Mengenal Aplikasi e-Meterai dan Cara Membeli Meterai Online Serta Penggunaannya

admin

0 Comment

Link
Aplikasi e-Meterai, Cara Membeli Meterai Online

Aplikasi e-Meterai adalah sebuah solusi modern untuk menggantikan meterai fisik yang biasa digunakan dalam transaksi hukum dan administratif. Aplikasi ini menghadirkan kemudahan dan efisiensi dalam proses meterai, karena pengguna dapat dengan mudah mengeluarkan meterai digital melalui perangkat elektronik mereka seperti smartphone atau komputer.

Dengan e-Meterai, tidak perlu lagi repot-repot mencari dan membeli meterai fisik di kantor pos atau lembaga yang berwenang. Selain itu, e-Meterai juga memberikan keamanan ekstra karena memiliki sistem keamanan digital yang sulit untuk dipalsukan. Dengan adanya aplikasi e-Meterai, proses administratif dan legal menjadi lebih cepat, efisien, dan ramah lingkungan karena mengurangi penggunaan kertas.

Keberadaan Aplikasi e-Meterai juga mendukung inisiatif pemerintah dalam mendorong digitalisasi dan modernisasi dalam berbagai sektor. Dengan adanya aplikasi ini, pemerintah dapat lebih mudah mengawasi penggunaan meterai dan mengumpulkan data terkait transaksi hukum. Selain itu, e-Meterai juga membantu mengurangi biaya administratif bagi individu dan perusahaan yang sering berurusan dengan dokumen yang memerlukan meterai. Dengan demikian, Aplikasi e-Meterai adalah sebuah terobosan teknologi yang membawa manfaat besar dalam menyederhanakan dan memodernisasi proses administratif dan hukum di era digital ini.

e-Meterai itu apa?

Menurut PP no.86 Tahun 2021, e-Meterai atau segel elektronik adalah stempel berupa label yang diletakkan pada dokumen elektronik melalui mekanisme tertentu. Artinya, tidak seperti segel lengket, e-Meterai ini tidak memiliki bentuk fisik. Sebaliknya, ini dalam bentuk digital. Meskipun demikian, keduanya memiliki nilai yang sama.

Sebagai respon terhadap pajak meterai atas dokumen elektronik, pemerintah memberlakukan bea meterai elektronik ini. Sebagai hasilnya, diproyeksikan untuk membantu membentuk kembali ekonomi korporasi Indonesia di masa depan. e-Meterai dari aplikasi e-materai memberikan kemudahan dalam menjaga dokumen elektronik.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  Mengenal Aplikasi Zoom Untuk Laptop: Cara Download dan Instal!

Aplikasi e-Meterai

1. eMET

eMET adalah aplikasi smartphone yang memungkinkan Anda menerapkan tanda tangan dan stempel elektronik. Anda dapat menggunakan versi digital dari dokumen atau surat penting.

Aplikasi eMET ini akan terintegrasi dengan PERURI secara otomatis. Aplikasi smartphone ini menyediakan UI yang mudah digunakan. Alhasil, memasang segel elektronik dan tanda tangan digital tidaklah sulit bagi pemula.

Untuk menggunakannya, Anda harus terlebih dahulu membuat akun eMET dan memverifikasinya. Unggah dokumen, seperti file PDF, berikutnya. Jika masih dalam bentuk word, silakan ubah ke PDF. Jika Anda telah menyelesaikan checkout (pembayaran), pilih posisi segel dan tanda tangan digital seperti yang diminta, dan dokumen akan diproses.

2. Privy.id

Fitur baru, e-Meterai, sekarang tersedia di situs web Privy.id. Layanan ini digunakan untuk menyematkan segel elektronik PERURI dalam dokumen digital. Di situs web, Anda dapat membeli 10.000 jenis segel yang berbeda.

Untuk menggunakan e-Meterai di Privy, pertama-tama buat akun (masukkan user id dan password), lalu unggah dokumen yang akan disegel, pilih jenis dokumen (misalnya surat pernyataan), dan atur segel di tempat yang diinginkan.

Cara Membeli e-Meterai Online

Penting untuk memahami cara membeli e-Meterai secara online. E-Meterai, seperti semua segel, berfungsi sebagai bukti dokumen, meskipun mereka tidak menentukan apakah dokumen itu valid atau tidak. Pemerintah telah resmi memberlakukan nominal e-materai Rp 10.000.

