7 Cara Melihat Password WiFi di Android yang Sudah Terhubung

admin

0 Comment

Link

Apakah Anda pernah terhubung ke jaringan WiFi di Android Anda dan kemudian lupa passwordnya? Jika iya, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan Anda  cara yang efektif untuk melihat password WiFi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda. Dengan informasi ini, Anda akan dapat mengakses kembali jaringan WiFi tersebut tanpa perlu meminta password kepada pemiliknya.

Tetapi perlu diingat, artikel ini disediakan untuk tujuan edukasi dan pengetahuan pribadi. Pastikan untuk menggunakan pengetahuan ini secara etis dan dengan izin dari pemilik jaringan WiFi yang bersangkutan.

1. Menggunakan Pengaturan Wi-Fi di Android

Salah satu cara termudah untuk melihat password WiFi yang sudah terhubung di Android adalah melalui pengaturan Wi-Fi bawaan perangkat Anda. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka “Pengaturan” di perangkat Android Anda.

2. Gulir dan temukan opsi “Wi-Fi” atau “Jaringan & Internet”. Ketuk untuk membukanya.

3. Temukan jaringan WiFi yang sudah terhubung dan ketuk nama jaringannya.

4. Pilih opsi “Lihat Detail” atau “Kelola Jaringan” (tergantung pada versi Android Anda).

5. Di bagian bawah layar, Anda akan melihat opsi “Tampilkan Kata Sandi” atau “Lihat Kata Sandi”. Ketuk opsi ini untuk mengungkapkan password WiFi yang tersembunyi.

6. Catat atau ingatlah password WiFi tersebut untuk penggunaan di masa mendatang.

Langkah-langkah di atas dapat bervariasi sedikit tergantung pada versi Android yang Anda gunakan. Namun, dalam kebanyakan kasus, Anda akan dapat menemukan opsi untuk melihat password WiFi yang sudah terhubung melalui pengaturan Wi-Fi bawaan perangkat Android.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak menemukan opsi untuk melihat password WiFi yang terhubung di pengaturan Wi-Fi bawaan perangkat Anda, Anda masih memiliki alternatif lain, yaitu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda:

a. WiFi Key Recovery: Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Android Anda. Anda dapat mengunduhnya dari Google Play Store dan mengikuti instruksi yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

b. WiFi Password Recovery: Aplikasi ini juga dapat membantu Anda melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Android. Cari aplikasi ini di Google Play Store dan ikuti panduan yang diberikan oleh pengembangnya.

c. WiFi Warden: Aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan Anda melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Android. Instal aplikasi ini dari Google Play Store dan ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan oleh aplikasi.

🔴 BACA JUGA:  13 Cara Edit Awan di Lightroom Android: Tips dan Trik Terbaik

Pastikan untuk memeriksa ulasan pengguna dan rating aplikasi sebelum mengunduhnya. Selalu unduh aplikasi hanya dari sumber yang terpercaya untuk menghindari malware atau ancaman keamanan lainnya.

3. Melihat Password WiFi menggunakan Komputer

Jika Anda memiliki akses ke komputer yang telah terhubung ke jaringan WiFi yang sama, Anda dapat menggunakan komputer tersebut untuk melihat password WiFi yang tersimpan di dalamnya. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pastikan komputer sudah terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

2. Buka Command Prompt (CMD) di komputer. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol Windows + R, mengetik “cmd”, dan menekan Enter.

3. Ketik perintah “netsh wlan show profile” dan tekan Enter. Anda akan melihat daftar profil jaringan WiFi yang tersimpan di komputer.

4. Pilih profil jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya, lalu ketik perintah “netsh wlan show profile name=[nama profil] key=clear” dan tekan Enter. Gantilah [nama profil] dengan nama profil jaringan WiFi yang Anda pilih.

5. Di antara output yang ditampilkan, Anda akan melihat “Key Content” di bawah bagian “Security Settings”. Nilai yang ditampilkan di samping “Key Content” adalah password WiFi yang tersembunyi.

6. Catat atau ingatlah password WiFi tersebut untuk digunakan di perangkat Android Anda.

Dengan menggunakan komputer yang telah terhubung ke jaringan WiFi yang sama, Anda dapat mengungkapkan password WiFi tersebut melalui Command Prompt. Pastikan untuk menggunakan komputer yang aman dan terpercaya agar informasi Anda tetap terlindungi.

4. Menggunakan File Manager

Jika perangkat Android Anda sudah di-root, Anda dapat menggunakan aplikasi file manager yang mendukung akses root untuk melihat password WiFi yang tersimpan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Unduh dan instal aplikasi file manager yang mendukung akses root, seperti ES File Explorer.

2. Buka aplikasi file manager dan berikan izin root jika diminta.

3. Navigasilah ke direktori “/data/misc/wifi” di penyimpanan internal perangkat Anda.

4. Cari file bernama “wpa_supplicant.conf” dan buka file tersebut menggunakan editor teks yang tersedia di aplikasi file manager.

