8 Cara Download File di Google Drive Android

admin

0 Comment

Link

Selamat datang di artikel ini yang akan membahas 8 cara untuk melakukan unduhan file di Google Drive menggunakan perangkat Android. Google Drive adalah salah satu layanan penyimpanan awan yang populer dan memberikan fleksibilitas dalam mengakses dan mengelola file dari berbagai perangkat. Jika Anda pengguna aktif Google Drive dan ingin tahu cara mengunduh file dengan mudah, berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda coba.

Cara Download File di Google Drive Android

1. Mengunduh dengan Aplikasi Google Drive

Langkah pertama adalah memastikan Anda telah menginstal aplikasi Google Drive di perangkat Android Anda. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, buka aplikasi Google Drive di perangkat Android Anda.

Kedua, temukan file yang ingin Anda unduh. Anda dapat menggunakan fitur pencarian atau menjelajahi folder yang sesuai.

Setelah menemukan file yang ingin diunduh, tekan dan tahan file tersebut untuk membuka menu konteks.

Dalam menu konteks, pilih opsi “Unduh” atau ikon panah menghadap ke bawah yang mengindikasikan tindakan unduhan.

Proses unduhan akan dimulai, dan Anda dapat melihat kemajuan unduhan di bilah notifikasi perangkat Anda.

Setelah unduhan selesai, file tersebut akan tersedia di perangkat Android Anda dan dapat diakses melalui aplikasi file bawaan atau aplikasi pihak ketiga yang mendukung tipe file tersebut.

2. Mengunduh melalui Aplikasi Google Drive versi Web

Jika Anda lebih suka menggunakan versi web dari Google Drive di perangkat Android Anda, berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh file:

Pertama, buka browser di perangkat Android Anda dan buka situs web drive.google.com.

Masuk atau daftar ke akun Google Anda jika diminta.

Setelah masuk, temukan file yang ingin Anda unduh dalam daftar file atau menggunakan fitur pencarian Google Drive.

Setelah menemukan file yang ingin diunduh, ketuk dan tahan file tersebut untuk membuka menu konteks.

Dalam menu konteks, pilih opsi “Unduh” atau ikon panah menghadap ke bawah yang mengindikasikan tindakan unduhan.

Proses unduhan akan dimulai, dan Anda dapat melihat kemajuan unduhan di bilah notifikasi perangkat Anda.

Setelah unduhan selesai, file tersebut akan tersedia di perangkat Android Anda dan dapat diakses melalui aplikasi file bawaan atau aplikasi pihak ketiga yang mendukung tipe file tersebut.

3. Mengunduh dengan Menggunakan Tautan Bagikan

Jika seseorang telah membagikan tautan unduhan file Google Drive dengan Anda, berikut adalah cara mengunduhnya melalui tautan tersebut:

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Membuat Huruf Kecil Diatas di Android

Pertama, buka tautan unduhan yang telah diberikan kepada Anda melalui pesan teks, surel, atau media sosial.

Setelah tautan terbuka di browser perangkat Android Anda, akan ada beberapa pilihan yang tersedia.

Pilih opsi “Unduh” atau ikon panah menghadap ke bawah untuk memulai unduhan file.

Proses unduhan akan dimulai, dan Anda dapat melihat kemajuan unduhan di bilah notifikasi perangkat Anda.

Setelah unduhan selesai, file tersebut akan tersedia di perangkat Android Anda dan dapat diakses melalui aplikasi file bawaan atau aplikasi pihak ketiga yang mendukung tipe file tersebut.

4. Mengunduh dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda mencari cara lain untuk mengunduh file di Google Drive menggunakan perangkat Android, Anda juga dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung integrasi dengan Google Drive. Berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat Anda ikuti:

Pertama, pastikan Anda telah menginstal aplikasi pihak ketiga yang mendukung integrasi Google Drive di perangkat Android Anda.

Buka aplikasi pihak ketiga tersebut dan ikuti petunjuk atau panduan penggunaan yang disediakan untuk menghubungkan akun Google Drive Anda.

Setelah menghubungkan akun, Anda dapat menjelajahi file di Google Drive dan menemukan file yang ingin diunduh.

Pilih file yang ingin diunduh dan ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh aplikasi pihak ketiga tersebut untuk memulai unduhan.

Proses unduhan akan dimulai, dan Anda dapat melihat kemajuan unduhan di dalam aplikasi pihak ketiga tersebut.

Setelah unduhan selesai, file tersebut akan tersedia di perangkat Android Anda dan dapat diakses melalui aplikasi file bawaan atau aplikasi pihak ketiga tersebut.

5. Mengatur Opsi Unduhan Otomatis

Jika Anda ingin mengunduh file secara otomatis dari Google Drive ke perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan opsi unduhan otomatis. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur opsi unduhan otomatis:

Buka aplikasi Google Drive di perangkat Android Anda.

Di pojok kanan atas, ketuk ikon tiga garis sejajar untuk membuka menu navigasi.

Pilih “Pengaturan” dari menu tersebut.

Pada layar pengaturan akan muncul beberapa opsi. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Unduhan otomatis”.

Ketuk opsi “Unduhan otomatis” dan Anda akan melihat beberapa pilihan yang dapat Anda atur.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Membuka Arsip di WhatsApp Android

Anda dapat memilih untuk mengunduh file hanya ketika perangkat Android terhubung ke jaringan Wi-Fi atau seluler, atau Anda dapat memilih untuk mengunduh file dalam kedua kondisi tersebut.

