9 Cara Melihat Password WiFi yang Tersimpan di Android

admin

0 Comment

Link

Di era digital yang semakin berkembang, konektivitas internet menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara untuk mengakses internet adalah melalui jaringan WiFi yang tersedia di berbagai tempat seperti rumah, kantor, kafe, atau tempat umum lainnya. Biasanya, setelah Anda terhubung ke jaringan WiFi pada perangkat Android Anda, password WiFi akan tersimpan di perangkat sehingga Anda tidak perlu memasukkannya setiap kali ingin terhubung ke jaringan yang sama.

Namun, terkadang Anda mungkin perlu melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Android Anda, misalnya ketika ingin menghubungkan perangkat lain ke jaringan yang sama atau ketika Anda lupa password WiFi dan ingin mengingatnya kembali. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi tentang 9 cara melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Android Anda, mulai dari metode yang tidak memerlukan akses root hingga metode yang memerlukan akses root.

Sebelum kita melanjutkan, penting untuk diingat bahwa mengakses password WiFi orang lain tanpa izin adalah tindakan yang melanggar hukum dan etika. Pastikan Anda hanya mengakses password WiFi yang dimiliki oleh Anda sendiri atau memiliki izin untuk mengaksesnya. Selalu menghormati kebijakan dan peraturan yang berlaku dalam penggunaan jaringan WiFi dan menjaga privasi orang lain.

Cara Melihat Password WiFi yang Tersimpan di Android

1. Menggunakan Pengaturan Android

Salah satu cara paling sederhana untuk melihat password WiFi yang tersimpan di Android adalah dengan menggunakan pengaturan bawaan pada perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan di perangkat Android Anda.
  2. Pilih opsi “Jaringan dan Internet” atau “Wi-Fi & jaringan”
  3. Cari dan pilih jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.
  4. Ketuk opsi “Lihat Password” atau “Show password” yang ada di layar.
  5. Perangkat Anda akan meminta Anda untuk memasukkan PIN atau pola pengaman, lakukan hal tersebut untuk melihat password WiFi yang tersimpan.

Dengan menggunakan pengaturan Android, Anda dapat dengan mudah melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Anda tanpa memerlukan aplikasi tambahan.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan pengaturan bawaan Android, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat password WiFi yang tersimpan. Beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah:

  • WiFi Password Viewer
  • WiFi Key Recovery
  • WiFi Password Recovery

Langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Unduh dan instal aplikasi yang Anda pilih dari Google Play Store.
  2. Buka aplikasi tersebut di perangkat Android Anda.
  3. Pilih jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.
  4. Aplikasi akan menampilkan password WiFi yang tersimpan di perangkat Anda.

Perlu diingat, penggunaan aplikasi pihak ketiga untuk melihat password WiFi yang tersimpan di Android memerlukan izin akses root pada perangkat Anda, sehingga pastikan Anda melakukan dengan bijaksana dan bertanggung jawab.

3. Menggunakan Aplikasi File Manager

Beberapa file manager pada Android juga memiliki fitur untuk melihat password WiFi yang tersimpan. Langkah-langkah umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi file manager di perangkat Android Anda.
  2. Akses folder “data” di penyimpanan internal perangkat Anda.
  3. Cari dan pilih folder “misc” atau “miscellaneous”.
  4. Pilih folder “wifi” atau “wpa_supplicant”.
  5. Buka file “wpa_supplicant.conf” menggunakan editor teks.
  6. Cari nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.
  7. Di dalam file “wpa_supplicant.conf”, Anda akan menemukan informasi tentang jaringan WiFi yang tersimpan, termasuk passwordnya.
๐Ÿ”ด BACA JUGA:  13 Cara Memperbaiki Jaringan Internet di Android

Namun, perlu diingat bahwa mengakses dan mengedit file sistem pada perangkat Android memerlukan akses root, yang dapat berpotensi merusak sistem operasi perangkat Anda jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Pastikan Anda memiliki pengetahuan yang cukup dan berhati-hati saat menggunakan metode ini.

4. Menggunakan Aplikasi Penyimpanan Password

Apabila Anda menggunakan aplikasi penyimpanan password seperti LastPass, 1Password, atau Dashlane, Anda mungkin sudah menyimpan password WiFi Anda di dalam aplikasi tersebut. Anda dapat dengan mudah melihat password WiFi yang tersimpan di aplikasi penyimpanan password ini, karena biasanya aplikasi tersebut memiliki fitur untuk menyimpan dan mengelola password WiFi bersama dengan password akun online lainnya.

Langkah-langkah umum untuk melihat password WiFi yang tersimpan di aplikasi penyimpanan password adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi penyimpanan password yang Anda gunakan di perangkat Android Anda.
  2. Cari atau pilih kategori “WiFi” atau “Networks” di dalam aplikasi tersebut.
  3. Cari dan pilih jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.
  4. App akan menampilkan password WiFi yang tersimpan di dalamnya.

