10 Cara Download Video di Google Chrome Android

Google Chrome adalah salah satu browser web terpopuler di dunia. Dengan fitur-fitur yang lengkap dan mudah digunakan, tidak heran jika banyak orang yang menggunakannya. Salah satu fitur yang paling sering digunakan adalah kemampuan untuk mengunduh video. Namun, tidak semua orang tahu cara melakukannya. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas 10 cara download video di Google Chrome Android.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa beberapa video mungkin dilindungi oleh hak cipta dan tidak boleh didownload atau didistribusikan tanpa izin. Pastikan untuk memeriksa lisensi video sebelum mengunduhnya. Jadi, jika Anda ingin mengunduh video dari Google Chrome Android, simak 10 cara berikut ini:

Cara Download Video di Google Chrome Android

1. Menggunakan Ekstensi Video Downloader Professional

Salah satu cara termudah untuk mengunduh video di Google Chrome Android adalah dengan menggunakan ekstensi Video Downloader Professional. Ekstensi ini dapat diunduh melalui Google Play Store dan memungkinkan Anda untuk mengunduh video dari berbagai situs web.

Setelah Anda menginstal ekstensi ini, buka situs web yang berisi video yang ingin Anda unduh. Kemudian, putar video tersebut dan Anda akan melihat tombol “Download” di sudut kanan bawah layar. Tekan tombol tersebut untuk memulai proses pengunduhan.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin perlu mengaktifkan mode pengembang di Google Chrome Android untuk menggunakan ekstensi ini. Untuk melakukannya, buka menu Chrome dan pilih “Pengaturan” > “Versi Chrome”. Aktifkan opsi “Mode Pengembang” dan Anda akan dapat menginstal ekstensi dari sumber yang tidak dikenal.

2. Menggunakan Aplikasi VidMate

VidMate adalah salah satu aplikasi pengunduh video paling populer di Android. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengunduh video dari berbagai situs web, termasuk YouTube, Facebook, dan Vimeo. Selain itu, VidMate juga mendukung unduhan file audio dan dapat mengonversi video ke format MP3.

🔴 BACA JUGA:  9 Cara Melihat Foto atau Video yang Sudah Dihapus di Android

Untuk menggunakan aplikasi ini, unduh dan instal VidMate dari Google Play Store. Buka aplikasi dan cari video yang ingin Anda unduh. Tekan tombol “Download” di bawah video untuk memulai proses pengunduhan.

Seperti dengan ekstensi Video Downloader Professional, VidMate mungkin tidak dapat mengunduh video dari semua situs web. Pastikan untuk memeriksa lisensi video sebelum mengunduhnya.

3. Menggunakan Aplikasi Snaptube

Snaptube adalah aplikasi pengunduh video lain yang dapat membantu Anda mengunduh video dari berbagai situs web. Aplikasi ini mendukung unduhan video dalam resolusi hingga 4K dan dapat mengonversi video ke format audio.

Unduh dan instal Snaptube dari situs web resmi. Setelah terpasang, buka aplikasi dan cari video yang ingin Anda unduh. Tekan tombol “Download” dan pilih resolusi video yang ingin Anda unduh. Proses pengunduhan akan dimulai segera setelah itu.

Sebagai catatan, Snaptube tidak tersedia di Google Play Store karena kebijakan Google terkait unduhan video yang dilindungi hak cipta. Namun, Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari situs web resmi Snaptube.

4. Menggunakan Layanan Unduh Online

Terdapat banyak layanan unduh online yang dapat membantu Anda mengunduh video dari berbagai situs web. Beberapa layanan tersebut antara lain KeepVid, SaveFrom.net, dan VideoGrabby.

Untuk menggunakan layanan ini, buka situs web yang berisi video yang ingin Anda unduh. Salin URL video dan buka layanan unduh online yang Anda pilih. Tempelkan URL video ke kotak yang tersedia dan tekan tombol “Download”. Layanan tersebut akan mengunduh video dan menawarkan pilihan format dan resolusi yang berbeda.

Namun, beberapa layanan unduh online mungkin menampilkan iklan atau pop-up yang mengganggu. Pastikan untuk memeriksa ulasan pengguna dan menghindari layanan yang mencurigakan.

5. Menggunakan Aplikasi TubeMate

TubeMate adalah aplikasi pengunduh video YouTube paling populer di Android. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengunduh video dari YouTube dalam berbagai resolusi dan format, termasuk MP3.

