10 Cara Copy Web yang Tidak Bisa Dicopy di Chrome Android

Apakah Anda pernah menemukan informasi berharga di sebuah situs web dan ingin mengkopi teksnya, tetapi menghadapi kesulitan dalam melakukan hal tersebut di perangkat Android Anda? Chrome adalah salah satu browser populer yang banyak digunakan oleh pengguna Android, namun fitur copy pada Chrome terbatas pada fungsi dasar.

Dalam artikel ini, kami akan membagikan 10 cara copy web yang tidak bisa dicopy di Chrome Android. Dengan menggunakan teknik-teknik ini, Anda akan dapat mengkopi teks dari situs web yang sebelumnya tidak bisa Anda salin. Mari kita lihat caranya!

Cara Copy Web yang Tidak Bisa Dicopy di Chrome Android

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu cara termudah untuk mengkopi teks dari situs web yang tidak bisa dicopy di Chrome Android adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda menyalin teks dengan mudah, seperti “Universal Copy” atau “Copy Text On Screen”. Setelah menginstal aplikasi tersebut, Anda dapat mengaktifkannya dan memilih teks yang ingin Anda salin dengan menyorotnya. Aplikasi tersebut akan membaca teks dari layar dan mengizinkan Anda untuk mengkopi teks tersebut.

Aplikasi pihak ketiga ini tidak hanya berfungsi pada Chrome, tetapi juga pada aplikasi lainnya di perangkat Android Anda. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menyalin teks dari situs web mana pun tanpa batasan.

Memang, menggunakan aplikasi pihak ketiga ini membutuhkan instalasi tambahan, tetapi jika Anda sering menghadapi masalah dalam menyalin teks di Chrome Android, ini adalah solusi yang efektif.

2. Menggunakan Mode Baca

Chrome Android dilengkapi dengan fitur “Mode Baca” yang memungkinkan Anda untuk membaca artikel secara lebih terfokus dan nyaman. Namun, tidak semua situs web mendukung fitur ini. Anda dapat memanfaatkan Mode Baca untuk mengkopi teks dari situs web yang tidak bisa dicopy secara langsung.

Untuk menggunakan Mode Baca, buka situs web yang ingin Anda salin teksnya. Kemudian, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas Chrome dan pilih opsi “Mode Baca”. Chrome akan menghilangkan elemen-elemen yang tidak terkait dengan konten artikel dan menampilkan kontennya dalam format yang lebih sederhana.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Cek Saldo PKH Lewat HP Android

Dalam Mode Baca, Anda dapat menyorot dan menyalin teks seperti biasa. Setelah menyalin teks yang diinginkan, Anda dapat keluar dari Mode Baca dan menyimpan teks tersebut untuk digunakan kemudian.

3. Menggunakan Fitur Cetak (Print)

Jika situs web tidak memperbolehkan Anda untuk mengkopi teksnya, Anda dapat menggunakan fitur cetak (print) di Chrome Android sebagai alternatif. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mencetak halaman web menjadi format PDF, yang nantinya dapat Anda salin teksnya.

Untuk menggunakan fitur cetak, buka situs web yang ingin Anda salin teksnya. Kemudian, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas Chrome dan pilih opsi “Cetak”. Anda akan melihat tampilan pratinjau cetak halaman web tersebut.

Pada pratinjau cetak, ketuk opsi “Simpan sebagai PDF” atau “Save as PDF” tergantung dari bahasa yang Anda gunakan di Chrome Anda. Setelah Anda memilih opsi tersebut, Chrome akan membuat file PDF dari halaman web tersebut.

Selanjutnya, Anda dapat membuka file PDF yang telah dibuat dan menyalin teks yang diinginkan dari file tersebut. Meskipun ini memerlukan langkah tambahan, fitur cetak dapat menjadi pilihan efektif jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil.

