10 Cara Edit PDF di Android

PDF atau Portable Document Format adalah format file dokumen yang paling umum digunakan di seluruh dunia. PDF memberikan keamanan dan privasi yang lebih baik dalam mengirim, membaca, dan menyimpan dokumen. Bagi pengguna Android, Anda tidak perlu lagi bergantung pada komputer untuk mengedit dokumen PDF. Di artikel ini, kami akan membahas 10 cara edit PDF di Android.

Jadi, jika Anda mencari cara untuk mengedit file PDF di Android, maka artikel ini akan memberikan solusi yang tepat untuk Anda. Berikut adalah daftar aplikasi Android terbaik yang dapat membantu Anda mengedit file PDF.

Namun sebelum itu, pastikan Anda telah memperbarui perangkat Android Anda ke versi terbaru dan memilih aplikasi yang kompatibel dengan perangkat Anda. Selain itu, pastikan Anda telah menyalin atau memindahkan file PDF ke perangkat Android Anda sebelum mencoba mengeditnya.

Cara Edit PDF di Android

1. Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader adalah salah satu aplikasi Android terbaik untuk membuka dan mengedit file PDF. Dengan Adobe Acrobat Reader, Anda dapat menambahkan teks, gambar, dan tanda tangan pada file PDF. Selain itu, Anda dapat menandai dan memberi catatan pada file PDF untuk membuatnya lebih mudah dipahami.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menghapus, mengganti, atau menambahkan halaman ke file PDF. Selain itu, Adobe Acrobat Reader dapat mengompres file PDF, sehingga dapat menghemat ruang penyimpanan pada perangkat Android Anda.

Dalam hal keamanan, Adobe Acrobat Reader dilengkapi dengan fitur keamanan yang memungkinkan Anda untuk mengunci file PDF dengan kata sandi dan menetapkan izin penggunaan. Anda dapat mengunduh Adobe Acrobat Reader di Google Play Store secara gratis.

2. Foxit PDF Reader & Editor

Foxit PDF Reader & Editor adalah aplikasi Android lain yang dapat membantu Anda mengedit file PDF. Aplikasi ini memiliki fitur yang mirip dengan Adobe Acrobat Reader, seperti menambahkan teks, gambar, dan tanda tangan pada file PDF. Selain itu, Anda dapat mengubah format teks, menambahkan catatan, dan menandai teks pada file PDF.

Aplikasi ini juga memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mengekstrak teks dari file PDF dan menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu. Anda juga dapat mengenkripsi file PDF dengan kata sandi dan menetapkan izin penggunaan pada file PDF.

Foxit PDF Reader & Editor tersedia secara gratis di Google Play Store, namun aplikasi ini memiliki versi premium yang menawarkan fitur tambahan seperti menghapus iklan dan menyimpan file PDF di cloud.

3. Xodo PDF Reader & Editor

Xodo PDF Reader & Editor adalah aplikasi Android yang populer dan mudah digunakan. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti menambahkan teks, gambar, dan tanda tangan pada file PDF. Selain itu, Anda dapat menandai dan memberi catatan pada file PDF untuk membuatnya lebih mudah dipahami. Anda juga dapat mengubah format teks dan menambahkan tautan pada file PDF.

🔴 BACA JUGA:  Cara Mencegah Mata Agar Tidak Mengalami Kelelahan Saat Menggunakan Komputer

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menandai teks, menghapus, mengganti, atau menambahkan halaman pada file PDF. Selain itu, Xodo PDF Reader & Editor memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan Anda berbagi file PDF dengan orang lain dan mengeditnya secara bersama-sama.

Dalam hal keamanan, Xodo PDF Reader & Editor memungkinkan Anda untuk mengunci file PDF dengan kata sandi dan menetapkan izin penggunaan. Anda dapat mengunduh Xodo PDF Reader & Editor di Google Play Store secara gratis.

4. CamScanner

CamScanner adalah aplikasi Android yang dapat membantu Anda mengedit file PDF dengan cara yang berbeda. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengambil gambar dokumen dan mengubahnya menjadi file PDF. Selain itu, Anda dapat menambahkan teks, gambar, dan tanda tangan pada file PDF yang telah dibuat.

