9 Cara Melihat File Sampah di Android

admin

0 Comment

Link

Perangkat Android menjadi salah satu perangkat mobile yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dengan penggunaan yang intensif sehari-hari, perangkat Android seringkali terisi dengan banyak file sampah yang dapat mempengaruhi kinerja perangkat dan mengurangi ruang penyimpanan yang tersedia. Oleh karena itu, penting bagi pengguna Android untuk secara teratur melihat dan membersihkan file sampah di perangkat mereka guna menjaga performa dan efisiensi perangkat.

Terkadang, file sampah di perangkat Android bisa berupa cache aplikasi yang tidak terpakai, file download yang sudah tidak dibutuhkan, file duplikat, atau data sementara yang tertinggal setelah penggunaan aplikasi. Semakin banyak file sampah yang terakumulasi, semakin berat beban yang harus ditanggung oleh perangkat, sehingga bisa mempengaruhi kinerja dan kecepatan perangkat.

Namun, tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini akan dijelaskan 9 cara melihat file sampah di Android yang dapat membantu pengguna membersihkan perangkat mereka dengan mudah. Dari pengaturan bawaan di Android hingga penggunaan aplikasi pihak ketiga, artikel ini akan memberikan panduan yang komprehensif dan lengkap bagi pengguna Android yang ingin mengoptimalkan penyimpanan perangkat mereka dan meningkatkan kinerja perangkat.

Cara Melihat File Sampah di Android

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin melihat file sampah di perangkat Android Anda, maka salah satu cara terbaik adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda melihat file sampah dan membersihkannya dengan mudah.

Beberapa aplikasi terbaik yang dapat Anda gunakan adalah CCleaner, Clean Master, dan AVG Cleaner. Aplikasi ini dapat membantu Anda membersihkan file sampah dengan mudah dan juga dapat membantu meningkatkan performa perangkat Anda.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi ini aman digunakan. Beberapa aplikasi mungkin dapat membahayakan perangkat Anda dengan menginstal malware atau virus. Pastikan untuk memilih aplikasi dari sumber terpercaya dan membaca ulasan sebelum menginstalnya.

2. Menggunakan Fitur Bawaan di Android

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda juga dapat menggunakan fitur bawaan di perangkat Android Anda untuk melihat file sampah. Beberapa versi Android memiliki fitur bawaan yang disebut “Pengelola File” atau “File Manager” yang memungkinkan Anda melihat semua file di perangkat Anda, termasuk file sampah.

Untuk mengakses fitur ini, buka aplikasi Pengelola File di perangkat Anda dan cari folder “sampah” atau “temp” di direktori file. Di sini, Anda dapat melihat semua file sampah yang ada di perangkat Anda dan menghapusnya dengan mudah.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Membuat File RAR di Android: Simpan dan Kompres Data dengan Mudah

3. Menggunakan Aplikasi Pengelola File Pihak Ketiga

Selain menggunakan fitur bawaan di Android, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pengelola file pihak ketiga. Ada banyak aplikasi pengelola file yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda melihat file sampah di perangkat Android Anda.

Beberapa aplikasi terbaik yang dapat Anda gunakan adalah ES File Explorer, Astro File Manager, dan Total Commander. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melihat semua file di perangkat Anda dan juga dapat membantu Anda membersihkan file sampah dengan mudah.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pengelola file pihak ketiga dapat membahayakan perangkat Anda. Beberapa aplikasi dapat menginstal malware atau virus yang dapat merusak perangkat Anda. Pastikan untuk memilih aplikasi dari sumber terpercaya dan membaca ulasan sebelum menginstalnya.

4. Menggunakan Google Files

Google Files adalah aplikasi bawaan di beberapa perangkat Android yang dapat membantu Anda melihat file sampah di perangkat Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melihat semua file di perangkat Anda dan juga dapat membantu Anda membersihkan file sampah dengan mudah.

Untuk mengakses Google Files, buka aplikasi dan cari opsi “Pembersih” di bagian bawah layar. Di sini, Anda dapat melihat semua file sampah yang ada di perangkat Anda dan menghapusnya dengan mudah.

5. Menghapus Cache Aplikasi

Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi di perangkat Anda untuk mempercepat kinerja dan menghemat penggunaan data. Namun, cache yang tidak terpakai atau kadaluarsa dapat menjadi file sampah yang memenuhi penyimpanan perangkat Anda. Oleh karena itu, menghapus cache aplikasi secara teratur dapat membantu Anda melihat dan membersihkan file sampah di perangkat Android Anda.

Anda dapat menghapus cache aplikasi dengan cara mengikuti langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan di perangkat Anda dan pilih Aplikasi atau Aplikasi & Pemberitahuan, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.
  2. Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cache-nya.
  3. Pilih Penyimpanan atau Penyimpanan & Cache, tergantung pada opsi yang tersedia.
  4. Pilih Hapus Cache atau Bersihkan Cache untuk menghapus cache aplikasi.
๐Ÿ”ด BACA JUGA:  13 Cara Mengubah Kualitas Gambar Menjadi HD di Android

Dengan menghapus cache aplikasi secara teratur, Anda dapat mengurangi jumlah file sampah di perangkat Anda dan meningkatkan ruang penyimpanan.