4. Menggunakan Mode Penjelajahan Incognito

Mode Penjelajahan Incognito di Chrome Android dapat membantu Anda mengkopi teks dari situs web yang tidak bisa dicopy secara normal. Mode ini memungkinkan Anda untuk menjelajahi web secara anonim, dan kadang-kadang dapat mengatasi pembatasan salin teks yang diterapkan oleh situs web.

Untuk menggunakan Mode Penjelajahan Incognito, buka Chrome Android dan ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas. Kemudian, pilih opsi “Mode Penjelajahan Incognito”. Anda akan melihat jendela baru dengan ikon topi detektif yang mengindikasikan Anda berada dalam mode ini.

Selanjutnya, buka situs web yang ingin Anda salin teksnya. Di Mode Penjelajahan Incognito, cobalah untuk menyorot dan menyalin teks seperti biasa. Beberapa situs web mungkin tidak menerapkan pembatasan salin teks di mode ini, sehingga Anda dapat dengan mudah mengkopi teksnya.

5. Menggunakan Sumber Halaman (View Page Source)

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang HTML dan ingin mengambil teks dari situs web yang tidak bisa dicopy, Anda dapat menggunakan fitur “Sumber Halaman” atau “View Page Source” di Chrome Android.

Untuk melihat sumber halaman, buka situs web yang ingin Anda ambil teksnya. Kemudian, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas Chrome dan pilih opsi “Sumber Halaman” atau “View Page Source”. Anda akan melihat kode HTML situs web tersebut.

Dalam sumber halaman, Anda dapat mencari teks yang ingin Anda salin menggunakan fungsi pencarian (biasanya dengan menekan tombol Ctrl+F). Setelah menemukan teks yang diinginkan, Anda dapat menyalinnya secara manual atau menggunakan fitur salin (copy) pada Chrome Android untuk menyalin kode tersebut.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Bermain PS2 di Android

Perlu diingat bahwa metode ini memerlukan pengetahuan dasar tentang HTML dan dapat menjadi sedikit rumit bagi pengguna yang tidak terbiasa dengan kode. Namun, jika Anda memiliki kebutuhan khusus untuk mengambil teks dari situs web yang tidak bisa dicopy, ini dapat menjadi pilihan yang efektif.

6. Menggunakan Aplikasi Penyalin Teks OCR

Aplikasi penyalin teks OCR (Optical Character Recognition) dapat membantu Anda menyalin teks dari gambar atau tampilan yang tidak dapat disalin secara langsung. Jika situs web menggunakan gambar atau tampilan teks yang tidak dapat Anda salin, aplikasi penyalin teks OCR dapat menjadi solusi.

Anda dapat mengunduh aplikasi OCR yang tersedia di Google Play Store, seperti “Google Lens” atau “Microsoft Office Lens”. Setelah menginstal aplikasi tersebut, Anda dapat menggunakannya untuk mengambil gambar atau melihat tampilan teks yang ingin Anda salin.

Aplikasi akan mengenali teks dalam gambar atau tampilan dan mengizinkan Anda untuk menyalinnya. Anda dapat menyalin teks tersebut dan menggunakannya seperti biasa.

7. Menghubungi Pemilik Situs Web

Jika Anda benar-benar membutuhkan teks dari situs web yang tidak dapat Anda salin, langkah terakhir yang dapat Anda coba adalah menghubungi pemilik situs web. Beberapa situs web menerapkan pembatasan salin teks untuk melindungi konten mereka dari penggunaan yang tidak sah.

Dalam beberapa kasus, pemilik situs web mungkin bersedia memberikan izin khusus kepada Anda untuk menyalin teks tersebut. Anda dapat mencari informasi kontak pemilik situs web, seperti alamat email atau formulir kontak, dan menjelaskan alasannya mengapa Anda perlu menyalin teks tersebut.

