9 Cara Melihat Foto atau Video yang Sudah Dihapus di Android

admin

0 Comment

Link

Apakah Anda pernah menghapus foto atau video penting dari ponsel Android Anda tanpa sengaja? Jangan khawatir, meskipun Anda telah menghapusnya dari galeri, sebenarnya masih ada cara untuk memulihkannya. Dalam artikel ini, kami akan memberikan  cara yang dapat Anda coba untuk melihat foto atau video yang sudah dihapus di Android. Dengan memahami metode ini, Anda memiliki peluang besar untuk mengembalikan file yang hilang. Mari kita mulai!

1. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data Android

Salah satu cara terbaik untuk melihat foto atau video yang telah dihapus di Android adalah dengan menggunakan aplikasi pemulihan data khusus. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dirancang khusus untuk tujuan ini. Beberapa aplikasi populer termasuk DiskDigger, Dr.Fone, dan Undeleter. Langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

Pertama, unduh dan instal aplikasi pemulihan data Android yang dipilih dari Google Play Store. Setelah diinstal, buka aplikasi tersebut dan berikan izin akses ke penyimpanan ponsel Anda. Pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan, seperti foto atau video, dan lakukan pemindaian. Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan file yang dapat dipulihkan. Pilih file yang diinginkan dan pulihkan ke penyimpanan ponsel Anda.

Dalam beberapa kasus, aplikasi pemulihan data mungkin memerlukan akses root untuk dapat mengembalikan file yang dihapus. Jadi, pastikan ponsel Android Anda sudah di-root sebelum menggunakan aplikasi ini.

2. Mengecek Backup di Google Photos

Jika Anda telah mengaktifkan sinkronisasi foto dan video dengan akun Google Photos Anda, ada kemungkinan bahwa file yang dihapus masih dapat ditemukan di backup online Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa backup di Google Photos:

1. Buka aplikasi Google Photos di ponsel Android Anda atau kunjungi situs web Google Photos di komputer Anda.

2. Masuk dengan akun Google Anda yang terhubung dengan ponsel Android Anda.

3. Cari folder “Trash” atau “Sampah” di aplikasi atau situs web Google Photos.

4. Jika foto atau video yang dihapus belum melewati batas waktu penyimpanan di folder Sampah, Anda dapat memulihkannya dengan mengklik atau memilih file yang diinginkan dan memilih opsi “Restore” atau “Kembalikan”.

Jika file telah melewati batas waktu penyimpanan di folder Sampah, sayangnya, Anda tidak akan dapat memulihkannya melalui Google Photos.

3. Memeriksa Folder Tempat Penyimpanan Sementara

Ketika Anda menghapus file dari galeri, Android cenderung menyimpan salinan file tersebut di folder penyimpanan sementara sebelum benar-benar menghapusnya secara permanen. Untuk mencari foto atau video yang sudah dihapus di folder ini, ikuti langkah-langkah berikut:

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuka RAR di Android

1. Buka aplikasi File Manager atau Penjelajah File di ponsel Android Anda.

2. Cari folder dengan nama seperti “Android”, “Data”, atau “Data/data” (tergantung pada merk dan versi Android ponsel Anda).

3. Buka folder tersebut dan cari subfolder dengan nama aplikasi galeri atau aplikasi kamera yang digunakan sebelumnya.

4. Di dalam subfolder ini, cari folder bernama “Cache” atau “Temp” dan buka folder tersebut.

5. Dalam folder Cache atau Temp, Anda mungkin menemukan salinan file foto atau video yang telah dihapus. Jika ditemukan, salin file tersebut ke penyimpanan ponsel Anda.

Perlu diingat bahwa folder dan subfolder yang disebutkan di atas dapat bervariasi tergantung pada merk, model, dan versi Android ponsel Anda. Jadi, Anda perlu mencari dengan cermat dan menyesuaikannya dengan ponsel Anda.

4. Menggunakan Aplikasi Recovery khusus untuk Ponsel yang Di-Root

Jika ponsel Android Anda telah di-root, Anda memiliki akses yang lebih mendalam ke sistem operasi, termasuk folder dan file yang tersembunyi. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan aplikasi recovery khusus, seperti TWRP (TeamWin Recovery Project), untuk melihat foto atau video yang sudah dihapus. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan TWRP:

1. Pertama, pastikan ponsel Android Anda telah di-root dan telah terpasang TWRP Recovery.

2. Matikan ponsel Anda dan masuk ke mode recovery dengan menekan kombinasi tombol yang sesuai saat ponsel booting (biasanya dengan menekan tombol Volume Up + Power secara bersamaan).

3. Setelah masuk ke TWRP Recovery, pilih opsi “File Manager” atau “Advanced” untuk mengakses file sistem.

4. Cari folder dengan nama “Data” atau “Data/data” dan buka folder tersebut.

5. Di dalam folder Data, cari subfolder dengan nama aplikasi galeri atau aplikasi kamera yang digunakan sebelumnya.

6. Dalam subfolder ini, cari folder bernama “Cache” atau “Temp” dan buka folder tersebut.

7. Anda mungkin menemukan salinan file foto atau video yang telah dihapus di dalam folder Cache atau Temp. Jika ditemukan, salin file tersebut ke penyimpanan ponsel Anda.

