10 Cara Edit PDF Online di Android

Selamat datang di artikel ini! Jika Anda sedang mencari cara untuk mengedit file PDF menggunakan perangkat Android, Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membagikan sepuluh cara yang dapat Anda gunakan untuk mengedit PDF secara online langsung dari perangkat Android Anda. Dari menggabungkan halaman hingga menambahkan tanda tangan digital, Anda akan menemukan berbagai opsi yang memudahkan Anda dalam mengedit file PDF di ponsel Android Anda.

Cara Edit PDF Online di Android

1. Menggunakan SmallPDF

SmallPDF merupakan salah satu platform online populer yang dapat Anda gunakan untuk mengedit file PDF di Android. Anda dapat menggabungkan, membagi, atau menghapus halaman dengan mudah menggunakan layanan ini. Cukup unggah file PDF Anda, lakukan perubahan yang diperlukan, dan unduh kembali file PDF yang sudah diedit ke perangkat Android Anda.

Selain itu, SmallPDF juga menawarkan fitur tambahan seperti konversi PDF ke format lain seperti Word, Excel, atau PowerPoint. Platform ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, membuatnya cocok untuk pengguna Android yang ingin mengedit file PDF dengan cepat.

SmallPDF juga menyediakan layanan berbayar dengan fitur tambahan seperti penghapusan kata sandi PDF, kompresi PDF, dan perlindungan PDF dengan kata sandi. Namun, untuk kebutuhan dasar pengeditan PDF, versi gratisnya sudah cukup memadai.

2. Menggunakan Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader adalah salah satu aplikasi PDF terkemuka yang juga menawarkan fitur pengeditan PDF di perangkat Android. Anda dapat dengan mudah menyorot, menandai, atau menggambar di file PDF menggunakan aplikasi ini. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan catatan atau komentar di berbagai bagian dokumen.

Adobe Acrobat Reader juga memungkinkan Anda untuk mengisi formulir PDF secara langsung dari perangkat Android Anda. Anda dapat mengetikkan teks di bidang formulir, memilih opsi dari daftar, atau menandai kotak centang dengan mudah. Setelah selesai mengedit, Anda dapat menyimpan perubahan ke file PDF atau mengirimnya melalui email atau penyimpanan cloud.

Meskipun Adobe Acrobat Reader dapat diunduh secara gratis, beberapa fitur pengeditan canggih mungkin memerlukan langganan berbayar. Namun, untuk kebutuhan pengeditan PDF dasar, versi gratisnya sudah mencakup banyak fitur yang dibutuhkan.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mengunduh Aplikasi Android di iPhone

3. Menggunakan PDFescape

PDFescape adalah layanan online yang memungkinkan Anda untuk mengedit file PDF di browser Android Anda tanpa perlu mengunduh atau menginstal aplikasi tambahan. Anda dapat mengedit teks, menghapus halaman, atau menambahkan gambar menggunakan alat pengeditan PDF yang disediakan oleh PDFescape.

Selain itu, PDFescape juga memungkinkan Anda untuk menambahkan tanda tangan digital ke file PDF. Anda dapat membuat tanda tangan Anda sendiri atau mengunggah gambar tanda tangan yang sudah ada. Dengan fitur ini, Anda dapat menandatangani dokumen PDF langsung dari perangkat Android Anda tanpa perlu mencetak dan memindai tanda tangan fisik.

PDFescape tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Versi gratisnya memiliki batasan pada ukuran file dan beberapa fitur canggih seperti penghapusan halaman atau perlindungan kata sandi mungkin memerlukan langganan berbayar. Namun, untuk kebutuhan pengeditan PDF sederhana, versi gratisnya sudah mencukupi.

4. Menggunakan Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan cloud populer yang juga menyediakan fitur pengeditan PDF. Jika Anda sudah memiliki file PDF yang disimpan di Google Drive, Anda dapat mengeditnya langsung melalui aplikasi Google Drive di perangkat Android Anda.

Untuk mengedit file PDF, buka file PDF di Google Drive dan ketuk ikon “Edit” yang terletak di bagian bawah layar. Anda akan melihat berbagai alat pengeditan seperti penyorotan teks, pemotongan halaman, atau penambahan tanda tangan. Setelah selesai mengedit, Google Drive akan menyimpan perubahan ke file PDF secara otomatis.

Kelebihan menggunakan Google Drive untuk mengedit PDF adalah kemudahan akses dan sinkronisasi dengan file lainnya. Anda juga dapat berbagi file PDF yang sudah diedit dengan orang lain atau mengunduhnya ke perangkat Android Anda.

5. Menggunakan Kami PDF Editor

Kami PDF Editor adalah aplikasi pengeditan PDF yang tersedia di Google Play Store untuk perangkat Android. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur pengeditan PDF seperti penggabungan, pemotongan, atau penghapusan halaman.

Anda juga dapat menambahkan teks, menandai, atau menggambar di file PDF menggunakan berbagai alat yang disediakan oleh aplikasi ini. Selain itu, Kami PDF Editor juga memungkinkan Anda untuk mengubah warna teks, mengatur kecerahan, atau mengubah ukuran teks dalam dokumen PDF.

Aplikasi ini memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, membuatnya cocok untuk pengguna Android yang ingin mengedit file PDF dengan cepat dan mudah. Namun, beberapa fitur canggih mungkin memerlukan pembelian dalam aplikasi.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka di Android

6. Menggunakan PDFelement

PDFelement adalah aplikasi pengeditan PDF yang kuat dan komprehensif yang tersedia untuk perangkat Android. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melakukan berbagai tugas pengeditan seperti menyorot teks, menambahkan catatan, atau menggambar di file PDF.

