9 Cara Merekam Suara Internal dan Eksternal Android

admin

0 Comment

Link

Android adalah salah satu sistem operasi paling populer di dunia, dan salah satu fitur unggulannya adalah kemampuan merekam suara. Banyak pengguna Android yang membutuhkan fitur merekam suara untuk keperluan pribadi atau bisnis. Merekam suara dapat dilakukan untuk merekam pidato, wawancara, atau bahkan lagu. Dalam artikel ini, kami akan membahas 9 cara merekam suara internal dan eksternal Android.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin ingin merekam suara secara internal, misalnya saat merekam audio dari aplikasi tertentu. Namun, dalam kasus lain, Anda mungkin ingin merekam suara secara eksternal, seperti suara lingkungan atau suara orang yang berbicara dengan Anda. Kami akan membahas kedua opsi dalam artikel ini.

Sebelum kita mulai, perlu diingat bahwa beberapa ponsel Android mungkin memiliki opsi merekam suara internal dan eksternal yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa menu pengaturan ponsel Anda untuk melihat opsi yang tersedia. Tanpa basa-basi lagi, inilah 9 cara merekam suara internal dan eksternal Android.

Cara Merekam Suara Internal dan Eksternal Android

1. Merekam Suara dengan Aplikasi Bawaan Android

Ponsel Android biasanya dilengkapi dengan aplikasi perekam suara bawaan. Aplikasi ini dapat digunakan untuk merekam suara dengan mudah dan cepat. Anda dapat mengakses aplikasi ini dari aplikasi perekam suara atau dari aplikasi pencarian di ponsel Anda.

Untuk merekam suara menggunakan aplikasi bawaan Android, cukup buka aplikasi tersebut dan tekan tombol merekam. Anda dapat menambahkan catatan atau tag pada suara yang direkam agar mudah ditemukan nantinya. Setelah selesai merekam, suara akan disimpan di galeri ponsel Anda.

Namun, perlu diingat bahwa aplikasi perekam suara bawaan mungkin memiliki keterbatasan, seperti waktu rekaman yang terbatas dan kualitas suara yang kurang baik. Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan kualitas suara yang lebih baik atau waktu rekaman yang lebih lama, ada opsi lain yang dapat digunakan.

2. Merekam Suara dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain aplikasi bawaan, ada banyak aplikasi perekam suara pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store. Aplikasi ini biasanya memiliki fitur yang lebih lengkap dan lebih baik daripada aplikasi bawaan. Anda dapat mencari dan mengunduh aplikasi perekam suara yang sesuai dengan kebutuhan Anda di Play Store.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Mengubah Wi-Fi Menjadi 5GHz di Android

Beberapa aplikasi perekam suara pihak ketiga yang terkenal adalah Voice Recorder, Smart Recorder, dan Easy Voice Recorder. Aplikasi ini memiliki fitur seperti merekam suara dalam format MP3 atau WAV, mengatur kualitas suara, dan bahkan merekam suara secara otomatis saat mendeteksi suara.

Namun, perlu diingat bahwa beberapa aplikasi perekam suara pihak ketiga mungkin memerlukan izin untuk mengakses mikrofon dan penyimpanan Anda. Pastikan untuk membaca ulasan dan memeriksa izin yang diminta sebelum mengunduh aplikasi perekam suara pihak ketiga.

Selain itu, aplikasi perekam suara pihak ketiga mungkin juga memiliki iklan atau memerlukan pembelian dalam aplikasi untuk mengakses fitur tambahan. Namun, dengan menggunakan aplikasi perekam suara pihak ketiga, Anda dapat merekam suara dengan kualitas yang lebih baik dan lebih fleksibilitas dalam pengaturan perekaman.

3. Merekam Suara dengan Google Assistant

Google Assistant adalah asisten virtual yang terintegrasi di ponsel Android. Selain membantu Anda dalam mencari informasi atau menjalankan perintah suara, Google Assistant juga dapat digunakan untuk merekam suara.

Untuk merekam suara dengan Google Assistant, cukup panggil Google Assistant dengan mengatakan “Hey Google” atau menekan tombol tampilan utama. Kemudian katakan “record audio” atau “merekam suara” untuk memulai perekaman. Setelah selesai merekam, suara akan disimpan di aplikasi Google Drive.

Namun, perlu diingat bahwa fitur merekam suara di Google Assistant mungkin tidak tersedia di semua ponsel Android. Selain itu, Anda juga perlu mengaktifkan izin untuk Google Drive agar dapat menyimpan suara yang direkam.

4. Merekam Suara dengan Aplikasi Screen Recorder

Selain merekam layar ponsel Android, aplikasi screen recorder juga dapat digunakan untuk merekam suara internal dan eksternal. Aplikasi screen recorder biasanya digunakan untuk merekam gameplay atau tutorial di ponsel Android, namun juga dapat digunakan untuk merekam suara.

Beberapa aplikasi screen recorder yang terkenal adalah AZ Screen Recorder, DU Recorder, dan Mobizen Screen Recorder. Aplikasi ini memiliki fitur merekam suara internal dan eksternal, serta fitur untuk mengatur kualitas rekaman dan waktu rekaman.