Aplikasi ini juga memiliki fitur OCR (Optical Character Recognition) yang dapat mengubah teks yang tertulis di gambar menjadi teks yang dapat diedit. Selain itu, CamScanner dapat mengirim file PDF yang telah diedit melalui email atau membagikannya melalui aplikasi media sosial.

Dalam hal keamanan, CamScanner memungkinkan Anda untuk mengunci file PDF dengan kata sandi dan menetapkan izin penggunaan. Anda dapat mengunduh CamScanner di Google Play Store secara gratis, namun aplikasi ini memiliki versi premium yang menawarkan fitur tambahan seperti menghapus iklan dan menyimpan file PDF di cloud.

5. PDFelement

PDFelement adalah aplikasi Android yang berfokus pada pengeditan file PDF. Aplikasi ini memiliki fitur yang mirip dengan Adobe Acrobat Reader dan Foxit PDF Reader & Editor, seperti menambahkan teks, gambar, dan tanda tangan pada file PDF. Selain itu, Anda dapat menandai teks, menambahkan catatan, dan mengubah format teks pada file PDF.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menghapus, mengganti, atau menambahkan halaman pada file PDF. Selain itu, PDFelement memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mengekstrak teks dari file PDF dan menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu.

Dalam hal keamanan, PDFelement memungkinkan Anda untuk mengunci file PDF dengan kata sandi dan menetapkan izin penggunaan pada file PDF. Anda dapat mengunduh PDFelement di Google Play Store secara gratis, namun aplikasi ini memiliki versi premium yang menawarkan fitur tambahan seperti menghapus iklan dan menyimpan file PDF di cloud.

6. OfficeSuite

OfficeSuite adalah aplikasi Android yang dapat membantu Anda mengedit file PDF dan dokumen lainnya seperti dokumen Word, Excel, dan PowerPoint. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan Anda menambahkan teks, gambar, dan tanda tangan pada file PDF. Selain itu, OfficeSuite memiliki fitur OCR yang memungkinkan Anda mengubah teks pada gambar menjadi teks yang dapat diedit.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Membuat Animasi Bergerak di Android

Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur konversi PDF yang memungkinkan Anda mengubah file PDF menjadi format lain seperti Word, Excel, dan PowerPoint. Anda juga dapat mengekspor file PDF menjadi gambar JPEG atau PNG.

Dalam hal keamanan, OfficeSuite memungkinkan Anda untuk mengunci file PDF dengan kata sandi dan menetapkan izin penggunaan pada file PDF. Anda dapat mengunduh OfficeSuite di Google Play Store secara gratis, namun aplikasi ini memiliki versi premium yang menawarkan fitur tambahan seperti menghapus iklan dan menyimpan file di cloud.

7. PDF Max

PDF Max adalah aplikasi Android yang dapat membantu Anda mengedit file PDF dengan mudah. Aplikasi ini memiliki fitur yang mirip dengan Adobe Acrobat Reader dan Foxit PDF Reader & Editor, seperti menambahkan teks, gambar, dan tanda tangan pada file PDF. Selain itu, Anda dapat menandai teks, menambahkan catatan, dan mengubah format teks pada file PDF.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menghapus, mengganti, atau menambahkan halaman pada file PDF. Selain itu, PDF Max memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan Anda berbagi file PDF dengan orang lain dan mengeditnya secara bersama-sama.

Dalam hal keamanan, PDF Max memungkinkan Anda untuk mengunci file PDF dengan kata sandi dan menetapkan izin penggunaan pada file PDF. Anda dapat mengunduh PDF Max di Google Play Store secara gratis, namun aplikasi ini memiliki versi premium yang menawarkan fitur tambahan seperti menghapus iklan dan menyimpan file di cloud.

8. PDF Reader

PDF Reader adalah aplikasi Android yang dapat membantu Anda mengedit file PDF dengan mudah. Aplikasi ini memiliki fitur yang mirip dengan Adobe Acrobat Reader dan Foxit PDF Reader & Editor, seperti menambahkan teks, gambar, dan tanda tangan pada file PDF. Selain itu, Anda dapat menandai teks, menambahkan catatan, dan mengubah format teks pada file PDF.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menghapus, mengganti, atau menambahkan halaman pada file PDF. Selain itu, PDF Reader memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk mengekstrak teks dari file PDF dan menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu.

