10 Cara Blokir Iklan di YouTube Android tanpa Root

Selamat datang di artikel ini yang akan membahas tentang 10 cara blokir iklan di YouTube Android tanpa perlu melakukan proses root. Saat ini, iklan di YouTube menjadi salah satu sumber penghasilan bagi para pembuat konten, namun bagi sebagian pengguna, iklan dapat mengganggu pengalaman menonton video. Jika Anda mencari cara untuk menghilangkan iklan di aplikasi YouTube pada perangkat Android Anda tanpa harus melakukan rooting, artikel ini akan memberikan solusinya. Di bawah ini, kami telah merangkum 10 metode yang dapat membantu Anda memblokir iklan di YouTube dengan mudah dan efektif. Baca terus untuk menemukan metode yang paling cocok untuk Anda.

Cara Blokir Iklan di YouTube Android tanpa Root

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Metode pertama yang dapat Anda coba adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk memblokir iklan di YouTube. Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda temukan di Google Play Store yang menawarkan fitur ini. Cukup instal aplikasi tersebut dan aktifkan opsi blokir iklan. Beberapa aplikasi populer yang dapat Anda coba adalah Adblock for YouTube, YouTube Vanced, dan NewPipe. Pastikan Anda mendownload aplikasi dari sumber yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya.

Setelah menginstal aplikasi pihak ketiga, Anda dapat membukanya dan mengakses YouTube melalui aplikasi tersebut. Aplikasi ini akan secara otomatis memblokir iklan yang muncul selama Anda menonton video. Selain itu, beberapa aplikasi juga menawarkan fitur tambahan seperti pemutaran latar belakang, pengunduhan video, dan penyesuaian tampilan YouTube yang dapat meningkatkan pengalaman menonton Anda.

Namun, perlu diingat bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga mungkin melanggar kebijakan penggunaan YouTube. Selalu pastikan untuk membaca dan memahami ketentuan penggunaan YouTube sebelum menggunakan aplikasi semacam ini.

2. Menggunakan Modifikasi Aplikasi YouTube

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda juga dapat memodifikasi aplikasi YouTube resmi untuk memblokir iklan. Salah satu modifikasi terkenal adalah YouTube Vanced, yang menawarkan fitur blokir iklan dan pengaturan tambahan. Namun, untuk menggunakan modifikasi ini, Anda perlu mengunduh file APK dari sumber yang terpercaya dan menginstalnya secara manual di perangkat Android Anda.

Setelah menginstal YouTube Vanced, Anda dapat membukanya dan menikmati pengalaman menonton video yang bebas iklan. Modifikasi ini juga menyediakan fitur-fitur seperti pemutaran latar belakang, pemutaran video layar terpisah, serta opsi penyesuaian tampilan yang lebih luas. Namun, seperti aplikasi pihak ketiga, menggunakan modifikasi aplikasi YouTube juga dapat melanggar kebijakan penggunaan YouTube. Pastikan untuk menggunakan modifikasi yang terpercaya dan membaca ketentuan penggunaan YouTube dengan cermat sebelum menginstalnya.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuka Blokir di Facebook Android

3. Menggunakan Browser dengan Ekstensi Adblock

Metode berikutnya adalah menggunakan browser dengan ekstensi Adblock untuk memblokir iklan di YouTube. Beberapa browser populer seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera memiliki ekstensi Adblock yang dapat Anda instal. Cukup kunjungi toko ekstensi browser pilihan Anda, cari ekstensi Adblock, dan instal di browser Anda.

Setelah menginstal ekstensi Adblock, pastikan ekstensi tersebut diaktifkan dan kemudian buka situs YouTube melalui browser tersebut. Ekstensi Adblock akan secara otomatis memblokir iklan yang muncul di video YouTube. Selain memblokir iklan di YouTube, ekstensi Adblock juga dapat membantu memblokir iklan di situs-situs web lain yang Anda kunjungi.

Namun, perlu diingat bahwa menggunakan ekstensi Adblock dapat mempengaruhi pendapatan pembuat konten. Jika Anda menikmati konten yang disajikan oleh pembuat konten YouTube, pertimbangkan untuk mendukung mereka dengan cara lain, seperti menonton iklan atau memberikan donasi.

4. Menggunakan DNS Ad Blocking

Metode selanjutnya adalah menggunakan DNS ad blocking. DNS ad blocking adalah teknik di mana Anda mengubah server DNS di perangkat Android Anda untuk memblokir iklan. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda dengan proses ini, seperti Blokada atau AdGuard.

