7 Cara Menghapus Sisa File Uninstall di Android

admin

0 Comment

Link

Apakah Anda pernah menghapus aplikasi di ponsel Android Anda, namun masih menemukan sisa file yang tidak terhapus sepenuhnya? Masalah ini sering terjadi dan dapat menghabiskan ruang penyimpanan yang berharga. Dalam artikel ini, kami akan membagikan  cara efektif untuk menghapus sisa file uninstall di Android, sehingga Anda dapat membebaskan ruang penyimpanan dan meningkatkan kinerja perangkat Anda. Mari kita lihat langkah-langkahnya!

Cara Menghapus Sisa File Uninstall di Android

1. Menggunakan Aplikasi Pembersih

Salah satu cara tercepat dan termudah untuk menghapus sisa file uninstall di Android adalah dengan menggunakan aplikasi pembersih. Ada berbagai aplikasi pembersih yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda melakukan tugas ini dengan mudah. Aplikasi seperti CCleaner, SD Maid, atau Clean Master dapat memindai dan membersihkan sisa file secara otomatis, membebaskan ruang penyimpanan yang berharga.

Untuk menggunakan aplikasi pembersih, cukup unduh dan instal aplikasi yang Anda pilih, lalu jalankan pemindaian penuh perangkat Anda. Aplikasi akan menemukan dan menghapus sisa file uninstall yang tidak terhapus secara otomatis.

Jika Anda khawatir tentang keamanan dan privasi data Anda, pastikan untuk memilih aplikasi pembersih yang terpercaya dan populer dengan ulasan positif dari pengguna lain. Selalu baca peringkat dan ulasan sebelum mengunduh aplikasi.

2. Menghapus File Manual

Jika Anda ingin menghapus sisa file uninstall secara manual tanpa menggunakan aplikasi pembersih, Anda dapat melakukannya dengan mengakses penyimpanan internal perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan di ponsel Android Anda.

Langkah 2: Gulir ke bawah dan temukan opsi “Penyimpanan” atau “Penyimpanan dan USB”. Ketuk opsi tersebut untuk melanjutkan.

Langkah 3: Anda akan melihat grafik yang menunjukkan penggunaan penyimpanan perangkat Anda. Pilih “File” atau “Pengelola File” di bagian ini.

Langkah 4: Di dalam pengelola file, cari folder dengan nama “Android” dan buka folder tersebut.

Langkah 5: Di dalam folder “Android”, Anda akan menemukan beberapa folder lain. Cari folder dengan nama aplikasi yang ingin Anda hapus sisa filenya. Buka folder tersebut.

Langkah 6: Di dalam folder aplikasi, Anda akan melihat berbagai file yang terkait dengan aplikasi tersebut. Carilah file-file yang memiliki ekstensi atau nama yang terkait dengan aplikasi tersebut, seperti “cache” atau “data”.

Langkah 7: Pilih file-file tersebut satu per satu atau secara bersamaan, lalu hapus file-file tersebut dengan menekan tombol hapus atau menggesekkan file ke arah yang tepat.

Langkah 8: Setelah Anda menghapus file-file tersebut, keluar dari pengelola file dan periksa apakah sisa file uninstall sudah berhasil dihapus.

3. Membersihkan Cache Aplikasi

Cache aplikasi adalah file sementara yang disimpan oleh aplikasi di perangkat Anda. File-file ini membantu aplikasi berjalan lebih cepat dengan menyimpan data yang sering digunakan. Namun, seiring waktu, cache aplikasi dapat mengambil ruang penyimpanan yang signifikan. Oleh karena itu, membersihkan cache aplikasi secara teratur adalah langkah penting untuk menghapus sisa file uninstall. Berikut adalah cara membersihkan cache aplikasi di Android:

🔴 BACA JUGA:  Cara Naik Pesawat Tanpa Vaksin Saat Mudik Lebaran

Langkah 1: Buka Pengaturan di ponsel Android Anda.

Langkah 2: Gulir ke bawah dan temukan opsi “Aplikasi” atau “Manajemen Aplikasi”. Ketuk opsi tersebut untuk melanjutkan.

Langkah 3: Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di perangkat Anda. Cari aplikasi yang ingin Anda hapus cache-nya dan ketuk aplikasi tersebut.

Langkah 4: Di dalam halaman aplikasi, Anda akan melihat berbagai informasi tentang aplikasi tersebut. Cari opsi “Penyimpanan” atau “Kelola Penyimpanan”. Ketuk opsi tersebut.

