7 Cara Melihat DM Instagram yang Sudah Dihapus di Android

admin

0 Comment

Link

Selamat datang di artikel ini! Instagram adalah salah satu platform media sosial terpopuler di dunia, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi foto, video, dan cerita. Salah satu fitur yang populer di Instagram adalah Direct Message (DM), yang memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan pribadi satu sama lain. Namun, pernahkah Anda mengalami situasi di mana DM Instagram yang penting telah dihapus dan Anda ingin mengaksesnya kembali? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membagikan 7 cara unik untuk melihat DM Instagram yang sudah dihapus di perangkat Android Anda. Mari kita mulai!

Cara Melihat DM Instagram yang Sudah Dihapus di Android

1. Memulihkan DM dari Cache Aplikasi Instagram

Salah satu cara pertama yang bisa Anda coba adalah mencari DM yang dihapus di cache aplikasi Instagram Anda. Cache adalah tempat penyimpanan sementara data yang dihasilkan oleh aplikasi. Dalam beberapa kasus, DM yang dihapus mungkin masih tersimpan di cache. Untuk melihatnya, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda.

2. Gulir ke bawah dan temukan “Aplikasi” atau “Manajer Aplikasi”, lalu ketuk.

3. Cari Instagram dalam daftar aplikasi yang terinstal, lalu ketuk.

4. Pilih “Penyimpanan” atau “Penyimpanan Cache”, lalu ketuk “Hapus Cache” atau “Bersihkan Cache”.

5. Tutup aplikasi Instagram sepenuhnya.

6. Buka kembali aplikasi Instagram dan periksa apakah DM yang dihapus muncul kembali.

Biasanya, metode ini hanya berhasil jika DM yang dihapus belum terlalu lama atau tidak ada pembaruan aplikasi
Instagram yang mempengaruhi cache.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika metode pertama tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk memulihkan pesan yang dihapus di Instagram. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat Anda unduh dan gunakan. Pastikan Anda membaca ulasan pengguna dan memilih aplikasi terpercaya sebelum menginstalnya.

Setelah menginstal aplikasi pemulihan DM Instagram, ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut untuk
memulihkan pesan yang dihapus. Perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi pihak ketiga dapat berhasil memulihkan DM yang dihapus, namun beberapa pengguna melaporkan keberhasilan menggunakan metode ini.

🔴 BACA JUGA:  Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas

3. Menggunakan Fitur Arsip Instagram

Instagram memiliki fitur Arsip yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan pesan atau percakapan tanpa harus menghapusnya. Jika Anda mengarsipkan DM yang ingin Anda lihat kembali, Anda dapat dengan mudah mengaksesnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur Arsip di Instagram:

1. Buka aplikasi Instagram di perangkat Android Anda.

2. Buka kotak masuk DM dengan mengetuk ikon pesan di bagian bawah layar.

3. Pada halaman pesan, geser pesan yang ingin Anda arsipkan ke kiri atau kanan.

4. Ketuk opsi “Arsipkan” yang muncul di layar.

5. Pesan atau percakapan tersebut sekarang akan dipindahkan ke folder Arsip.

Untuk mengakses pesan yang diarsipkan, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Instagram di perangkat Android Anda.

2. Buka kotak masuk DM dengan mengetuk ikon pesan di bagian bawah layar.

3. Gulir ke atas dan ketuk opsi “Arsipkan” di bagian atas layar.

4. Di sini, Anda akan melihat semua pesan yang pernah Anda arsipkan. Cari pesan yang ingin Anda lihat kembali dan ketuk untuk membukanya.

4. Menggunakan Screenshot atau Tangkapan Layar

Jika Anda ingin melihat DM yang dihapus hanya untuk membaca isinya tanpa memulihkannya secara keseluruhan, Anda dapat menggunakan metode tangkapan layar atau screenshot. Ketika seseorang mengirim DM kepada Anda, Anda dapat mengambil tangkapan layar pesan tersebut sebelum pesan tersebut dihapus oleh pengirim. Namun, perlu diingat bahwa metode ini hanya efektif jika Anda menangkap tangkapan layar sebelum pesan dihapus.

Untuk mengambil tangkapan layar di perangkat Android, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol yang berbeda-beda tergantung pada merek dan model perangkat Anda. Umumnya, kombinasi tombol yang umum digunakan adalah menekan tombol Volume Down dan Tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik.

