10 Cara Edit Video di Android

Hai, para penggemar video! Bagi kalian yang memiliki hobi membuat video, pastinya ingin menghasilkan video yang menarik dan keren, bukan? Nah, kalian tidak perlu lagi khawatir untuk mengedit video karena saat ini banyak aplikasi editing video yang dapat digunakan di ponsel Android. Berikut ini adalah 10 cara edit video di Android yang bisa kalian coba sendiri.

Sebelum memulai, pastikan bahwa ponsel Android kalian sudah memiliki aplikasi editing video. Jika belum, kalian bisa mencari di Google Play Store dan mendownload aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Setelah itu, kalian bisa mencoba 10 cara edit video di Android berikut ini.

Namun, sebelum memulai tutorial, ada baiknya kalian menyimpan video yang ingin di-edit ke dalam memori internal atau kartu SD. Hal ini dilakukan agar proses editing video dapat berjalan lebih lancar tanpa hambatan seperti buffering atau lagging.

Cara Edit Video di Android

1. Menggunakan Aplikasi Bawaan

Ponsel Android biasanya sudah memiliki aplikasi bawaan untuk mengedit video. Aplikasi bawaan ini biasanya sudah cukup untuk melakukan editing sederhana seperti memotong, menggabungkan, menambahkan musik atau efek visual sederhana. Cara menggunakannya pun cukup mudah, kalian hanya perlu membuka aplikasi tersebut, memilih video yang ingin di-edit, dan kemudian mulai mengeditnya.

Namun, kalian harus memahami bahwa aplikasi bawaan memiliki keterbatasan dalam hal editing. Jika kalian membutuhkan fitur-fitur yang lebih kompleks, maka sebaiknya menggunakan aplikasi editing video pihak ketiga.

Beberapa contoh aplikasi bawaan yang bisa digunakan untuk mengedit video di Android antara lain Samsung Video Editor, LG Video Editor, dan Google Photos.

2. PowerDirector

PowerDirector merupakan aplikasi editing video yang cukup populer di Android. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan editing video yang lebih kompleks seperti menambahkan teks, efek, filter, dan animasi. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur Chroma Key yang memungkinkan pengguna untuk menghilangkan latar belakang video dan menggantinya dengan gambar atau video lain.

Cara menggunakan PowerDirector pun cukup mudah. Kalian hanya perlu membuka aplikasi, memilih video yang ingin di-edit, dan kemudian mulai mengeditnya dengan fitur-fitur yang tersedia.

Namun, PowerDirector memiliki ukuran file yang cukup besar, sehingga membutuhkan kapasitas penyimpanan yang cukup besar di ponsel Android. Selain itu, beberapa fitur di PowerDirector hanya bisa diakses dengan versi berbayar.

3. KineMaster

KineMaster merupakan aplikasi editing video yang juga cukup populer di Android. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti memotong, menggabungkan, menambahkan efek, teks, suara, dan musik. Selain itu, KineMaster juga memiliki fitur Chroma Key yang memungkinkan pengguna untuk mengganti latar belakang video.

Cara menggunakan KineMaster pun cukup mudah. Kalian hanya perlu membuka aplikasi, memilih video yang ingin di-edit, dan kemudian mulai mengeditnya dengan fitur-fitur yang tersedia. KineMaster juga dilengkapi dengan antarmuka yang intuitif sehingga mudah digunakan bahkan oleh pengguna pemula.

🔴 BACA JUGA:  Cara Mendaftar Shopee Affiliate

Namun, KineMaster memiliki beberapa keterbatasan di versi gratisnya, seperti adanya watermark pada video yang dihasilkan dan tidak semua fitur tersedia di versi gratis. Namun, kalian bisa mengupgrade ke versi berbayar untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap dan menghilangkan watermark pada video yang dihasilkan.

4. FilmoraGo

FilmoraGo merupakan aplikasi editing video yang cukup populer di Android. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti memotong, menggabungkan, menambahkan efek, teks, musik, dan gambar. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan beberapa template yang dapat digunakan untuk membuat video dengan tema tertentu.