Apabila Anda sudah menggunakan aplikasi penyimpanan password untuk mengelola password akun online Anda, ini bisa menjadi cara yang mudah dan aman untuk melihat password WiFi yang tersimpan di Android Anda.

5. Menggunakan Perintah ADB (Android Debug Bridge)

ADB atau Android Debug Bridge adalah perangkat lunak pengembangan Android yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan perangkat Android melalui komputer Anda. Dengan menggunakan ADB, Anda juga dapat melihat password WiFi yang tersimpan di Android Anda. Namun, metode ini memerlukan pengetahuan teknis yang lebih dalam dan penggunaan perintah yang tepat. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk melihat password WiFi menggunakan ADB:

  1. Pastikan Anda sudah menginstal ADB di komputer Anda. Jika belum, Anda dapat mengunduhnya dari situs resmi pengembangan Android.
  2. Sambungkan perangkat Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB.
  3. Buka command prompt atau terminal di komputer Anda dan ketikkan perintah “adb devices” untuk memastikan perangkat Android Anda terdeteksi oleh ADB.
  4. Ketikkan perintah “adb shell” untuk masuk ke shell perangkat Android Anda.
  5. Ketikkan perintah “su” untuk mendapatkan akses root di perangkat Android Anda.
  6. Ketikkan perintah “cat /data/misc/wifi/wpa_supplicant.conf” untuk melihat isi file wpa_supplicant.conf yang berisi informasi tentang jaringan WiFi yang tersimpan, termasuk passwordnya.

Perlu diingat bahwa penggunaan ADB memerlukan pengetahuan teknis yang cukup dalam dan harus dilakukan dengan hati-hati, karena dapat merusak sistem operasi perangkat Anda jika digunakan secara tidak benar. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah dengan cermat dan berhati-hati saat menggunakan ADB.

6. Menggunakan Aplikasi Penyimpanan Password Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi penyimpanan password pihak ketiga yang dapat digunakan untuk melihat password WiFi yang tersimpan di Android Anda. Aplikasi ini biasanya bekerja dengan memerlukan akses root pada perangkat Anda. Beberapa contoh aplikasi penyimpanan password pihak ketiga yang populer adalah WiFi Password Recovery, WiFi Password Viewer, dan WiFi Password Show. Langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi penyimpanan password pihak ketiga adalah sebagai berikut:

  1. Unduh dan instal aplikasi penyimpanan password pihak ketiga yang Anda pilih dari Play Store atau sumber yang terpercaya.
  2. Buka aplikasi tersebut di perangkat Android Anda.
  3. Izinkan aplikasi untuk mengakses akses root jika diminta.
  4. Cari atau pilih kategori “WiFi” atau “Networks” di dalam aplikasi tersebut.
  5. Cari dan pilih jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.
  6. App akan menampilkan password WiFi yang tersimpan di dalamnya.
๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Bermain Game PS2 di Android

Perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi penyimpanan password pihak ketiga juga memerlukan akses root pada perangkat Anda, dan dapat berpotensi merusak sistem operasi perangkat jika tidak digunakan dengan hati-hati. Pastikan Anda memahami risiko dan mengikuti petunjuk penggunaan aplikasi dengan cermat.

7. Menggunakan Aplikasi Manajer File

Beberapa aplikasi manajer file di Android juga dapat digunakan untuk melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Anda. Aplikasi manajer file biasanya memungkinkan Anda mengakses file sistem Android, termasuk file konfigurasi jaringan WiFi. Beberapa contoh aplikasi manajer file yang populer adalah ES File Explorer, Solid Explorer, dan FX File Explorer. Langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi manajer file adalah sebagai berikut:

  1. Unduh dan instal aplikasi manajer file yang Anda pilih dari Play Store atau sumber yang terpercaya.
  2. Buka aplikasi manajer file tersebut di perangkat Android Anda.
  3. Cari atau pilih direktori “data/misc/wifi/” atau “data/misc/keystore/” di dalam aplikasi tersebut.
  4. Cari dan pilih file “wpa_supplicant.conf” atau “cacerts-credentials” yang berkaitan dengan jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.
  5. App akan menampilkan isi file yang berisi informasi tentang jaringan WiFi yang tersimpan, termasuk passwordnya.

Perlu diingat bahwa mengakses dan mengedit file sistem pada perangkat Android memerlukan akses root, dan penggunaan aplikasi manajer file harus dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari merusak sistem operasi perangkat Anda. Pastikan Anda memahami risiko dan mengikuti petunjuk penggunaan aplikasi manajer file dengan cermat.