Dalam pesan Anda, pastikan untuk menjelaskan tujuan Anda yang jelas dan memberikan alasan yang masuk akal untuk mengapa Anda membutuhkan teks tersebut. Meskipun tidak ada jaminan bahwa permintaan Anda akan disetujui, menghubungi pemilik situs web adalah tindakan yang etis dan dapat memberikan hasil positif.

8. Menggunakan Fitur Sharing ke Aplikasi Lain

Jika Anda tidak dapat langsung menyalin teks dari situs web, Anda masih dapat menggunakan fitur sharing (berbagi) di Chrome Android untuk mengirim teks ke aplikasi lain yang mendukung salin teks.

Untuk melakukannya, buka situs web yang ingin Anda salin teksnya dan ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas Chrome. Pilih opsi “Berbagi” atau “Share” dan pilih aplikasi yang dapat menerima teks yang ingin Anda salin, seperti catatan, aplikasi pesan, atau editor teks.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Melihat Link Channel YouTube Sendiri di Android

Saat Anda memilih aplikasi yang sesuai, teks akan dibagikan ke aplikasi tersebut. Anda dapat membuka aplikasi tersebut dan menyalin teks yang telah Anda bagikan untuk digunakan sesuai kebutuhan Anda. Meskipun ini memerlukan langkah tambahan, fitur sharing dapat membantu Anda mengatasi pembatasan salin teks di Chrome Android.

9. Menggunakan Alat Pengambil Teks (Text Extraction Tool)

Jika semua upaya sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan alat pengambil teks (text extraction tool) yang tersedia secara online. Alat ini dapat membantu Anda mengekstrak teks dari halaman web yang tidak bisa Anda salin secara langsung.

Ada beberapa alat pengambil teks yang dapat Anda temukan dengan melakukan pencarian di mesin pencari. Alat-alat ini biasanya meminta Anda memasukkan URL halaman web yang ingin Anda ekstrak teksnya. Setelah Anda memberikan URL, alat akan memproses halaman web tersebut dan menampilkan teks yang dapat Anda salin dan gunakan.

Pastikan untuk menggunakan alat pengambil teks dari sumber yang terpercaya dan berhati-hati dengan privasi Anda. Selalu periksa kebijakan privasi dan persyaratan penggunaan alat sebelum menggunakannya.

10. Menyadari Batasan Hak Cipta dan Etika

Sebagai pengguna internet yang bertanggung jawab, penting bagi kita untuk menyadari batasan hak cipta dan menghormati privasi serta kebijakan yang diterapkan oleh pemilik situs web. Beberapa situs web sengaja melarang penyalinan teks untuk melindungi konten mereka dan memastikan informasi tetap terlindungi.

Jika Anda tidak dapat menyalin teks dari situs web yang diinginkan, pertimbangkan untuk mencari alternatif lain untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan, seperti mencari sumber lain yang menyediakan teks serupa atau menghubungi penulis konten untuk mendapatkan izin.

Memahami batasan dan menjaga etika dalam penggunaan konten online adalah sikap yang dianjurkan dan dapat membantu menjaga integritas internet secara keseluruhan.

Penutup

Demikianlah 10 cara copy web yang tidak bisa dicopy di Chrome Android. Meskipun beberapa situs web menerapkan pembatasan salin teks, Anda masih memiliki beberapa opsi untuk mengatasi kendala tersebut. Mulai dari menggunakan aplikasi pihak ketiga, mode baca, fitur cetak, mode penjelajahan incognito, hingga memanfaatkan aplikasi OCR dan alat pengambil teks.

Perlu diingat, saat menghadapi batasan salin teks, penting untuk selalu mematuhi hak cipta dan privasi yang diterapkan oleh pemilik situs web. Selalu menghormati kebijakan yang berlaku dan berusaha mencari solusi alternatif yang etis.

Dengan memanfaatkan cara-cara ini, Anda dapat mengakses teks dari situs web yang sebelumnya tidak bisa Anda salin dan menggunakan informasi tersebut sesuai kebutuhan Anda.