google.com, pub-7182798650051860, DIRECT, f08c47fec0942fa0 google.com, pub-2593381829815644, DIRECT, f08c47fec0942fa0

10 Cara Clear Cache Chrome Android

Selamat datang di artikel kami yang akan membahas 10 cara untuk membersihkan cache di aplikasi Chrome pada perangkat Android Anda. Cache adalah tempat penyimpanan sementara yang digunakan oleh aplikasi untuk mempercepat pengalaman browsing dan mengurangi penggunaan data. Namun, terkadang cache yang terlalu penuh dapat menyebabkan masalah seperti lambatnya kinerja atau tampilan yang tidak akurat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membersihkan cache di Chrome untuk meningkatkan kinerja peramban Anda. Mari kita mulai!

Cara Clear Cache Chrome Android

1. Buka Pengaturan Chrome

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Chrome di perangkat Android Anda. Setelah itu, ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar untuk membuka menu dropdown. Dalam menu ini, gulir ke bawah dan ketuk opsi “Pengaturan”.

Di dalam pengaturan Chrome, Anda akan menemukan berbagai opsi dan preferensi yang dapat Anda sesuaikan. Namun, untuk membersihkan cache, kita perlu mencari opsi yang tepat. Mari kita lanjutkan ke langkah berikutnya.

Jika Anda kesulitan menemukan pengaturan Chrome, Anda juga dapat langsung memasukkan “chrome://settings” di bilah URL peramban untuk membuka pengaturan.

2. Gulir ke Bawah dan Ketuk “Privasi”

Dalam menu Pengaturan Chrome, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Privasi”. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Opsi Privasi memungkinkan Anda mengelola berbagai pengaturan yang berkaitan dengan privasi dan keamanan saat menggunakan Chrome di perangkat Android Anda.

Pada layar Privasi, Anda akan menemukan beberapa opsi termasuk menghapus riwayat penelusuran, mengelola kata sandi, mengelola izin situs web, dan tentu saja, menghapus cache. Mari kita menuju langkah berikutnya untuk membersihkan cache Chrome.

3. Ketuk “Hapus Data Penjelajahan”

Dalam menu Privasi, ketuk opsi “Hapus Data Penjelajahan” untuk mengakses pengaturan penghapusan data Chrome.

🔴 BACA JUGA:  5 Cara Untuk Mencegah Sindrom Penglihatan Komputer Saat Bekerja di Rumah

Di sini, Anda dapat menghapus berbagai jenis data termasuk riwayat penelusuran, cache gambar, file cookie, kata sandi yang disimpan, dan banyak lagi. Karena kita ingin membersihkan cache, kita perlu memilih opsi yang sesuai.

Pada layar Hapus Data Penjelajahan, Anda akan menemukan daftar pilihan yang dapat Anda hapus. Salah satunya adalah cache Chrome. Ketuk opsi “Cache” untuk memilihnya dan melanjutkan proses membersihkan cache Chrome di perangkat Android Anda.

4. Pilih Rentang Waktu dan Ketuk “Hapus Data”

Selanjutnya, Anda perlu memilih rentang waktu untuk membersihkan cache Chrome di perangkat Android Anda. Rentang waktu menentukan data cache yang akan dihapus. Anda dapat memilih opsi seperti “Satu jam terakhir”, “24 jam terakhir”, “7 hari terakhir”, “4 minggu terakhir”, atau “Semua waktu”.

Pilih rentang waktu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin membersihkan semua cache, pilih opsi “Semua waktu”. Setelah memilih rentang waktu, ketuk tombol “Hapus Data” untuk memulai proses penghapusan cache Chrome.

Proses penghapusan cache dapat memakan waktu beberapa saat tergantung pada ukuran cache yang harus dihapus. Pastikan perangkat Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang stabil dan memiliki daya baterai yang cukup saat melakukan proses ini.

5. Tunggu Proses Penghapusan Selesai

Setelah Anda mengklik tombol “Hapus Data”, Chrome akan mulai menghapus cache sesuai dengan rentang waktu yang Anda pilih. Tunggu sampai proses penghapusan selesai.

Selama proses ini, penting untuk tidak menutup aplikasi Chrome atau mengalihkan perhatian Anda ke aplikasi lain. Biarkan Chrome menyelesaikan tugasnya agar cache dapat dihapus dengan benar.

Jika Anda memiliki cache yang cukup besar, proses penghapusan mungkin memakan waktu beberapa menit. Bersabarlah dan biarkan perangkat Anda menyelesaikan tugasnya.

6. Cache Chrome Telah Dihapus

Setelah proses penghapusan selesai, Anda akan melihat pesan yang mengonfirmasi bahwa cache Chrome telah dihapus dengan sukses.

Sekarang Anda telah berhasil membersihkan cache di aplikasi Chrome pada perangkat Android Anda. Cache yang dihapus termasuk gambar yang telah diunduh, file JavaScript, data halaman web, dan elemen lain yang tersimpan untuk meningkatkan kecepatan dan kinerja peramban.

Anda dapat memperhatikan perbedaan dalam kinerja Chrome setelah membersihkan cache. Halaman web mungkin akan memuat lebih cepat, dan Anda dapat menghemat ruang penyimpanan di perangkat Anda.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mendapatkan Kuota Gratis Smartfren di Android

7. Ulangi Proses Secara Berkala

Membersihkan cache secara berkala adalah praktik yang baik untuk menjaga kinerja peramban Chrome Anda. Cache yang terlalu penuh dapat memperlambat peramban dan mengurangi pengalaman browsing Anda.