8. Menggunakan Aplikasi Penyimpanan Password dalam Aplikasi WiFi

Beberapa aplikasi WiFi, seperti aplikasi pengelola WiFi bawaan pada beberapa perangkat Android, dapat menyimpan password WiFi yang telah terhubung sebelumnya. Anda dapat melihat password WiFi yang tersimpan dalam aplikasi ini tanpa memerlukan akses root atau penggunaan aplikasi pihak ketiga. Namun, langkah-langkahnya dapat berbeda tergantung pada aplikasi WiFi yang Anda gunakan. Berikut adalah langkah umum untuk menggunakan aplikasi penyimpanan password dalam aplikasi WiFi:

  1. Buka aplikasi WiFi yang telah terinstal di perangkat Android Anda. Biasanya, aplikasi WiFi ini dapat ditemukan di folder “Settings” atau “Pengaturan” di perangkat Anda.
  2. Pilih opsi “Networks”, “Jaringan”, atau sejenisnya.
  3. Cari dan pilih jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.
  4. Di dalam detail jaringan WiFi, Anda mungkin akan menemukan opsi “Show Password” atau “Tampilkan Kata Sandi”. Pilih opsi tersebut untuk melihat password WiFi yang tersimpan di dalam aplikasi.
๐Ÿ”ด BACA JUGA:  6 Cara Membuat Aplikasi Android Online

Langkah-langkah ini dapat bervariasi tergantung pada aplikasi WiFi yang Anda gunakan, dan tidak semua aplikasi WiFi menyediakan opsi untuk melihat password WiFi yang tersimpan. Namun, jika Anda memiliki aplikasi WiFi bawaan pada perangkat Anda, ini bisa menjadi cara yang mudah dan aman untuk melihat password WiFi yang tersimpan di Android Anda.

9. Menggunakan Aplikasi Penyimpanan Password dalam Aplikasi Pengelola Sandi

Beberapa aplikasi pengelola sandi pihak ketiga, seperti LastPass, 1Password, atau Dashlane, juga dapat digunakan untuk menyimpan password WiFi yang tersimpan di perangkat Android Anda. Aplikasi pengelola sandi biasanya digunakan untuk menyimpan password berbagai akun secara aman, termasuk password WiFi. Anda dapat menyimpan password WiFi Anda di dalam aplikasi pengelola sandi ini dan melihatnya kapan pun Anda membutuhkannya. Berikut adalah langkah umum untuk menggunakan aplikasi pengelola sandi:

  1. Unduh dan instal aplikasi pengelola sandi pihak ketiga yang Anda pilih dari Play Store atau sumber yang terpercaya.
  2. Buka aplikasi pengelola sandi tersebut di perangkat Android Anda.
  3. Tambahkan akun WiFi Anda ke dalam aplikasi pengelola sandi dengan memasukkan SSID jaringan WiFi dan passwordnya.
  4. Simpan akun WiFi Anda di dalam aplikasi pengelola sandi.
  5. Ketika Anda ingin melihat password WiFi yang tersimpan, buka aplikasi pengelola sandi tersebut dan temukan akun WiFi yang sesuai.
  6. App akan menampilkan password WiFi yang tersimpan di dalamnya.

Keuntungan menggunakan aplikasi pengelola sandi adalah Anda dapat mengelola semua password Anda, termasuk password WiFi, dalam satu tempat yang aman. Selain itu, aplikasi pengelola sandi sering kali dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan seperti autentikasi dua faktor, enkripsi data, dan opsi untuk menghasilkan password yang kuat. Namun, untuk menggunakan aplikasi pengelola sandi, Anda harus menginstal aplikasi pihak ketiga dan mengimpor akun WiFi Anda ke dalam aplikasi tersebut, yang mungkin memerlukan waktu dan usaha tambahan dibandingkan dengan metode lain yang telah dijelaskan sebelumnya.

Penutup

Demikianlah 9 cara melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Android Anda. Anda dapat memilih metode yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kenyamanan Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa mengakses password WiFi orang lain tanpa izin adalah tindakan yang melanggar hukum dan etika. Pastikan Anda hanya mengakses password WiFi yang dimiliki oleh Anda sendiri atau memiliki izin untuk mengaksesnya.

Terlepas dari metode yang Anda pilih, selalu perhatikan langkah-langkah keamanan dan privasi yang diperlukan. Pastikan Anda melindungi informasi sensitif seperti password dari akses yang tidak sah. Selalu ingat untuk menjaga privasi orang lain dan menghormati kebijakan dan peraturan yang berlaku dalam penggunaan jaringan WiFi.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui cara melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Android. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dengan bijaksana dan bertanggung jawab, Anda dapat dengan mudah mengelola dan mengakses password WiFi yang telah tersimpan di perangkat Anda.

Share:

Related Post