebut.

Cara 5: Menggunakan Aplikasi Virtualisasi

Metode lain yang dapat Anda coba untuk menginstal dua aplikasi beda versi di Android adalah dengan menggunakan aplikasi virtualisasi. Aplikasi virtualisasi menciptakan lingkungan terpisah di dalam perangkat Anda yang memungkinkan Anda menginstal dan menjalankan versi aplikasi yang berbeda secara terisolasi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.

2. Cari kata kunci “virtualization app” atau “app virtualization” untuk menemukan aplikasi virtualisasi yang sesuai.

3. Pilih aplikasi virtualisasi yang Anda inginkan dan instal di perangkat Anda.

4. Buka aplikasi virtualisasi tersebut dan ikuti petunjuknya untuk membuat lingkungan virtual baru.

5. Setelah lingkungan virtual berhasil dibuat, Anda dapat menginstal versi aplikasi yang berbeda di lingkungan virtual tersebut.

6. Buka lingkungan virtual dan jalankan aplikasi yang telah terinstal di dalamnya.

7. Sekarang Anda dapat menjalankan kedua versi aplikasi secara terpisah dan terisolasi melalui lingkungan virtual yang telah dibuat.

Menggunakan aplikasi virtualisasi memungkinkan Anda untuk menginstal dan menjalankan dua versi aplikasi beda versi dengan cara yang terisolasi. Ini adalah pilihan yang baik jika Anda ingin menjaga kestabilan dan keamanan perangkat Anda, serta menghindari kemungkinan konflik antara kedua versi aplikasi tersebut.

Cara 6: Menggunakan Custom ROM atau ROM Kustom

Jika Anda memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam memodifikasi perangkat Android Anda, Anda dapat mencoba menggunakan custom ROM atau ROM kustom untuk menginstal dua aplikasi beda versi. Custom ROM adalah versi modifikasi dari sistem operasi Android yang dapat Anda instal di perangkat Anda. Dalam kasus ini, Anda dapat mencari custom ROM yang mendukung fitur dual aplikasi atau multi-instance. Berikut adalah langkah-langkahnya:

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuat Cover Video YouTube di Android

Pertama, pastikan perangkat Anda telah di-root. Rooting perangkat Android memberi Anda akses penuh untuk memodifikasi sistem operasi dan menginstal custom ROM.

Cari custom ROM yang kompatibel dengan perangkat Android Anda. Ada banyak komunitas pengembang yang menyediakan custom ROM untuk berbagai perangkat. Pastikan untuk memilih custom ROM yang stabil dan memiliki reputasi yang baik.

Unduh file custom ROM yang sesuai dengan perangkat Anda dan salin ke penyimpanan internal perangkat.

Matikan perangkat Anda dan masuk ke mode pemulihan (recovery mode). Caranya dapat bervariasi tergantung pada perangkat Anda. Biasanya, Anda dapat masuk ke mode pemulihan dengan menekan kombinasi tombol seperti “Power + Volume Up” atau “Power + Volume Down”.

Di dalam mode pemulihan, buat cadangan (backup) lengkap perangkat Anda untuk menghindari kehilangan data yang penting.

Selanjutnya, pilih opsi “Install” atau “Flash” di menu pemulihan dan temukan file custom ROM yang telah Anda salin sebelumnya.

Konfirmasikan proses instalasi dan tunggu sampai proses selesai. Perangkat Anda akan memulai ulang dan memasang custom ROM baru.

Setelah custom ROM terinstal, Anda dapat masuk ke pengaturan sistem dan cari opsi yang memungkinkan instalasi dual aplikasi atau multi-instance. Opsi ini dapat bervariasi tergantung pada custom ROM yang Anda gunakan.

Aktifkan opsi dual aplikasi atau multi-instance dan restart perangkat Anda.

Sekarang, Anda dapat menginstal versi aplikasi yang berbeda di setiap instansi yang telah dibuat melalui pengaturan dual aplikasi atau multi-instance.

Penting untuk dicatat bahwa menginstal custom ROM memerlukan pengetahuan dan pengalaman teknis yang memadai. Selain itu, proses ini dapat membatalkan garansi perangkat Anda dan berpotensi menyebabkan kerusakan jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Pastikan untuk melakukan penelitian menyeluruh dan ikuti panduan yang akurat sebelum mencoba menginstal custom ROM.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas  cara unik untuk menginstal dua aplikasi beda versi di perangkat Android. Anda dapat menggunakan fitur multi-user mode, aplikasi pihak ketiga, aplikasi cloning, profil pengguna di aplikasi kloning, aplikasi virtualisasi, atau bahkan memodifikasi perangkat Anda dengan custom ROM. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kenyamanan Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda dapat dengan mudah menjalankan dua versi aplikasi yang berbeda dan memanfaatkan fitur-fitur yang mungkin tidak tersedia di versi yang sama.

Share:

Related Post