6. Menghapus File Download yang Tidak Terpakai

Salah satu cara lain untuk melihat dan membersihkan file sampah di perangkat Android Anda adalah dengan menghapus file download yang tidak terpakai. Saat Anda mengunduh file dari internet, file tersebut disimpan di folder unduhan di perangkat Anda. Namun, seiring waktu, folder unduhan dapat menjadi penuh dengan file yang tidak terpakai atau kadaluarsa, yang dapat memenuhi penyimpanan perangkat Anda.

Anda dapat menghapus file download yang tidak terpakai dengan cara mengikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Pengelola File atau File Manager di perangkat Anda.
  2. Cari folder Unduhan atau Download di direktori file Anda.
  3. Pilih folder tersebut dan lihat semua file yang ada di dalamnya.
  4. Pilih file yang tidak terpakai atau kadaluarsa, dan pilih Hapus atau Hapuskan untuk menghapusnya.

Dengan menghapus file download yang tidak terpakai, Anda dapat membersihkan file sampah di perangkat Anda dan meningkatkan ruang penyimpanan.

7. Menggunakan Fitur Penghapusan Otomatis di Aplikasi Foto

Jika Anda sering mengambil foto dan video dengan perangkat Android Anda, maka folder Foto atau Galeri Anda mungkin penuh dengan file sampah seperti foto atau video yang tidak diinginkan, duplikat, atau sudah kadaluarsa. Untuk melihat dan membersihkan file sampah di folder Foto atau Galeri Anda, Anda dapat menggunakan fitur penghapusan otomatis yang disediakan oleh beberapa aplikasi foto.

Misalnya, Google Photos adalah aplikasi foto populer yang memiliki fitur penghapusan otomatis yang dapat membantu Anda melihat dan menghapus file sampah di folder Foto Anda. Anda dapat mengatur fitur ini untuk menghapus foto atau video yang sudah lama tidak terpakai atau duplikat secara otomatis, sehingga Anda dapat membersihkan file sampah dengan mudah dan meningkatkan penyimpanan perangkat Anda.

8. Menggunakan Fitur Pengelolaan Penyimpanan di Android

Android memiliki fitur pengelolaan penyimpanan bawaan yang dapat Anda gunakan untuk melihat dan membersihkan file sampah di perangkat Anda. Fitur pengelolaan penyimpanan ini dapat membantu Anda mengidentifikasi aplikasi atau file yang memakan ruang penyimpanan yang signifikan dan memungkinkan Anda untuk menghapusnya dengan mudah.

Untuk menggunakan fitur pengelolaan penyimpanan di Android, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan di perangkat Anda dan pilih Penyimpanan atau Penyimpanan & USB, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.
  2. Pilih Pengelola Penyimpanan atau Penyimpanan atau Storage Manager, tergantung pada opsi yang tersedia.
  3. Anda akan melihat ringkasan penggunaan penyimpanan di perangkat Anda, termasuk aplikasi, file, dan jenis data lainnya yang memakan ruang penyimpanan.
  4. Pilih kategori yang ingin Anda bersihkan, seperti Aplikasi, Gambar, Video, Audio, atau File Lainnya.
  5. Pilih aplikasi atau file yang ingin Anda hapus, dan pilih Hapus atau Bersihkan untuk menghapusnya.
๐Ÿ”ด BACA JUGA:  7 Cara Menghapus Sisa File Uninstall di Android

Dengan menggunakan fitur pengelolaan penyimpanan di Android, Anda dapat melihat dan membersihkan file sampah dengan lebih efisien dan mengoptimalkan penggunaan penyimpanan perangkat Anda.

9. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Membersihkan File Sampah

Selain fitur bawaan di Android, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat dan membersihkan file sampah di perangkat Anda. Ada banyak aplikasi pembersihan file sampah yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda mengidentifikasi dan menghapus file sampah dengan mudah.

Beberapa aplikasi pembersihan file sampah populer di Google Play Store adalah CCleaner, Files by Google, dan SD Maid. Aplikasi ini dapat melakukan pemindaian menyeluruh terhadap penyimpanan perangkat Anda dan mengidentifikasi file sampah yang tidak terpakai, duplikat, atau kadaluarsa. Anda dapat menghapus file sampah tersebut dengan hanya beberapa kali ketuk, sehingga Anda dapat membersihkan perangkat Anda dengan mudah dan meningkatkan penyimpanan.

Namun, saat menggunakan aplikasi pihak ketiga, pastikan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi yang terpercaya dan memiliki ulasan yang baik. Jangan lupa untuk membaca dan memahami kebijakan privasi serta izin yang diminta oleh aplikasi sebelum menginstalnya.

Ringkasan

Membersihkan file sampah di perangkat Android Anda dapat membantu meningkatkan ruang penyimpanan, mengoptimalkan kinerja perangkat, dan memastikan Anda memiliki penyimpanan yang cukup untuk data penting Anda. Dalam artikel ini, telah dijelaskan sembilan cara untuk melihat dan membersihkan file sampah di perangkat Android Anda, termasuk menghapus cache aplikasi, menghapus file download yang tidak terpakai, menggunakan fitur penghapusan otomatis di aplikasi foto, menggunakan fitur pengelolaan penyimpanan di Android, serta menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Dalam melakukan pembersihan file sampah, pastikan untuk melakukan backup data penting Anda sebelum menghapus.

Share:

Related Post