7 Cara Menyimpan Gambar dari Google ke Galeri HP Android

admin

0 Comment

Link

Pada era digital seperti saat ini, gambar sering kali menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Gambar bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk keperluan pribadi, profesional, atau komersial. Google sebagai mesin pencari terbesar di dunia, sering kali menjadi tempat untuk mencari gambar-gambar yang kita butuhkan. Namun, bagaimana cara menyimpan gambar dari Google ke galeri HP Android kita?

Mencari gambar di Google memang menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Tidak hanya untuk kepentingan pribadi, namun juga untuk kepentingan bisnis. Namun, bagaimana jika Anda menemukan gambar yang diinginkan namun tidak bisa langsung disimpan ke galeri HP Android? Tenang saja, artikel ini akan memberikan 11 cara mudah untuk menyimpan gambar dari Google ke galeri HP Android.

Sebelum kita masuk ke cara menyimpan gambar dari Google ke galeri HP Android, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu. Pertama, pastikan Anda telah memperoleh izin untuk menggunakan gambar yang ingin Anda unduh. Kedua, pastikan kapasitas penyimpanan pada galeri HP Anda masih mencukupi. Setelah memperhatikan hal-hal tersebut, berikut ini adalah 7 cara menyimpan gambar dari Google ke galeri HP Android:

Cara Menyimpan Gambar dari Google ke Galeri HP Android

1. Menggunakan Tombol Unduh pada Gambar

Cara yang paling mudah dan umum dilakukan untuk menyimpan gambar dari Google ke galeri HP Android adalah dengan menggunakan tombol unduh pada gambar. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol unduh yang terletak pada pojok kanan bawah gambar. Namun, tidak semua gambar di Google memiliki tombol unduh tersebut. Jika tidak ada tombol unduh, Anda bisa mencoba cara yang lain.

Selain itu, perlu diingat bahwa beberapa gambar di Google mungkin memiliki watermark atau tanda air yang menandakan kepemilikan. Sebaiknya, hindari mengunduh gambar dengan watermark tersebut untuk menghindari masalah hak cipta.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  HP POCO X6 5G: Smartphone Canggih dengan Harga Terjangkau di Awal Juli

Namun, jika Anda mengunduh gambar dengan watermark tersebut, pastikan Anda telah memperoleh izin dari pemilik gambar atau membeli lisensi penggunaan gambar tersebut.

2. Menyimpan Gambar Melalui Link

Jika gambar yang ingin Anda unduh tidak memiliki tombol unduh, Anda bisa mencoba cara kedua ini. Caranya adalah dengan menyimpan gambar melalui link. Pertama, tekan dan tahan gambar yang ingin Anda unduh hingga muncul menu opsi. Pilih opsi “Salin Tautan” atau “Salin Alamat Gambar” tergantung pada browser yang Anda gunakan.

Setelah itu, buka aplikasi browser di HP Android dan paste atau tempelkan tautan yang telah disalin ke kolom pencarian. Setelah gambar terbuka di browser, tekan dan tahan gambar kembali hingga muncul menu opsi. Pilih opsi “Simpan Gambar” untuk menyimpan gambar ke galeri HP Android.

Namun, cara ini tidak selalu berhasil karena tidak semua gambar di Google dapat diakses melalui tautan tersebut. Anda mungkin perlu mencoba cara lain jika cara ini tidak berhasil.

3. Menyimpan Gambar Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Selain dua cara diatas, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyimpan gambar dari Google ke galeri HP Android. Ada banyak aplikasi yang dapat Anda temukan di Google Play Store yang dirancang khusus untuk tujuan ini. Beberapa aplikasi populer untuk menyimpan gambar adalah “Download Image” dan “Save Image – Easy Image Downloader for Android”. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi yang dipilih, kemudian mengikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi tersebut.

