9 Cara Menyambungkan AirPods ke Android

admin

0 Comment

Link

Anda memiliki AirPods yang luar biasa, tetapi sekarang Anda ingin menyambungkannya ke perangkat Android Anda? Tidak perlu khawatir, meskipun AirPods awalnya dirancang untuk perangkat Apple, Anda masih bisa menggunakan mereka dengan Android. Dalam artikel ini, kami akan memberi Anda 9 cara mudah untuk menyambungkan AirPods ke Android Anda. Jadi, mari kita mulai!

Saat ini, dengan semakin populernya AirPods, banyak pengguna Android juga tertarik untuk menggunakannya. Beruntungnya, ada beberapa metode yang dapat Anda coba untuk menyambungkan AirPods ke perangkat Android Anda. Mari kita jelajahi cara-cara tersebut.

Cara Menyambungkan AirPods ke Android

1. Pastikan AirPods Anda Dalam Mode Pairing

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa AirPods Anda berada dalam mode pairing. Anda dapat melakukan ini dengan cara membuka penutup AirPods dan tahan tombol pairing pada bagian belakang kotak pengisian daya sampai lampu LED mulai berkedip. Setelah itu, pastikan Bluetooth di perangkat Android Anda dalam keadaan aktif dan siap untuk melakukan pairing.

Setelah AirPods berkedip dan terdeteksi oleh perangkat Android Anda, Anda akan melihat AirPods muncul dalam daftar perangkat yang tersedia untuk dipasangkan. Sekarang, Anda dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya untuk menyelesaikan proses pairing.

Jika Anda mengalami masalah dalam memasangkan AirPods dengan Android Anda, pastikan bahwa AirPods Anda memiliki daya baterai yang mencukupi dan berada dalam jarak yang cukup dekat dengan perangkat Android Anda.

2. Pasangkan AirPods dengan Perangkat Android Melalui Pengaturan Bluetooth

Metode pertama yang dapat Anda coba adalah dengan memasangkan AirPods melalui pengaturan Bluetooth di perangkat Android Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka pengaturan pada perangkat Android Anda.

2. Pilih opsi “Bluetooth” dari menu pengaturan.

3. Pastikan Bluetooth dalam keadaan aktif dengan menggeser tombol ke posisi “On”.

4. Dalam daftar perangkat yang tersedia, cari dan pilih “AirPods” atau “AirPods Pro”.

5. Tunggu beberapa saat hingga perangkat Android Anda berhasil terhubung dengan AirPods. Setelah terhubung, Anda akan dapat menggunakan AirPods untuk mendengarkan musik atau menerima panggilan di perangkat Android Anda.

Jika AirPods tidak terlihat dalam daftar perangkat yang tersedia, pastikan AirPods Anda dalam mode pairing dan berada dalam jarak yang cukup dekat dengan perangkat Android Anda.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Upgrade Android Samsung

3. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika metode sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk menyambungkan AirPods dengan perangkat Android. Beberapa aplikasi populer yang dapat Anda coba adalah AirBattery, AssistantTrigger, dan Bluetooth Auto Connect. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Unduh dan instal aplikasi yang dipilih dari Play Store.

2. Buka aplikasi tersebut dan ikuti instruksi yang diberikan untuk memasangkan AirPods dengan perangkat Android Anda.

3. Setelah berhasil dipasangkan, Anda akan dapat menggunakan AirPods untuk mendengarkan musik atau menerima panggilan di perangkat Android Anda.

Penting untuk diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga dapat bervariasi tergantung pada model perangkat Android Anda dan versi sistem operasi yang digunakan. Pastikan untuk membaca ulasan dan informasi tambahan sebelum mengunduh dan menginstal aplikasi tertentu.

4. Reset Pengaturan Jaringan Bluetooth

Jika Anda mengalami masalah terus-menerus dalam menyambungkan AirPods dengan perangkat Android Anda, Anda dapat mencoba mereset pengaturan jaringan Bluetooth di perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka pengaturan pada perangkat Android Anda.

2. Pilih opsi “Sistem” atau “Pengaturan Tambahan” (tergantung pada model perangkat Android Anda).

3. Cari opsi “Reset” atau “Pengaturan Pabrik”.

4. Di dalam opsi reset, cari dan pilih “Reset Jaringan” atau “Reset Bluetooth”.

5. Konfirmasikan tindakan reset dan tunggu perangkat Android Anda untuk mereset pengaturan jaringan Bluetooth.

Setelah pengaturan jaringan Bluetooth direset, Anda dapat mencoba lagi untuk menyambungkan AirPods dengan perangkat Android Anda menggunakan metode yang telah dijelaskan sebelumnya. Resetting pengaturan jaringan Bluetooth dapat membantu mengatasi masalah koneksi yang mungkin terjadi.

5. Gunakan Fitur NFC (Near Field Communication)

Jika perangkat Android Anda dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication), Anda dapat memanfaatkannya untuk menyambungkan AirPods dengan perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka pengaturan pada perangkat Android Anda.

2. Pilih opsi “NFC” dari menu pengaturan.

3. Pastikan NFC dalam keadaan aktif dengan menggeser tombol ke posisi “On”.

4. Buka kotak pengisian daya AirPods dan pastikan bahwa AirPods berada dalam jarak yang cukup dekat dengan perangkat Android Anda.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Melihat IP Address Android

5. Sentuh perangkat Android Anda dengan kotak pengisian daya AirPods yang terbuka. Perangkat Android Anda harus dapat mendeteksi AirPods dan menampilkan notifikasi untuk memasangkan perangkat.

