10 Cara Ekstrak File RAR di Android

Selamat datang di artikel ini yang akan membahas 10 cara ekstrak file RAR di Android. Saat ini, banyak pengguna Android yang sering mengunduh file dalam format RAR dan membutuhkan cara untuk mengekstraknya di perangkat mereka. Jika Anda juga mengalami hal yang sama, jangan khawatir! Kami telah mengumpulkan 10 metode yang berbeda untuk membantu Anda mengekstrak file RAR di Android dengan mudah. Baca terus untuk mengetahui cara-cara tersebut.

Cara Ekstrak File RAR di Android

Cara 1: Menggunakan Aplikasi Ekstraktor RAR

Salah satu cara paling umum untuk mengekstrak file RAR di Android adalah dengan menggunakan aplikasi ekstraktor RAR. Ada berbagai aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda dalam proses ini. Anda dapat mencari “ekstraktor RAR” di Play Store dan mengunduh aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi ekstraktor RAR, Anda dapat membukanya dan mengikuti petunjuk yang diberikan untuk mengekstrak file RAR.

Biasanya, aplikasi ekstraktor RAR menyediakan antarmuka pengguna yang intuitif dan sederhana. Anda hanya perlu menemukan file RAR yang ingin diekstrak, pilih opsi ekstrak, dan tunggu sampai prosesnya selesai. Setelah selesai, Anda akan memiliki akses ke file yang ada di dalam arsip RAR tersebut.

Menggunakan aplikasi ekstraktor RAR adalah salah satu cara termudah dan paling efisien untuk mengekstrak file RAR di Android. Namun, pastikan Anda mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya.

Cara 2: Menggunakan Aplikasi File Manager

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi ekstraktor RAR terpisah di perangkat Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi file manager yang sudah ada di Android Anda. Beberapa aplikasi file manager populer seperti ES File Explorer, Solid Explorer, atau Astro File Manager juga memiliki fitur untuk mengekstrak file RAR.

Untuk menggunakan aplikasi file manager untuk mengekstrak file RAR, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi file manager di perangkat Android Anda.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Memasang Android TV Box

2. Temukan file RAR yang ingin diekstrak.

3. Tahan file RAR tersebut untuk membuka menu konteks.

4. Pilih opsi “Ekstrak” atau “Extract” (tergantung pada aplikasi file manager yang Anda gunakan).

5. Tunggu hingga proses ekstraksi selesai.

Setelah proses ekstraksi selesai, Anda akan dapat mengakses file-file yang ada di dalam arsip RAR tersebut melalui aplikasi file manager.

Cara 3: Menggunakan Aplikasi Online

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan di perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan layanan ekstraksi file online. Ada beberapa situs web yang menyediakan layanan ekstraksi file RAR secara online, di mana Anda dapat mengunggah file RAR Anda dan mengekstraknya melalui browser di perangkat Android Anda.

Untuk menggunakan aplikasi online untuk mengekstrak file RAR, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka browser di perangkat Android Anda.

2. Cari situs web yang menyediakan layanan ekstraksi file RAR online.

3. Buka situs web tersebut dan temukan opsi untuk mengunggah file RAR.

4. Unggah file RAR yang ingin diekstrak.

5. Tunggu hingga proses ekstraksi selesai.

Setelah proses ekstraksi selesai, Anda akan dapat mengunduh file-file yang ada di dalam arsip RAR tersebut ke perangkat Android Anda.

Cara 4: Menggunakan Aplikasi Kompresi File

Sebaliknya, jika Anda ingin mengompres file menjadi format RAR di perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi kompresi file. Aplikasi kompresi file seperti WinRAR, RAR for Android, atau ZArchiver dapat membantu Anda mengompres file menjadi format RAR langsung dari perangkat Android Anda.

Untuk menggunakan aplikasi kompresi file untuk mengompres file menjadi format RAR, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Unduh dan instal aplikasi kompresi file yang sesuai dengan kebutuhan Anda dari Google Play Store.

2. Buka aplikasi kompresi file di perangkat Android Anda.

3. Temukan file atau folder yang ingin Anda kompres menjadi format RAR.

4. Pilih file atau folder tersebut dan pilih opsi “Kompres” atau “Compress” (tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan).

5. Tunggu hingga proses kompresi selesai.

Setelah proses kompresi selesai, Anda akan memiliki file RAR yang baru di perangkat Android Anda.

Cara 5: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain aplikasi ekstraktor RAR dan aplikasi file manager, ada juga aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat membantu Anda mengekstrak file RAR di Android. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang populer adalah RARLAB’s RAR, B1 Archiver, dan X-plore File Manager.

🔴 BACA JUGA:  Cara Merakit Komputer dengan Mudah: Panduan Lengkap

Untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengekstrak file RAR, ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut. Biasanya, Anda perlu membuka aplikasi, mencari file RAR yang ingin diekstrak, dan memilih opsi ekstraksi yang sesuai.

