10 Cara Cek IMEI Android

Sebagai pengguna smartphone Android, tentu kita perlu mengetahui IMEI (International Mobile Equipment Identity) dari perangkat kita. IMEI adalah identitas unik yang dimiliki oleh setiap perangkat mobile. Dalam artikel ini, kita akan membahas 10 cara untuk melakukan pengecekan IMEI pada perangkat Android. Simaklah informasi berikut untuk mengetahui cara-cara yang dapat Anda lakukan.

Cara Cek IMEI Android

1. Menggunakan Pengaturan Android

Salah satu cara termudah untuk memeriksa IMEI pada perangkat Android adalah melalui pengaturan ponsel itu sendiri. Caranya sangat sederhana. Pertama, buka aplikasi Pengaturan di perangkat Anda. Kemudian, gulir ke bawah dan temukan opsi “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”. Setelah itu, cari informasi “Status” dan pilih “Informasi IMEI”. Di sana Anda akan menemukan nomor IMEI perangkat Anda.

Apabila Anda memiliki smartphone dengan slot dual SIM, perhatikan bahwa masing-masing slot SIM memiliki nomor IMEI yang berbeda. Pastikan Anda memeriksa nomor IMEI untuk setiap slot SIM yang digunakan.

Beberapa perangkat mungkin juga memiliki opsi “Cek IMEI” yang memungkinkan Anda memeriksa IMEI tanpa harus masuk ke pengaturan. Coba cari opsi ini di aplikasi Pengaturan Anda.

2. Menggunakan Kode Dial

Metode kedua yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa IMEI adalah melalui kode dial. Buka aplikasi Telepon atau Panggilan di perangkat Anda dan ketikkan kode *#06#. Perangkat Anda akan secara otomatis menampilkan nomor IMEI di layar. Anda dapat menyalin nomor tersebut atau mencatatnya untuk referensi di masa mendatang.

Jika perangkat Anda memiliki slot dual SIM, kode *#06# akan menampilkan nomor IMEI untuk setiap slot SIM secara bergantian.

Metode ini sangat cepat dan praktis, sehingga Anda dapat dengan mudah memeriksa IMEI kapan saja dan di mana saja.

3. Mengecek di Kotak Perangkat

Anda juga dapat menemukan nomor IMEI pada kotak perangkat Android Anda. Pada umumnya, nomor IMEI tercetak di bagian belakang kotak atau pada label yang melekat pada kotak tersebut. Cari label dengan tulisan “IMEI” diikuti oleh serangkaian angka. Itulah nomor IMEI perangkat Anda.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuat Game Android Tanpa PC

Penting untuk dicatat bahwa kotak perangkat mungkin sudah tidak tersedia jika Anda telah menggunakan perangkat Anda untuk jangka waktu yang lama. Namun, jika Anda masih menyimpan kotak perangkat tersebut, periksa di sana untuk menemukan nomor IMEI yang Anda butuhkan.

4. Melalui Pengaturan SIM Card

Salah satu cara lain untuk memeriksa IMEI pada perangkat Android adalah melalui pengaturan SIM card. Caranya berbeda-beda tergantung pada antarmuka pengguna (UI) perangkat Anda. Namun, umumnya Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Anda.

2. Gulir ke bawah dan cari opsi “SIM Card” atau “Kartu SIM”.

3. Pilih slot SIM yang ingin Anda periksa IMEI-nya jika perangkat Anda memiliki slot dual SIM.

4. Di bagian informasi SIM card, Anda akan menemukan nomor IMEI perangkat.

Pastikan Anda memeriksa nomor IMEI untuk setiap SIM card yang terpasang pada perangkat Anda.

5. Melalui Kode QR pada Stiker IMEI

Pada beberapa perangkat, Anda mungkin menemukan stiker IMEI yang menempel di bagian belakang perangkat atau di bawah baterai (jika baterai dapat dilepas). Stiker tersebut biasanya memiliki kode QR yang mengandung informasi IMEI perangkat.

Untuk memeriksa IMEI menggunakan stiker ini, Anda perlu menggunakan aplikasi pemindai kode QR yang tersedia di perangkat Anda. Buka aplikasi tersebut dan arahkan kamera perangkat Anda ke kode QR pada stiker IMEI. Aplikasi akan membaca kode QR dan menampilkan nomor IMEI pada layar perangkat Anda.

Jika Anda tidak menemukan stiker IMEI pada perangkat Anda, coba periksa bagian lain seperti bagian dalam slot SIM card atau bagian dalam laci kartu memori (jika ada).

6. Melalui Situs Web Resmi Pabrikan

Beberapa produsen smartphone memiliki situs web resmi yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa IMEI perangkat mereka. Anda dapat mengunjungi situs web resmi pabrikan perangkat Android Anda dan mencari opsi “Cek IMEI” atau “Verifikasi IMEI”.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di Android

Setelah menemukan opsi tersebut, masukkan nomor IMEI perangkat Anda. Situs web akan memberikan informasi terkait perangkat Anda seperti model, tanggal produksi, dan keabsahan IMEI.