Dalam hal keamanan, PDF Reader memungkinkan Anda untuk mengunci file PDF dengan kata sandi dan menetapkan izin penggunaan pada file PDF. Anda dapat mengunduh PDF Reader di Google Play Store secara gratis, namun aplikasi ini memiliki versi premium yang menawarkan fitur tambahan seperti menghapus iklan dan menyimpan file di cloud.

9. Foxit MobilePDF

Foxit MobilePDF adalah aplikasi Android yang dapat membantu Anda mengedit file PDF dengan mudah. Aplikasi ini memiliki fitur yang mirip dengan Adobe Acrobat Reader dan Foxit PDF Reader & Editor, seperti menambahkan teks, gambar, dan tanda tangan pada file PDF. Selain itu, Anda dapat menandai teks, menambahkan catatan, dan mengubah format teks pada file PDF.

🔴 BACA JUGA:  Cara Mengatur Warna Layar Android

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menghapus, mengganti, atau menambahkan halaman pada file PDF. Selain itu, Foxit MobilePDF memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan Anda berbagi file PDF dengan orang lain dan mengeditnya secara bersama-sama.

Dalam hal keamanan, Foxit MobilePDF memungkinkan Anda untuk mengunci file PDF dengan kata sandi dan menetapkan izin penggunaan pada file PDF. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur untuk menghapus informasi pribadi pada file PDF sebelum membagikannya dengan orang lain.

Anda dapat mengunduh Foxit MobilePDF di Google Play Store secara gratis, namun aplikasi ini memiliki versi premium yang menawarkan fitur tambahan seperti menghapus iklan dan menyimpan file di cloud.

10. CamScanner

CamScanner adalah aplikasi Android yang dapat membantu Anda mengedit file PDF dengan mudah. Aplikasi ini memiliki fitur untuk memindai dokumen dan mengubahnya menjadi file PDF, serta fitur untuk menambahkan teks, gambar, dan tanda tangan pada file PDF.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur halaman pada file PDF dan menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu. Selain itu, CamScanner memiliki fitur kolaborasi yang memungkinkan Anda berbagi file PDF dengan orang lain dan mengeditnya secara bersama-sama.

Dalam hal keamanan, CamScanner memungkinkan Anda untuk mengunci file PDF dengan kata sandi dan menetapkan izin penggunaan pada file PDF. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur untuk menghapus informasi pribadi pada file PDF sebelum membagikannya dengan orang lain.

Anda dapat mengunduh CamScanner di Google Play Store secara gratis, namun aplikasi ini memiliki versi premium yang menawarkan fitur tambahan seperti menghapus iklan, menyimpan file di cloud, dan mengenali teks pada gambar menggunakan teknologi OCR.

Penutup

Dari sepuluh aplikasi yang telah kami bahas di atas, semuanya memiliki fitur yang dapat membantu Anda mengedit file PDF dengan mudah di perangkat Android Anda. Namun, masing-masing aplikasi memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Oleh karena itu, pilihlah aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda hanya perlu menandatangani atau menambahkan catatan pada file PDF, maka aplikasi seperti Adobe Acrobat Reader atau Xodo PDF Reader & Editor mungkin sudah cukup untuk Anda. Namun, jika Anda membutuhkan fitur yang lebih lengkap seperti mengedit teks dan gambar, maka Foxit MobilePDF atau OfficeSuite dapat menjadi pilihan yang lebih baik.

Terakhir, pastikan untuk memperhatikan faktor keamanan saat mengedit file PDF, seperti mengunci file PDF dengan kata sandi dan menghapus informasi pribadi sebelum membagikannya dengan orang lain. Dengan menggunakan aplikasi yang tepat dan memperhatikan faktor keamanan, Anda dapat mengedit file PDF dengan mudah dan aman di perangkat Android Anda. Selamat mencoba!