7 Cara Merubah Format JPG ke PNG di Android

admin

0 Comment

Link

Memiliki kemampuan untuk mengubah format file gambar sangatlah penting, terutama jika Anda bekerja dengan banyak file gambar di perangkat Android Anda. Salah satu perubahan format yang sering dibutuhkan adalah mengubah format JPG menjadi PNG. Dalam artikel ini, kami akan memberikan 7 cara yang efektif untuk melakukan hal tersebut di perangkat Android Anda.

Cara Merubah Format JPG ke PNG di Android

1. Menggunakan Aplikasi Konversi Gambar

Anda dapat mengunduh aplikasi konversi gambar seperti “Convert JPG to PNG” atau “Image Converter” dari Play Store. Setelah menginstal aplikasi tersebut, buka aplikasi dan pilih file JPG yang ingin Anda ubah. Kemudian, pilih opsi untuk mengubah ke format PNG dan tunggu proses konversi selesai.

2. Menggunakan Aplikasi Edit Foto

Banyak aplikasi edit foto populer seperti Adobe Photoshop Express, Pixlr, atau Snapseed menyediakan fitur untuk mengubah format file gambar. Buka aplikasi edit foto pilihan Anda, impor file JPG yang ingin diubah, dan cari opsi untuk menyimpan file dalam format PNG.

3. Menggunakan Situs Konversi Online

Jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan, Anda dapat menggunakan situs konversi online seperti Zamzar, Online Convert, atau Convertio. Buka situs tersebut di browser Android Anda, unggah file JPG Anda, pilih format output sebagai PNG, dan tekan tombol konversi.

4. Menggunakan Aplikasi Photoshop Express

Adobe Photoshop Express adalah salah satu aplikasi edit foto terpopuler di Android. Selain menyediakan fitur pengeditan foto yang lengkap, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengubah format file gambar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Aplikasi Photoshop Express

Pertama, buka aplikasi Photoshop Express di perangkat Android Anda. Jika Anda belum menginstalnya, Anda dapat mengunduhnya dari Play Store secara gratis.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Download App Store di Android

Langkah 2: Impor File JPG

Setelah membuka aplikasi, impor file JPG yang ingin Anda ubah formatnya. Tekan tombol “+” di layar utama aplikasi dan pilih file JPG dari galeri atau folder perangkat Anda.

Langkah 3: Ubah Format ke PNG

Setelah file JPG terbuka di aplikasi, tekan ikon menu yang terletak di bagian kanan atas layar (ikon tiga titik vertikal). Pilih opsi “Save as” atau “Simpan sebagai” dalam menu yang muncul.

Langkah 4: Pilih Format PNG

Di jendela “Save as”, Anda akan melihat berbagai opsi format file. Gulir ke bawah dan pilih format “PNG” dari daftar tersebut.

Langkah 5: Simpan Gambar

Setelah memilih format PNG, Anda dapat menentukan lokasi penyimpanan dan nama file baru untuk gambar yang akan diubah formatnya. Tekan tombol “Save” atau “Simpan” untuk memulai proses konversi.

5. Menggunakan Aplikasi Pixlr

Pixlr adalah aplikasi edit foto yang sangat populer dan memiliki fitur konversi format gambar. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengubah format JPG menjadi PNG menggunakan Pixlr:

Langkah 1: Buka Aplikasi Pixlr

Pertama, instal dan buka aplikasi Pixlr di perangkat Android Anda. Anda dapat mengunduhnya secara gratis dari Play Store.

Langkah 2: Impor File JPG

Setelah membuka aplikasi, impor file JPG yang ingin Anda ubah. Tekan tombol “+” atau ikon gambar di layar utama aplikasi dan pilih file JPG dari galeri atau folder perangkat Anda.

Langkah 3: Pilih Opsi Simpan

Setelah file JPG terbuka di aplikasi, tekan ikon menu yang terletak di bagian kanan atas layar (ikon tiga titik vertikal). Pilih opsi “Save” atau “Simpan” dalam menu yang muncul.

Langkah 4: Pilih Format PNG

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Download ETS2 di HP Android

Di jendela “Save”, Anda akan melihat opsi format file yang tersedia. Pilih format “PNG” sebagai format output.

Langkah 5: Simpan Gambar

Terakhir, pilih lokasi penyimpanan dan nama file baru untuk gambar yang akan diubah formatnya. Tekan tombol “Save” atau “Simpan” untuk memulai proses konversi.

6. Menggunakan Situs Konversi Online

Apabila Anda tidak ingin menggunakan aplikasi di perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan situs konversi online untuk mengubah format JPG menjadi PNG. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Situs Konversi Online

Buka browser di perangkat Android Anda dan cari situs konversi online seperti Zamzar, Online Convert, atau Convertio.

Langkah 2: Unggah File JPG

Setelah menemukan situs yang Anda pilih, cari opsi untuk mengunggah file JPG Anda ke situs tersebut. Biasanya ada tombol “Choose File” atau “Upload” yang dapat Anda klik.

Langkah 3: Pilih Format Output sebagai PNG

Setelah mengunggah file JPG, Anda akan melihat opsi untuk memilih format output. Pilih “PNG” sebagai format yang diinginkan.

Langkah 4: Mulai Konversi

Setelah memilih format PNG, tekan tombol “Convert” atau “Start Conversion” untuk memulai proses konversi. Tunggu beberapa saat hingga situs menyelesaikan konversi format JPG menjadi PNG.

Langkah 5: Unduh File PNG

Setelah proses konversi selesai, situs akan memberikan tautan atau tombol untuk mengunduh file PNG yang sudah dikonversi. Klik tautan atau tombol tersebut untuk mengunduh file ke perangkat Android Anda.

7. Menggunakan Aplikasi Image Converter

Ada banyak aplikasi konversi gambar yang tersedia di Play Store, salah satunya adalah Image Converter. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengubah format JPG menjadi PNG menggunakan aplikasi ini:

Langkah 1: Instal dan Buka Aplikasi Image Converter

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  9 Cara Aktivasi Mobile Banking Mandiri di Android

Cari aplikasi Image Converter di Play Store, unduh, dan instal di perangkat Android Anda. Setelah selesai, buka aplikasi tersebut.

Langkah 2: Pilih File JPG

Setelah membuka aplikasi, pilih file JPG yang ingin Anda ubah formatnya. Aplikasi ini biasanya akan menampilkan daftar file di perangkat Anda, sehingga Anda dapat memilih file yang diinginkan.

Langkah 3: Tentukan Format Output sebagai PNG

Setelah memilih file JPG, Anda akan melihat opsi untuk memilih format output. Pilih “PNG” sebagai format yang diinginkan.

Langkah 4: Ubah Format

Setelah Anda menentukan format output, tekan tombol “Convert” atau “Ubah” untuk memulai proses konversi dari JPG menjadi PNG.

Langkah 5: Simpan Gambar

Setelah proses konversi selesai, Anda akan diberikan opsi untuk menyimpan gambar dalam format PNG. Pilih lokasi penyimpanan dan nama file baru, lalu tekan tombol “Save” atau “Simpan” untuk menyimpan gambar dalam format PNG di perangkat Anda.

Kesimpulan

Itulah 7 cara yang dapat Anda gunakan untuk mengubah format JPG menjadi PNG di perangkat Android. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Dengan menggunakan aplikasi konversi gambar, aplikasi edit foto, situs konversi online, atau aplikasi Image Converter, Anda dapat dengan mudah melakukan perubahan format gambar sesuai keinginan. Selamat mencoba!

 

Share:

Related Post