Pilih opsi yang sesuai dengan preferensi Anda.

Selain itu, Anda juga dapat memilih jenis file yang ingin diunduh secara otomatis dengan memilih opsi “File tertentu” dan memilih tipe file yang diinginkan.

Setelah Anda mengatur opsi unduhan otomatis sesuai keinginan, setiap kali ada file baru yang ditambahkan ke Google Drive, file tersebut akan secara otomatis diunduh ke perangkat Android Anda sesuai dengan preferensi yang Anda atur.

6. Menggunakan Aplikasi Penyedia Unduhan

Ada juga beberapa aplikasi penyedia unduhan yang dapat membantu Anda mengunduh file dari Google Drive dengan mudah. Beberapa aplikasi ini menawarkan fitur yang lebih canggih dan fleksibilitas dalam mengelola unduhan. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi penyedia unduhan:

Pertama, pilih dan unduh aplikasi penyedia unduhan yang dapat diunduh melalui Play Store atau sumber terpercaya lainnya.

Setelah menginstal aplikasi tersebut, buka aplikasi dan ikuti langkah-langkah pengaturan awal yang diberikan.

Pada tampilan utama aplikasi, Anda akan melihat opsi untuk menambahkan akun Google Drive Anda. Pilih opsi tersebut dan ikuti proses autentikasi untuk menghubungkan akun Google Drive Anda dengan aplikasi penyedia unduhan.

Setelah menghubungkan akun, Anda dapat menjelajahi file di Google Drive dan menggunakan fitur-fitur aplikasi penyedia unduhan untuk mengunduh file sesuai kebutuhan Anda.

Setiap aplikasi penyedia unduhan mungkin memiliki antarmuka dan fitur yang sedikit berbeda, jadi pastikan untuk membaca panduan pengguna atau petunjuk yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

7. Mengunduh melalui Google Drive Offline

Google Drive juga menyediakan fitur offline yang memungkinkan Anda mengunduh file dan mengaksesnya tanpa koneksi internet. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Google Drive offline:

Pertama, buka aplikasi Google Drive di perangkat Android Anda.

Pada file yang ingin Anda unduh, ketuk dan tahan file tersebut untuk membuka menu konteks.

Dalam menu konteks, pilih opsi “Buat tersedia secara offline” atau opsi serupa yang menunjukkan pengaturan offline.

Google Drive akan mulai mengunduh file tersebut ke penyimpanan lokal perangkat Android Anda. Proses unduhan akan membutuhkan beberapa waktu tergantung pada ukuran file dan kecepatan internet Anda.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  9 Cara Membuat Aplikasi di Android, Panduan Lengkap untuk Pemula

Setelah unduhan selesai, file tersebut akan tersedia di aplikasi Google Drive bahkan saat Anda tidak terhubung ke internet. Anda dapat mengakses file tersebut dengan pergi ke tab “Offline” di dalam aplikasi Google Drive.

Perlu diingat bahwa untuk menggunakan fitur offline, Anda perlu memastikan bahwa file tersebut telah diunduh dan disimpan secara offline sebelum Anda kehilangan koneksi internet.

8. Mengunduh melalui Aplikasi Pihak Ketiga dengan Fitur Tambahan

Ada juga beberapa aplikasi pihak ketiga yang menyediakan fitur tambahan untuk mengunduh file dari Google Drive dengan lebih banyak pilihan dan kemudahan. Beberapa aplikasi ini menawarkan manajemen unduhan yang lebih baik, integrasi dengan layanan cloud lainnya, dan fitur-fitur lainnya. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan fitur tambahan:

Pertama, cari dan unduh aplikasi pihak ketiga yang menawarkan fitur tambahan untuk mengunduh file dari Google Drive.

Setelah menginstal aplikasi tersebut, buka aplikasi dan ikuti langkah-langkah pengaturan awal yang diberikan.

Pada tampilan utama aplikasi, biasanya ada opsi untuk menghubungkan akun Google Drive Anda. Pilih opsi tersebut dan ikuti proses autentikasi untuk menghubungkan akun Google Drive Anda dengan aplikasi pihak ketiga.

Setelah menghubungkan akun, Anda akan dapat menjelajahi file di Google Drive dan menggunakan fitur-fitur tambahan yang disediakan oleh aplikasi tersebut untuk mengunduh file dengan lebih banyak pilihan dan kemudahan.

Setiap aplikasi pihak ketiga mungkin memiliki antarmuka dan fitur yang sedikit berbeda, jadi pastikan untuk membaca panduan pengguna atau petunjuk yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

Penutup

Demikianlah 8 cara untuk mengunduh file di Google Drive menggunakan perangkat Android. Dengan menggunakan metode-metode ini, Anda dapat dengan mudah mengakses dan mengunduh file-file penting dari Google Drive sesuai kebutuhan Anda. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Ingatlah untuk selalu menggunakan koneksi internet yang stabil dan aman saat mengunduh file, terutama jika file tersebut bersifat rahasia atau penting. Selalu periksa juga ruang penyimpanan perangkat Android Anda agar tidak penuh saat mengunduh file dari Google Drive.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengelola dan mengunduh file di Google Drive menggunakan perangkat Android. Selamat mencoba!

 

Share:

Related Post