Ini adalah metode yang dapat diandalkan karena menggunakan sumber resmi dari produsen perangkat.

7. Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda menginginkan cara yang lebih praktis, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store untuk memeriksa IMEI perangkat Android Anda. Ada beberapa aplikasi yang dirancang khusus untuk tujuan ini, seperti “IMEI Checker” atau “IMEI Analyzer”.

Unduh salah satu aplikasi ini, instal di perangkat Anda, dan jalankan aplikasi tersebut. Biasanya, Anda hanya perlu memasukkan nomor IMEI perangkat Anda, dan aplikasi akan memberikan informasi terkait perangkat tersebut.

Pastikan Anda mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya. Pastikan juga aplikasi tersebut tidak meminta izin yang mencurigakan atau mengandung malware.

8. Melalui Layanan Operator Seluler

Anda juga dapat menghubungi operator seluler Anda untuk memeriksa IMEI perangkat Android Anda. Biasanya, operator seluler dapat memberikan informasi terkait nomor IMEI perangkat yang terdaftar dalam sistem mereka.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah menghubungi layanan pelanggan operator seluler melalui telepon atau mengunjungi gerai mereka secara langsung. Berikan informasi yang diminta, seperti nomor telepon yang terdaftar dan informasi pribadi lainnya untuk verifikasi identitas Anda.

Operator seluler akan memberikan nomor IMEI perangkat Anda dan mungkin juga memberikan informasi tambahan seperti status keamanan atau keabsahan IMEI tersebut.

9. Melalui Aplikasi Android Device Manager

Android Device Manager adalah layanan resmi dari Google yang dirancang untuk membantu Anda melacak dan mengamankan perangkat Android Anda jika hilang atau dicuri. Selain itu, layanan ini juga menyediakan informasi terkait perangkat Anda, termasuk nomor IMEI.

Untuk menggunakan Android Device Manager, pastikan Anda telah mengaktifkan layanan ini di perangkat Anda. Anda dapat mengakses Android Device Manager melalui aplikasi “Find My Device” yang tersedia di Google Play Store atau melalui situs web resmi Google.

Setelah masuk ke Android Device Manager, pilih perangkat yang ingin Anda periksa. Di sana Anda akan menemukan nomor IMEI perangkat tersebut bersama dengan informasi lain seperti lokasi terakhir perangkat, status baterai, dan opsi pengamanan.

🔴 BACA JUGA:  11 Cara Mempercepat Download di Android

10. Mengecek di Boks Online atau Sertifikat Pembelian

Jika Anda membeli perangkat Android secara online atau melalui toko fisik yang terpercaya, Anda mungkin memiliki akses ke informasi pembelian yang mencakup nomor IMEI perangkat Anda. Periksa email konfirmasi pembelian atau akun Anda di situs web pengecer untuk mencari informasi terkait IMEI.

Selain itu, beberapa toko juga menyertakan sertifikat pembelian yang mencantumkan nomor IMEI perangkat. Periksa sertifikat tersebut jika Anda menyimpannya sebagai referensi.

Anda juga dapat menghubungi penjual atau toko tempat Anda membeli perangkat dan meminta informasi terkait nomor IMEI jika Anda tidak menemukannya dalam email atau sertifikat.

Penutup

Demikianlah 10 cara cek IMEI pada perangkat Android. Dengan mengetahui nomor IMEI perangkat Anda, Anda dapat melacak perangkat yang hilang atau dicuri, memverifikasi keabsahan IMEI, dan mengakses informasi terkait perangkat Anda. Pastikan Anda menjaga nomor IMEI dengan baik dan tidak memberikannya kepada pihak yang tidak terpercaya untuk menjaga menghindari penyalahgunaan.

Dalam artikel ini, kami telah membahas 10 cara yang berbeda untuk memeriksa IMEI pada perangkat Android Anda. Anda dapat memilih metode yang paling nyaman dan sesuai dengan preferensi Anda. Apakah itu melalui pengaturan Android, kode dial, kotak perangkat, pengaturan SIM card, stiker IMEI, situs web resmi pabrikan, aplikasi pihak ketiga, layanan operator seluler, Android Device Manager, atau informasi pembelian.

Pastikan untuk melindungi nomor IMEI Anda dan tidak memberikannya kepada pihak yang tidak terpercaya. Nomor IMEI adalah informasi yang sensitif dan dapat digunakan untuk tujuan yang tidak diinginkan jika jatuh ke tangan yang salah.

Dengan mengetahui nomor IMEI perangkat Android Anda, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi perangkat Anda, melacaknya jika hilang, dan memastikan keabsahan IMEI untuk menjaga keamanan dan keandalan perangkat Anda.

Semoga informasi yang kami berikan dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda. Tetaplah waspada dan selalu menjaga keamanan perangkat Android Anda. Terima kasih telah membaca!