Selain itu, PDFelement juga menawarkan fitur-fitur lanjutan seperti penggabungan file PDF, konversi PDF ke format lain, atau penghapusan halaman. Anda juga dapat mengatur keamanan PDF dengan menambahkan kata sandi atau mengatur izin akses ke file PDF.

PDFelement memiliki antarmuka yang user-friendly dan intuitif, sehingga memudahkan pengguna untuk mengedit file PDF dengan cepat dan efisien. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar, dengan versi berbayar menawarkan lebih banyak fitur dan kemampuan.

7. Menggunakan Sejda PDF Editor

Sejda PDF Editor adalah layanan online yang memungkinkan Anda mengedit file PDF di perangkat Android Anda melalui browser. Anda dapat mengunggah file PDF ke situs web Sejda, lalu menggunakan berbagai alat pengeditan yang tersedia untuk memodifikasi dokumen sesuai kebutuhan Anda.

Alat pengeditan Sejda mencakup penambahan atau penghapusan teks, penggabungan halaman, penghapusan halaman, atau penandatanganan digital. Anda juga dapat memutar halaman, mengubah ukuran halaman, atau mengunci elemen tertentu di dokumen PDF.

Layanan ini menyediakan versi gratis yang memiliki batasan pada jumlah file dan ukuran file yang dapat Anda edit. Namun, untuk kebutuhan pengeditan PDF yang lebih intensif, Sejda juga menawarkan langganan berbayar dengan fitur tambahan dan tanpa batasan.

8. Menggunakan Online2PDF

Online2PDF adalah layanan online yang memungkinkan Anda mengedit file PDF di perangkat Android Anda melalui browser. Anda dapat mengunggah file PDF ke situs web Online2PDF, lalu menggunakan berbagai alat pengeditan yang tersedia untuk mengubah konten PDF sesuai kebutuhan Anda.

Layanan ini menyediakan berbagai fitur seperti penggabungan halaman, pemotongan halaman, atau penambahan teks. Anda juga dapat mengkonversi file PDF ke format lain seperti Word, Excel, PowerPoint, atau gambar.

Online2PDF tidak memerlukan pendaftaran dan dapat digunakan secara gratis. Namun, ada batasan pada jumlah file dan ukuran file yang dapat Anda edit dalam satu sesi. Jika Anda membutuhkan fitur tambahan dan tanpa batasan, mereka juga menyediakan versi berbayar.

9. Menggunakan iLovePDF

iLovePDF adalah platform online yang menyediakan berbagai alat pengeditan PDF yang dapat Anda gunakan di perangkat Android Anda. Anda dapat mengakses iLovePDF melalui browser di perangkat Anda dan mulai mengedit file PDF dengan mudah.

Dengan iLovePDF, Anda dapat menggabungkan, memisahkan, atau mengompres file PDF. Anda juga dapat melakukan konversi file PDF ke format lain seperti Word, Excel, PowerPoint, atau gambar.

🔴 BACA JUGA:  15 Cara Mengembalikan File yang Sudah Lama Terhapus di HP Android

Selain itu, iLovePDF juga menyediakan fitur pengeditan teks, di mana Anda dapat menambahkan teks, menghapus teks, atau mengubah font dan ukuran teks dalam dokumen PDF. Anda juga dapat menandatangani dokumen dengan tanda tangan digital menggunakan iLovePDF.

iLovePDF dapat digunakan secara gratis dengan batasan pada jumlah file dan ukuran file yang dapat Anda edit dalam satu sesi. Untuk fitur tambahan dan akses tanpa batasan, mereka juga menawarkan versi berbayar.

10. Menggunakan PDF Buddy

PDF Buddy adalah layanan online yang memungkinkan Anda mengedit file PDF melalui browser di perangkat Android Anda. Anda dapat mengunggah file PDF ke situs web PDF Buddy dan mulai mengeditnya sesuai kebutuhan Anda.

Dengan PDF Buddy, Anda dapat menambahkan teks, menghapus teks, atau mengedit teks yang ada dalam dokumen PDF. Anda juga dapat menambahkan tanda tangan digital, menyorot teks, atau menggambar di file PDF.

Layanan ini menyediakan antarmuka pengguna yang sederhana dan mudah digunakan, sehingga Anda dapat mengedit file PDF dengan cepat dan efisien. PDF Buddy juga menawarkan fitur kolaborasi, di mana Anda dapat berbagi dokumen dengan orang lain untuk mengedit secara bersama-sama.

PDF Buddy dapat digunakan secara gratis dengan batasan pada jumlah halaman dan ukuran file yang dapat Anda edit. Jika Anda membutuhkan fitur tambahan dan akses tanpa batasan, mereka juga menyediakan langganan berbayar.

Dalam artikel ini, kami telah membagikan sepuluh cara untuk mengedit file PDF secara online di perangkat Android. Mulai dari platform online seperti SmallPDF, PDFescape, Sejda PDF Editor, hingga aplikasi mobile seperti Adobe Acrobat Reader, PDFelement, atau Kami PDF Editor, Anda memiliki beragam pilihan untuk mengedit file PDF dengan mudah dan praktis.

Setiap platform atau aplikasi memiliki fitur dan kelebihan masing-masing, jadi Anda dapat memilih sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengedit file PDF di perangkat Android Anda tanpa perlu menginstal perangkat lunak tambahan atau mengubah format file.

Ingatlah untuk selalu mempertimbangkan keamanan dan privasi data saat menggunakan layanan online. Pastikan untuk menggunakan sumber yang terpercaya dan aman saat mengunggah atau mengedit file PDF Anda. Dengan memilih cara yang tepat, Anda dapat dengan mudah mengedit dan mengelola file PDF di perangkat Android Anda.