Apa sebenarnya e-Meterai itu? Segel elektronik, kadang-kadang dikenal sebagai e-Meterai, adalah segel digital yang digunakan pada dokumen elektronik. E-Meterai adalah label yang dapat diterapkan pada kertas menggunakan sistem tertentu. (Peraturan Pemerintah No. 86 Tahun 2021)

Berapa biaya e-materai? Bea meterai elektronik atau biasa dikenal dengan bea meterai elektronik dikenakan tarif sebesar Rp10.000 berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2020 tentang Bea Materai. E-Meterai ini mulai berlaku pada 1 Januari 2021.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  Mengenal 9+ Aplikasi Al Quran Terbaik Untuk Smartphone Android, Mudah Dipahami

Berbeda dengan segel lengket, segel elektronik dapat dibeli secara online. Di mana saya bisa mendapatkan e-Meterai online? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pembelian e-meterai secara online dapat dilakukan melalui website resmi Perum Peruri. Dengan mengikuti petunjuk di internet, tugasnya cukup sederhana. Untuk mempelajari lebih lanjut, ikuti panduan langkah demi langkah ini tentang cara mendapatkan stempel elektronik secara online:

1. Buka situs web resmi di https://e-meterai.co.id/.
2. Pilih “BELI E-METERAI” dari menu.
3. Masuk dengan email dan kata sandi Anda, atau jika ini adalah kunjungan pertama Anda, klik “Daftar di sini” untuk membuat akun.
4. Pilih jenis pemilik akun dan lanjutkan dengan mengunggah KTP dengan ukuran maksimal 1 MB.
5. Lanjutkan dengan memasukkan informasi pribadi dan mengunggah makalah lebih lanjut.
6. Untuk langkah validasi, masukkan kode OTP yang diberikan melalui SMS atau email.
7. Setelah validasi, beli e-materai sesuai keinginan.

Selain pembelian online, e-Meteraiai dapat dibeli secara offline dengan mengunjungi kantor cabang bank milik negara dan komersial.

Daftar Distributor Resmi E-Meterai

Harap diingat bahwa pembelian e-meterai secara online juga dimungkinkan melalui distributor resmi e-meterai yang terhubung dengan Perum Peruri. Menurut situs Indonesia Baik, ada 5 distributor resmi e-Meteraiai. Berikut daftar 5 distributor resmi e-Meterai:

1. PT Peruri Digital Security (PDS) (https://e-meterai.co.id/)
2. PT Mitra Pajakku (https://e-materai.pajakku.com/)
3. PT FINNET INDONESIA (https://finnet.e-meterai.co.id/)
4. PT Mitracomm Ekasarana (https://mitracomm.e-meterai.co.id/)
5. Koperasi Swadharma (https://swadharma.e-meterai.co.id/)

Cara Memasang dan Menggunakan e-Meterai

Jika pembelian e-Meterai secara online berhasil, langkah selanjutnya adalah memasang e-Meterai yang akan digunakan. Berikut langkah-langkah pengaplikasian e-Meterai:

1. Masuk ke akun Anda dengan memberikan alamat email dan kata sandi Anda.
2. Arahkan ke menu ‘BUBUHAN’.
3. Unggah dokumen yang ingin Anda lampirkan dan pastikan dalam format PDF.
4. Geser ikon e-Meterai di layar untuk memilih halaman dan posisi lampirkan.
5. Masukkan PIN yang terdiri dari enam digit angka.
6. Tekan tombol “Kirim” untuk menerapkan e-Meterai.
7. Jika imbuhan e-Meterai berhasil, unduh ulang dokumen.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  20 Aplikasi Penghasil Uang dari Android Viral, Cair Tunai ke Rekening Lokal

Memahami Bentuk dan Karakteristik e-Meterai

Sangat penting untuk memahami struktur dan sifat e-Meterai atau segel elektronik selain mempelajari cara membeli e-Meterai secara online. Karena e-Meterai berbeda dari seal lengket dan memiliki sifat unik yang mencakup komponen keamanan. Berikut informasinya, seperti dilansir situs Indonesia Baik:

1. E-Meterai memiliki bentuk persegi dan warna pink yang kuat.
2. E-Meterai memiliki nomor 10000 dan tulisan “SEPULUH RIBU RUPIAH” di atasnya.
3. E-Meterai diidentifikasi dengan kode unik dalam bentuk nomor seri.
5. E-Meterai berisi informasi berikut:
– Terdapat Gambar lambang negara yaitu Garuda Pancasila
– Tulisan “METERAI ELEKTRONIK” yang jelas

Penutup

Demikian informasi aplikasi e-Meterai dan cara membeli e-Meteraiai online melalui situs resminya, serta tutorial cara mengaplikasikan e-Meterai. Saya harap Anda merasa bermanfaat!

Share:

Related Post