Pastikan Anda membaca ulasan pengguna dan memilih aplikasi pihak ketiga yang terpercaya sebelum menginstalnya. Perhatikan juga bahwa beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin memiliki fitur tambahan seperti enkripsi, perlindungan sandi, atau fitur pengelolaan file yang lebih canggih. Anda dapat menjelajahi fitur-fitur tersebut sesuai kebutuhan Anda.

Cara 6: Menggunakan Aplikasi Pengarsip Bawaan

Beberapa perangkat Android memiliki aplikasi pengarsip bawaan yang dapat digunakan untuk mengekstrak file RAR. Aplikasi ini sering kali disediakan oleh produsen perangkat atau telah diinstal secara default di perangkat Android Anda.

Untuk menggunakan aplikasi pengarsip bawaan, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi pengarsip bawaan di perangkat Android Anda (biasanya memiliki ikon seperti folder dengan ritsleting).

2. Cari file RAR yang ingin diekstrak.

3. Pilih file RAR tersebut dan pilih opsi “Ekstrak” atau “Extract”.

4. Tunggu hingga proses ekstraksi selesai.

Setelah proses ekstraksi selesai, Anda akan dapat mengakses file-file yang ada di dalam arsip RAR tersebut melalui aplikasi pengarsip bawaan.

Cara 7: Menggunakan Aplikasi Cloud Storage

Jika Anda menyimpan file RAR di layanan penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive, Anda dapat menggunakan aplikasi resmi atau aplikasi pihak ketiga untuk mengakses dan mengekstrak file RAR tersebut.

Langkah-langkahnya dapat bervariasi tergantung pada aplikasi penyimpanan cloud yang Anda gunakan. Namun, secara umum, Anda perlu membuka aplikasi penyimpanan cloud, mencari file RAR yang ingin diekstrak, dan memilih opsi untuk mengekstraknya. Setelah proses ekstraksi selesai, Anda dapat mengunduh file-file yang ada di dalam arsip RAR tersebut ke perangkat Android Anda.

Cara 8: Menggunakan Aplikasi Pengarsip Multi-format

Jika Anda ingin memiliki aplikasi yang dapat menangani berbagai format arsip selain RAR, Anda dapat menggunakan aplikasi pengarsip multi-format seperti 7-Zipper, ZArchiver, atau RAR for Android.

Aplikasi ini tidak hanya mendukung ekstraksi file RAR, tetapi juga format arsip lainnya seperti ZIP, 7Z, TAR, dan banyak lagi. Anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi pengarsip multi-format dari Google Play Store, dan menggunakannya untuk mengekstrak file RAR di perangkat Android Anda dengan mudah.

Cara 9: Menggunakan Aplikasi Penerjemah File

Beberapa file RAR mungkin menggunakan metode kompresi atau enkripsi khusus yang tidak kompatibel dengan aplikasi ekstraktor RAR standar di Android. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengekstrak file RAR tertentu, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi penerjemah file seperti RARLAB’s RAR atau Unrar Pro.

🔴 BACA JUGA:  10 Cara Setting Lokasi di Android: Panduan Lengkap untuk Pengguna Android

Aplikasi ini dirancang khusus untuk mengekstrak file RAR yang memiliki metode kompresi atau enkripsi yang kompleks. Anda dapat mencari aplikasi penerjemah file di Google Play Store, mengunduh dan menginstalnya, lalu menggunakan aplikasi tersebut untuk mengekstrak file RAR yang sulit diakses oleh aplikasi ekstraktor standar.

Cara 10: Menggunakan Command Line

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang command line dan memiliki akses ke perangkat Android yang di-root, Anda dapat menggunakan command line untuk mengekstrak file RAR di perangkat Android Anda. Ini adalah metode yang lebih teknis dan membutuhkan pemahaman tentang sintaks dan perintah command line.

Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Terminal Emulator atau ADB Shell untuk membuka command line di perangkat Android Anda. Setelah itu, Anda dapat menggunakan perintah seperti “unrar” atau “unzip” diikuti dengan argumen yang sesuai untuk mengekstrak file RAR di perangkat Anda.

Perlu diingat bahwa menggunakan command line dapat berisiko jika tidak dilakukan dengan hati-hati, dan perintah-perintah yang salah dapat memengaruhi integritas sistem Anda. Pastikan Anda memahami dengan baik apa yang Anda lakukan dan lakukan backup data penting sebelum mencoba metode ini.

Demikianlah 10 cara ekstrak file RAR di Android. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda mengekstrak file RAR dengan mudah di perangkat Android Anda!

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas 10 cara yang berbeda untuk mengekstrak file RAR di perangkat Android. Mulai dari menggunakan aplikasi ekstraktor RAR, aplikasi file manager, aplikasi online, hingga aplikasi pihak ketiga dan command line, ada banyak pilihan yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Pastikan Anda memilih metode yang paling cocok untuk Anda, dan selalu perhatikan keamanan dan keandalan aplikasi yang Anda gunakan. Dengan menggunakan salah satu dari metode ini, Anda dapat dengan mudah mengekstrak file RAR di perangkat Android Anda dan mengakses konten yang ada di dalamnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi file RAR di Android. Terima kasih telah membaca!