6. Ikuti petunjuk yang muncul di layar perangkat Android Anda untuk menyelesaikan proses pairing. Setelah terhubung, Anda dapat menggunakan AirPods untuk mendengarkan musik atau menerima panggilan di perangkat Android Anda.

Penting untuk dicatat bahwa tidak semua perangkat Android dilengkapi dengan fitur NFC. Pastikan perangkat Anda memiliki fitur ini sebelum mencoba metode ini.

6. Gunakan Aplikasi Pengaturan Bluetooth

Jika perangkat Android Anda memiliki aplikasi pengaturan Bluetooth bawaan, Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk menyambungkan AirPods. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi pengaturan Bluetooth pada perangkat Android Anda.

2. Pastikan Bluetooth dalam keadaan aktif dengan menggeser tombol ke posisi “On”.

3. Buka kotak pengisian daya AirPods dan pastikan bahwa AirPods berada dalam jarak yang cukup dekat dengan perangkat Android Anda.

4. Di dalam aplikasi pengaturan Bluetooth, cari dan pilih opsi untuk menambahkan perangkat baru atau “Scan for Devices”.

5. Pilih AirPods dari daftar perangkat yang tersedia.

6. Tunggu beberapa saat hingga perangkat Android Anda berhasil terhubung dengan AirPods. Setelah terhubung, Anda akan dapat menggunakan AirPods untuk mendengarkan musik atau menerima panggilan di perangkat Android Anda.

Jika AirPods tidak terlihat dalam daftar perangkat yang tersedia, pastikan AirPods Anda dalam mode pairing dan berada dalam jarak yang cukup dekat dengan perangkat Android Anda.

7. Update Perangkat Android Anda

Koneksi AirPods dengan perangkat Android Anda mungkin mengalami masalah jika perangkat Android Anda tidak memiliki versi sistem operasi yang diperbarui. Dalam beberapa kasus, masalah koneksi dapat diperbaiki dengan melakukan pembaruan perangkat Android Anda ke versi terbaru. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka pengaturan pada perangkat Android Anda.

2. Pilih opsi “Tentang Perangkat” atau “Informasi Perangkat” (tergantung pada model perangkat Android Anda).

3. Cari opsi “Pembaruan Perangkat Lunak” atau “Pembaruan Sistem”.

4. Periksa apakah ada pembaruan perangkat Android yang tersedia.

5. Jika ada pembaruan yang tersedia, ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengunduh dan menginstal pembaruan perangkat Android.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Menggunakan Mic Clip On di Android untuk Rekaman yang Lebih Baik

Setelah perangkat Android Anda diperbarui, coba sambungkan kembali AirPods dengan perangkat Android menggunakan metode yang telah dijelaskan sebelumnya.

8. Hapus dan Pasangkan Kembali AirPods

Jika semua metode sebelumnya tidak berhasil mengatasi masalah koneksi antara AirPods dan perangkat Android, Anda dapat mencoba menghapus dan memasangkan kembali AirPods dengan perangkat Android. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka pengaturan Bluetooth pada perangkat Android Anda.

2. Cari AirPods dalam daftar perangkat yang terhubung.

3. Ketuk opsi untuk “Lupakan” atau “Hapus” perangkat AirPods.

4. Setelah berhasil menghapus AirPods dari perangkat Android Anda, tutup pengaturan Bluetooth.

5. Buka kotak pengisian daya AirPods dan pastikan bahwa AirPods berada dalam jarak yang cukup dekat dengan perangkat Android Anda.

6. Buka pengaturan Bluetooth lagi pada perangkat Android Anda dan aktifkan Bluetooth.

7. Tunggu beberapa saat hingga perangkat Android Anda berhasil mendeteksi dan memasangkan kembali AirPods.

8. Setelah terhubung, Anda dapat menggunakan AirPods untuk mendengarkan musik atau menerima panggilan di perangkat Android Anda.

Memasangkan kembali AirPods dengan perangkat Android dapat membantu memperbaiki masalah koneksi yang mungkin terjadi sebelumnya. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan teliti dan memastikan bahwa AirPods dalam keadaan mode pairing saat Anda memasangkannya kembali.

9. Hubungi Dukungan Teknis

Jika semua metode di atas tidak berhasil mengatasi masalah koneksi antara AirPods dan perangkat Android Anda, mungkin ada masalah lain yang memerlukan bantuan dari dukungan teknis. Anda dapat menghubungi dukungan teknis Apple atau produsen perangkat Android Anda untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut dalam menyambungkan AirPods dengan perangkat Android Anda.

Mereka akan dapat memberikan panduan yang lebih spesifik berdasarkan model perangkat dan sistem operasi yang Anda gunakan.

Penutup

Demikianlah 9 cara menyambungkan AirPods ke perangkat Android Anda. Meskipun AirPods dirancang khusus untuk perangkat Apple, Anda masih dapat menikmati kualitas suara yang luar biasa dan kemudahan penggunaannya dengan perangkat Android. Cobalah metode yang telah dijelaskan di atas dan temukan cara yang paling cocok untuk menyambungkan AirPods Anda. Selamat menikmati pengalaman mendengarkan musik tanpa batas dengan AirPods dan perangkat Android Anda!

 

Share:

Related Post