Dukungan Multi Perangkat WhatsApp Mulai Dihadirkan Untuk Penguji Beta, Berfungsi Walaupun Ponsel Anda Tidak Aktif

admin

0 Comment

Link

Dukungan Multi Perangkat WhatsApp Mulai Dihadirkan Untuk Penguji Beta, Berfungsi Walaupun Ponsel Anda Tidak Aktif. Dengan pembaruan baru dari WhatsApp, Anda akan tetap terhubung meskipun baterai ponsel Anda mati atau tidak ada koneksi internet.

WhatsApp akhirnya mulai meluncurkan fitur multi-perangkat yang sangat dinanti yang memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi pesan instan tidak hanya di ponsel mereka tetapi juga di hingga empat perangkat non-ponsel pada saat yang bersamaan.

Perkembangan baru, yang awalnya merupakan uji beta publik terbatas, muncul beberapa bulan setelah rumor menyatakan keberadaannya di belakang layar.

WhatsApp mengatakan harus “memikirkan kembali” arsitekturnya dan mengembangkan sistem baru untuk menghadirkan dukungan multi-perangkat ke dalam bentuk akhirnya. Perusahaan milik Facebook juga seharusnya menjaga privasi dan enkripsi ujung-ke-ujungnya sambil mengaktifkan pengalaman baru.

Meskipun WhatsApp telah memungkinkan pengguna untuk mengakses platform mereka secara bersamaan di perangkat sekunder seperti desktop atau laptop untuk beberapa waktu sekarang, pembaruan terbaru dikatakan menawarkan pengalaman multi-perangkat mandiri di mana pengguna bahkan tidak perlu ponsel mereka terhubung atau bahkan terhubung ke internet dapat dimatikan. Ini berguna dalam banyak kasus.

Bahkan jika baterai ponsel Anda kosong, Anda dapat, misalnya, mengakses WhatsApp dengan kemampuan multi-perangkat baru di laptop Anda. Ini juga akan terlihat ketika koneksi internet di ponsel Anda tidak stabil tetapi Anda memiliki jaringan yang stabil yang terhubung ke desktop Anda.

WhatsApp telah mengerjakan kemampuan multi-perangkat selama beberapa bulan terakhir – beberapa referensi menunjukkan kemajuannya sejak Juli 2019.

Perusahaan mengatakan telah mengembangkan teknologi baru untuk mempertahankan enkripsi END-TO-END sambil menjaga data Anda seperti riwayat pesan, nama kontak, dan pesan berbintang disinkronkan dengan mulus di semua perangkat.

🔴 BACA JUGA:  Aplikasi Chatting Selain WA untuk Komunikasi Online, Mudah Berbagi Pesan

“WhatsApp Multi-Device menggunakan pendekatan fanout klien di mana klien WhatsApp yang mengirim pesan dienkripsi dan disiarkan N kali ke N perangkat yang berbeda yang ada di daftar perangkat pengirim dan penerima,” kata perusahaan itu dalam posting terperinci. “Setiap pesan dienkripsi secara individual dengan setiap perangkat menggunakan sesi enkripsi berpasangan yang telah diatur. Pesan tidak disimpan di server setelah dikirim.”

Selain pesan, WhatsApp telah mempertahankan enkripsi ujung ke ujung untuk panggilan suara dan video, yang tersedia di beberapa perangkat.

Perusahaan juga mengatakan menyinkronkan data seperti riwayat pesan dan data status aplikasi, termasuk nama kontak dan apakah obrolan diarsipkan atau pesan ditandai di seluruh perangkat. Data yang disinkronkan antar perangkat juga harus dienkripsi ujung ke ujung.

WhatsApp telah memperbarui kertas putih keamanannya untuk merinci bagaimana dukungan untuk beberapa perangkat telah diterapkan sambil mempertahankan tingkat enkripsi yang sama yang ditawarkannya pada perangkat individual.

“Mulai 14 Juli 2021, pengguna dapat memiliki beberapa perangkat, masing-masing dengan kunci enkripsinya sendiri. Jika kunci enkripsi perangkat disusupi, penyerang tidak dapat menggunakannya untuk mendekripsi pesan yang dikirim ke perangkat lain, termasuk perangkat yang terdaftar untuk pengguna yang sama, ”kata buku putihnya.

Cara mendapatkan kemampuan multi-perangkat WhatsApp

WhatsApp awalnya membuat kemampuan multi-perangkatnya tersedia untuk “grup pengguna kecil” yang sudah menjadi bagian dari program beta-nya. Namun, ada rencana untuk menambahkan akses beta keikutsertaan untuk pengguna versi stabil yang akan tersedia dari layar Perangkat Tertaut di masa mendatang.

Pengguna yang mendapatkan kemampuan multi-perangkat untuk akun WhatsApp mereka dapat menautkan perangkat pendamping baru dengan memindai kode QR dari ponsel mereka.

Ini sama dengan bagaimana Anda dapat menghubungkan akun Anda di web atau desktop WhatsApp hari ini. Anda juga akan diminta untuk otentikasi biometrik sebelum menautkan.

🔴 BACA JUGA:  8 Cara Mengakses WhatsApp Web di Ponsel yang Jarang Diketahui

Selain itu, Anda selalu memiliki opsi untuk keluar dari perangkat pendamping atau melihat semua perangkat yang terkait dengan akun Anda dan penggunaan terakhirnya.

Dengan dukungan multi-perangkat yang luas, WhatsApp telah memudahkan pengguna untuk mengakses platform pengiriman pesannya melalui web, macOS, Windows, dan bahkan perangkat seperti portal Facebook.

Waktu pembaruan baru juga menarik karena orang-orang saat ini bekerja dari jarak jauh dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan perangkat komputasi mereka (misalnya desktop atau laptop) melalui telepon.

WhatsApp juga diharapkan menawarkan dukungan asli untuk iPad. Meskipun tampaknya masih dalam proses dan belum siap untuk pengguna, kemampuan multi-perangkat dapat berfungsi sebagai pengganti iPad untuk saat ini.

Penting untuk dicatat bahwa, mirip dengan WhatsApp, iMessage Apple telah menyediakan dukungan multi-perangkat secara eksklusif pada perangkat Apple selama beberapa waktu.

Telegram juga mendukung banyak perangkat, tetapi itu tidak tersedia dengan enkripsi ujung ke ujung dan terbatas pada obrolan cloud – bukan untuk menyinkronkan obrolan rahasianya.

Signal, di sisi lain, memungkinkan pengguna untuk mengakses layanan dari desktop mereka (atau hingga 5 perangkat yang terhubung) tetapi memerlukan koneksi melalui telepon untuk mengirim dan menerima pesan.

Tags:

Share:

Related Post