Langkah 5: Di dalam opsi penyimpanan, Anda akan melihat jumlah ruang penyimpanan yang digunakan oleh aplikasi tersebut, termasuk jumlah cache yang disimpan. Ketuk opsi “Hapus Cache” untuk menghapus cache aplikasi tersebut.

Langkah 6: Ulangi langkah-langkah ini untuk setiap aplikasi yang ingin Anda hapus cache-nya.

Membersihkan cache aplikasi secara teratur akan membantu membebaskan ruang penyimpanan dan memastikan bahwa tidak ada sisa file uninstall yang tersisa di cache aplikasi.

4. Menggunakan Aplikasi Pengelola File

Aplikasi pengelola file adalah alat yang sangat berguna untuk menjelajahi dan mengatur file di perangkat Android Anda. Beberapa aplikasi pengelola file juga dilengkapi dengan fitur pembersihan yang dapat membantu Anda menghapus sisa file uninstall dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Unduh dan instal aplikasi pengelola file yang terpercaya dari Google Play Store, seperti ES File Explorer, Solid Explorer, atau Total Commander.

Langkah 2: Buka aplikasi pengelola file yang telah Anda instal di perangkat Android Anda.

Langkah 3: Di dalam aplikasi pengelola file, Anda akan melihat berbagai folder dan file di penyimpanan perangkat Anda. Navigasikan ke folder yang berisi sisa file uninstall yang ingin Anda hapus.

Langkah 4: Pilih file-file tersebut satu per satu atau secara bersamaan, lalu hapus file-file tersebut dengan menggunakan opsi “Hapus” atau “Delete” yang disediakan oleh aplikasi pengelola file.

Langkah 5: Setelah Anda menghapus file-file tersebut, keluar dari aplikasi pengelola file dan periksa apakah sisa file uninstall sudah berhasil dihapus.

Aplikasi pengelola file adalah alat yang kuat untuk menjelajahi dan membersihkan file di perangkat Android Anda. Mereka memungkinkan Anda untuk secara manual mencari dan menghapus sisa file uninstall dengan lebih mudah.

5. Menggunakan Fitur “Pembersihan” di Pengaturan

Banyak versi Android terbaru telah dilengkapi dengan fitur “Pembersihan” yang memungkinkan Anda menghapus file-file yang tidak digunakan secara otomatis. Fitur ini dapat membantu Anda menghapus sisa file uninstall dengan cepat dan efisien. Berikut adalah cara menggunakan fitur ini:

🔴 BACA JUGA:  12 Cara Mengembalikan Pesan Facebook yang Terhapus di Android

Langkah 1: Buka Pengaturan di ponsel Android Anda.

Langkah 2: Gulir ke bawah dan temukan opsi “Pembersihan” atau “Penyimpanan dan Pembersihan”. Ketuk opsi tersebut untuk melanjutkan.

Langkah 3: Anda akan melihat berbagai opsi pembersihan yang tersedia, seperti “Hapus File Sampah” atau “Pembersihan Otomatis”. Ketuk opsi yang sesuai dengan perangkat Anda.

Langkah 4: Pilih jenis file yang ingin Anda hapus, misalnya “File Cache” atau “File Unduhan”.

Langkah 5: Ketuk opsi “Hapus” atau “Bersihkan” untuk memulai proses pembersihan.

Langkah 6: Tunggu hingga proses pembersihan selesai, kemudian periksa apakah sisa file uninstall sudah berhasil dihapus.

Fitur pembersihan yang disediakan oleh Android dapat membantu Anda membersihkan sisa file uninstall dengan mudah. Pastikan untuk memeriksa opsi pembersihan yang tersedia di perangkat Anda dan gunakan fitur ini secara teratur untuk menjaga kebersihan dan kinerja perangkat Anda.

6. Menggunakan Aplikasi Pengoptimalisasi

Selain aplikasi pembersih, ada juga aplikasi pengoptimalisasi yang dapat membantu Anda menghapus sisa file uninstall di Android. Aplikasi pengoptimalisasi umumnya menawarkan fitur pembersihan yang lebih luas, termasuk penghapusan file sisa dari uninstall aplikasi. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan aplikasi pengoptimalisasi untuk menghapus sisa file uninstall:

Langkah 1: Unduh dan instal aplikasi pengoptimalisasi yang terpercaya dari Google Play Store, seperti Avast Cleanup, Norton Clean, atau AVG Cleaner.

