9 Cara Mengaktifkan Dark Mode di Facebook Android

admin

0 Comment

Link

Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling populer di dunia. Dengan pengguna aktif sekitar 2,8 miliar orang di seluruh dunia, Facebook terus berinovasi dengan menambahkan fitur-fitur baru yang membuat pengguna semakin nyaman dalam menggunakan platform ini. Salah satu fitur terbaru yang ditambahkan oleh Facebook adalah dark mode.

Dark mode, atau mode gelap, adalah salah satu fitur yang sudah ada di banyak aplikasi. Dengan mengaktifkan dark mode, tampilan aplikasi akan menjadi lebih gelap dan lebih nyaman dilihat di malam hari atau di lingkungan dengan pencahayaan rendah. Di artikel ini, kita akan membahas 9 cara untuk mengaktifkan dark mode di Facebook Android.

Dark mode di Facebook Android memungkinkan pengguna untuk menggunakan Facebook dengan tampilan yang lebih gelap dan nyaman di mata. Mode gelap ini juga membantu pengguna menghemat daya baterai pada perangkat mereka. Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah 9 cara untuk mengaktifkan dark mode di Facebook Android.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Facebook Android

1. Perbarui Aplikasi Facebook Anda

Cara pertama untuk mengaktifkan dark mode di Facebook Android adalah dengan memperbarui aplikasi Facebook Anda ke versi terbaru. Dark mode baru tersedia di versi Facebook yang lebih baru, sehingga pastikan Anda memperbarui aplikasi Facebook Anda ke versi terbaru sebelum mencoba mengaktifkan dark mode. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbarui aplikasi Facebook Anda di Google Play Store:

1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda
2. Ketik “Facebook” di kotak pencarian
3. Ketuk tombol “Update” di samping aplikasi Facebook
4. Tunggu hingga aplikasi selesai diperbarui

Setelah Anda memperbarui aplikasi Facebook Anda ke versi terbaru, Anda dapat mencoba mengaktifkan dark mode di Facebook Android. Namun, jika dark mode tidak muncul di aplikasi Facebook Anda setelah memperbarui aplikasi, Anda mungkin perlu menunggu beberapa waktu sebelum fitur ini tersedia di perangkat Anda.

2. Aktifkan Dark Mode di Pengaturan Facebook

Setelah memperbarui aplikasi Facebook Anda ke versi terbaru, cara kedua untuk mengaktifkan dark mode di Facebook Android adalah dengan mengaktifkan dark mode di pengaturan Facebook. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan dark mode di pengaturan Facebook:

1. Buka aplikasi Facebook di perangkat Android Anda
2. Ketuk ikon menu (ikon tiga garis di sudut kanan atas)
3. Gulir ke bawah dan ketuk “Settings & Privacy”
4. Ketuk “Dark Mode”
5. Pilih “On” atau “Off” untuk mengaktifkan atau menonaktifkan dark mode

Setelah Anda mengaktifkan dark mode di pengaturan Facebook, tampilan Facebook di perangkat Android Anda akan berubah menjadi lebih gelap. Namun, jika Anda tidak menemukan opsi “Dark Mode” di pengaturan Facebook, kemungkinan dark mode belum tersedia untuk perangkat Anda. Pastikan Anda telah memperbarui aplikasi Facebook Anda ke versi terbaru dan memeriksa pengaturan Facebook secara berkala untuk melihat apakah fitur dark mode telah tersedia.

3. Aktifkan Dark Mode melalui Menu Chat Facebook Messenger

Cara ketiga untuk mengaktifkan dark mode di Facebook Android adalah melalui menu chat di Facebook Messenger. Meskipun ini mungkin terdengar aneh, tetapi sebenarnya ada cara tersembunyi untuk mengaktifkan dark mode di Facebook melalui menu chat di Messenger. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Merk HP Samsung Termurah

1. Buka aplikasi Facebook Messenger di perangkat Android Anda
2. Buka salah satu obrolan di Messenger
3. Ketuk ikon emoji di sebelah kiri bidang teks
4. Cari emoji bulan sabit (“๐ŸŒ™”) menggunakan fitur pencarian emoji
5. Ketuk emoji bulan sabit (“๐ŸŒ™”) yang muncul dalam hasil pencarian
6. Tunggu beberapa saat, maka tampilan Facebook Anda akan berubah menjadi dark mode

Metode ini merupakan trik tersembunyi yang tidak diketahui oleh banyak pengguna. Namun, perlu diingat bahwa ini mungkin bukan cara resmi untuk mengaktifkan dark mode di Facebook, dan fitur ini dapat diubah atau dihapus kapan saja oleh Facebook. Namun, selama fitur ini masih tersedia, Anda dapat mencobanya untuk mengaktifkan dark mode di Facebook Anda.