Perlu diingat bahwa menginstal TWRP Recovery dan melakukan root pada ponsel Android dapat membatalkan garansi ponsel Anda. Selain itu, menggunakan TWRP memerlukan pengetahuan teknis yang cukup, jadi pastikan Anda memahami risiko dan tindakan yang diambil sebelum melanjutkan.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Edit Aplikasi Android dengan Mudah dan Efektif

5. Menggunakan Aplikasi Penyimpanan Cloud

Jika Anda menggunakan layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive, kemungkinan besar foto atau video yang dihapus dapat ditemukan di sana. Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa penyimpanan cloud Anda:

1. Buka aplikasi penyimpanan cloud yang Anda gunakan di ponsel Android Anda atau kunjungi situs web penyimpanan cloud di komputer Anda.

2. Masuk dengan akun yang terhubung dengan ponsel Android Anda.

3. Cari folder atau direktori yang berkaitan dengan foto atau video yang dihapus.

4. Jika file yang dihapus masih ada di folder tersebut, Anda dapat mengunduhnya kembali ke ponsel Anda.

5. Jika Anda memiliki fitur sinkronisasi diaktifkan, Anda juga dapat memeriksa folder tempat penyimpanan sementara di aplikasi penyimpanan cloud Anda.

6. Memeriksa Folder Trash atau Recycle Bin

Beberapa aplikasi galeri atau file manager di Android memiliki fitur Tempat Sampah atau Recycle Bin yang memungkinkan Anda mengembalikan file yang dihapus. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk memeriksa folder Tempat Sampah atau Recycle Bin:

1. Buka aplikasi galeri atau file manager di ponsel Android Anda.

2. Cari opsi yang menunjukkan Tempat Sampah atau Recycle Bin.

3. Jika ada, buka Tempat Sampah atau Recycle Bin dan cari file yang dihapus.

4. Jika file yang diinginkan ada di dalam Tempat Sampah atau Recycle Bin, pilih file tersebut dan kembalikan ke lokasi aslinya.

Perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi galeri atau file manager memiliki fitur Tempat Sampah atau Recycle Bin. Jadi, pastikan Anda menggunakan aplikasi yang mendukung fitur ini atau cek pengaturan aplikasi untuk mengaktifkannya jika tersedia.

7. Menggunakan Software Pemulihan Data di Komputer

Jika semua upaya di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan perangkat lunak pemulihan data khusus di komputer Anda. Beberapa perangkat lunak populer termasuk EaseUS Data Recovery, Recuva, dan Disk Drill. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan perangkat lunak pemulihan data:

1. Unduh dan instal perangkat lunak pemulihan data yang dipilih di komputer Anda.

2. Hubungkan ponsel Android Anda ke komputer melalui kabel USB.

3. Buka perangkat lunak pemulihan data dan pilih opsi untuk memulai pemindaian ponsel Android Anda.

4. Tunggu sampai pemindaian selesai dan perangkat lunak akan menampilkan file yang dapat dipulihkan.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Memutar Video Sambil Membuka Aplikasi Lain di Android

5. Pilih file yang ingin Anda pulihkan dan lakukan pemulihan ke lokasi yang diinginkan di komputer Anda.

Penting untuk diingat bahwa dalam beberapa kasus, perangkat lunak pemulihan data mungkin tidak dapat memulihkan file yang telah dihapus secara permanen atau terlalu rusak. Namun, itu masih layak dicoba sebagai upaya terakhir untuk memulihkan file yang hilang.

8. Menghubungi Layanan Pemulihan Data Profesional

Jika semua metode di atas tidak berhasil, dan jika file yang dihapus sangat penting, Anda dapat menghubungi layanan pemulihan data profesional. Mereka memiliki peralatan dan pengetahuan khusus untuk memulihkan data yang hilang. Namun, perlu dicatat bahwa layanan ini biasanya mahal dan tidak ada jaminan bahwa data akan sepenuhnya pulih.

Anda dapat mencari penyedia layanan pemulihan data profesional di daerah Anda dan berkonsultasi dengan mereka untuk mengetahui kemungkinan pemulihan data Anda.

9. Menghindari Kehilangan Data di Masa Depan

Tentu saja, tindakan terbaik adalah mencegah kehilangan data di masa depan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda melakukannya:

1. Rutin melakukan backup data Anda ke penyimpanan eksternal atau layanan cloud. Dengan melakukan ini, Anda memiliki salinan cadangan file yang dapat dipulihkan jika terjadi kehilangan data.

2. Hindari menghapus file dengan sembarangan. Pastikan Anda memeriksa file yang akan dihapus dengan hati-hati sebelum menghapusnya secara permanen.

3. Gunakan aplikasi galeri atau file manager yang memiliki fitur Tempat Sampah atau Recycle Bin. Fitur ini dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap penghapusan file yang tidak disengaja.

4. Jika Anda memiliki file yang sangat penting, pertimbangkan untuk menyimpannya di penyimpanan eksternal yang aman seperti hard drive eksternal atau kartu SD yang jarang digunakan.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas  cara untuk melihat foto atau video yang sudah dihapus di Android. Mulai dari menggunakan aplikasi pemulihan data, memeriksa backup di Google Photos, hingga mengakses folder penyimpanan sementara, ada beberapa metode yang dapat Anda coba. Penting untuk diingat bahwa tidak semua metode akan berhasil dan ada kemungkinan file yang dihapus tidak dapat dipulihkan. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu melakukan backup data secara rutin dan menghindari penghapusan file yang tidak disengaja. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam upaya memulihkan file yang hilang!

 

Share:

Related Post