5. Di dalam file “wpa_supplicant.conf”, Anda akan melihat daftar jaringan WiFi yang pernah terhubung beserta passwordnya. Cari jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Reset Android - Mengatasi Masalah di Ponsel Anda

6. Di samping nama jaringan WiFi, Anda akan melihat password WiFi yang tersembunyi.

7. Catat atau ingatlah password WiFi tersebut untuk penggunaan di masa mendatang.

Pastikan untuk berpindah dengan hati-hati saat mengakses direktori “/data/misc/wifi” karena file-file di sana berkaitan dengan konfigurasi jaringan dan memodifikasinya tanpa pengetahuan yang tepat dapat menyebabkan masalah pada perangkat Anda.

5. Menggunakan Aplikasi Penyimpanan Password

Selain menggunakan cara-cara sebelumnya, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi penyimpanan password untuk melihat password WiFi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda. Beberapa aplikasi penyimpanan password populer seperti LastPass, 1Password, atau Dashlane dapat menyimpan password WiFi beserta informasi lainnya dalam satu tempat yang aman.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk melihat password WiFi menggunakan aplikasi penyimpanan password:

1. Unduh dan instal aplikasi penyimpanan password yang dipilih dari Google Play Store.

2. Buat akun atau masuk ke akun yang sudah ada.

3. Tambahkan detail jaringan WiFi beserta passwordnya ke dalam aplikasi penyimpanan password tersebut.

4. Buka aplikasi penyimpanan password dan temukan entri yang sesuai dengan jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.

5. Di dalam entri tersebut, Anda akan menemukan password WiFi yang tersimpan.

6. Catat atau ingatlah password WiFi tersebut untuk digunakan di perangkat Android Anda.

Dengan menggunakan aplikasi penyimpanan password, Anda dapat dengan mudah mengelola dan mengakses password WiFi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda. Pastikan untuk mengamankan aplikasi penyimpanan password dengan kata sandi yang kuat dan menjaga keamanan informasi Anda.

6. Menghubungi Penyedia Jaringan WiFi

Jika Anda tidak dapat melihat password WiFi yang sudah terhubung menggunakan metode-metode sebelumnya, Anda dapat mencoba menghubungi penyedia jaringan WiFi. Jika Anda terhubung ke jaringan WiFi di kafe, restoran, atau tempat umum lainnya, biasanya mereka memiliki petugas atau staf yang dapat membantu Anda mendapatkan kembali password WiFi.

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Cari tahu informasi kontak penyedia jaringan WiFi, seperti nomor telepon atau alamat email.

2. Hubungi penyedia jaringan WiFi dan sampaikan bahwa Anda telah terhubung ke jaringan mereka sebelumnya, tetapi lupa passwordnya.

🔴 BACA JUGA:  7 Cara Membuka HP Android yang Terkunci Akun Google

3. Berikan informasi yang diminta oleh penyedia jaringan WiFi untuk memverifikasi identitas Anda atau bukti bahwa Anda telah menggunakan jaringan tersebut sebelumnya.

4. Jika verifikasi berhasil, penyedia jaringan WiFi akan memberikan password WiFi yang baru atau memberi petunjuk untuk mengakses jaringan WiFi kembali.

Menghubungi penyedia jaringan WiFi dapat menjadi opsi terakhir jika metode-metode sebelumnya tidak berhasil. Pastikan untuk memberikan informasi yang akurat dan menjelaskan situasi dengan sopan kepada penyedia jaringan WiFi.

7. Mencatat Password WiFi dengan Baik

Meskipun ada berbagai cara untuk melihat password WiFi yang sudah terhubung di perangkat Android, yang terbaik adalah mencatat password dengan baik saat Anda pertama kali terhubung ke jaringan tersebut. Dengan mencatat password WiFi dengan baik, Anda akan menghindari kebingungan dan kesulitan di masa mendatang jika Anda lupa passwordnya.

Berikut adalah beberapa tips untuk mencatat password WiFi dengan baik:

– Buat catatan khusus untuk password WiFi dan simpan di tempat yang aman, seperti aplikasi catatan yang terenkripsi atau buku catatan yang hanya dapat diakses oleh Anda.

– Jika Anda menggunakan aplikasi penyimpanan password, pastikan untuk memperbarui entri ketika ada perubahan password atau informasi jaringan lainnya.

– Gunakan password yang kuat dan unik untuk jaringan WiFi Anda sendiri agar menjaga keamanan jaringan dari akses yang tidak sah.

– Jangan pernah mengungkapkan password WiFi kepada orang yang tidak berwenang atau tidak dapat dipercaya.

Dengan mencatat password WiFi dengan baik dan menjaga keamanannya, Anda akan memiliki akses yang mudah dan aman ke jaringan WiFi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda.

Penutup

Demikianlah  cara melihat password WiFi di Android yang sudah terhubung. Dari pengaturan WiFi bawaan hingga aplikasi pihak ketiga dan menggunakan komputer atau aplikasi penyimpanan password, Anda memiliki beberapa pilihan yang dapat Anda coba. Ingatlah untuk menggunakan pengetahuan ini dengan etis dan hanya untuk tujuan pribadi. Pastikan juga untuk menjaga keamanan informasi dan tidak melakukan tindakan yang melanggar privasi orang lain.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda mendapatkan kembali akses ke jaringan WiFi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda!

 

Share:

Related Post