4. Aktifkan Dark Mode melalui Pengaturan Sistem Android

Cara keempat untuk mengaktifkan dark mode di Facebook Android adalah melalui pengaturan sistem Android. Beberapa perangkat Android memiliki opsi dark mode yang dapat diaktifkan secara sistemik, yang akan mengubah tampilan seluruh perangkat, termasuk aplikasi pihak ketiga seperti Facebook. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan dark mode melalui pengaturan sistem Android:

1. Buka pengaturan sistem Android di perangkat Anda
2. Cari opsi “Display” atau “Tampilan” dan ketuk
3. Cari opsi “Dark mode” atau “Mode gelap” dan aktifkan
4. Tunggu beberapa saat, maka tampilan seluruh perangkat Anda, termasuk Facebook, akan berubah menjadi dark mode

Setelah Anda mengaktifkan dark mode melalui pengaturan sistem Android, tampilan Facebook di perangkat Anda akan berubah menjadi dark mode secara otomatis. Namun, perlu diingat bahwa opsi dark mode di pengaturan sistem Android dapat berbeda-beda tergantung pada merek dan model perangkat Anda, serta versi Android yang digunakan.

5. Gunakan Aplikasi Facebook Modifikasi

Cara kelima untuk mengaktifkan dark mode di Facebook Android adalah dengan menggunakan aplikasi Facebook modifikasi. Aplikasi Facebook modifikasi adalah aplikasi Facebook yang telah dimodifikasi oleh pengembang pihak ketiga untuk menyediakan fitur dark mode yang tidak tersedia di aplikasi resmi Facebook. Dalam aplikasi Facebook modifikasi, Anda dapat menemukan opsi untuk mengaktifkan dark mode dan menyesuaikan tampilan Facebook sesuai dengan preferensi Anda. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi modifikasi dapat melibatkan risiko keamanan dan melanggar kebijakan penggunaan Facebook. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengaktifkan dark mode melalui aplikasi Facebook modifikasi:

1. Unduh dan instal aplikasi Facebook modifikasi dari sumber yang terpercaya. Pastikan Anda memilih aplikasi yang telah teruji dan aman untuk digunakan.
2. Buka aplikasi Facebook modifikasi di perangkat Android Anda.
3. Cari pengaturan atau opsi yang berkaitan dengan tema atau tampilan.
4. Aktifkan opsi dark mode atau pilih tema gelap yang disediakan.
5. Tunggu beberapa saat, maka tampilan Facebook Anda akan berubah menjadi dark mode.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  13 Cara Edit Awan di Lightroom Android: Tips dan Trik Terbaik

Pastikan Anda menggunakan aplikasi Facebook modifikasi yang terpercaya dan mengikuti panduan dan peraturan yang diberikan oleh pengembang aplikasi. Selain itu, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi modifikasi mungkin melanggar kebijakan penggunaan Facebook, dan akun Anda dapat dilarang atau dihapus oleh Facebook jika melanggar ketentuan tersebut.

6. Aktifkan Dark Mode melalui Pengaturan Penggunaan Data di Facebook

Cara keenam untuk mengaktifkan dark mode di Facebook Android adalah melalui pengaturan penggunaan data di Facebook. Fitur dark mode di Facebook dapat diaktifkan atau dinonaktifkan melalui pengaturan penggunaan data di aplikasi Facebook. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan dark mode melalui pengaturan penggunaan data di Facebook:

1. Buka aplikasi Facebook di perangkat Android Anda
2. Ketuk ikon tiga garis di pojok kanan atas untuk membuka menu
3. Gulir ke bawah dan ketuk “Pengaturan & Privasi”
4. Ketuk “Pengaturan”
5. Ketuk “Penggunaan Data dan Wi-Fi”
6. Ketuk “Tema”
7. Pilih opsi “Gelap” untuk mengaktifkan dark mode atau “Klasik” untuk menonaktifkan dark mode
8. Tunggu beberapa saat, maka tampilan Facebook Anda akan berubah menjadi dark mode

Dengan mengatur penggunaan data di Facebook, Anda dapat mengontrol apakah dark mode diaktifkan atau dinonaktifkan. Namun, perlu diingat bahwa opsi ini mungkin tidak tersedia untuk semua pengguna, tergantung pada lokasi, versi aplikasi, atau akun pengguna Anda.

7. Aktifkan Dark Mode melalui Aplikasi Penyedia Layanan Tema Android

Cara ketujuh untuk mengaktifkan dark mode di Facebook Android adalah melalui aplikasi penyedia layanan tema Android. Beberapa perangkat Android memiliki aplikasi bawaan atau aplikasi tambahan yang memungkinkan tema untuk mengubah tampilan sistem secara keseluruhan, termasuk tema gelap atau dark mode. Anda dapat memanfaatkan aplikasi tersebut untuk mengaktifkan dark mode di Facebook. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengaktifkan dark mode melalui aplikasi penyedia layanan tema Android:

1. Buka aplikasi penyedia layanan tema di perangkat Android Anda. Contoh beberapa aplikasi penyedia layanan tema populer seperti Nova Launcher, Go Launcher, atau Swift Installer.
2. Cari opsi untuk mengubah tema atau tampilan sistem, dan pilih tema gelap atau dark mode.
3. Aktifkan tema gelap atau dark mode yang telah Anda pilih.
4. Tunggu beberapa saat, maka tampilan sistem Android Anda akan berubah menjadi dark mode, termasuk tampilan Facebook di aplikasi resmi Facebook.

