Cara Mencegah Mata Agar Tidak Mengalami Kelelahan Saat Menggunakan Komputer

admin

0 Comment

Link

Cara Mencegah Mata Agar Tidak Mengalami Kelelahan Saat Menggunakan Komputer. Ini akan menghindari ketegangan mata saat menggunakan komputer

Dengan banyak orang yang bekerja dari rumah karena penguncian yang disebabkan oleh wabah virus corona, mencegah ketegangan mata menjadi lebih penting. Kantor komersial cenderung memiliki furnitur dan pencahayaan yang lebih baik daripada kantor rumah darurat Anda, dan itu bisa sangat meningkatkan ketegangan mata. Namun, ada banyak cara sederhana untuk mencegah ketegangan mata dan kami akan memberi tahu Anda cara menguranginya.

Perbaiki postur Anda

Cara Anda duduk bisa menjadi penyebab mata lelah Anda, menurut American Occupational Safety and Health Association. Sebelum mencari solusi perangkat lunak atau perangkat keras untuk masalah Anda, pastikan postur Anda benar. Dalam banyak kasus, tampilan berada di atas atau di bawah ketinggian mata, yang menyebabkan postur tubuh yang buruk.

Memutar leher atau berjongkok untuk melihat layar membuat mata Anda tegang. Cobalah dudukan laptop atau hanya setumpuk buku untuk menaikkan layar setinggi mata.

Jika layar berada di atas ketinggian mata, coba angkat kursi Anda agar layar sejajar dengan mata. Setelah Anda selesai melakukannya, cobalah beberapa aplikasi yang akan membantu Anda mengurangi ketegangan mata.

Aturan 20-20-20

Aturan 20-20-20 sangat efektif dalam mengurangi ketegangan mata. Sederhananya, setelah setiap 20 menit melihat layar, lihatlah sebuah objek setidaknya sejauh 20 kaki selama 20 detik. Mengikuti aturan ini telah membantu kami dengan NDTV Gadgets sehingga kami dapat menjaminnya.

Namun, melacak istirahat dua puluh menit itu tidak mudah, terutama ketika Anda sedang bekerja. Jadi kami sarankan Anda mencoba aplikasi web gratis bernama Protect Your Vision. Bagaimana cara menggunakannya.

  1. Buka situs web Protect Your Vision> klik 20-20-20> pilih jadwal istirahat Anda dari menu drop-down. Anda dapat memilih antara 20-20-20 (disarankan) atau 60-5 (istirahat lima menit per jam) atau Kustom (di mana Anda dapat memilih panjang setiap istirahat dan interval antar istirahat).
  2. Setelah jadwal istirahat Anda dipilih, klik tombol hitam berlabel “Minta Izin dan Pemberitahuan untuk Pengujian”> Izinkan (Chrome) atau Tampilkan untuk Sesi Ini (Firefox)> Mulai PYV. Situs web memerlukan pemberitahuan desktop karena mengingatkan Anda untuk beristirahat. Notifikasi desktop didukung di Firefox, Chrome, dan Safari.
  3. Timer sekarang akan muncul yang menunjukkan waktu sampai istirahat berikutnya. Anda dapat mematikan notifikasi suara dengan mengklik ikon volume di sebelah timer. Setelah Anda melihat pemberitahuan, klik di atasnya, lalu klik Mulai Jeda. Sekarang layar Anda akan menjadi gelap selama jeda. Anda harus melihat pada titik setidaknya 20 kaki jauhnya. Atau, Anda dapat mengklik Mulai Latihan Mata di layar Anda dan aplikasi akan menampilkan beberapa latihan mata (menggerakkan mata ke atas dan ke bawah, dll) yang dapat Anda lakukan dengan cepat untuk meredakan ketegangan mata.
🔴 BACA JUGA:  10 Cara Memperbaiki Layar Sentuh Android yang Tidak Berfungsi

Protect Your Vision adalah aplikasi yang bagus, tetapi jika Anda menginginkan sesuatu yang secara otomatis menggelapkan layar Anda setiap 20 menit, cobalah FadeTop di Windows atau TimeOut di Mac. Mereka mencapai hasil yang sama dan tidak mengharuskan Anda mengklik tombol untuk memulai jeda.

Matikan cahaya biru

Menurut Vision Council, salah satu grup produsen dan pemasok terbesar di industri optik, cahaya biru adalah salah satu penyebab ketegangan mata digital. Untuk membuat monitor Anda ramah mata, Anda dapat masuk ke pengaturan dan mengubah berbagai opsi untuk mengurangi ketegangan mata.