Cara menggunakan FilmoraGo juga cukup mudah. Kalian hanya perlu membuka aplikasi, memilih video yang ingin di-edit, dan kemudian mulai mengeditnya dengan fitur-fitur yang tersedia. FilmoraGo juga dilengkapi dengan antarmuka yang intuitif sehingga mudah digunakan oleh pengguna pemula.

Namun, FilmoraGo memiliki beberapa keterbatasan di versi gratisnya seperti adanya watermark pada video yang dihasilkan dan beberapa fitur yang tidak tersedia di versi gratis. Namun, kalian bisa mengupgrade ke versi berbayar untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap dan menghilangkan watermark pada video yang dihasilkan.

5. VivaVideo

VivaVideo merupakan aplikasi editing video yang cukup populer di Android. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti memotong, menggabungkan, menambahkan efek, teks, musik, dan gambar. Selain itu, VivaVideo juga menyediakan beberapa template yang dapat digunakan untuk membuat video dengan tema tertentu.

Cara menggunakan VivaVideo juga cukup mudah. Kalian hanya perlu membuka aplikasi, memilih video yang ingin di-edit, dan kemudian mulai mengeditnya dengan fitur-fitur yang tersedia. VivaVideo juga dilengkapi dengan antarmuka yang intuitif sehingga mudah digunakan oleh pengguna pemula.

Namun, VivaVideo memiliki beberapa keterbatasan di versi gratisnya seperti adanya watermark pada video yang dihasilkan dan beberapa fitur yang tidak tersedia di versi gratis. Namun, kalian bisa mengupgrade ke versi berbayar untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap dan menghilangkan watermark pada video yang dihasilkan.

6. Quik

Quik merupakan aplikasi editing video yang dikembangkan oleh GoPro. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti memotong, menggabungkan, menambahkan efek, teks, musik, dan gambar. Selain itu, Quik juga menyediakan beberapa template yang dapat digunakan untuk membuat video dengan tema tertentu.

Cara menggunakan Quik juga cukup mudah. Kalian hanya perlu membuka aplikasi, memilih video yang ingin di-edit, dan kemudian memilih template yang ingin digunakan. Quik akan secara otomatis mengedit video kalian dengan menggunakan template yang dipilih. Namun, kalian juga bisa mengedit video tersebut dengan fitur-fitur yang tersedia.

Quik juga dilengkapi dengan antarmuka yang intuitif sehingga mudah digunakan oleh pengguna pemula. Aplikasi ini juga memiliki fitur Smart Cuts yang memungkinkan kalian untuk mengedit video dengan cepat dan mudah.

7. PowerDirector

PowerDirector merupakan aplikasi editing video yang cukup populer di Android. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti memotong, menggabungkan, menambahkan efek, teks, musik, dan gambar. Selain itu, PowerDirector juga menyediakan beberapa template yang dapat digunakan untuk membuat video dengan tema tertentu.

Cara menggunakan PowerDirector juga cukup mudah. Kalian hanya perlu membuka aplikasi, memilih video yang ingin di-edit, dan kemudian mulai mengeditnya dengan fitur-fitur yang tersedia. PowerDirector juga dilengkapi dengan antarmuka yang intuitif sehingga mudah digunakan oleh pengguna pemula.

Namun, PowerDirector memiliki beberapa keterbatasan di versi gratisnya seperti adanya watermark pada video yang dihasilkan dan beberapa fitur yang tidak tersedia di versi gratis. Namun, kalian bisa mengupgrade ke versi berbayar untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap dan menghilangkan watermark pada video yang dihasilkan.

🔴 BACA JUGA:  Membandingkan iPhone 13, iPhone 13 Pro: Inilah Alasan Terbaik Untuk Membeli iPhone 12!