Kami menyarankan Anda untuk mengulangi proses ini secara berkala, terutama jika Anda sering menggunakan Chrome untuk menjelajah internet. Anda dapat mengatur pengingat untuk membersihkan cache setiap bulan atau setiap beberapa bulan agar peramban tetap optimal.

Berikut adalah beberapa manfaat menghapus cache secara berkala:

– Meningkatkan kecepatan dan kinerja Chrome.

– Menghemat ruang penyimpanan di perangkat Anda.

– Mengurangi risiko kesalahan atau tampilan yang tidak akurat pada halaman web.</

8. Gunakan Aplikasi Pembersih Cache

Jika Anda ingin membersihkan cache Chrome dengan lebih mudah dan cepat, Anda dapat menggunakan aplikasi pembersih cache yang tersedia di Google Play Store. Ada banyak aplikasi pembersih cache yang dapat membantu Anda menghapus cache tidak hanya dari Chrome, tetapi juga dari aplikasi lainnya di perangkat Android Anda.

Anda dapat mencari aplikasi pembersih cache terpercaya dan populer seperti CCleaner, Clean Master, atau SD Maid. Pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan peringkat aplikasi sebelum mengunduh dan menginstalnya. Aplikasi pembersih cache dapat membantu Anda membersihkan cache dengan cepat dan efisien tanpa perlu masuk ke pengaturan Chrome secara manual.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi pembersih cache, ikuti petunjuk yang diberikan untuk membersihkan cache Chrome. Biasanya, Anda hanya perlu memilih aplikasi Chrome dari daftar aplikasi yang tersedia dalam aplikasi pembersih cache dan memulai proses pembersihan. Ini dapat menjadi pilihan yang lebih praktis jika Anda ingin membersihkan cache secara teratur tanpa harus melakukan langkah-langkah manual setiap kali.

9. Gunakan Mode Penjelajahan Pribadi

Jika Anda ingin menghindari penumpukan cache Chrome secara berlebihan, Anda dapat menggunakan Mode Penjelajahan Pribadi. Mode Penjelajahan Pribadi adalah fitur yang disediakan oleh Chrome yang memungkinkan Anda menjelajah internet tanpa menyimpan riwayat penelusuran, cache, atau cookie.

Untuk menggunakan Mode Penjelajahan Pribadi di Chrome, buka aplikasi Chrome di perangkat Android Anda. Kemudian, ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar dan pilih opsi “Mode Penjelajahan Pribadi”.

🔴 BACA JUGA:  Cara Mengetahui Password WiFi yang Sudah Diganti di Android

Setelah Anda masuk ke Mode Penjelajahan Pribadi, Chrome akan mulai menjelajah internet dengan mode yang tidak menyimpan cache atau riwayat penelusuran. Setiap kali Anda menutup tab atau keluar dari Mode Penjelajahan Pribadi, semua data penjelajahan akan dihapus secara otomatis.

Ini adalah opsi yang berguna jika Anda ingin menjaga privasi dan menghindari penumpukan cache pada perangkat Android Anda. Namun, perlu diingat bahwa Mode Penjelajahan Pribadi tidak melindungi sepenuhnya privasi Anda, karena ISP dan situs web masih dapat melacak aktivitas Anda.

10. Reboot Perangkat Anda

Jika Anda masih mengalami masalah dengan cache Chrome atau mengalami kinerja yang lambat, Anda dapat mencoba me-reboot perangkat Android Anda. Reboot atau restart dapat membantu membersihkan cache sementara dan mengembalikan perangkat ke keadaan awal yang segar.

Untuk merestart perangkat Android Anda, tekan dan tahan tombol daya perangkat Anda. Kemudian, pilih opsi “Restart” atau “Restart Perangkat” yang muncul di layar.

Setelah Anda memilih opsi restart, perangkat Android Anda akan memulai ulang. Ini akan membantu membersihkan cache sementara dan memperbarui pengaturan perangkat Anda.

Setelah perangkat Anda selesai me-reboot, buka aplikasi Chrome dan periksa apakah masalah cache telah teratasi dan kinerja peramban meningkat.

Jika Anda masih mengalami masalah dengan cache Chrome setelah me-reboot perangkat, Anda dapat mencoba metode lain yang telah kami sebutkan sebelumnya atau menghubungi dukungan teknis Chrome untuk bantuan lebih lanjut.

Penutup

Membersihkan cache di aplikasi Chrome di perangkat Android sangat penting untuk menjaga kinerja peramban yang optimal. Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan sepuluh cara yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan cache Chrome, mulai dari pengaturan manual di aplikasi Chrome hingga penggunaan aplikasi pembersih cache atau Mode Penjelajahan Pribadi.

Pastikan untuk membersihkan cache secara berkala agar Chrome tetap bekerja dengan baik dan Anda dapat menikmati pengalaman browsing yang lancar di perangkat Android Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda dapat membersihkan cache dengan mudah dan meningkatkan kinerja Chrome Anda.

Semoga informasi yang kami berikan dalam artikel ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba membersihkan cache Chrome di perangkat Android Anda!