10 Cara Ambil Video dari YouTube lewat HP Android

admin

0 Comment

Link

YouTube adalah platform video populer yang menyediakan berbagai konten menarik untuk ditonton. Namun, tidak selalu mungkin untuk memiliki akses internet setiap saat. Dalam artikel ini, kami akan membahas sepuluh cara yang dapat Anda gunakan untuk mengambil video dari YouTube dan menyimpannya di perangkat Android Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan dapat menonton video favorit Anda bahkan ketika Anda offline. Mari kita mulai!

Cara Ambil Video dari YouTube lewat HP Android

Cara 1: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengambil video dari YouTube di perangkat Android Anda. Salah satu aplikasi yang populer adalah “TubeMate”. Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi ini dari situs web resmi mereka. Setelah diinstal, Anda dapat mencari video yang ingin Anda unduh di aplikasi ini dan menyimpannya di perangkat Anda.

Ada juga beberapa aplikasi lain seperti “VidMate” dan “Snaptube” yang menawarkan fitur serupa. Pastikan Anda mengunduh aplikasi dari sumber yang tepercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya di perangkat Anda.

Penting untuk diingat bahwa mengunduh video dari YouTube melanggar ketentuan penggunaan platform tersebut. Pastikan Anda hanya mengunduh video yang memiliki izin untuk didistribusikan secara offline atau hanya untuk penggunaan pribadi.

Cara 2: Menggunakan Situs Web Unduhan

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda juga dapat menggunakan situs web unduhan yang menyediakan layanan mengunduh video dari YouTube. Salah satu situs web yang populer adalah “SaveFrom.net”. Anda hanya perlu menyalin URL video YouTube yang ingin Anda unduh, lalu tempelkan di situs web ini. Setelah itu, Anda dapat memilih format dan kualitas video yang ingin Anda simpan di perangkat Anda.

Ada banyak situs web unduhan lainnya yang dapat Anda temukan dengan mencari di mesin pencari. Pastikan Anda memilih situs web yang terpercaya dan tidak mengandung malware atau iklan yang mengganggu.

Penting untuk diingat bahwa mengunduh video dari YouTube melanggar ketentuan penggunaan platform tersebut. Pastikan Anda hanya mengunduh video yang memiliki izin untuk didistribusikan secara offline atau hanya untuk penggunaan pribadi.

Cara 3: Menggunakan Fitur Unduh YouTube Premium

Jika Anda berlangganan layanan YouTube Premium, Anda dapat menggunakan fitur unduhan resmi yang disediakan oleh YouTube. Fitur ini memungkinkan Anda mengunduh video dan menyimpannya di aplikasi YouTube di perangkat Android Anda. Anda dapat mengakses video yang telah Anda unduh kapan saja, bahkan ketika Anda offline.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Membuat Snapgram Lagu di Android

Untuk menggunakan fitur ini, buka aplikasi YouTube di perangkat Android Anda. Cari video yang ingin Anda unduh, lalu ketuk ikon unduh yang ada di bawah video. Anda dapat memilih kualitas video yang ingin Anda unduh, dan proses pengunduhan akan dimulai. Setelah selesai, Anda dapat menemukan video tersebut di bagian “Library” atau “Unduhan” di aplikasi YouTube.

Fitur unduhan YouTube Premium sangat berguna karena video yang diunduh akan tersedia dalam jangka waktu tertentu, tergantung pada izin yang diberikan oleh pemilik konten. Pastikan Anda memeriksa ketentuan penggunaan YouTube Premium terkait penggunaan video yang diunduh.

Perlu diingat bahwa fitur ini hanya tersedia bagi pengguna yang berlangganan layanan YouTube Premium.

Cara 4: Menggunakan Aplikasi Converter Video Online

Anda juga dapat menggunakan aplikasi converter video online untuk mengunduh video dari YouTube di perangkat Android Anda. Aplikasi semacam ini memungkinkan Anda untuk mengubah video YouTube menjadi format yang dapat diunduh langsung ke perangkat Anda.

Salah satu aplikasi yang populer adalah “OnlineVideoConverter.com”. Anda hanya perlu menyalin URL video YouTube yang ingin Anda unduh, lalu tempelkan di situs web ini. Setelah itu, Anda dapat memilih format dan kualitas video yang ingin Anda simpan di perangkat Android Anda.

Pastikan Anda menggunakan aplikasi converter video online yang tepercaya dan memiliki reputasi yang baik. Periksa ulasan pengguna sebelum menggunakan aplikasi tersebut untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.

Cara 5: Menggunakan Aplikasi YouTube Go

YouTube Go adalah versi ringan dari aplikasi YouTube yang dirancang khusus untuk pengguna dengan koneksi internet yang lambat atau terbatas. Aplikasi ini juga menyediakan fitur unduhan yang memungkinkan Anda mengunduh video dari YouTube dan menyimpannya di perangkat Android Anda.

Anda dapat mengunduh aplikasi YouTube Go dari Google Play Store. Setelah diinstal, buka aplikasi dan cari video yang ingin Anda unduh. Ketuk ikon unduh yang ada di samping video, dan Anda dapat memilih kualitas video yang ingin Anda unduh.