Langkah 2: Buka aplikasi pengoptimalisasi yang telah Anda instal di perangkat Android Anda.

Langkah 3: Di dalam aplikasi, Anda akan melihat berbagai fitur pengoptimalisasi yang ditawarkan. Cari opsi yang berhubungan dengan pembersihan atau penghapusan file sisa.

Langkah 4: Pilih opsi untuk memindai perangkat Anda. Aplikasi akan memindai dan menemukan file sisa uninstall dari aplikasi yang telah dihapus.

Langkah 5: Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan daftar file sisa yang ditemukan. Pilih opsi untuk menghapus file-file tersebut.

Langkah 6: Tunggu hingga proses penghapusan selesai, kemudian periksa apakah sisa file uninstall sudah berhasil dihapus.

Aplikasi pengoptimalisasi dapat menjadi solusi yang praktis untuk menghapus sisa file uninstall di Android. Mereka biasanya menawarkan fitur yang lebih komprehensif dalam membersihkan file sisa dan meningkatkan kinerja perangkat Anda secara keseluruhan.

7. Menggunakan Mode Pemulihan (Recovery Mode)

Jika Anda memiliki akses ke mode pemulihan (recovery mode) di perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan metode ini untuk menghapus sisa file uninstall. Namun, perlu diingat bahwa metode ini membutuhkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang perangkat Android Anda dan dapat berpotensi berisiko jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan mode pemulihan:

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Strategi Terbukti untuk Penghasilan Tambahan

Langkah 1: Matikan perangkat Android Anda.

Langkah 2: Tekan dan tahan kombinasi tombol tertentu untuk masuk ke mode pemulihan. Kombinasi tombol ini dapat bervariasi tergantung pada merek dan model perangkat Anda. Biasanya, kombinasi tombol yang umum adalah Volume Up + Power atau Volume Down + Power.

Langkah 3: Setelah masuk ke mode pemulihan, Anda akan melihat menu dengan opsi pemulihan yang berbeda-beda. Navigasikan menggunakan tombol volume dan pilih opsi “Wipe Cache Partition” atau “Wipe Dalvik Cache”.

Langkah 4: Konfirmasikan tindakan dengan menekan tombol Power atau tombol Home, tergantung pada perangkat Anda.

Langkah 5: Tunggu hingga proses pembersihan selesai. Ini akan menghapus cache sistem dan file sisa yang terkait dengan aplikasi yang telah dihapus.

Langkah 6: Setelah selesai menghapus cache partition, kembali ke menu utama mode pemulihan dan pilih opsi “Reboot System Now” atau “Restart”. Perangkat Anda akan mulai booting kembali ke sistem Android.

Metode ini dapat membantu menghapus sisa file uninstall yang ada di cache sistem perangkat Android Anda. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan mode pemulihan memerlukan pengetahuan yang lebih mendalam tentang perangkat Anda, dan tindakan yang salah dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat. Jika Anda tidak yakin atau tidak nyaman menggunakan mode pemulihan, sebaiknya jangan melanjutkan metode ini.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas  cara yang efektif untuk menghapus sisa file uninstall di perangkat Android Anda. Menghapus sisa file uninstall adalah langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kinerja perangkat Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami jelaskan, Anda dapat membebaskan ruang penyimpanan yang berharga dan memastikan bahwa tidak ada file sisa yang mengganggu.

Anda dapat menggunakan pengaturan aplikasi, menghapus file secara manual melalui pengelola file, membersihkan cache aplikasi, menggunakan aplikasi pengoptimalisasi, atau bahkan memanfaatkan fitur pembersihan yang disediakan oleh sistem Android. Metode mana pun yang Anda pilih, pastikan untuk melakukannya secara teratur untuk menjaga performa perangkat Anda tetap optimal.

Dengan membersihkan sisa file uninstall, Anda juga dapat mengoptimalkan ruang penyimpanan perangkat Anda, meningkatkan kecepatan dan responsifitas, serta mencegah terjadinya konflik atau masalah yang disebabkan oleh sisa file yang tidak terpakai.

Jadi, jangan biarkan sisa file uninstall menghambat kinerja perangkat Android Anda. Ikuti salah satu metode yang telah kami jelaskan di atas, dan nikmati pengalaman penggunaan yang lebih baik dan lancar. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menghapus sisa file uninstall di perangkat Android Anda!

Share:

Related Post