Perlu diingat bahwa aplikasi penyedia layanan tema dapat berbeda-beda tergantung pada perangkat Android yang Anda gunakan. Beberapa perangkat mungkin tidak memiliki aplikasi bawaan penyedia layanan tema, dan Anda harus mengunduh aplikasi tambahan dari Play Store. Pastikan Anda memilih aplikasi penyedia layanan tema yang terpercaya dan memahami pengaturan dan peraturan yang diberikan oleh aplikasi tersebut.

8. Aktifkan Dark Mode melalui Pengaturan Sistem Android

Cara kedelapan untuk mengaktifkan dark mode di Facebook Android adalah melalui pengaturan sistem Android. Beberapa perangkat Android memiliki opsi built-in untuk mengatur tema atau tampilan sistem secara keseluruhan, termasuk dark mode. Anda dapat memanfaatkan pengaturan sistem ini untuk mengaktifkan dark mode di Facebook. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengaktifkan dark mode melalui pengaturan sistem Android:

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  7 Cara Menghapus Semua Pesan di Messenger Sekaligus di Android

1. Buka pengaturan sistem Android di perangkat Anda. Anda dapat mengaksesnya melalui ikon roda gigi atau ikon pengaturan di laci aplikasi atau menu notifikasi.
2. Cari opsi tema atau tampilan, dan pilih tema gelap atau dark mode.
3. Aktifkan tema gelap atau dark mode yang telah Anda pilih.
4. Tunggu beberapa saat, maka tampilan sistem Android Anda akan berubah menjadi dark mode, termasuk tampilan Facebook di aplikasi resmi Facebook.

Namun, perlu diingat bahwa pengaturan tema atau tampilan sistem Android dapat berbeda-beda tergantung pada versi Android yang Anda gunakan dan antarmuka pengguna yang digunakan oleh produsen perangkat Anda. Beberapa perangkat mungkin tidak memiliki opsi built-in untuk mengatur tema atau tampilan sistem, dan Anda mungkin perlu memanfaatkan aplikasi penyedia layanan tema atau aplikasi modifikasi untuk mengaktifkan dark mode di Facebook.

9. Aktifkan Dark Mode melalui Pengaturan Aplikasi Facebook

Cara kesembilan untuk mengaktifkan dark mode di Facebook Android adalah melalui pengaturan aplikasi Facebook itu sendiri. Beberapa versi aplikasi Facebook resmi memiliki opsi built-in untuk mengaktifkan dark mode. Anda dapat menggunakan opsi ini untuk mengatur tampilan Facebook Anda menjadi dark mode. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengaktifkan dark mode melalui pengaturan aplikasi Facebook:

1. Buka aplikasi Facebook di perangkat Android Anda.
2. Masuk ke akun Facebook Anda jika belum masuk.
3. Klik ikon tiga garis horizontal atau ikon menu di bagian kanan atas layar untuk membuka menu pengaturan.
4. Gulir ke bawah dan pilih “Pengaturan & Privasi”.
5. Pilih “Pengaturan” dalam menu yang muncul.
6. Gulir ke bawah dan pilih “Mode Tampilan”.
7. Pilih “Gelap” atau “Hitam” untuk mengaktifkan dark mode di aplikasi Facebook.
8. Tunggu beberapa saat, maka tampilan aplikasi Facebook Anda akan berubah menjadi dark mode.

Itulah sembilan cara untuk mengaktifkan dark mode di Facebook Android. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai untuk perangkat Anda dan preferensi pribadi Anda. Dark mode dapat memberikan pengalaman pengguna yang nyaman dengan tampilan yang lebih lembut untuk mata dan dapat mengurangi konsumsi daya baterai pada perangkat Anda. Selain itu, dark mode juga dapat memberikan tampilan yang estetis dan modern pada aplikasi Facebook Anda.

Penutup

Itulah pembahasan tentang 9 cara mengaktifkan dark mode di Facebook Android. Dark mode dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih nyaman dan modern dengan tampilan yang lembut untuk mata. Anda dapat mengaktifkan dark mode di Facebook melalui pengaturan sistem Android, aplikasi penyedia layanan tema, atau pengaturan aplikasi Facebook itu sendiri. Pastikan untuk memilih metode yang sesuai untuk perangkat Anda dan preferensi pribadi Anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengaktifkan dark mode di aplikasi Facebook di perangkat Android Anda.

 

Share:

Related Post