Untuk menggunakan aplikasi ini, unduh dan instal TubeMate dari situs web resmi. Buka aplikasi dan cari video YouTube yang ingin Anda unduh. Tekan tombol “Download” dan pilih resolusi dan format yang diinginkan. Proses pengunduhan akan dimulai segera setelah itu.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mengetahui Password FB yang Belum Logout di Android

Tetapi, seperti Snaptube, TubeMate tidak tersedia di Google Play Store karena kebijakan Google terkait unduhan video yang dilindungi hak cipta. Namun, Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari situs web resmi TubeMate.

6. Menggunakan Aplikasi VideoBuddy

VideoBuddy adalah aplikasi pengunduh video dan streaming yang populer di Android. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengunduh video dari berbagai situs web, termasuk YouTube, Facebook, dan Twitter.

Unduh dan instal VideoBuddy dari Google Play Store. Buka aplikasi dan cari video yang ingin Anda unduh. Tekan tombol “Download” dan pilih resolusi dan format yang diinginkan. Proses pengunduhan akan dimulai segera setelah itu.

Selain itu, VideoBuddy juga menyediakan fitur streaming untuk film dan acara TV, membuatnya menjadi aplikasi all-in-one yang praktis untuk pengguna Android.

7. Menggunakan Aplikasi Advanced Download Manager

Advanced Download Manager adalah aplikasi pengunduh yang canggih dan berfitur lengkap di Android. Aplikasi ini mendukung unduhan dari berbagai situs web, termasuk YouTube, Facebook, Instagram, dan banyak lagi. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung unduhan multi-threaded, mempercepat kecepatan unduhan, dan dapat melanjutkan unduhan yang terputus.

Unduh dan instal Advanced Download Manager dari Google Play Store. Buka aplikasi dan cari video yang ingin Anda unduh. Tekan tombol “Download” dan pilih resolusi dan format yang diinginkan. Proses pengunduhan akan dimulai segera setelah itu.

Selain itu, Advanced Download Manager juga memiliki fitur pengelola unduhan yang praktis, memungkinkan Anda mengatur dan mengelola unduhan Anda dengan mudah.

8. Menggunakan Aplikasi VidMate

VidMate adalah aplikasi pengunduh video dan audio yang populer di Android. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengunduh video dari berbagai situs web, termasuk YouTube, Facebook, dan Dailymotion.

Unduh dan instal VidMate dari situs web resmi. Buka aplikasi dan cari video yang ingin Anda unduh. Tekan tombol “Download” dan pilih resolusi dan format yang diinginkan. Proses pengunduhan akan dimulai segera setelah itu.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Duplikat WhatsApp di Android untuk Kenyamanan Penggunaan Ganda

Selain itu, VidMate juga menyediakan fitur streaming untuk film dan acara TV, membuatnya menjadi aplikasi all-in-one yang praktis untuk pengguna Android.

9. Menggunakan Aplikasi InsTube

InsTube adalah aplikasi pengunduh video dan audio yang populer di Android. Aplikasi ini mendukung unduhan dari berbagai situs web, termasuk YouTube, Facebook, Instagram, dan banyak lagi.

Unduh dan instal InsTube dari situs web resmi. Buka aplikasi dan cari video yang ingin Anda unduh. Tekan tombol “Download” dan pilih resolusi dan format yang diinginkan. Proses pengunduhan akan dimulai segera setelah itu.

Selain itu, InsTube juga memiliki fitur pengelola unduhan yang praktis, memungkinkan Anda mengatur dan mengelola unduhan Anda dengan mudah.

10. Menggunakan Add-on Download Manager

Beberapa add-on download manager tersedia di Google Chrome untuk Android. Salah satunya adalah Turbo Download Manager, yang memungkinkan Anda mengunduh file dan video secara cepat dan mudah.

Untuk menggunakan add-on ini, buka Google Chrome dan kunjungi situs web yang berisi video yang ingin Anda unduh. Tekan tombol “Download” dan pilih Turbo Download Manager dari daftar add-on yang tersedia. Pilih resolusi video yang diinginkan dan tekan tombol “Download”. Proses pengunduhan akan dimulai segera setelah itu.

Namun, pastikan untuk memeriksa reputasi add-on download manager sebelum menggunakannya, dan pastikan untuk menghindari add-on yang mencurigakan atau tidak dikenal.

Kesimpulan

Demikianlah 10 cara download video di Google Chrome Android yang dapat Anda coba. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa pengunduhan video dari situs web yang dilindungi hak cipta tanpa izin yang sah dapat melanggar hukum hak cipta, jadi pastikan untuk mematuhi hukum setempat dan menggunakan metode pengunduhan video dengan bijak.

Terakhir, ada baiknya untuk memperbarui perangkat lunak dan aplikasi Anda secara teratur untuk memastikan keamanan dan kinerja yang optimal. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda untuk mengunduh video dengan mudah di Google Chrome untuk Android.