8. InShot

InShot merupakan aplikasi editing video yang cukup populer di Android. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti memotong, menggabungkan, menambahkan efek, teks, musik, dan gambar. Selain itu, InShot juga menyediakan beberapa template yang dapat digunakan untuk membuat video dengan tema tertentu.

Cara menggunakan InShot juga cukup mudah. Kalian hanya perlu membuka aplikasi, memilih video yang ingin di-edit, dan kemudian mulai mengeditnya dengan fitur-fitur yang tersedia. InShot juga dilengkapi dengan antarmuka yang intuitif sehingga mudah digunakan oleh pengguna pemula.

Namun, InShot memiliki beberapa keterbatasan di versi gratisnya seperti adanya watermark pada video yang dihasilkan dan beberapa fitur yang tidak tersedia di versi gratis. Namun, kalian bisa mengupgrade ke versi berbayar untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap dan menghilangkan watermark pada video yang dihasilkan.

9. Adobe Premiere Rush

Adobe Premiere Rush merupakan aplikasi editing video yang dikembangkan oleh Adobe. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti memotong, menggabungkan, menambahkan efek, teks, musik, dan gambar. Selain itu, Adobe Premiere Rush juga menyediakan beberapa template yang dapat digunakan untuk membuat video dengan tema tertentu.

Cara menggunakan Adobe Premiere Rush juga cukup mudah. Kalian hanya perlu membuka aplikasi, memilih video yang ingin di-edit, dan kemudian mulai mengeditnya dengan fitur-fitur yang tersedia. Adobe Premiere Rush juga dilengkapi dengan antarmuka yang intuitif sehingga mudah digunakan oleh pengguna pemula.

Namun, Adobe Premiere Rush memiliki beberapa keterbatasan di versi gratisnya seperti adanya watermark pada video yang dihasilkan dan beberapa fitur yang tidak tersedia di versi gratis. Namun, kalian bisa mengupgrade ke versi berbayar untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap dan menghilangkan watermark pada video yang dihasilkan.

10. Kinemaster

Kinemaster merupakan aplikasi editing video yang cukup populer di Android. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur seperti memotong, menggabungkan, menambahkan efek, teks, musik, dan gambar. Selain itu, Kinemaster juga menyediakan beberapa template yang dapat digunakan untuk membuat video dengan tema tertentu.

Cara menggunakan Kinemaster juga cukup mudah. Kalian hanya perlu membuka aplikasi, memilih video yang ingin di-edit, dan kemudian mulai mengeditnya dengan fitur-fitur yang tersedia. Kinemaster juga dilengkapi dengan antarmuka yang intuitif sehingga mudah digunakan oleh pengguna pemula.

Namun, Kinemaster memiliki beberapa keterbatasan di versi gratisnya seperti adanya watermark pada video yang dihasilkan dan beberapa fitur yang tidak tersedia di versi gratis. Namun, kalian bisa mengupgrade ke versi berbayar untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap dan menghilangkan watermark pada video yang dihasilkan.

Tips dan Trik

Kini, dengan adanya aplikasi editing video di Android, kalian dapat dengan mudah membuat video dengan kualitas yang baik. Namun, selain menggunakan aplikasi, ada beberapa tips dan trik yang dapat membantu kalian dalam mengedit video di Android. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik untuk mengedit video di Android.

1. Pilih aplikasi editing video yang sesuai dengan kebutuhan kalian

Sebelum mulai mengedit video, pastikan kalian telah memilih aplikasi editing video yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Setiap aplikasi memiliki fitur dan keterbatasan masing-masing, jadi pastikan kalian memilih aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan kalian dalam mengedit video. Beberapa aplikasi editing video yang populer di Android telah dibahas di atas.

2. Pilih video yang ingin di-edit dengan teliti

Sebelum mulai mengedit video, pastikan kalian telah memilih video yang ingin di-edit dengan teliti. Pilih video yang kualitasnya baik dan sesuai dengan tema yang ingin kalian buat. Selain itu, pastikan video tersebut sudah terpotong atau diatur dengan baik sehingga memudahkan kalian dalam proses pengeditan.