Setelah Anda berhasil mengambil tangkapan layar pesan, tangkapan layar tersebut akan tersimpan di galeri perangkat Anda. Anda dapat membuka tangkapan layar tersebut dan membacanya kapan pun Anda inginkan.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mengupdate Versi Android: Panduan Lengkap untuk Pengguna Santai

5. Menggunakan Fitur Backup dan Restore Aplikasi

Salah satu cara lain untuk melihat DM Instagram yang sudah dihapus adalah dengan menggunakan fitur backup dan restore aplikasi pada perangkat Android Anda. Beberapa aplikasi pihak ketiga atau pengaturan sistem pada perangkat Android menyediakan fitur backup dan restore data aplikasi. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mencadangkan data aplikasi Instagram, termasuk pesan DM, dan kemudian mengembalikannya jika diperlukan.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan fitur backup dan restore aplikasi di perangkat Android:

  1. Buka Pengaturan pada perangkat Android Anda.
  2. Cari opsi “Backup & Restore” atau “Cadangkan & Pulihkan” (nama dapat bervariasi tergantung pada merek perangkat Anda) dan ketuk.
  3. Di dalam menu Backup & Restore, cari opsi untuk mengelola cadangan aplikasi atau data aplikasi.
  4. Temukan Instagram dalam daftar aplikasi yang dapat dicadangkan dan aktifkan opsi untuk mencadangkan data aplikasi tersebut.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses pencadangan selesai.
  6. Jika Anda perlu mengembalikan data aplikasi Instagram, kembali ke menu Backup & Restore dan temukan opsi untuk mengembalikan cadangan aplikasi.
  7. Pilih cadangan Instagram yang sesuai dan mulai proses pengembalian.
  8. Perlu diingat bahwa fitur backup dan restore aplikasi dapat bervariasi tergantung pada merek dan model perangkat Anda. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang tepat untuk perangkat Anda.

6. Menggunakan Akun Instagram Lainnya

Jika Anda memiliki akses ke akun Instagram lainnya, misalnya akun teman atau keluarga yang memiliki percakapan DM yang sama dengan Anda, Anda dapat mencoba melihat DM yang dihapus melalui akun tersebut.

Anda dapat meminta izin kepada pemilik akun untuk membuka DM yang dihapus dan mencari kembali pesan yang Anda cari. Ini hanya berfungsi jika Anda telah terlibat dalam percakapan yang sama dengan akun lain tersebut.

7. Menghubungi Instagram Support

Jika Anda telah mencoba semua metode di atas namun tidak berhasil memulihkan DM yang dihapus, Anda dapat menghubungi dukungan Instagram untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Sampaikan masalah Anda dengan jelas dan sertakan informasi yang relevan, seperti tanggal dan waktu DM yang dihapus serta detail lainnya yang mungkin membantu mereka dalam proses pemulihan.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Skill PES 2023 Android

Anda dapat menghubungi Instagram Support melalui halaman Bantuan di aplikasi Instagram atau melalui situs web resmi mereka. Harap dicatat bahwa pemulihan DM yang dihapus tidak dijamin, tetapi dalam beberapa kasus, tim dukungan Instagram mungkin dapat membantu.

Penutup

Demikianlah 7 cara unik untuk melihat DM Instagram yang sudah dihapus di perangkat Android Anda. Setiap metode memiliki tingkat keberhasilan yang berbeda-beda, tergantung pada situasi dan kondisi tertentu. Penting untuk diingat bahwa privasi dan keamanan pengguna lain harus dihormati, dan Anda harus menggunakan metode ini dengan bijak.

Jika DM yang dihapus memiliki nilai penting bagi Anda, disarankan untuk mengambil tangkapan layar atau mencadangkan data aplikasi secara teratur untuk menghindari kehilangan pesan yang berharga. Selain itu, selalu ingat untuk mengikuti pedoman dan kebijakan Instagram dalam penggunaan fitur dan alat yang disediakan.

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan  cara yang dapat Anda coba untuk melihat kembali DM Instagram yang sudah dihapus di perangkat Android Anda. Mulai dari memeriksa cache aplikasi, menggunakan aplikasi pihak ketiga, hingga memanfaatkan fitur Arsip Instagram dan backup dan restore aplikasi. Setiap metode memiliki kelebihan dan kelemahan tertentu, dan hasilnya mungkin bervariasi tergantung pada situasi individu.

Harap diingat bahwa pemulihan DM yang dihapus tidak selalu berhasil dan tergantung pada berbagai faktor seperti waktu penghapusan, pembaruan aplikasi, dan pengaturan privasi. Jika Anda tidak dapat mengembalikan DM yang dihapus, jangan terlalu terbebani. Tetaplah berhati-hati dalam mengelola pesan Anda dan pertimbangkan untuk mengambil langkah-langkah pencegahan, seperti mencadangkan data aplikasi secara teratur atau mengarsipkan pesan penting.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mencoba untuk melihat kembali DM Instagram yang sudah dihapus. Jangan lupa untuk selalu menggunakan platform media sosial dengan bijak dan menghormati privasi orang lain. Terima kasih telah membaca!

Share:

Related Post