Cukup instal salah satu aplikasi ini dan aktifkan fitur DNS ad blocking. Aplikasi akan memblokir iklan di semua aplikasi, termasuk YouTube, yang menggunakan jaringan internet di perangkat Anda. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan DNS ad blocking mungkin mempengaruhi koneksi internet Anda, dan beberapa iklan mungkin masih muncul.

Selain itu, pastikan untuk menggunakan server DNS yang tepercaya dan mengikuti petunjuk pengaturan aplikasi dengan cermat. Jika Anda tidak yakin tentang pengaturan DNS, sebaiknya konsultasikan dengan ahli atau membaca panduan penggunaan yang disediakan oleh aplikasi.

5. Menggunakan Pi-hole

Metode terakhir yang akan kita bahas adalah menggunakan Pi-hole. Pi-hole adalah perangkat lunak open-source yang dapat Anda instal di perangkat Raspberry Pi atau server lokal Anda. Perangkat ini bertindak sebagai DNS sinkhole, yang secara efektif memblokir iklan di seluruh jaringan Anda.

Untuk menggunakan Pi-hole, Anda perlu membeli perangkat Raspberry Pi, menginstal perangkat lunak Pi-hole, dan mengatur konfigurasi jaringan dengan benar. Setelah itu, perangkat akan secara otomatis memblokir iklan di semua perangkat yang terhubung ke jaringan Anda, termasuk perangkat Android Anda yang digunakan untuk menonton YouTube.

Pi-hole memiliki keunggulan dalam memblokir iklan di berbagai aplikasi dan perangkat yang terhubung ke jaringan Anda, bukan hanya di YouTube. Namun, penggunaan Pi-hole memerlukan pengetahuan teknis yang lebih mendalam untuk mengatur dan mengonfigurasinya dengan benar. Jika Anda tidak familiar dengan konfigurasi jaringan atau Raspberry Pi, sebaiknya minta bantuan dari ahli atau ikuti panduan penggunaan yang disediakan secara rinci.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

6. Menonaktifkan Personalisasi Iklan di Pengaturan Android

Selain menggunakan metode teknis untuk memblokir iklan di YouTube, Anda juga dapat mencoba menonaktifkan personalisasi iklan di pengaturan Android Anda. Dengan menonaktifkan personalisasi iklan, Anda dapat mengurangi jumlah iklan yang sesuai dengan minat dan perilaku Anda.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan di perangkat Android Anda, cari opsi Privasi atau Akun Google, dan temukan pengaturan Iklan. Di sana, Anda akan menemukan opsi untuk menonaktifkan personalisasi iklan. Pastikan untuk mengaktifkan opsi tersebut dan mungkin perlu melakukan restart pada aplikasi YouTube untuk mengaplikasikan perubahan.

Meskipun menonaktifkan personalisasi iklan tidak sepenuhnya menghilangkan iklan di YouTube, ini dapat membantu mengurangi jumlah iklan yang ditampilkan sesuai dengan minat pribadi Anda.

7. Membeli Langganan YouTube Premium

Jika Anda benar-benar ingin menyingkirkan iklan di YouTube tanpa repot melakukan pengaturan atau pengunduhan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli langganan YouTube Premium. YouTube Premium adalah layanan berlangganan resmi dari YouTube yang menawarkan fitur tanpa iklan, pemutaran latar belakang, dan akses ke konten YouTube Originals.

Dengan berlangganan YouTube Premium, Anda dapat menikmati pengalaman menonton video di YouTube tanpa adanya iklan yang mengganggu. Selain itu, langganan ini juga mendukung pembuat konten, karena sebagian pendapatan langganan akan diberikan kepada pembuat konten yang Anda tonton.

Namun, perlu diingat bahwa YouTube Premium adalah layanan berlangganan berbayar. Pastikan Anda mengevaluasi anggaran Anda sebelum memutuskan untuk berlangganan. Anda juga dapat mencari promo atau penawaran diskon yang mungkin tersedia untuk langganan YouTube Premium.