Matikan cahaya biru

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur kecerahan dan kontras ke tingkat yang nyaman. Jika ruang kerja Anda tidak memiliki banyak cahaya alami, pertimbangkan untuk memblokir cahaya biru di layar Anda untuk memberikan kelegaan yang sangat dibutuhkan mata Anda. Anda dapat melakukan ini secara manual dengan mengubah pengaturan tampilan Anda, tetapi itu tidak untuk semua orang.

Langkah selanjutnya adalah memblokir cahaya biru dari layar untuk mengurangi ketegangan mata. Ini paling efektif saat bekerja di bawah cahaya buatan, dan tidak begitu berguna bagi mereka yang bekerja di ruangan dengan banyak cahaya alami di siang hari.

Kurangi cahaya biru di Android

  1. Pada Android standar, Anda dapat pergi ke Pengaturan> Tampilan.
  2. Sekarang ketuk Lampu malam.
  3. Di sini Anda dapat mengatur berapa lama layar ponsel cerdas harus menyembunyikan cahaya biru dan, jika perlu, menyesuaikan suhu warna.
  4. Perhatikan bahwa fitur ini mungkin tidak tersedia dengan nama yang sama di versi kustom Android yang berbeda, yang dapat disebut Mode Malam, Mode Membaca, Perlindungan Malam, Perawatan Mata, dll. Periksa pengaturan tampilan ponsel Anda secara menyeluruh untuk menemukan kemungkinan ini.
🔴 BACA JUGA:  7 Cara Membuat Logo di Android

Kurangi cahaya biru di iOS

1. Di iOS, Anda dapat pergi ke Pengaturan> Tampilan dan Kecerahan.
2. Sekarang ketuk Shift Malam.
3. Di sini Anda dapat merencanakannya sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga menyesuaikan suhu warna.

Kurangi cahaya biru di bawah macOS

1. Di macOS, klik logo Apple di kiri atas layar (ada di bilah atas).
2. Sekarang klik Tampilan.
3. Klik tab Night Shift dan pilih durasi yang ingin Anda sembunyikan cahaya birunya. Kami mengatur ini untuk bekerja sepanjang hari tetapi Anda dapat mengaturnya sesuai keinginan Anda. Anda juga dapat memilih seberapa hangat atau dingin suhu warna yang Anda inginkan.

Kurangi cahaya biru di bawah Windows

1. Di Windows 10, buka menu Mulai.
2. Klik ikon roda gigi di sebelah kiri.
3. Klik Sistem, lalu klik Tampilan.
4. Sekarang aktifkan lampu malam. Di sini Anda dapat menyesuaikan jadwal dan suhu warna.
5. Jika versi Windows Anda tidak memiliki fitur ini, Anda dapat melakukannya dengan mengunduh aplikasi seperti Flux.

Perangkat keras

Meskipun solusi di atas seharusnya cukup baik untuk sebagian besar situasi, Anda harus mempertimbangkan untuk membeli perangkat dengan layar anti-silau untuk mengurangi ketegangan mata. Jika belum, Anda dapat membeli pelapis layar anti-silau. Kami menguji filter anti-silau 3M di laptop kami dan ternyata cukup efektif.

Jika Anda menggunakan perangkat dengan layar reflektif, mungkin sulit untuk melihat layar Anda saat menghadap cahaya. Filter anti-silau berguna dalam situasi ini dan filter dari 3M berfungsi seperti yang diiklankan. Ini akan memakan waktu untuk melampirkan ke layar Anda, tetapi ini adalah upaya satu kali. Pelapis anti-silau berkualitas tinggi berharga antara Rs 1.000 dan Rs. 2.000.

🔴 BACA JUGA:  6 Cara Nonton Live Streaming Bola di Android

Jika ini tidak memungkinkan, kami menyarankan Anda menemui dokter mata dan mendapatkan kacamata anti-silau yang baik. Beberapa merek (seperti Gunnar) juga membuat kacamata yang dikatakan sangat membantu dalam “sindrom penglihatan komputer”.

Kami meninjau dua gelas untuk mengurangi ketegangan mata dari Gunnar dan ternyata sangat efektif. Anda dapat membaca ulasan dan memutuskan apakah Anda membutuhkan kacamata seperti ini.

Kiat-kiat ini seharusnya membantu Anda mengurangi ketegangan mata. Jika Anda memiliki kiat lebih lanjut atau menyukai saran kami, beri tahu kami menggunakan komentar. Untuk tutorial lebih lanjut, lihat bagian Cara kami.

Tags:

Share:

Related Post