Aplikasi pihak ketiga ini biasanya memberikan lebih banyak opsi dan kemudahan dalam menyimpan gambar dari Google ke galeri HP Android. Beberapa aplikasi bahkan dilengkapi dengan fitur seperti pengaturan otomatis untuk mengunduh gambar dalam kualitas terbaik, mengatur folder penyimpanan, serta mengelola dan mengorganisir gambar yang telah diunduh. Pastikan Anda membaca ulasan dan memeriksa reputasi aplikasi sebelum mengunduhnya untuk memastikan keamanan dan kualitas aplikasi tersebut.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  Tips dan Cara Mudah Transfer Pulsa Indosat ke Sesama Indosat dan Operator Lain

4. Menyimpan Gambar dengan Screenshot

Cara lain yang bisa Anda coba untuk menyimpan gambar dari Google ke galeri HP Android adalah dengan menggunakan fitur screenshot. Anda bisa melakukan screenshot pada gambar yang ingin Anda simpan, kemudian gambar tersebut akan tersimpan di galeri HP Anda sebagai tangkapan layar. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol volume down dan tombol power secara bersamaan pada HP Android Anda untuk mengambil screenshot. Setelah itu, gambar akan tersimpan di galeri HP Anda sebagai gambar tangkapan layar.

Namun, perlu diingat bahwa cara ini hanya cocok untuk gambar yang berukuran kecil atau tidak memerlukan kualitas gambar yang tinggi. Gambar yang diambil menggunakan fitur screenshot biasanya memiliki kualitas yang lebih rendah dan mungkin tidak cocok untuk penggunaan yang memerlukan gambar dengan kualitas yang tinggi, seperti untuk keperluan bisnis atau desain.

5. Menyimpan Gambar Melalui Aplikasi Penjelajah File

Cara berikutnya yang bisa Anda coba adalah menyimpan gambar melalui aplikasi penjelajah file di HP Android Anda. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan aplikasi penjelajah file yang telah terpasang di HP Anda, seperti Google Files atau ES File Explorer, untuk mencari dan menyimpan gambar yang diinginkan.

Buka aplikasi penjelajah file, navigasi ke folder atau direktori di mana gambar ingin Anda simpan, kemudian cari gambar di Google menggunakan aplikasi penjelajah file tersebut. Setelah menemukan gambar yang diinginkan, Anda bisa menyimpannya ke galeri HP Anda dengan mengklik tombol “Simpan” atau “Copy” yang disediakan oleh aplikasi penjelajah file tersebut.

Cara ini cukup efektif untuk menyimpan gambar dari Google ke galeri HP Android, terutama jika Anda ingin mengatur gambar-gambar tersebut dalam folder atau direktori tertentu di galeri HP Anda. Selain itu, beberapa aplikasi penjelajah file juga dilengkapi dengan fitur pencarian yang memudahkan Anda dalam menemukan gambar yang diinginkan dengan kata kunci tertentu.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Memblokir Situs di Android: Panduan Lengkap

6. Menyimpan Gambar dengan Menggunakan Aplikasi Penyimpan Gambar

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa menggunakan aplikasi penyimpan gambar yang khusus dirancang untuk menyimpan gambar dari Google ke galeri HP Android. Beberapa aplikasi penyimpan gambar yang populer adalah “Save Image – Easy Image Downloader for Android” dan “Image Downloader”. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi yang diinginkan, kemudian mengikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi tersebut.

Aplikasi penyimpan gambar ini biasanya memiliki fitur yang lebih spesifik untuk mengunduh gambar dengan kualitas tinggi, mengelola gambar yang telah diunduh, dan memungkinkan Anda mengatur folder penyimpanan sesuai keinginan Anda. Beberapa aplikasi bahkan dapat mengunduh gambar dalam format tertentu, seperti JPG atau PNG, sesuai preferensi Anda. Pastikan Anda membaca ulasan dan memeriksa reputasi aplikasi sebelum mengunduhnya untuk memastikan keamanan dan kualitas aplikasi tersebut.

7. Menyimpan Gambar dengan Menggunakan Fitur Unduh Gambar dari Google

Google juga menyediakan fitur bawaan di mesin pencari mereka yang memungkinkan Anda untuk langsung mengunduh gambar dari Google ke galeri HP Android Anda. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan pencarian gambar di Google seperti biasa, kemudian ketika Anda menemukan gambar yang ingin Anda simpan, tap dan tahan gambar tersebut hingga muncul opsi “Unduh gambar” atau “Simpan gambar”. Setelah itu, gambar akan otomatis diunduh dan tersimpan di galeri HP Anda.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan fitur unduh gambar dari Google untuk menyimpan gambar mungkin terbatas oleh beberapa batasan hak cipta dan aturan penggunaan gambar yang berlaku. Pastikan Anda memeriksa hak cipta dan izin penggunaan gambar sebelum mengunduh dan menggunakan gambar tersebut untuk menghindari masalah hukum atau pelanggaran hak cipta.

 

Share:

Related Post