Video yang diunduh melalui YouTube Go dapat Anda akses di bagian “Unduhan” di aplikasi tersebut. Anda dapat menonton video ini kapan saja, bahkan tanpa koneksi internet.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Pindah Data Android ke iPhone

Cara 6: Menggunakan Aplikasi Screen Recorder

Jika Anda tidak dapat mengunduh video secara langsung, Anda dapat menggunakan aplikasi screen recorder untuk merekam video yang sedang diputar di perangkat Android Anda. Dengan aplikasi semacam ini, Anda dapat merekam video yang sedang diputar di layar perangkat Anda dan menyimpannya sebagai file video.

Salah satu aplikasi screen recorder yang populer adalah “AZ Screen Recorder”. Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi ini dari Google Play Store. Setelah diinstal, Anda dapat membuka aplikasi dan memulai proses perekaman saat Anda memutar video di aplikasi YouTube.

Setelah selesai merekam, Anda dapat menyimpan video tersebut di perangkat Anda dan menontonnya kapan saja.

Cara 7: Menggunakan Aplikasi Video Downloader

Ada banyak aplikasi video downloader yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda mengunduh video dari YouTube langsung ke perangkat Android Anda. Aplikasi semacam ini biasanya menyediakan fitur unduhan video dalam berbagai format dan kualitas.

Salah satu aplikasi yang populer adalah “Videoder”. Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi ini, Anda dapat mencari video yang ingin Anda unduh langsung di dalam aplikasi. Anda dapat memilih format dan kualitas video yang sesuai dengan kebutuhan Anda sebelum memulai proses pengunduhan.

Aplikasi video downloader sering kali memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan memungkinkan Anda untuk mengunduh video dengan cepat dan efisien. Pastikan Anda mengunduh aplikasi dari sumber yang tepercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya di perangkat Anda.

Cara 8: Menggunakan Aplikasi YouTube Offline

YouTube menyediakan fitur offline yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh video dan menyimpannya di aplikasi YouTube itu sendiri. Fitur ini dapat digunakan jika Anda memiliki akses ke jaringan internet dan ingin menyimpan video untuk ditonton nanti ketika Anda offline.

Untuk menggunakan fitur ini, buka aplikasi YouTube di perangkat Android Anda dan temukan video yang ingin Anda unduh. Di bawah video, Anda akan melihat ikon “Simpan” atau “Unduh”. Ketuk ikon tersebut dan video akan diunduh dan tersedia di bagian “Bibliotek” atau “Unduhan” di aplikasi YouTube.

Perlu diingat bahwa video yang diunduh melalui fitur offline YouTube hanya dapat ditonton melalui aplikasi YouTube itu sendiri dan tidak dapat dipindahkan ke perangkat lain.

Cara 9: Menggunakan YouTube-DL

YouTube-DL adalah alat baris perintah yang sangat kuat yang memungkinkan Anda mengunduh video dari YouTube dan berbagai platform video lainnya. Meskipun ini bukan aplikasi yang dirancang khusus untuk perangkat Android, Anda dapat menginstal YouTube-DL di perangkat Android Anda menggunakan aplikasi Terminal Emulator seperti Termux.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  10 Cara Mengaktifkan Dark Mode di Instagram Android

Setelah Anda menginstal Termux dari Google Play Store, buka aplikasi dan ikuti langkah-langkah instalasi YouTube-DL. Setelah YouTube-DL terpasang, Anda dapat menggunakan perintah yang ditentukan untuk mengunduh video dari YouTube ke perangkat Android Anda.

Pastikan Anda memahami cara menggunakan YouTube-DL dan mematuhi hak cipta saat mengunduh video dari platform video.

Cara 10: Menggunakan Browser dengan Fitur Unduhan

Beberapa browser untuk perangkat Android memiliki fitur unduhan video bawaan yang memungkinkan Anda mengunduh video langsung dari situs web YouTube. Misalnya, browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera Mini menyediakan opsi untuk mengunduh video secara langsung saat Anda mengakses situs web YouTube.

Untuk menggunakan fitur ini, buka browser di perangkat Android Anda dan kunjungi situs web YouTube. Cari video yang ingin Anda unduh, lalu putar video tersebut. Ketika video sedang diputar, Anda akan melihat ikon unduh atau simpan di sekitar pemutar video. Ketuk ikon tersebut, dan browser akan memulai proses pengunduhan video ke perangkat Anda.

Pastikan Anda menggunakan versi terbaru dari browser yang Anda gunakan dan bahwa fitur unduhan video diaktifkan. Setiap browser mungkin memiliki cara yang sedikit berbeda untuk mengunduh video, jadi pastikan Anda membaca panduan atau petunjuk penggunaan resmi untuk browser yang Anda gunakan.

Penutup

Sekarang Anda telah mengetahui sepuluh cara untuk mengambil video dari YouTube lewat HP Android. Dari aplikasi pihak ketiga hingga fitur resmi YouTube, ada banyak opsi yang dapat Anda pilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Perlu diingat bahwa mengunduh video dari YouTube melanggar ketentuan penggunaan platform tersebut kecuali izin telah diberikan oleh pemilik video atau YouTube sendiri. Penting untuk menghormati hak cipta dan menggunakan video yang diunduh hanya untuk penggunaan pribadi dan tidak untuk tujuan komersial.

Dengan menggunakan salah satu dari sepuluh cara ini, Anda dapat menikmati video YouTube favorit Anda bahkan ketika Anda tidak memiliki akses internet. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

 

Share:

Related Post