8. Memberikan Umpan Balik kepada YouTube

Jika Anda ingin berkontribusi dalam memperbaiki pengalaman menonton YouTube dan mengurangi iklan yang mengganggu, Anda dapat memberikan umpan balik kepada YouTube tentang iklan yang Anda temui. YouTube memiliki mekanisme umpan balik yang memungkinkan Anda melaporkan iklan yang mengganggu atau tidak sesuai. Dengan memberikan umpan balik yang konstruktif, Anda dapat membantu YouTube memperbaiki pengalaman pengguna dengan memfilter iklan yang tidak diinginkan.

Untuk memberikan umpan balik, cari opsi “Laporkan iklan” di aplikasi YouTube. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di menu pengaturan atau pada iklan itu sendiri. Ketika Anda melaporkan iklan, berikan informasi yang jelas tentang mengapa Anda menganggap iklan tersebut mengganggu atau tidak relevan. Dengan demikian, YouTube dapat menggunakan umpan balik Anda untuk meningkatkan kebijakan iklan mereka dan menampilkan iklan yang lebih sesuai dengan minat pengguna.

9. Menggunakan Fitur Skip Iklan

Meskipun tidak secara langsung memblokir iklan, menggunakan fitur “Skip Iklan” yang disediakan oleh YouTube dapat membantu mengurangi waktu yang Anda habiskan untuk menonton iklan. Beberapa iklan di YouTube memiliki opsi “Lewati iklan” setelah beberapa detik, yang memungkinkan Anda untuk langsung melanjutkan menonton video tanpa harus menonton seluruh iklan.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Melihat Pesan Messenger yang Sudah Dihapus di HP Android

Jika iklan tersebut memiliki opsi “Lewati iklan”, tunggu beberapa detik hingga opsi tersebut muncul, lalu klik untuk melewati iklan dan melanjutkan menonton video. Meskipun ini tidak benar-benar memblokir iklan, Anda dapat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk menonton iklan yang tidak diinginkan.

10. Menyewa Pembuat Konten YouTube

Terakhir, jika Anda benar-benar ingin menghilangkan iklan di YouTube dan pada saat yang sama ingin mendukung pembuat konten yang Anda sukai, Anda dapat mempertimbangkan untuk menyewa pembuat konten YouTube secara langsung. Beberapa pembuat konten menawarkan opsi berlangganan melalui platform seperti Patreon, di mana Anda dapat membayar biaya bulanan atau tahunan untuk mendapatkan akses eksklusif ke konten mereka.

Dengan menyewa pembuat konten, Anda tidak hanya akan menghindari iklan di video mereka, tetapi Anda juga akan mendukung mereka secara langsung. Ini membantu mereka untuk terus menciptakan konten yang Anda nikmati tanpa harus mengandalkan pendapatan dari iklan.

Penutup

Menghilangkan iklan di YouTube Android tanpa melakukan rooting memang mungkin sedikit rumit, tetapi dengan menggunakan metode-metode yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat memblokir iklan dengan efektif. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Ingatlah bahwa meskipun menghilangkan iklan dapat meningkatkan pengalaman menonton, penting juga untuk mendukung pembuat konten yang Anda nikmati melalui cara-cara lain, seperti menonton iklan atau memberikan donasi.

Sekarang, Anda dapat menikmati menonton video di YouTube tanpa iklan yang mengganggu. Dengan mengikuti salah satu metode di atas, Anda dapat memiliki pengalaman menonton YouTube yang lebih lancar dan fokus pada konten yang Anda sukai. Ingatlah untuk selalu menggunakan metode yang legal dan mematuhi kebijakan penggunaan YouTube.

Artikel ini telah membahas sepuluh cara blokir iklan di YouTube Android tanpa melakukan rooting. Dari mengaktifkan fitur YouTube Vanced, menggunakan modifikasi aplikasi pihak ketiga, menggunakan browser dengan ekstensi Adblock, menggunakan DNS ad blocking, hingga menggunakan Pi-hole. Anda juga dapat mencoba menonaktifkan personalisasi iklan, membeli langganan YouTube Premium, memberikan umpan balik kepada YouTube, menggunakan fitur skip iklan, atau menyewa pembuat konten YouTube.

Dengan menggunakan salah satu atau beberapa metode ini, Anda dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan iklan yang muncul saat menonton video di YouTube. Ingatlah bahwa beberapa metode mungkin memerlukan pengaturan tambahan atau pengetahuan teknis, jadi pastikan untuk mengikuti panduan dengan hati-hati atau meminta bantuan jika diperlukan.

Selamat menikmati pengalaman menonton video di YouTube tanpa iklan yang mengganggu!