10 Cara Blokir Iklan di HP Android

admin

0 Comment

Link

Apakah Anda sering merasa terganggu dengan iklan yang tiba-tiba muncul saat Anda sedang menggunakan HP Android? Iklan memang menjadi salah satu sumber penghasilan bagi pemilik aplikasi dan situs web, namun terkadang iklan yang muncul secara berlebihan bisa mengganggu aktivitas Anda.

Jangan khawatir, di artikel ini saya akan memberikan 10 cara blokir iklan di HP Android agar Anda bisa merasa lebih nyaman dan fokus dalam menggunakan perangkat Android Anda. Berikut adalah 10 cara blokir iklan di HP Android yang bisa Anda coba:

Cara Blokir Iklan di HP Android

1. Menggunakan Aplikasi Pemblokir Iklan

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan aplikasi pemblokir iklan. Ada banyak aplikasi pemblokir iklan yang bisa Anda temukan di Google Play Store seperti AdBlock, AdGuard, dan banyak lagi. Aplikasi ini akan membantu memblokir iklan yang muncul saat Anda sedang menggunakan aplikasi atau browsing di browser.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pemblokir iklan ini bisa membuat beberapa situs atau aplikasi tidak berfungsi dengan baik. Hal ini karena beberapa situs dan aplikasi mengharuskan Anda untuk menampilkan iklan sebagai syarat penggunaan layanan.

Jadi, sebelum Anda menggunakan aplikasi pemblokir iklan, pastikan untuk membaca ulasan dan rating dari pengguna lain di Google Play Store.

2. Menggunakan Mode Pesawat

Cara kedua yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan mode pesawat. Mode pesawat akan mematikan semua sinyal di HP Anda termasuk sinyal data dan WiFi. Dengan mematikan sinyal data dan WiFi, iklan yang biasanya muncul karena adanya koneksi internet tidak akan muncul.

Namun, cara ini juga memiliki kekurangan karena Anda tidak bisa menggunakan layanan yang membutuhkan koneksi internet seperti browsing, streaming musik, atau menonton video di YouTube.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  Vivo Y28 Resmi Diluncurkan di Indonesia: Ponsel dengan Baterai 6.000 mAh dan Harga Mulai Rp 2 Jutaan

3. Menggunakan DNS Pemblokir Iklan

Cara ketiga yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan DNS pemblokir iklan. DNS adalah singkatan dari Domain Name System yang berfungsi untuk menerjemahkan alamat IP menjadi alamat URL. Dengan menggunakan DNS pemblokir iklan, semua permintaan koneksi ke server yang mengandung iklan akan diblokir.

Anda bisa mengganti DNS di HP Android Anda dengan menggunakan aplikasi seperti DNS Changer atau bisa juga mengubahnya secara manual melalui pengaturan di HP Anda.

4. Menggunakan Browser dengan Fitur Pemblokir Iklan

Cara keempat yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan browser dengan fitur pemblokir iklan seperti Brave, Chrome, Firefox, dan Opera. Browser-borwser ini sudah dilengkapi dengan fitur pemblokir iklan sehingga iklan tidak akan muncul saat Anda sedang browsing di internet.

5. Menggunakan Hosts File

Anda bisa mengubah hosts file di HP Android Anda dengan menggunakan aplikasi seperti Hosts Go atau bisa juga mengubahnya secara manual melalui pengaturan di HP Anda.

6. Menggunakan VPN dengan Fitur Pemblokir Iklan

Cara keenam yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan VPN dengan fitur pemblokir iklan seperti NordVPN atau Surfshark. VPN akan membantu Anda untuk mengamankan koneksi internet Anda serta mengubah lokasi Anda menjadi negara lain. Selain itu, VPN juga dilengkapi dengan fitur pemblokir iklan sehingga iklan tidak akan muncul saat Anda sedang menggunakan internet.

7. Menggunakan Router dengan Fitur Pemblokir Iklan

Cara ketujuh yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan router dengan fitur pemblokir iklan. Router dengan fitur pemblokir iklan akan membantu memblokir semua iklan yang muncul saat Anda sedang menggunakan internet di rumah atau kantor.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  Pilihan Hp Gaming 1 Jutaan Terbaik 2023: Review Lengkap, Harga dan Spesifikasi

Anda bisa mencari router dengan fitur pemblokir iklan di toko-toko online seperti Lazada, Bukalapak, dan Shopee.

8. Menonaktifkan Penggunaan Data untuk Iklan

Cara kedelapan yang bisa Anda coba adalah dengan menonaktifkan penggunaan data untuk iklan. HP Android Anda memiliki fitur pengaturan privasi yang memungkinkan Anda untuk menonaktifkan penggunaan data untuk iklan. Dengan menonaktifkan penggunaan data untuk iklan, maka iklan yang muncul saat Anda sedang menggunakan aplikasi atau browsing di browser akan berkurang.

9. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Memblokir Iklan

Cara kesembilan yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memblokir iklan seperti Blokada atau DNS66. Aplikasi ini akan membantu memblokir semua iklan yang muncul saat Anda sedang menggunakan aplikasi atau browsing di browser.

Anda bisa mengunduh aplikasi ini di toko aplikasi pihak ketiga seperti F-Droid.

10. Menonaktifkan Akses Izin Aplikasi untuk Mengambil Data

Cara kesepuluh yang bisa Anda coba adalah dengan menonaktifkan akses izin aplikasi untuk mengambil data. Beberapa aplikasi mengambil data pribadi Anda untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan minat Anda. Dengan menonaktifkan akses izin aplikasi untuk mengambil data, maka iklan yang muncul saat Anda sedang menggunakan aplikasi akan berkurang.

Anda bisa mengubah izin aplikasi di HP Android Anda melalui pengaturan di HP Anda.

PENUTUP

Demikianlah 10 cara blokir iklan di HP Android yang bisa Anda coba. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga Anda bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dengan memblokir iklan di HP Android, Anda tidak hanya bisa menghemat kuota internet Anda, tetapi juga bisa mempercepat koneksi internet Anda serta mengurangi gangguan saat menggunakan aplikasi atau browsing di browser.

๐Ÿ”ด BACA JUGA:  5 Cara Mengembalikan File yang Hilang di Android

Jangan lupa untuk selalu update aplikasi dan sistem operasi di HP Android Anda, karena update biasanya juga menyertakan perbaikan bug dan fitur-fitur baru yang bisa membantu Anda dalam memblokir iklan di HP Android Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam memblokir iklan di HP Android. Terima kasih telah membaca artikel ini.

 

Share:

Related Post