🔴 BACA JUGA:  11 Cara Kompres Video di Android Tanpa Aplikasi

3. Gunakan fitur stabilisasi video

Jika kalian merekam video dengan menggunakan smartphone, kualitas video mungkin tidak sebaik kamera profesional. Namun, kalian bisa menggunakan fitur stabilisasi video yang tersedia di beberapa aplikasi editing video untuk mengurangi efek guncangan pada video. Hal ini dapat membuat video kalian terlihat lebih baik dan stabil.

4. Gunakan efek dengan bijak

Ketika mengedit video, pastikan kalian menggunakan efek dengan bijak. Terlalu banyak efek pada video dapat membuatnya terlihat berlebihan dan tidak natural. Gunakan efek yang sesuai dengan tema video dan hanya gunakan efek yang benar-benar diperlukan untuk membuat video lebih menarik.

5. Gunakan musik yang sesuai

Musik dapat mempengaruhi suasana dalam video kalian. Pastikan kalian memilih musik yang sesuai dengan tema video dan menggambarkan suasana yang ingin kalian buat. Selain itu, pastikan kalian menggunakan musik yang bebas royalti atau mendapatkan izin dari pemilik hak cipta musik jika ingin menggunakannya pada video kalian.

6. Gunakan teks dengan jelas dan mudah dibaca

Jika kalian ingin menambahkan teks pada video, pastikan kalian menggunakan teks yang jelas dan mudah dibaca. Pilih jenis huruf dan ukuran teks yang sesuai dengan tema video dan pastikan teks tersebut tidak mengganggu tampilan video.

7. Gunakan transisi dengan bijak

Transisi dapat memberikan kesan transisi yang mulus antara dua klip video. Namun, terlalu banyak transisi dapat membuat video terlihat berlebihan. Gunakan transisi yang sesuai dengan tema video dan hanya gunakan transisi yang benar-benar diperlukan.

8. Gunakan warna dengan bijak

Warna dapat mempengaruhi suasana dalam video kalian. Pastikan kalian menggunakan warna yang sesuai dengan tema video dan tidak terlalu mencolok. Selain itu, pastikan kalian menggunakan warna dengan bijak dan hanya menggunakan warna yang diperlukan.

9. Buat video dengan durasi yang sesuai

Pastikan kalian membuat video dengan durasi yang sesuai dengan tema dan konten video kalian. Jangan terlalu panjang atau terlalu pendek. Sebaiknya, buat video dengan durasi yang cukup untuk menggambarkan tema dan konten video kalian dengan baik.

10. Preview video sebelum menyimpan

Sebelum menyimpan video yang sudah kalian edit, pastikan kalian telah melihat preview video tersebut secara keseluruhan. Hal ini dapat membantu kalian untuk mengecek apakah ada kesalahan atau hal yang perlu diperbaiki sebelum menyimpan video tersebut.

Kesimpulan

Mengedit video di Android bukanlah hal yang sulit jika kalian menggunakan aplikasi yang tepat dan mengikuti tips-tips di atas. Dengan mengedit video, kalian dapat membuat video yang lebih menarik dan profesional. Namun, pastikan kalian tidak terlalu berlebihan dalam mengedit video, karena hal ini dapat membuat video terlihat tidak natural dan berlebihan.

Jika kalian masih kesulitan dalam mengedit video di Android, jangan ragu untuk mencari tutorial atau video pembelajaran di internet. Selain itu, kalian juga dapat berlatih dengan mengedit video secara rutin. Semakin sering kalian mengedit video, semakin terampil kalian dalam mengedit video di Android.

Akhirnya, selamat mencoba dan semoga tips-tips di atas dapat membantu kalian dalam mengedit video di Android. Jangan lupa untuk terus mengasah kemampuan kalian dalam mengedit video untuk menghasilkan video yang lebih menarik dan profesional.