7 Cara Membuka HP Android yang Terkunci Tanpa Menghilangkan Data

admin

0 Comment

Link

Pada era digital saat ini, smartphone telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita.
Dari komunikasi, pekerjaan, hingga hiburan, smartphone telah menjadi alat yang sangat berguna.
Namun, terkadang kita mungkin menghadapi situasi yang tidak diinginkan, seperti lupa pola kunci atau
PIN pada HP Android kita, yang bisa membuat kita tidak bisa mengakses data yang ada di dalamnya.

Jangan khawatir, dalam artikel ini kita akan membahas 7 cara yang dapat digunakan untuk membuka HP
Android yang terkunci tanpa menghilangkan data. Simak ulasan berikut!

Cara Membuka HP Android yang Terkunci Tanpa Menghilangkan Data

1. Gunakan Akun Google

Jika Anda menggunakan sistem keamanan berbasis pola kunci atau PIN pada HP Android Anda dan lupa
pola kunci atau PIN tersebut, Anda dapat menggunakan akun Google Anda untuk membuka kunci perangkat
Anda. Cara ini biasanya hanya berlaku jika Anda telah menghubungkan HP Android Anda dengan akun Google
sebelumnya. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Pertama, coba masukkan pola kunci atau PIN yang salah hingga muncul opsi “Lupa pola” atau “Lupa PIN”.
Ketuk opsi tersebut dan Anda akan diminta untuk memasukkan akun Google yang telah terhubung dengan HP
Android Anda.

Selanjutnya, masukkan alamat email dan kata sandi akun Google Anda. Jika Anda berhasil melakukan
verifikasi, Anda akan diberikan opsi untuk membuat pola kunci atau PIN baru atau langsung membuka
kunci HP Android Anda tanpa pola kunci atau PIN.

2. Gunakan Metode Pemulihan Melalui Email

Jika Anda tidak dapat menggunakan akun Google Anda untuk membuka kunci HP Android Anda, Anda juga
dapat menggunakan metode pemulihan melalui email. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Pertama, coba masukkan pola kunci atau PIN yang salah hingga muncul opsi “Lupa pola” atau “Lupa PIN”.
Ketuk opsi tersebut dan Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email yang terhubung dengan HP
Android Anda.

Selanjutnya, Anda akan menerima email dari pihak Google berisi tautan pemulihan yang dapat Anda gunakan
untuk membuka kunci HP Android Anda. Ikuti langkah-langkah dalam email tersebut untuk melakukan
pemulihan dan membuka kunci HP Android Anda.

3. Gunakan Fitur Find My Device

Fitur Find My Device atau Temukan Perangkat Saya adalah fitur yang disediakan oleh Google untuk membantu pengguna melacak dan mengamankan perangkat Android mereka yang hilang atau dicuri. Namun, fitur ini juga dapat digunakan untuk membuka kunci HP Android yang terkunci tanpa menghilangkan data. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka halaman Find My Device di perangkat lain seperti komputer atau smartphone lain yang terhubung dengan akun Google Anda.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  8 Cara Download MP3 di Android

Selanjutnya, pastikan Anda telah masuk ke akun Google yang sama yang terhubung dengan HP Android yang terkunci.

Setelah itu, pilih perangkat Android yang terkunci dari daftar perangkat yang terdaftar pada halaman Find My Device.

Kemudian, di menu “Find My Device”, Anda akan diberikan beberapa opsi, termasuk “Lock” atau “Kunci”. Pilih opsi tersebut.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN atau kata sandi baru untuk mengunci perangkat Anda. Masukkan PIN atau kata sandi baru sesuai dengan keinginan Anda, dan klik “Lock” atau “Kunci”.

Setelah itu, perangkat Android Anda akan terkunci dengan PIN atau kata sandi baru yang telah Anda masukkan. Anda dapat menggunakan PIN atau kata sandi baru tersebut untuk membuka kunci HP Android Anda tanpa menghilangkan data yang ada di dalamnya.

4. Gunakan Metode Pemulihan Pabrik

Metode pemulihan pabrik adalah metode terakhir yang dapat Anda gunakan jika Anda tidak dapat membuka kunci HP Android Anda menggunakan metode-metode sebelumnya. Namun, perlu diingat bahwa metode ini akan menghapus semua data yang ada di dalam perangkat Anda, sehingga pastikan Anda telah melakukan cadangan data sebelum menggunakan metode ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, matikan HP Android Anda dan kemudian tekan dan tahan tombol tertentu (biasanya kombinasi tombol volume atas, volume bawah, dan tombol daya) untuk masuk ke mode pemulihan. Tombol yang harus ditekan dapat bervariasi tergantung pada merek dan model HP Android Anda, jadi pastikan Anda melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tombol yang tepat untuk perangkat Anda.

Selanjutnya, setelah masuk ke mode pemulihan, gunakan tombol volume atas dan volume bawah untuk navigasi dan pilih opsi “Wipe data/factory reset” atau “Hapus data/pemulihan pabrik” menggunakan tombol daya sebagai tombol “OK”.

Kemudian, Anda akan diminta untuk mengonfirmasi tindakan ini. Pilih opsi “Yes” atau “Ya” untuk melanjutkan proses pemulihan pabrik. Proses ini akan menghapus semua data yang ada di dalam perangkat Anda, termasuk pola kunci atau PIN yang terkunci.

Setelah proses pemulihan pabrik selesai, pilih opsi “Reboot system now” atau “Mulai ulang sistem sekarang” untuk merestart HP Android Anda. Setelah HP Android Anda menyala kembali, Anda dapat mengatur ulang perangkat Anda dan membuka kunci menggunakan pola kunci atau PIN baru.

5. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain metode bawaan dari HP Android dan fitur Find My Device, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda membuka kunci HP Android yang terkunci tanpa menghilangkan data. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat digunakan untuk tujuan ini. Beberapa di antaranya adalah LockWiper (Android), dr.fone – Unlock (Android), dan iMyFone LockWiper (Android). Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuka kunci HP Android Anda:

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  Cek Harga dan Spesifikasi: Oppo A55 Dengan Kamera Belakang Tiga, Layar 20: 9 Resmi Diluncurkan di India

Pertama, unduh dan instal aplikasi pihak ketiga yang Anda pilih dari Google Play Store. Pastikan untuk memilih aplikasi yang tepercaya dan memiliki ulasan positif dari pengguna sebelum menginstalnya.

Selanjutnya, jalankan aplikasi tersebut dan ikuti panduan yang diberikan oleh aplikasi untuk membuka kunci HP Android Anda. Langkah-langkah yang diperlukan dapat bervariasi tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan, tetapi umumnya Anda akan diminta untuk menghubungkan HP Android Anda ke komputer melalui kabel USB dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan pada layar aplikasi.

Setelah proses selesai, aplikasi akan membuka kunci HP Android Anda tanpa menghilangkan data yang ada di dalamnya. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga untuk membuka kunci HP Android dapat memiliki risiko, termasuk hilangnya data atau kerusakan pada perangkat. Pastikan untuk memilih aplikasi yang tepercaya dan mengikuti panduan yang diberikan dengan cermat untuk menghindari risiko tersebut.

6. Hubungi Pusat Layanan Resmi

Jika Anda tidak berhasil membuka kunci HP Android Anda menggunakan metode-metode di atas, Anda juga dapat menghubungi pusat layanan resmi dari merek HP Android Anda. Pusat layanan resmi biasanya memiliki peralatan khusus dan teknisi yang berpengalaman untuk membantu Anda membuka kunci HP Android Anda tanpa menghilangkan data yang ada di dalamnya.

Langkah pertama adalah menghubungi pusat layanan resmi dari merek HP Android Anda melalui telepon, email, atau kunjungan langsung ke toko fisik mereka. Berikan informasi lengkap tentang masalah Anda, termasuk model HP Android Anda, tipe kunci yang terkunci, dan langkah-langkah yang telah Anda coba sebelumnya.

Teknisi dari pusat layanan resmi akan memberikan panduan atau mengatur janji temu jika diperlukan. Selanjutnya, bawa HP Android Anda ke pusat layanan resmi pada waktu yang telah ditentukan dan biarkan teknisi melakukan tindakan yang diperlukan untuk membuka kunci HP Android Anda tanpa menghilangkan data yang ada di dalamnya.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan pusat layanan resmi mungkin memerlukan biaya tambahan dan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan prosesnya. Oleh karena itu, pastikan untuk mempertimbangkan faktor tersebut sebelum memutuskan untuk menghubungi pusat layanan resmi. Pastikan juga untuk membawa bukti pembelian HP Android Anda dan menyiapkan semua informasi yang diperlukan untuk mempercepat prosesnya.

7. Reset Pabrik HP Android

Jika semua metode di atas tidak berhasil membuka kunci HP Android Anda, langkah terakhir yang dapat Anda coba adalah mereset pabrik HP Android Anda. Namun, perlu diingat bahwa reset pabrik akan menghapus semua data yang ada di dalam HP Android Anda, termasuk aplikasi, foto, video, kontak, dan pengaturan yang telah Anda atur sebelumnya. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan backup data penting Anda sebelum melakukan reset pabrik.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  7 Cara Membuat Video Pembelajaran di Android

Berikut adalah langkah-langkah untuk mereset pabrik HP Android Anda:

1. Matikan HP Android Anda.

2. Tekan dan tahan tombol volume up dan tombol power secara bersamaan untuk masuk ke mode recovery.

3. Di dalam mode recovery, gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk memilih opsi.

4. Pilih opsi “Wipe data/factory reset” atau “Factory data reset” (nama opsi dapat bervariasi tergantung pada merek HP Android Anda).

5. Konfirmasi pilihan Anda dan tunggu proses reset pabrik selesai.

6. Setelah selesai, pilih opsi “Reboot system now” atau “Restart” untuk menghidupkan kembali HP Android Anda.

Setelah HP Android Anda selesai mereset pabrik, Anda akan dapat membuka kunci HP Android Anda tanpa menghilangkan data yang ada di dalamnya. Namun, perlu diingat bahwa proses reset pabrik akan menghapus semua data yang ada di dalam HP Android Anda dan mengembalikannya ke pengaturan awal pabrik. Anda akan perlu mengatur ulang HP Android Anda dan menginstal ulang aplikasi serta mengatur pengaturan sesuai kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Membuka kunci HP Android yang terkunci tanpa menghilangkan data dapat menjadi tugas yang menantang, tetapi masih mungkin dilakukan dengan metode-metode yang telah dijelaskan di atas. Mulai dari metode bawaan dari HP Android, fitur Find My Device, aplikasi pihak ketiga, hingga menghubungi pusat layanan resmi atau mereset pabrik HP Android Anda, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membuka kunci HP Android Anda tanpa harus menghapus data yang ada di dalamnya.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa metode mungkin memerlukan pengetahuan teknis yang lebih mendalam atau dapat memiliki risiko kehilangan data atau kerusakan pada perangkat. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan backup data penting Anda secara rutin dan pilih metode yang paling sesuai dengan situasi Anda. Selalu pastikan untuk mengikuti panduan dan instruksi dengan cermat untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah membuka kunci HP Android yang terkunci tanpa menghilangkan data. Selalu ingat untuk mengikuti panduan, instruksi, dan peraturan yang berlaku, serta melakukan backup data secara rutin untuk menghindari kehilangan data yang berharga.

Share:

Related Post