Namun, perlu diingat bahwa aplikasi screen recorder mungkin memerlukan izin untuk mengakses mikrofon dan penyimpanan Anda. Selain itu, merekam suara dengan aplikasi screen recorder juga dapat memakan banyak daya baterai dan ruang penyimpanan pada ponsel Anda.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Mengubah Video Menjadi MP3 di Android: Ringkas dan Mudah

5. Merekam Suara dengan Mikrofon Eksternal

Jika Anda ingin merekam suara dengan kualitas yang lebih baik daripada mikrofon bawaan pada ponsel Android, Anda dapat menggunakan mikrofon eksternal. Mikrofon eksternal dapat disambungkan ke ponsel Android melalui kabel atau Bluetooth.

Untuk merekam suara dengan mikrofon eksternal, Anda dapat menggunakan aplikasi perekam suara bawaan pada ponsel Anda atau aplikasi perekam suara pihak ketiga yang mendukung penggunaan mikrofon eksternal. Beberapa mikrofon eksternal yang dapat digunakan pada ponsel Android antara lain Rode VideoMicro, Shure MV88+, dan Zoom iQ7.

Namun, perlu diingat bahwa menggunakan mikrofon eksternal dapat memerlukan pengaturan yang lebih kompleks dan membutuhkan biaya tambahan untuk membeli mikrofon tersebut. Selain itu, mikrofon eksternal juga dapat memakan lebih banyak daya baterai daripada mikrofon bawaan pada ponsel Anda.

6. Merekam Suara dengan Microphone Array

Microphone array adalah rangkaian beberapa mikrofon yang digunakan untuk merekam suara dengan kualitas yang lebih baik. Beberapa ponsel Android seperti Samsung Galaxy S10 dan S20 dilengkapi dengan microphone array yang dapat digunakan untuk merekam suara dengan kualitas yang lebih baik.

Untuk merekam suara dengan microphone array pada ponsel Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi perekam suara bawaan pada ponsel atau aplikasi perekam suara pihak ketiga yang mendukung penggunaan microphone array. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua ponsel Android dilengkapi dengan microphone array, dan menggunakan microphone array pada ponsel dapat memakan lebih banyak daya baterai daripada menggunakan mikrofon bawaan pada ponsel.

7. Merekam Suara dengan USB Audio Interface

Jika Anda memerlukan kualitas suara yang lebih profesional untuk merekam musik atau podcast, Anda dapat menggunakan USB audio interface. USB audio interface adalah alat yang digunakan untuk merekam suara dengan kualitas yang lebih baik daripada mikrofon bawaan pada ponsel Android.

Untuk merekam suara dengan USB audio interface, Anda perlu menghubungkan USB audio interface ke ponsel Android menggunakan kabel USB OTG dan menggunakan aplikasi perekam suara pihak ketiga yang mendukung penggunaan USB audio interface. Beberapa USB audio interface yang dapat digunakan pada ponsel Android antara lain Focusrite Scarlett 2i2, Behringer U-Phoria UM2, dan Zoom U-22.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  Nokia 2300 5G: Perpaduan Desain Klasik dan Teknologi Mutakhir dengan Kinerja yang Mumpuni

Namun, perlu diingat bahwa menggunakan USB audio interface memerlukan biaya tambahan untuk membeli alat tersebut dan pengaturan yang lebih kompleks daripada menggunakan mikrofon bawaan pada ponsel Android. Selain itu, menggunakan USB audio interface juga dapat memakan lebih banyak daya baterai pada ponsel Anda.

8. Mengedit dan Berbagi File Suara

Setelah merekam suara, Anda dapat mengedit dan berbagi file suara tersebut dengan aplikasi pengedit suara seperti Audacity atau Adobe Audition. Aplikasi pengedit suara dapat digunakan untuk memotong, menghapus, atau menambahkan efek suara pada file suara.

Setelah melakukan pengeditan, Anda dapat membagikan file suara tersebut melalui media sosial atau platform berbagi file seperti Google Drive atau Dropbox. Anda juga dapat mengunggah file suara ke platform podcast atau streaming musik seperti Spotify atau SoundCloud untuk membagikan konten Anda dengan orang lain.

9. Tips untuk Merekam Suara yang Baik

Selain menggunakan metode dan alat yang tepat untuk merekam suara, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda merekam suara yang berkualitas. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

  • Memilih ruangan yang tenang dan minim suara bising
  • Menghindari merekam di dekat sumber suara bising seperti jendela atau mesin AC
  • Menjaga jarak yang tepat antara mikrofon dan sumber suara
  • Menggunakan pop filter untuk mengurangi suara hembusan napas
  • Menggunakan headphone untuk memantau suara yang direkam

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, Anda dapat merekam suara yang lebih jernih dan berkualitas untuk keperluan Anda.

Kesimpulan

Merekam suara pada ponsel Android dapat dilakukan dengan berbagai metode dan alat, baik itu menggunakan mikrofon bawaan pada ponsel, mikrofon eksternal, microphone array, atau USB audio interface. Setiap metode dan alat memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga Anda dapat memilih metode dan alat yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, dengan menerapkan tips untuk merekam suara yang baik, Anda dapat menghasilkan rekaman suara yang berkualitas dan jernih. Setelah merekam suara, Anda dapat mengedit dan membagikan file suara tersebut dengan aplikasi pengedit suara dan platform berbagi file atau streaming musik.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam merekam suara pada ponsel Android Anda. Terima kasih telah membaca!

Share:

Related Post